( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Budi Daya Durian Pelangi bagi Pemula

Saturday, August 4th 2018.

 
Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 1Setelah durian merah, ada satu lagi jenis durian lokal yang sedang naik daun dan menjadi varietas unggulan di tanah air, yaitu durian pelangi. Aslinya dari Manokwari, Papua, merupakan hasil persilangan antara durian kuning (Durio fotogensis), durian merah (Durio graveolens), dan durian putih (Durio zibethinus).

Perpaduan ini menghasilkan buah durian yang unik dengan variasi warna daging buah merah-kuning-hijau-jingga-putih-krem-dan coklat tua. Kadang perpaduan warna tersebut meliputi warna merah muda atau merah tua dan krem dengan semburat hijau di sudut biji.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 2

Durian pelangi memiliki keunggulan-keunggulan, di antaranya, daging buahnya tebal dengan rasa manis lezat, tekstur buahnya lembut agak lengket, biji berukuran sedang, kadar alkohol relatif rendah dibandingkan jenis lokal lainnya, dan kaya akan kandungan betakaroten serta antioksidan.

Satu buah durian pelangi memiliki berat rata-rata antara 2 – 3 kg. Pohonnya sangat produktif, tiap pohon dapat menghasilkan 400 – 800 butir durian per tahun dengan masa panen 2 kali setahun, dan usia produktifnya dapat mencapai 100 – 150 tahun.

Setelah panen, buah durian pelangi dapat bertahan sampai 6 – 7 hari tanpa perlakuan khusus. Harga jualnya saat ini sangat menggiurkan, yaitu antara Rp250.000,00 sampai Rp300.000,00 per butir.

Jika Anda tertarik membudidayakan durian pelangi, cara membudidayakan durian pelangi tidaklah sulit, tidak juga jauh berbeda dengan jenis-jenis durian lainnya. Anda hanya perlu memahami karakteristik tanaman ini dan melakukan perawatan rutin agar tanaman durian pelangi Anda memberi hasil yang optimal.

Berikut langkah-langkah penanaman dan perawatan tanaman durian pelangi agar tumbuh optimal dan hasilnya maksimal.

Karakteristik durian pelangi

Durian pelangi merupakan tanaman hutan hujan tropis khatulistiwa yang dapat mencapai ketinggian 25 meter di habitat aslinya. Sebagai tanaman tropis, durian pelangi membutuhkan kehangatan iklim tropis dengan kelembapan tinggi dan sinar matahari yang melimpah agar tumbuh optimal, kecuali pada tahun pertama pertumbuhannya, di mana pohon ini memerlukan keadaan yang semiteduh agar dapat tumbuh dengan baik.

Tumbuh subur pada ketinggian 400 – 600 mdpl dengan suhu ideal 20 – 30 derajat celcius dan curah hujan rata-rata 2000 mm per tahun. Sangat menyukai tanah liat yang kaya kandungan bahan organik dengan pH 5 – 7, paling optimal pada pH 6 – 6,5 di mana tanaman ini akan tumbuh dengan baik dan cepat besar.

Bagi tanaman ini, kebutuhan air sangat krusial. Pohon durian pelangi yang sudah dapat berdiri dengan kokoh tidak dapat bertahan dari kekeringan selama 3 bulan berturut-turut. Apabila ini terjadi, kerusakannya bersifat permanen, tidak dapat lagi diperbaiki.

Suhu juga sangat berpengaruh, dalam suhu 15 derajat celcius tanaman ini tidak dapat tumbuh optimal dan pada suhu 35 derajat celcius daun-daunnya akan tampak seperti terbakar.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 11

Persiapan lahan dan pengelolaan media tanam

Langkah awal sangat penting apabila Anda serius melakukan pembudidayaan durian pelangi. Buatlah perencanaan yang cermat, meliputi pengukuran pH tanah, analisis tanah, penetapan waktu atau jadwal tanam, sistem pengairan, penetapan luas areal penanaman, dan pengaturan volume produksi.

Syarat lahan yang baik adalah bersih dari rumput pengganggu, tidak terlalu sempit, tanah gembur dan kaya unsur hara, tidak terlalu teduh karena tanaman ini memerlukan sinar matahari penuh.

Bersihkan dan olah lahan beberapa minggu sebelum penanaman. Singkirkan batu besar, alang-alang, pokok-pokok batang pohon sisa penebangan, dan tanaman liar. Cangkul tanah untuk membuat bedengan sedalam 30 cm hingga gembur.

 

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 12

 

Campurkan pasir dan kompos yang sudah jadi. Untuk bedengan dengan ukuran lebar 1 m dan panjang 2 m membutuhkan 5 kg pasir dan 5 kg kompos. Campur rata, kemudian diamkan selama 1 minggu. Semprot Vapan/Basamid untuk mencegah serangan jamur atau bakteri pembusuk. Buat saluran penampungan air di sekitar bedengan.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 13

Apabila tanah kurang subur, misalnya, jenis tanah di lahan Anda adalah podzolik merah kuning dan latosol merah coklat kuning, perlu dilakukan pengapuran. Tanah jenis ini cenderung memiliki pH antara 5 – 6 dan komposisi komponen penyusunnya kurang seimbang antara pasir, tanah liat, dan debu.

Pengapuran sebaiknya dilakukan menjelang musim kemarau menggunakan kapur pertanian yang memiliki kadar CaCO3 sampai 90%. 2 – 4 minggu sebelum pengapuran, tanah diberi pupuk dan disirami sebanyak 4 – 5 kali sehari. Tambahkan dolomit 2 minggu setelah pengapuran untuk mencegah kekurangan usur Mg.

Pemilihan bibit

Durian pelangi dapat dikembangbiakkan secara generatif dari biji atau secara vegetatif dari sambung pucuk atau okulasi dan cangkok. Bibit hasil okulasi atau cangkok akan menghasilkan tanaman dengan kualitas unggul karena sifat-sifat unggul dari tanaman induk akan menurun ke anaknya dan pertumbuhan berlangsung lebih cepat.

Apabila Anda membeli bibit, pastikan Anda memperoleh bibit yang sehat, bebas dari hama dan penyakit, segar, sudah cukup tua, daunnya hijau segar tidak kisut atau layu dan kuning, rindang, batangnya kokoh tidak kurus dan kering.

Baca juga : 

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 3

Penanaman durian pelangi

Apabila Anda memilih bibit yang berasal dari biji, segera tanam ketika biji sudah berakar dengan jarak tanam 20 x 30 cm, lubang tanam sebesar biji, dan kedalaman tanah disesuaikan dengan panjang akar. Ketika sudah tertanam semua, taburi bagian permukaan bedengan dengan pasir yang dicampur tanah halus atau hasil ayakan setebal lebih kurang 5 cm.

Setelah bibit siap umur untuk penanaman secara permanen, jarak tanam yang ideal adalah 9 x 9 atau 10 x 10 m. Ini berlaku pula untuk bibit hasil okulasi atau cangkok. Buat lubang tanam pada bedengan berukuran 80 x 80 x 70 atau 70 x 70 x 60 cm sesuai jenis tanah dan kondisi lahan.

Pisahkan 20 cm tanah galian bagian atas dengan tanah galian bagian bawah. Campurkan 30 kg pupuk organik/pupuk kandang yang telah difermentasi/kompos dan sekam dengan tanah galian atas lalu diamkan selama 2 – 3 minggu di bawah sinar matahari.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 4

Penanaman bibit durian pelangi sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan di sore hari agar bibit tidak terkena sunar matahari langsung. Jika bibit masih menggunakan polybag, hati-hati ketika melepaskannya, jangan sampai akar putus.

Letakkan bibit tepat di tengah lubang tanam dengan posisi tegak lurus. Tutup lubang galian dengan tanah galian bagian atas yang telah dicampuri pupuk dan sekam terlebih dahulu. Jaga agar bibit tidak miring. Tutup kembali lubang tanam dengan tanah galian bagian bawah sampai sekitar 5 cm di atas pangkal batang, lalu padatkan.

 

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 5

 

Agar tanaman tidak mudah roboh, pasang ajir dari bambu atau kayu sepanjang 1,5 m dan ikatkan bibit pada ajir tersebut. Lanjutkan dengan menutup tanah di sekitar tanaman dengan rumput atau jerami kering sebagai mulsa agar kelembapan tanah tetap stabil.

Tanaman durian pelangi yang masih muda sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung. Oleh karena itu, beri naungan segera setelah tanam dan selama awal masa pertumbuhannya. Naungan ini dapat dibongkar lagi setelah bibit berusia 3 – 5 bulan.

Penyiraman dan penyiangan

Penyiraman pertama harus segera dilakukan setelah penanaman selesai sampai air benar-benar meresap, tetapi jangan terlalu becek. Penggunaan embrat sangat disarankan agar hasil penyiraman lebih merata.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 6

Selanjutnya, penyiraman rutin sebanyak 1 – 2 kali sehari tergantung pada kelembapan tanah. Penyiangan rutin terhadap gulma dan tanaman liar lainnya meliputi wilayah sekitar 1 m di sekeliling tanaman.

Pemupukan

Tanaman durian pelangi memerlukan asupan nutrisi makro dan mikro untuk mempercepat pertumbuhan dan menjaganya tetap sehat, kebal terhadap penyakit. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dibutuhkan pemberian pupuk tambahan yang sesuai dengan kondisi tanah atau media tanamnya.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 7

 

Alangkah baiknya melakukan cek keadaan tanah sebelum pemupukan untuk mengetahui unsur hara dalam tanah dan kebutuhan pupuk yang tepat. Tujuannya agar pemberian pupuk optimal, tidak kurang atau justru berlebihan.

Cara pemberian pupuk untuk tanaman durian pelangi adalah dengan membuat selokan melingkari tanaman. Diameter selokan disesuaikan dengan lebar tajuk pohon. Kedalaman selokan antara 20 – 30 cm. Sisihkan tanah hasil galian di pinggir selokan. Sebarkan pupuk secara merata di seluruh bagian selokan, lalu kembalikan tanah galian untuk menutup selokan. Ratakan dan sirami apabila tanah tampak kering.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Durian-Montong-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten5

Adapun jenis pupuk yang diberikan merupakan kombinasi antara pupuk kandang, kompos, pupuk hijau, dan pupuk buatan.

Baca juga :

Tiga bulan setelah tanam, berikan pupuk NPK sebanyak 200 gr per pohon dengan komposisi 15 : 15 : 15. Lanjutkan pemberian pupuk ini secara rutin setiap 4 bulan sekali sampai tanaman berumur 3 tahun. Tambahkan pemberian pupuk kandang atau kompos sebanyak 60 – 100 kg per pohon satu tahun sekali di musim kemarau.

Setelah tanaman berumur 3 tahun akan mulai membentuk batang dan tajuk. Pada usia ini, pemberian NPK ditingkatkan menjadi 500 gr per pohon dengan komposisi 10 : 30 : 10.

Selanjutnya setiap tahun pemberian NPK ditambah sebesar 20 – 25%. Jadi, pada tahun keempat, misalnya, pemberian NPK menjadi 600 – 625 gr. Adapun pemberian pupuk kandang ditingkatkan menjelang pohon berbunga atau selesai membentuk tunas baru sebanyak 120 – 200 kg per pohon.

Penjarangan bunga dan buah

Durian pelangi yang berasal dari cangkok atau okulasi akan mulai berbuah pada umur 3 – 5 tahun. Tanaman ini sangat rajin berbuah, akan tetapi pembuahan terus-menerus tanpa dikontrol dapat memengaruhi kelangsungan hidup, rasa buah, ukuran buah, dan frekuensi pembuahan.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 9

Oleh karena itu, sangat diperlukan tindakan penjarangan bunga dan buah. Semprotkan hormon pembuahan, misalnya Auxin A, ketika bunga atau bakal buah baru berumur sebulan, yaitu saat sebagian bunga sudah terbuka dan dibuahi.

Usai penyemprotan, bunga yang memang sudah dibuahi akan melanjutkan proses ke pembuahan, sementara bunga yang ternyata belum dibuahi akan mati dan rontok dengan sendirinya. Setelah buah terbentuk, lakukan penjarangan dengan menyisakan 50 – 60% saja dari total buah yang ada.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 10

Demikianlah cara membudidayakan tanaman durian pelangi agar tumbuh dengan baik, produktif, dan cepat menghasilkan bagi pemula. Semoga pedoman ini dapat berguna bagi Anda yang ingin mencoba membudidayakan varian baru durian unggulan ini. Selamat mencoba.

Bibit durian pelangi yang baik dapat Anda peroleh di kebun pembibitan kami. Silakan hubungi kami di situs www.samudrabibit.com. Kami menyediakan pula berbagai varietas unggulan bibit durian lainnya, seperti durian montong, musang king, durian merah, dan durian duri hitam.

Selain bibit yang berkualitas dengan harga murah, kami juga menjual bibit durian secara grosir dan melayani pembelian secara online. Anda juga dapat mengunjungi kebun pembibitan kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman durian kami.

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman