( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Cara agar Tanaman Mangga Alpukat Cepat Berbuah dan Produktif

Wednesday, June 20th 2018.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Mangga Alpukat Langka Murah online di kota kabupaten1

Apakah Anda termasuk pecinta mangga? Pernahkah Anda mendengar tanaman mangga alpukat? Salah satu varian mangga gadung ini cukup istimewa. Dikembangkan pertama kali di Pasuruan pada tahun 1994, jenis mangga ini menjadi buah khas dari daerah ini. Dilihat dari luar penampilan buahnya tidak berbeda dengan jenis-jenis mangga gadung lainnya. Tetapi, daging buahnya sangat lembut dan mudah terlepas dari bijinya, persis buah alpukat, sehingga untuk menikmatinya Anda dapat menyendoknya langsung dari kulitnya.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-mangga-alpukat-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten6

Sayangnya, kenikmatan buah ini masih harus dibayar dengan mahal karena harga jualnya masih cukup tinggi. Alternatif yang lebih hemat dan bisa jadi justru menguntungkan bagi Anda di kemudian hari adalah dengan menanamnya di pekarangan Anda. Lalu, bagaimana cara menanam dan merawat pohon mangga alpukat dengan baik sehingga dapat cepat berbuah dan banyak? Ikuti langkah-langkah berikut.

 

Memilih bibit

Tanaman mangga alpukat dapat dikembangbiakkan baik secara generatif maupun vegetatif. Cara generatif atau pembibitan dari biji lebih murah, tetapi hasilnya lama. Cara pembibitan tanaman mangga alpukat yang paling efektif adalah dengan cara vegetatif, baik cangkok ataupun stek. Jika Anda membeli bibit, pastikan tempat Anda membeli bibit benar-benar menjual bibit mangga alpukat asli. Pilih bibit yang telah berusia 6 bulan sampai satu tahun. Periksa setiap bagian tanaman (daun, cabang, batang, ranting) untuk menghindari pemilihan bibit yang ternyata terserang hama atau penyakit. Diamkan dahulu bibit yang telah Anda beli, jangan langsung ditanam. Biarkan dahulu bibit mangga alpukat yang telah Anda beli, jangan langsung ditanam. Beri kesempatan bibit mangga alpukat Anda untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang baru sebelum ditanam.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-mangga-alpukat-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten2

 

Persiapan lahan dan media tanam

Pohon mangga alpukat akan terus tumbuh besar dan tinggi seperti pohon-pohon mangga pada umumnya. Untuk itu, Anda harus perhatikan benar di mana hendak menanam bibit ini. Jika sudah ditentukan lokasi yang tepat, buat lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm atau disesuaikan dengan tinggi bibit. Masukkan pupuk kompos atau humus, diamkan selama 1 minggu. Siram bibit tanaman mangga alpukat dengan air secukupnya 1 hari sebelum ditanam. Tanamlah pada pagi hari agar bibit terhindar dari panas terik matahari. Buka plastik polybag dengan hati-hati agar tidak merusak akar dan tanah/media tanamnya tidak tumpah. Masukkan bibit serta tanah dari polybag ke dalam lubang tanam, pastikan semua bagian akar tertanam dengan baik. Timbun lubang dengan tanah galian, padatkan agar pohon tidak goyah. Sirami pada sore hari dengan air secukupnya, jangan sampai menggenang karena air menggenang dapat mengundang bakteri perusak akar.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Langka Murah online di kota kabupaten 10

Persiapan lahan dengan ukuran minimal 50X50 cm

 

Perawatan dan pemeliharaan

Perawatan tanaman mangga alpukat tidak jauh berbeda dari tanaman mangga jenis lainnya. Pertama, penyiraman. Penyiraman harus dilakukan secara rutin dengan memerhatikan cuaca. Jika cuaca panas dan kering seperti di musim kemarau, intensitas penyiraman perlu diperbanyak. Sebaliknya, di musim hujan ketika air melimpah, frekuensi penyiraman dikurangi.

Kedua, pemupukan. Pada masa awal pertumbuhan, berikan pupuk NPK. Jenis pupuk ini akan merangsang pertumbuhan batang dan daun. Apabila usia pohon sudah memasuki masa pembungaan, berikan pupuk KCL. Dapat pula ditambahkan hormon atonik dengan konsentrasi 5 g per liter air. Cara pemberiannya adalah dengan disemprotkan. Pemberian pupuk dan hormon ini akan merangsang proses pembungaan.

Baca juga : SamudraPupuk Organik Khusus Tanaman Buah Mangga, mau pupuknya? Klik disini

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-mangga-alpukat-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten4

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-mangga-alpukat-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten5

Ketiga, pemangkasan dan penjarangan. Pohon dan cabang dipangkas untuk mengurangi penguapan sehingga dapat mempercepat proses pembungaan. Setelah mulai berbuah, lakukan penjarangan untuk mendapatkan buah dengan ukuran besar dan berkualitas baik.

Terakhir, penanggulangan hama dan penyakit. Musuh utama tanaman mangga alpukat adalah jamur dan lalat buah. Bekas dahan yang dipangkas sangat rentan terserang jamur. Jadi, jangan lupa semprotkan fungisida dengan dosis 10 g per liter air ke bekas dahan yang dipangkas untuk menghindari jamur. Adapun lalat buah akan menyerang jika proses pembuahan sudah dimulai. Cara mengatasinya adalah dengan menyemprotkan larutan pestisida dengan konsentrasi 15 g per liter air di awal masa pembuahan. Kemudian, jika buah sudah berukuran sekepalan tangan, bungkus buah dengan kertas bekas pembungkus semen atau plastik.

 

Pemanenan

Dengan bibit yang berasal dari cangkok, buah mangga alpukat sudah dapat dipanen pada saat tanaman berusia 3 tahun. Bahkan, pada umur 2 tahun tanaman ini akan mulai belajar berbuah, meskipun hasilnya tentu belum optimal. Rasa buahnya masam dan ukurannya kecil. Pada masa inilah sebaiknya dilakukan penjarangan buah. Hasil yang lebih baik akan diperoleh pada musim berbuah berikutnya. Dengan perawatan dan pemeliharaan yang baik, disertai cuaca yang mendukung, tanaman mangga alpukat dapar dipanen 1 – 2 kali dalam setahun.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Mangga Alpukat Langka Murah online di kota kabupaten3

Demikianlah panduan sederhana cara menanam dan merawat tanaman mangga alpukat di pekarangan rumah agar tumbuh dengan baik, produktif, dan cepat berbuah. Tidak sulit bukan? Semoga panduan ini dapat bermanfaat bagi Anda dan membuat Anda tidak lagi ragu menanam pohon mangga alpukat di pekarangan sendiri. Selamat mencoba.

Untuk mendapatkan bibit pohon mangga alpukat hasil cangkokan yang baik, Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com. Selain bibit yang berkualitas dengan harga murah, kami juga menjual bibit secara grosir dan melayani pembelian secara online. Anda juga dapat mengunjungi kebun kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pemeliharaan tanaman mangga alpukat kami.

Incoming search terms:

  • budidaya mangga alpukat
  • bibit buah mangga alpukat
  • Cara menanam mangga alpukat
  • pohon daun bungkus

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman