( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

5 Tahapan Dalam Budidaya Kelapa Pandan Wangi Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah

Thursday, January 31st 2019.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelapa-Pandan-Wangi-Murah-online-di-kota-kabupaten.9

Kelapa pandan wangi merupakan salah satu jenis buah kelapa unggulan yang berasal dari Negara Thailand. Kelapa ini memiliki keunggulan dengan rasa dan aroma yang khas dan unik. Buah kelapa pandan wangi mampu menghasilkan aroma yang unik layaknya aroma daun pandan. selain itu, air kelapa pandan wangi ini mempunyai rasa manis yang alami. Rasa manis yang dihasilkan oleh kelapa pandan wangi ini sangat kuat, sehingga kita tidak perlu menambah gula lagi jika hendak memikmatinya. Soal harga, jenis kelapa ini berbeda dengan kelapa biasa.

Bayangkan saja, untuk sebutir kelapa pandan wangi harganya bisa mencapai 10 kali lipat dari kelapa biasa. Budidaya tanaman kelapa pandan wangi ini juga tergolong sangat mudah. Perawatannya hampir sama dengan perawatan kelapa pada umumnya. Tapi memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya kelapa pandan wangi supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelapa-Pandan-Wangi-Murah-online-di-kota-kabupaten.1

Walaupun terbilang jenis kelapa pendatang baru, namun faktanya dengan segala keunggulan dan keistimewaannya, kelapa pandan wangi ini sudah memiliki banyak penggemar. Bahkan tidak sedikit petani yang sudah mencoba untuk membudidayanan tanaman ini. Tanaman kelapa pandan wangi mampu tumbuh dengan baik pada berbagai jenis tanah seperti aluvial, laterit, vulkanis, berpasir, tanah liat, ataupun tanah berbatu. Namun jika menginginkan hasil yang lebih memuaskan, tanaman kelapa jenis ini sebagiknya ditanama pada tanah endapan aluvial.

Kelapa pandan wangi dapat tumbuh subur pada tanah yang memiliki tingkat keasaman (pH tanah) sekitar 5-8. Bibit kelapa pandan wangi pada umumnya dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran rendah hingga ketinggian 600 mdpl dengan ketinggian ideal sekitar 0 – 450 mdpl.  Meskipun demikian, kelapa jenis ini juga dapat tumbuh pada daerah dataran tinggi mencapai 1000 mdpl, namun tingkat produktifitas buahnya menjadi tidak maksimal.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelapa-Pandan-Wangi-Murah-online-di-kota-kabupaten.2

Tanaman kelapa pandan wangi menyukai sinar matahari dengan lama penyinaran minimal 120 jam/bulan atau 2000 jam/tahun sebagai sumber energi fotosintesis. Bila dinaungi, pertumbuhan tanaman ini akan terhambat. Pada bulan dimana jumlah penyinaran per bulan lebih tinggi dari rata-rata, jumlah produksi buah biasanya menjadi lebih banyak. Kelapa pandan wangi juga sangat peka pada suhu rendah dan tumbuh paling baik pada suhu 20-27° C. Pada suhu 15° C, akan terjadi perubahan fisiologis dan morfologis tanaman kelapa.

Pertumbuhan tanaman kelapa sangat dipengaruhi oleh suhu, terutama pada saat berbuah. Suhu rendah sangat tidak cocok untuk tanaman kelapa, karenanya penyebaran tanaman kelapa terbatas pada daerah tropis.

BUDIDAYA KELAPA PANDAN WANGI

1. Tahap Pembibitan

Pembibitan tanaman kelapa sebaiknya dilakukan pada lahan yang memiliki system drainase (pengairan) yang baik dan dekat dengan sumber air.

a. Persiapan bedengan atau polybag

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelapa-Pandan-Wangi-Murah-online-di-kota-kabupaten.4

Olah tanah sampai gembur sedalam 30-40 cm, buatlah bedengan dengan lebar 2 m, tinggi 25 cm dan panjang tergantung lahan dengan jarak antar bedengan 60-80 m. Untuk polybag, usahakan terbuat dari polyethylene/ poliprophylene berwarna hitam dengan ukuran 50 x 40 cm dan tebal 0.2 mm, bagian bawah berlubang diameter 0.5 cm dengan jarak antar lubang 7.5 cm sebanyak 48 buah untuk aerasi dan drainase dan diisi dengan tanah top soil (tanah bagian atas) setinggi 2/3.

Setelah itu lakukan pendederan dengan menyayat benih selebar ± 5 cm pada tonjolan sabut sebelah tangkai menggunakan alat bantu yang tajam dan jangan diulang. Desifektasi bibit kelapa pandan wangi menggunakan insektisida dan fungisida (Azodrin 60 EC 0.1% dan difolatan 4F 0.1%) selama dua menit. Selanjutnya tanam bibit kelapa kedalam tanah sedalam 2/3 bagian dengan sayatan menghadap keatas dan mikrofil ke timur. Penanaman dilakukan dengan posisi segitiga bersinggungan.

Setiap satu meter persegi dapat diisi 30 – 35 benih atau 25.000 benih untuk areal 1 hektar. Jika disemai di bedengan, maka setelah benih berkecambah (panjang tunas 3-4 cm) perlu dipindahkan kedalam polybag. Persemaian di polybag berlangsung selama 6-12 bulan, hingga bibit berdaun ± 6 helai dan tinggi 90-100 cm.

Baca juga :

b. Pemeliharaan Penyemaian

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelapa-Pandan-Wangi-Murah-online-di-kota-kabupaten.5a

Pemeliharaan saat pendederan, meliputi:

  • Penyiraman : Dilakukan dengan menggunakan gembor atau springkel sebanyak 5 liter/m2/hari, setiap pagi dan sore. Untuk mengetahui cukup tidaknya penyiraman, 2 jam setelah penyiraman tekan bagian sayatan menggunakan ibu jari, apabila keluar air maka penyiraman telah cukup.
  • Penyiangan : Dilakukan dengan membersihkan gulma (tanaman pengganggu) untuk mencegah adanya inang hama dan dan penyakit.

Pemeliharaan pada saat pembibitan, yaitu:

  • Penyiraman : Dilakukan dengan menggunakan selang atau spingkel setiap pagi dan sore. Kebutuhan penyiraman per polybag tergantung pada umur bibit.
  • Proteksi : Dilakukan dengan memberikan insektisida atau fungisida dengan dosis rata-rata 2 cc/liter kemudian disemprotkan pada tanaman sampai basah dan merata.
  • Penyiangan : Dilakukan dengan membersihkan gulma setiap satu bulan sekali, baik secara manual maupun dengan menggunakan herbisida.
  • Pemupukan : Dilakukan setiap satu bulan sekali menggunakan nitrogen, phosphate, kalium dan magnesium yang dicampurkan kedalam tanah polybag.
  • Penyulaman : Dilakukakn dengan memisahkan tanaman yang kerdil, terserang penyakit dan hama. Penyiangan terus dilakukan sampai bibit berumur satu bulan.

c. Pemindahan Bibit

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelapa-Pandan-Wangi-Murah-online-di-kota-kabupaten.6

Pemindahan bibit kelapa pandan wangi sebaiknya dilakukan saat awal musim penghujan, dengan cara :

Pemindahan bibit kitri : Dipindahkan dalam bentuk bibit cabutan yang dibongkar dari persemaian bibit. Pemindahan dilakukan saat bibit sudah berumur 9-12 bulan. Pemindahan harus dilakukan secara hati-hati supaya bibit kitri tidak rusak.

Pemindahan bibit polybag : Pemindahan dilakukan pada saat bibit sudah berumur 9-12 bulan. 2-3 hari sebelum pemindahan, akar yang keluar dari polybag harus dipotong.

2. Tahap Penanaman Bibit

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelapa-Pandan-Wangi-Murah-online-di-kota-kabupaten.7

Penanaman bibit sebaiknya dilakukan pada akhir musim penghujan. Hal ini dilakukan karena pada akhir musim penghujan, tanah sudah cukup basah sehingga memudahkan bibit untuk dapat tumbuh. Penanaman dilakukan pada bulan yang memiliki curah hujan 200 mm. Adapun cara penanaman bibit kelapa pandan wangi adalah sebagai berikut :

  • Campurkan tanah bagian atas (top soil) dengan pupuk phospat sebanyak 300 gram/lubang, kemudian dimasukkan kedalam lubang tanam.
  • Potong bagian bawah polybag secara melingkar kemudian masukan bibit kedalam lubang tanam.
  • Timbun bibit kelapa pandan wangi menggunakan tanah yang gembur dan dipadatkan dengan ketebalan 3-5 cm diatas sabut bibit kelapa.
  • Untuk penanaman pada lahan seluas 1 hektar, jarak tanam yang direkomendasikan adalaha 9 m dan membentuk segitiga sama sisi.

Lain-lain :

a. Pemberian mulsa

Setelah penanaman, lakukan pemberian mulsa dengan menggunakan daun-daunan, semak, rumput, atau jerami.

b. Penanaman tanaman penutup

Hal ini dilakukan sebelum musim hujan dengan menggunakan tanaman Legminosae (polong-polongan). Keuntungan mananam tanaman penutup adalah untuk menekan pertumbuhan gulma, penyebaran hama, memperbaiki kandungan nitrogen, memperbaiki struktur tanah, mengurangi penguapan, dan mencegah erosi.

3. Tahap Pemupukan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelapa-Pandan-Wangi-Murah-online-di-kota-kabupaten.8

Pemupukan dilakukan apabila tanah tidak memenuhi unsur hara yang dibutuhkan :

  • Saat bibit berusia 1 bulan, berikan 100 gram urea/pohon menyebar pada jarak 15 cm dari pangkal batang.
  • Pemupukan selanjutnya dilakukan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan April/mei (akhir musim hujan) dan bulan Oktober/Nopember (awal musim hujan).

Cara pemberian pupuk  :

  • Taburkan pupuk secara menyebar mengelilingi tanaman.
  • Pupuk N, K, Mg diberikan secara bersamaan sedangkan P 2 minggu sebelumnya.
  • Sebelum pupuk nitrogen diberikan, tanah digemburkan terlebih dahulu untuk menghindari pencampuran dengan pupuk phospat karena dapat merugikan.
  • Tutup pupuk yang sudah disebarkan menggunakan tanah.

4. Tahap Pemeliharaan Tanaman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelapa-Pandan-Wangi-Murah-online-di-kota-kabupaten.3

a. Penyulaman

Penyulaman dilakukan dengan mengganti tanaman yang tumbuh kerdil, terserang hama penyakit dan mati. Penyulaman sebaiknya dilakukan pada musim penghujan. Bibit yang terserang hama penyakit harus disingkirkan dari bibit lain agar tidak menular.

b. Penyiangan

Penyiangan dilakukan dengan membersihkan gulma (tanaman pengganggu) yang ada disekitar tanaman. Hal ini bertujuan untuk menjaga kandungan nutrisi yang ada didalam tanah. Penyulaman dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan herbisida.

c. Pembubunan

Pembubunan dilakukan setelah tanam mulai memproduksi buah dengan cara menimbunkan tanah dibagian atas permukaan sekitar pohon hingga menutup sebagian batang pohon yang dekat dengan akar.

5. Tahap Pemanenan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelapa-Pandan-Wangi-Murah-online-di-kota-kabupaten.10

Frekuensi pemanenan buah kelapa pandan wangi dapat dilakukan setiap sebulan kali. Ada juga yang menetukan jeda pemanenan buah kelapa setiap 25 hari sekali. Untuk pemanenan buah kelapa pandan wangi sendiri ada berbagai macam cara, antara lain :

  1. Buah dibiarkan jatuh sendiri. Buah hasil pemanenan dengan cara ini tidak cocok digunakan sebagai bahan baku kopra atau kelapa parut kering karena sudah lewat masak, tetapi sangat bagus untuk bahan baku minyak kelapa murni.
  2. Pohon kelapa dipanjat lalu memetik buahnya yang sudah masak. Selain memanfaatkan tenaga manusia, dapat juga memanfaatkan tenaga binatang seperti kera.
  3. Buah dipanen dengan galah. Menggunakan bambu panjang yang disambung dengan ujung dipasangi pisau tajam berbentuk pengait/menggunakan sabit.

MANFAAT KELAPA PANDAN WANGI

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelapa-Pandan-Wangi-Murah-online-di-kota-kabupaten.11

Selain airnya yang manis dan menyegarkan, daging kelapa pandan wangi juga sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran aneka hidangan lezat khas tanah air seperti gulai, rendang, dan sayur. Namun siapa sangka, di balik rasanya yang sedikit manis dan legit, mengkonsumsi daging buah kelapa secara rutin juga dipercaya dapat memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti :

1. Menurunkan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan, Serat sangat dibutuhkan untuk membantu menghancurkan lemak yang tersimpan dalam tubuh. Daging kelapa mengandung serat makanan yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu memecah lemak, melancarkan pencernaan tubuh, sekaligus membantu memaksimalkan pembakaran lemak.

2. Membuang racun dalam tubuh.

Terkadang, racun yang mengendap didalam tubuh dapat menyebabkan perut kembung hingga kenaikan berat badan. Daging kelapa dapat membantu membuang racun tersebut dengan kandungan antioksidan yang dimilikinya. Selain itu, daging buah kelapa juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh dan juga memelihara kesehatan jantung agar senantiasa kuat.

Baca Juga :

3. Meningkatkan metabolisme

Daging kelapa pandan wangi terbukti dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Semakin baik sistem metabolisme, maka akan semakin banyak lemak yang akan diubah menjadi energi. Oleh karena itu, orang-orang dengan metabolisme yang rendah dianjurkan untuk menyisipkan sedikit daging kelapa ke dalam menu hidangan sehari-hari.

4. Menambah energi

Selain airnya, daging kelapa jenis ini juga diklaim dapat membantu meningkatkan energi tubuh. Hal ini disebabkan karena daging kelapa memiliki kandungan zat antioksidan yang melimpah. Sehingga sangat baik jika dikonsumsi setelah berolah raga.

5. Menghidrasi tubuh

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi merupakan langkah yang harus dilakukan supaya tubuh terhindar dari lemas dan lesu. Daging kelapa juga dikenal dapat membantu menghidrasi tubuh. Selain itu, mengkonsumsi daging kelapa secara rutin juga dapat membantu menurunkan kolesterol, dan mencegah beragam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Demikian artikel tentang 5 Tahapan Yang Harus Dilakukan Dalam Budidaya Kelapa Pandan Wangi Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah. Anda dapat memperoleh bibit kelapa pandan wangi yang berkualitas di kebun kami dengan cara menghubungi kami di situs www.samudrabibit.com.

Selain bibit yang berkualitas dengan harga murah, kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman unggulan secara grosir dan melayani pembelian secara online. Kami juga menyediakan pupuk khusus tanaman buah lain serta aneka produk nutrisi sebagai penunjang keberhasilan Anda dalam berkebun. Silakan mengunjungi kebun kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan kelapa pandan wangi.

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman