( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

5 Hal Yang Wajib Dilakukan Dalam Budidaya Alpukat Miki Supaya Tumbuh Subur Dan Berbuah Lebat

Friday, January 25th 2019.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Alpukat-Miki-Murah-online-di-kota-kabupaten.2Alpukat miki adalah salah satu jenis alpukat unggulan yang dikhususkan untuk ditanam pada daerah dataran rendah. Dataran rendah? tepat sekali, berbeda dengan jenis alpukat lain yang rata-rata tumbuh pada dataran tinggi, alpukat jenis ini mampu tumbuh subur pada daerah dataran rendah. Buah alpukat miki biasanya memiliki berat mencapai sekitar 0.6 kg/buah. Daging buahnya sangat tebal, berwarna kuning denga rasa yang manis, pulen, dan tanpa rasa getir sedikitpun.

Keunggulan lainnya adalah buah alpukat ini memiliki kulit yang sangat kuat sehingga sulit untuk ditembus oleh hama seperti ulat. Selain itu, alpukat miki juga termasuk kedalam tanaman yang bersifat genjah (rajin berbuah) dan mampu berbuah sepanjang tahun. Pohon alpukat ini biasanya mulai menghasilkan buah saat sudah berumur 2-3 tahun sejak penanaman. Tingkat produktifitas buahnya juga tergolong sangat tinggi, untuk satu pohon alpukat miki mampu menghasilkan 500 buah/tahun.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Alpukat-Miki-Murah-online-di-kota-kabupaten.4Budidaya alpukat miki merupakan sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Selain karena tingkat produktifitas buahnya yang tinggi, buah alpukat miki ini juga memiliki kualitas yang sangat baik. Tak hanya itu, perawatan tanaman alpukat jenis ini juga tergolong mudah dan tidak memerlukan biaya yang banyak. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk memulai budidaya alpukat miki. Ada baiknya jika Anda mengetahui syarat tumbuh dan cara menanamnya.

Hal ini bertujuan agar tanaman alpukat miki dapat tumbuh dengan maksimal dan cepat berbuah. Berikut ulasannya :

SYARAT TUMBUH ALPUKAT MIKI

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Alpukat-Miki-Murah-online-di-kota-kabupaten.6Alpukat miki merupakan salah satu jenis alpukat unggulan yang dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran rendah dan daerah dataran tinggi mencapai ketinggian 1500 mdpl. Alpukat jenis ini sangat menyukai jenis tanah yang berpasir, sedikit bersifat seperti tanah lempung dan memiliki kandugan unsur hara yang tinggi serta gembur dengan derajat keasaman (pH tanah) sekitar 6-7. Agar mampu tumbuh dengan baik, sebaiknya bibit alpukat miki ditanam pada daerah yang memiliki suhu berkisar antara 15-30°C dengan curah hujan 5-6 bulan basah.

Pastikan juga lahan untuk penanamannya memiliki sistem drainase (pengairan) yang baik. Hal ini dikarenakan tanaman alpukat miki tidak menyukai genangan air yang bisa menyebabkan akar tanaman menjadi busuk.

BUDIDAYA ALPUKAT MIKI

Selain dapat ditanam di kebun, alpukat miki juga dapat ditanam sebagai tabulampot untuk menghiasi dipekarangan rumah. Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam budidaya tanaman alpukat miki agar mampu tumbuh subur dan cepat berbuah :

1. Pemilihan Bibit Unggul

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Alpukat-Miki-Murah-online-di-kota-kabupaten.7aHal pertama yang harus dilakukan dalam memulai budidaya alpukat miki adalah pemilihan bibit yang unggul. Dalam penanaman bibit alpukat miki, sebaiknya menggunakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif melalui okulasi atau sambung pucuk. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan bibit yang memiliki sifat yang sama dengan induknya. Bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif juga lebih cepat berbuah. Pilihlah pohon indukan yang sehat, tegak, segar, memiliki perakaran yang kuat dan tidak terserang hama dan penyakit.

Baca juga :

2. Pengelolahan Lahan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Alpukat-Miki-Murah-online-di-kota-kabupaten.8Sebelum memulai penanaman bibit alpukat miki, sebaiknya lahan untuk penanaman dibersihkan terlebih dahulu dari gulma (tanaman pengganggu). Buatlah juga sistem drainase (pengairan) supaya aliran air dapat berjalan dengan baik. Jarak tanam yang disarankan dalam budidaya alpukat miki adalah 2× 2 m, 3 × 3 m, 5 × 5 m dan 10 ×10 m. Pada lahan yang memiliki luas satu hektare dapat ditanam tanaman alpukat miki sekitar 800 hingga 1.000 pohon tergantung jarak tanam.

Buatlah lubang tanam berukuran 50x50x50cm atau 75x75x75 cm. Jangan lupa juga untuk memisahkan tanah bagian atas dan bagian bawah. Setelah lubang selesai dibuat, diamkan lubang selama kurang lebih 2 minggu. Tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kandang sebanyak 20 kg dan didiamkan juga selama 2 minggu. Setelah 2 minggu, campuran tanah bisa dimasukan kembail kedalam lubang tanam.

3. Penanaman Bibit

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Alpukat-Miki-Murah-online-di-kota-kabupaten.9Penanaman bibit alpukat miki sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan. Lubang tanam yang telah berisi campuran media tanam digali lagi sesuai dengan ukuran bibit. Ambil bibit alpukat miki dengan cara merobek plastik polybag dari bagian samping secara hati-hati agar tidak merusak akar. Tanamlah bibit alpukat miki sedalam leher akar tanpa mengikutkan batangnya. Setelah itu, untuk membantu pertumbuhannya, lakukan penyiraman dengan air secukupnya setiap 2 kali sehari (pagi dan sore).

4. Perawatan Bibit

Tanaman alpukat miki yang sudah ditanam perlu dilakukan perawatan agar dapat tumbuh subur dan cepat berbuah. Perawatannya juga tidak terlalu sulit. Hal yang perlu dilakukan dalam perawatan alpukat ini adlaah penyiraman, penyiangan, penggemburan, pemangkasan dan pemupukan.

a. Tahap Penyiraman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Alpukat-Miki-Murah-online-di-kota-kabupaten.10Pada tahun pertama setelah penanaman, penyiraman dilakukan setiap hari. Hal ini disebabkan karena bibit alpukat miki sangat membutuhkan banyak asupan air untuk membantu pertumbuhannya. Penyiraman sebaiknya dilakukan setiap 2 kali sehari (pagi dan sore). Jika memasuki musim penghujan, penyiraman dilakukan tergantung dengan keadaan lingkungan. Usahakan lahan untuk penanaman alpukat miki tidak kering, tetapi jangan sampai ada air yang menggenang di sekitar tanaman.

b. Tahap Penyiangan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Alpukat-Miki-Murah-online-di-kota-kabupaten.11Tahap penyiangan dilakukan secara teratur dan berkala, sesuai dengan kondisi lahan penanaman. Penyiangan dilakukan agar bibit alpukat miki mendapatkan unsur hara secara maksimal. Selain itu, gulma (tanaman pengganggu) yang menumpuk dapat menjadi sarang untuk hama dan penyakit. Proses penyiangan dilakukan dengan cara membersihkan gulma dan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman alpukat miki menggunakan cangkul atau dicabut secara manual menggunakan tangan.

c. Tahap Penggemburan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Alpukat-Miki-Murah-online-di-kota-kabupaten.12Tahap penggemburan merupakan upaya pengolahan media tanam yang bertujuan agar media mendapatkan udara segar yang cukup sehingga tanah menjadi semakin gembur. Tanah yang gembur membuat pertumbuhan akar tanaman alpukat menjadi sehat dan lancar dalam menyerap unsur hara yang ada di dalam tanah. Proses penggemburan dapat menggunakan alat bantu seperti cangkul atau sejenisnya. Lakukan proses ini secara perlahan dan hati-hati agar tidak memutus akar tanaman alpukat miki.

d. Tahap Pemangkasan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Alpukat-Miki-Murah-online-di-kota-kabupaten.13Pemangkasan dilakukan terhadap cabang yang pertumbuhannya terlalu rapat atau pada cabang yang terserang penyakit maupun yang sudah kering. Lakukan proses pemangkasan secara perlahan dan hati-hati agar luka yang terjadi sewaktu pemangkasan tidak menimbulkan infeksi atau penyakit. Luka bekas pemangkasan sebaiknya ditutup menggunakan kain atau sejenisnya dan diberi fungisida.

e. Tahap Pemupukan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Alpukat-Miki-Murah-online-di-kota-kabupaten.14Pemupukan tanaman sebaiknya dilakukan secara teratur. Sistem perakaran yang ada pada tanaman alpukat miki memiliki rambut akar yang sangat sedikit dan pertumbuhan akarnya yang kurang ekstensif. Oleh karena itu, pemupukan dilakukan secara kontinu dengan dosis yang kecil. Dosis yang diberikan juga berbeda, tergantu dengan umur tanaman. Untuk tanaman alpukat miki yang berumur 1-3 tahun, pemupukan menggunakan pupuk urea sebanyak 0,27 kg – 1,1 kg, pupuk TSP sebanyak 0,5 kg – 1 kg dan pupuk KCI sebanyak 0,2kg – 0,83 kg per pohonnya.

Baca Juga :

Dan untuk tanaman alpukat miki yang sudah berumur lebih dari  3 tahun, pemupukan menggunakan pupuk urea sebanyak 2,22 kg-3,55 kg, pupuk TSP sebanyak 3,2 kg, dan pupuk KCI sebanyak 4 kg per pohonnya. Pemupukan dilakukan setiap 4 kali dalam setahun, agar lebih efisien sebaiknya pemupukan diletankan dekat dengan bagian akar tanaman. Cara pemupukannya adalah dengan meletakkan pupuk ke dalam lubang, buatlah lubang pemupukan dengan kedalaman 30 – 40 cm melingkari tanaman alpukat miki, persis dibawah tajuk tanaman.

5. Pemanenan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Alpukat-Miki-Murah-online-di-kota-kabupaten.5Tanaman alpukat miki ini termasuk kedalam tanaman yang bersifat genjah. Jika dirawat dengan baik, panen buah alpukat miki dapat dilakukan saat tanaman sudah berumur 2-3 tahun sejak penanaman. Tanaman alpukat miki akan mulai berbunga pada awal musim penghujan. Untuk pemanenan biasanya dapat dilakukan pada bulan Desember, Januari, dan Februari.

Ciri-ciri dari buah alpukat miki yang sudah matang dan siap dipanen adalah sebagai berikut :

  • Warna kulitnya hijau tua, tetapi belum menjadi coklat/merah dan tidak mengkilat.
  • Jika buah diketuk akan mengeluarkan bunyi yang tidak nyaring.
  • Dan jika buah digoyang-goyangkan akan terdengar bunyi tumbukan antara biji dengan daging buah.

Proses pemanenan buah alpukat miki dapat dilakukan secara manual, yaitu dipetik menggunakan tangan. Apabila kondisi fisik pohon alpukat tidak memungkinkan untuk dipanjat, maka panen dapat dilakukan menggunakan alat bantu berupa galah yang diberi tangguh kain/goni pada ujungnya. Saat pemanenan, buah harus dipetik/dipotong bersama sedikit tangkai buahnya (sekitar 3-5 cm) untuk mencegah memar maupun luka/infeksi pada bagian tangkai buah.

Demikian penjelasan tentang 5 Hal Yang Wajib Dilakukan Dalam Budidaya Alpukat Miki Supaya Tumbuh Subur Dan Berbuah Lebat. Di samudrabit.com, kami menyediakan berbagai macam jenis tanaman buah alpukat yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Selain bibit tanaman alpukat, kami menjual berbagai macam jenis bibit tanaman buah unggulan lain secara grosis maupun eceran dan melayani pembelian bibit tanaman secara online. Kami juga menyediakan berbagai macam pupuk tanaman dan aneka produk nutrisi tanaman yang dapat menunjang keberhasilan dalam berkebun. Silahkan berkunjung ke kebun bibit kami yang beralamat di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman kami.

Incoming search terms:

  • alpukat miki
  • budidaya alpukat

Produk terbaru

Rp 500.000 600.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Kelapa Pandan Wangi
Harga Rp 500.000 600.000
Anda HematRp 100.000 (16.67%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPestisida Organik Ramah Lingkungan GigaGreen
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangNutrisi Tanaman Masa Pembuahan GigaGrow Plus
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangObat Anti Stress Tanaman SamudraFit 100 ML
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Alpukat Kendil
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Durian Lai
Harga Rp 150.000 300.000
Anda HematRp 150.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 70.000 100.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPotato Planter Bag
Harga Rp 70.000 100.000
Anda HematRp 30.000 (30.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Alpukat WSR
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman