( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

6 Langkah Dalam Budidaya Mangga Chokanan Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah.

Saturday, February 9th 2019.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Chokanan-Murah-online-di-kota-kabupaten.7

Budidaya mangga chokanan saat ini sudah menjadi sebuah pillihan favorit bagi para petani dalam berkebun. Hal ini tidak terlepas dari perawatan tanaman mangga jenis ini yang tergolong sangat mudah. Selain itu, mangga chokanan juga termasuk kedalam jenis tanaman yang bersifat genjah (mudah berbuah). Bayangkan saja saat masih berusia 1 tahun,  bibit mangga chokanan hasil okulasi sudah mulai belajar berbuah. Bahkan dalam waktu satu tahun, tanaman mangga chokanan ini mampu berbuah hingga 3 kali.

Tanaman mangga chokanan ini juga terkenal memiliki tinggkat produktifitas buah yang sangat tinggi. 1 pohon mangga chokanan mampu memproduksi buah sekitar 60-120 kg dalam satu tahun. Keunggulan lain dari tanaman mangga chokanan ini adalah sangat cocok jika dibudidayakan di dalam pot (tabulampot) dan mampu berbuah lebat.

 

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Chokanan-Murah-online-di-kota-kabupaten.3

Mangga chokanan sering disebut dengan buah mangga madu. Hal ini dikarenakan daging buah mangga jenis ini berwarna kuning merata dan terlihat sangat cantik saat sudah matang. Selain itu, buah mangga chokanan juga mempunyai rasa manis seperti rasa madu alami. Tidak mengherankan jika banyak orang yang menyukai mangga ini untuk dikonsumsi saat buah sudah matang maupun saat buah masih muda. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah mangga chokanan juga sering dibuat menjadi berbagai macam minuman seperti jus.

Di daerah asalnya (Thailand) buah mangga chokanan biasanya dinikmati bersama dengan ketan.

SYARAT TUMBUH MANGGA CHOKANAN

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Chokanan-Murah-online-di-kota-kabupaten.1

  1. Mangga chokanan dapat tumbuh subur jika ditanam pada daerah dataran rendah dan menengah dengan ketinggian tidak lebih dari 600 mdpl.
  2. Suhu ideal untuk pertumbuhan tanaman mangga chokanan sekitar 24-30 derajat celcius.
  3. Daerah yang cocok untuk menunjang perkembangan mangga chokanan adalah daerah yang memiliki curah hujan sekitar 750-2000 mm/tahun.
  4. Bibit mangga chokanan sebaiknya ditanam pada daerah yang memiliki bulan basah rata-rata 2-4 bulan dan bulan kering rata-rata 8-10 bulan. Hal ini dikarenakan jika bibit ditanam pada daerah basah yang banyak turun hujan, tanaman akan mudah terserang hama dan penyakit serta bunga/buah akan mengalami kerontokan.
  5. Tanaman mangga chokanan menyukai jenis tanah yang gembur mengandung pasir dan lempung dalam jumlah yang seimbang serta banyak mengandung unsur hara.
  6. Derajat keasaman tanah (pH tanah) yang cocok untuk penanaman mangga chokanan adalah sekitar 5,5-8. Jika pH dibawah 5,5 sebaiknya media tanam (tanah) diberikan kapus dolomit.

BUDIDAYA MANGGA CHOKANAN

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Chokanan-Murah-online-di-kota-kabupaten.2

Seperti yang sudah disebutkan diatas, budidaya mangga chokanan tergolong sangat mudah dan sangat cocok juga untuk ditanam di dalam pot. Hal ini membuat budidaya mangga chokanan menjadi salah satu aktifitas yang sangat menyenangkan. Karena selain dapat menyalurkan hobi, budidaya mangga chokanan juga dapat menghasilkan uang. Pasalnya, tanaman mangga chokanan dapat berbuah sepanjang tahun disertai dengan tingkat produktifitas buah yang tinggi.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai budidaya tanaman mangga chokanan, ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan. Nah, Jika Anda sedang membaca artikel ini maka Anda sangatlah beruntung karena pada artikel ini membahas semua hal yang berkaitan dengan budidaya mangga chokanan. Berikut ulasannya.

1. Pemilihan Bibit Unggul

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Chokanan-Murah-online-di-kota-kabupaten.5

Hal pertama yang harus dilakukan dalam budidaya mangga chokanan adalah memilih bibit yang berkualitas unggul. Hal ini dikarenakan bibit tanaman yang berkualitas akan menghasilkan buah yang berkualitas juga.

a. Pilih bibit mangga chokanan dari indukan yang mempunyai batang bawah sehat dan mempunyai produktifitas tinggi.

b. Tinggi bibit mangga chokanan berkisar antara 60-80 cm dan berdiameter 1-1,5 cm.

c. Batang bibit berwarna hijau tua kecoklatan serta bentuk batang lurus dan tidak bercabang.

d. Warna daun bibit hijau mengkilat dan membentuk tiga flush.

e. Bibit mangga chokanan yang dipilih sebaiknya sudah berumur lebih dari 6 bulan, terbebas dari serangan hama penyakit dan tidak cacat.

Jika Anda kesusahan untuk memilih bibit mangga chokanan yang berkualitas, Anda dapat memesan bibit mangga chokanan di www.samudrabibit.com.

Baca juga :

2. Pengolahan Lahan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Chokanan-Murah-online-di-kota-kabupaten.4

Lahan tanam yang akan digunakan untuk budidaya mangga chokanan sebaiknya bersih dari tunggul pohon, pepohonan, semak belukar, dan juga gulma. Pengolahan tanah pada lahan tanam sebaiknya dilakukan sebelum musim penghujan. Jarak ideal untuk penanaman bibit mangga chokanan adalah sekitar 3×3 meter atau 5×6 meter untuk bibit mangga yang berasal dari hasil okulasi.

a. Buatlah lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm dan biarkan terbuka selama 1-2 minggu.

b. Campur sisa tanah galian dengan pupuk kandang sebanyak 10 kg dan pupuk NPK 15:15:15 sebanyak 100 gram.

c. Masukan tanah yang sudah dicampur pupuk kedalam lubang tanam hingga menggunduk.

d. Diamkan lagi selama kurang lebih 2-3 minggu sebelum penanaman.

3. Penanaman Bibit

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Chokanan-Murah-online-di-kota-kabupaten.6

Waktu yang tepat untuk melakukan penanaman bibit mangga chokanan adalah pada awal musim penghujan, namu apabila air irigasi tersedia maka penanaman bibit mangga chokanan dapat dilakukan kapan saja.

a. Lepas polybag bibit mangga chokanan menggunakan gunting atau pisau. Pastikan media tanam dan bibit masih menyatuk saat polybag dibuka.

b. Buat lubang pada lubang tanam yang sebelumnya sudah di isi dengan campuran tanah dan pupuk.

c. Masukan bibit mangga chokanan beserta media tanamnya kedalam lubang.

d. Timbun pangkal bibit mangga chokanan menggunakan tanah sampai membentuk gundukan.

e. Lakukan penyiraman untuk menjaga media tanam tetap lembab dan supaya tanaman tetap segar.

4. Perawatan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Chokanan-Murah-online-di-kota-kabupaten.8

Jika menginginkan tanaman mangga tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berkualitas. Bibit mangga chokanan harus mendapatkan perawatan yang baik seperti penyiraman, pemangkasan, dan penyiangan.

a. Penyiraman

Penyiraman sangat penting untuk dilakukan pada saat awal penanaman. Penyiraman sebaiknya dilakukan secara teratur setiap pagi dan sore (tergantung dengan kondisi cuaca). Pada saat musim kemarau, penyiraman dilakukan 2 kali sehari untuk menjaga tanah supaya tidak mengering. Volume air penyiraman tidak boleh sampai menggenang karena dapat membuat perakaran terserang cendawan akibat kelembapan yang tinggi. Penyiraman sebaiknya dilakukan dengan menggunakan gembor atau sprinkle agar penyiraman dapat merata dan tidak merusak tanaman.

Baca juga :

b. Penyiangan dan pengemburan

Penyiangan pada tanaman mangga chokanan dapat dilakukan bersamaan dengan penggemburan dan pemupukan. Cabut rumput/gulma menggunakan tangan atau alat bantu seperti cangkul, ke.mudian buang ketempat lain supaya tidak tumbuh lagi. Penggemburan dilakukan pada tanah yang terlalu padat dan tidak ditumbuhi rumput disekitar pangkal batang. Penggemburan sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan. Penggemburan tanah disekitar tanaman hasil cangkokan jangan terlalu dalam karena dapat merusak akar.

c. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan untuk merangsang tunas baru agar muncul secara bersamaan dan mencapai umur dewasa dalam waktu yang sama juga. Pemangkasan juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi udara disekitar tanaman, membentuk percabangan yang kokoh, dan mempercepat tanaman supaya lebih cepat berbuah. Pemangkasan dilakukan terhadap cabang yang tidak terkena sinar matahari, terserang penyakit, dan terlalu lebat

5. Pemupukan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Chokanan-Murah-online-di-kota-kabupaten.9

Pemupukan dilakukan supaya tanaman mangga chokanan dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang banyak, sehat, dan memiliki rasa yang manis. Waktu, jenis pupuk, dan dosis serta cara pemupukan tanaman mangga chokanan adalah sebagai berikut. Tanaman berumur 3-4 bulan : Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk urea sebanyak 100-150 gram/pohon. Cara pemupukan adalah dengan menaburkan pupuk disekitar tanaman secara melingkar lalu ditimbun menggunakan tanah kemudian di siram menggunakan air.

Tanaman berumur 1 tahun : Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang sebanyak 15 kg/pohon. Pemupukan diberikan setiap enam bulan sekali yakni pada awal dan akhir musim penghujan. Cara pemupukan adalah dengan membenamkan pupuk di dalam parit melingkari tanaman. Setelah pupuk dibenamkan, tanah diaduk-aduk dengan menggunakan cangkul supaya tercampur rata kemudian tutup parit menggunakan tanah. Tanaman menjelang berbunga : Pemupukan dilakukan dengan pupuk yang mempunyai komposisi fosfor dan kalium tinggi.

Hal ini bertujuan untuk merangsang pembungaan. Berikan pupuk NPK 15:15:15 sebanyak 1-2 kg/pohon dan ditambah dengan pupuk NPK 8:24:24 atau pupuk NPK 1:30:40 sebanyak 100-200 gram/pohon atau bisa juga dengan menambahkan pupuk NPK 8:16:24 sebanyak 100-150 gram/pohon.

6. Pemanenan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Chokanan-Murah-online-di-kota-kabupaten.10

Buah mangga chokanan dapat dipanen saat sudah berumur 70-80 hari sejak berbunga. Pemanenan sebaiknya dilakukan sebelum buah matang dipohon.

Ciri-ciri buah mangga chokanan yang sudah siap untuk dipanen adalah :

a. Bentuk buah sudah padat dan berisi, terutama pada bagian pangkal buah.

b. Jika buah diketuk, akan tedengar suara nyaring.

c. Warna kulit sudah mulai berubah, dari hijau menjadi kuning.

d. Tekstur kulit buah berubah menjadi lebih halus dan lapisan seperti bedak pada kulit semakin tebal.

Pemanenan buah mangga chokanan sebaiknya dilakukan pada pukul 09.00 – 15.00 WIB. Karena pada waktu tersebut tekanan turgor sedang rendah sehingga getah mangga tidak banyak keluar. Pemanenan dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti gunting atau galah berpengait yang dilengkapi dengan anyaman rotan, jaring, atau kantong terpal. Untuk menjaga kualitas hasil panen, tangkai buah sebaiknya disisakan sekitar 0,5 – 1 cm. Buah hasil panen kemudian dimasukan kedalam keranjang buah yang sudah diberi alas berupa daun kering.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Chokanan-Murah-online-di-kota-kabupaten.11

Demikian artikel tentang 6 Langkah Dalam Budidaya Mangga Chokanan Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah.. Anda dapat memperoleh bibit mangga chokanan yang berkualitas di kebun kami dengan cara menghubungi kami di situs www.samudrabibit.com. Selain bibit mangga chokanan, kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman unggulan lain secara grosir dan melayani pembelian secara online. Kami juga menyediakan pupuk khusus tanaman buah lain serta aneka produk nutrisi sebagai penunjang keberhasilan Anda dalam berkebun.

Silakan mengunjungi kebun kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan mangga chokanan.

Incoming search terms:

  • kebun mangga chokanan
  • mangga chokanan
  • MERAWAT POHON MANGGA CHOKANAN

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman