( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Cara Menanam dan Merawat Anggur Giovani di Rumah

Saturday, January 26th 2019.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.1

Anggur adalah buah favorit semua orang. Rasa segarnya yang unik dan aromanya yang harum. Sayangnya, sebagian besar pasokan buah ini di pasaran masih diimpor dari negara-negara pembudidayanya. Sekalipun di Indonesia sudah mulai dibangun sentra-sentra budi daya anggur, tetapi belum dapat mencukupi kebutuhan pasar. Kualitasnya pun belum sebanding dengan anggur impor. Itu sebabnya harga jual anggur di pasaran masih sangat tinggi sehingga buah yang kaya manfaat bagi kesehatan ini masih jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Menanam dan merawat anggur sendiri di rumah sebenarnya tidak sulit, Anda hanya perlu mencari jenis yang tepat untuk dibudidayakan di wilayah Anda. Contohnya, jenis anggur impor yang satu ini. Di Indonesia populer dengan sebutan anggur giovanni. Jenis anggur ini merupakan varietas asli dari Moldova. Dibudidayakan dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 1996 oleh eksportir terbesar di Italia, Giovanni Bellasai, dengan sebutan black magic catania. Perkebunan anggur di negara tersebut membentang sepanjang wilayah pesisir.

Ingin mencoba menanam sendiri anggur giovanni di rumah agar tak perlu repot-repot lagi membeli untuk menikmati buahnya? Berikut langkah-langkah mudah menanam dan merawat anggur giovani di rumah agar tumbuh optimal dan cepat berbuah.

1. Karakteristik dan Syarat Tumbuh

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.2

Secara umum, karakter fisik tanaman anggur giovanni sama dengan jenis-jenis anggur lainnya. Merupakan tanaman merambat yang tumbuh melebar dan rimbun (perdu). Jika dibiarkan tumbuh liar, batangnya dapat tumbuh besar hingga berdiameter 48 cm. Sementara jangkauan rambatnya dapat mencapai 35 m. Daunnya lebar menjari, bunga dan buahnya terbentuk dalam satu tandan atau dompolan. Anggur liar bersifat dioecious, artinya membutuhkan pasangan untuk proses pembuahan.

Namun, berbagai jenis anggur yang sudah dibudidayakan biasanya hermaprodit, artinya dapat berkembang biak tanpa pasangan. Penyerbukan dibantu angin dan serangga. Anggur giovanni termasuk dalam kategori ‘buah meja’ atau buah siap konsumsi, baik dikonsumsi langsung sebagai buah segar atau dibuat berbagai olahan minuman dan makanan. Seperti anggur merah, varietas ini termasuk jenis Vitis vinifera atau jenis anggur budi daya. Rasanya manis dengan kadar gula 14 – 15%, teksturnya renyah, kandungan airnya sedikit.

Keunggulan dibandingkan jenis-jenis anggur budi daya lainnya adalah ukuran bulirnya yang lebih besar, dagingnya lebih tebal, kulitnya yang berwarna hitam mudah dikupas, bijinya sedikit. Bentuk buah lonjong, tiap bulir memiliki bobot hingga 14 gr. Satu tandan/dompol dapat mencapai berat 500 – 1200 gr. Tanaman ini tumbuh dengan subur di tanah berpasir yang gembur atau kadang sedikit berbatu, unsur haranya cukup, di ketinggian antara 0 – 300 mdpl. Masih dapat tumbuh dengan baik hingga ketinggian 800 mdpl.

pH tanah yang dibutuhkan 6 – 7, iklim kering dengan curah hujan sedikit, suhu optimal 25 – 31oC, kelembapan udara 80%, dan suplai sinar matahari 10 – 12 jam. Angin kencang dan curah hujan tinggi merupakan musuh tanaman ini. Tanaman ini tidak tahan angin dan angin kencang dapat menggagalkan penyerbukan. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan gugurnya bunga dan munculnya berbagai hama dan penyakit akibat genangan air. Tanaman anggur dapat bertahan hidup hingga 50 – 100 tahun.

Anda perlu mempertimbangkan lokasi permanen yang cukup luas sebagai tempat tumbuhnya. Jika rumah Anda terletak di lereng  perbukitan usahakan menghadap ke selatan dan bebas dari pohon-pohon besar. Jika pekarangan Anda tidak luas, maka pemangkasan dan pengaturan arah rambat harus lebih sering dilakukan.

2. Pembibitan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.3

Meskipun sedikit, anggur giovani masih mempunyai biji sehingga dapat diperbanyak dengan cara generatif. Biji untuk benih dapat Anda peroleh dengan cara membeli benih atau mengambil biji dari buah anggur yang Anda konsumsi. Pastikan benih/biji berada dalam kondisi baik dan sehat. Ujilah dengan cara meremas biji menggunakan dua jari. Biji yang sehat akan tetap keras dan kokoh. Perhatikan juga warnanya, biji yang sehat bagian di bawah kulit berwarna abu-abu atau putih.

Cara pengujian selanjutnya dengan memasukkan biji ke dalam air. Biji yang sehat dan layak tanam akan tenggelam. Buanglah biji yang mengapung. Kumpulkan biji yang tenggelam, cuci bersih untuk menghilangkan ampas atau bahan-bahan lain yang menempel. Keringkan biji yang telah dicuci selama beberapa hari. Kemudian, letakkan biji kering dalam dua lembar tisu yang sudah dibasahi atau tanah basah dan diletakkan dalam sebuah wadah plastik atau botol. Simpan dalam kulkas selama 2 – 3 bulan.

Setelah itu, keluarkan dan bersihkan biji dari tanah atau tisu yang menempel. Celupkan ke dalam larutan air, sabun cuci piring, dan pemutih dengan perbandingan 4 : 2 : 1. Rendam selama 15 menit, lalu bilas. Rendam lagi dalam air yang telah disuling selama 24 jam. Setelah ditiriskan, tanam benih secara individual di dalam pot-pot atau polybag berukuran kecil. Dapat juga menggunakan pot besar dengan jarak tanam antarbenih 3,8 cm. Sebaiknya gunakan campuran pasir, tanah yang sudah diformulasi khusus untuk pot, dan peat moss dari gambut.

Jaga kondisi udara tetap hangat, benih anggur giovanni dapat berkecambah dengan baik dalam suhu minimal 20oC di siang hari dan 15oC di malam hari. Penempatan benih dalam rumah kaca atau greenhouse adalah salah satu teknik yang dapat membantu keberhasilan pembibitan. Jika tidak ada, cukup letakkan bibit dekat jendela di dalam rumah. Jaga agar tanah tetap basah, tetapi tidak sampai tergenang. Sirami dengan metode pengembunan, yaitu menyemprotkan air dengan sprayer yang halus ketika tanah terlihat kering.

Baca juga :

Amati pertumbuhannya, setiap benih memerlukan waktu tumbuh sekitar 2 – 8 minggu. Jika benih telah tumbuh hingga 8 cm, pindahkan ke pot atau polybag yang lebih besar. Gunakan media semai yang terdiri atas pasir, tanah, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Biarkan tetap tumbuh di dalam ruangan hingga tingginya mencapai 30 cm, perakarannya bagus, dan telah memiliki 5 – 6 lembar daun. Pada saat ini barulah bibit siap dipindahtanamkan di kebun atau dalam pot yang lebih permanen.

Cara pembibitan dengan biji ini lebih murah dan mudah, tetapi tanaman yang dihasilkan belum tentu memiliki sifat yang sama dengan induknya. Pertumbuhannya pun lambat, membutuhkan waktu bertahun-tahun hingga tanaman mulai berbuah. Oleh karena itu, kebanyakan petani memilih cara pembibitan vegetatif. Pembibitan secara vegetatif, salah satunya, adalah stek. Syarat pembibitan dengan cara stek adalah mencari tanaman indukan yang sehat, produktif, dan kualitasnya baik.

Setelah mendapatkan tanaman indukan, pilih batang yang sehat atau bisa juga memanfaatkan batang sisa pangkasan yang kondisinya baik. Ciri-ciri batang yang dapat dimanfaatkan untuk stek adalah diameternya minimal 1 cm, punya 2 – 3 cabang dengan panjang 25 – 30 cm. Batang yang sehat warnanya coklat, bagian dalam kulitnya masih hijau, bebas hama, dan masih memiliki kandungan air. Potong sepanjang 3 tangkai, ujung bagian bawah dipotong dengan kemiringan 45o sepanjang ½ – 2 cm.

Batang anggur giovanni dapat ditanam langsung di lahan seperti menanam singkong atau disemaikan dahulu dalam polybag yang sudah diisi media berupa campuran pasir, tanah, dan pupuk kandang (1 : 1 : 1). Tancapkan bagian bawah batang (yang sudah dipotong miring) ke tanah atau media semai, jangan sampai terbalik. 3 – 4 bulan setelah disemaikan, bibit stek anggur giovanni siap ditanam di lahan atau pot permanen. Bibit hasil stek menghasilkan buah lebih cepat daripada bibit dari biji.

Jika Anda tidak ingin repot melakukan pembibitan sendiri, beli saja bibit di tempat-tempat penjualan bibit yang terpercaya. Pastikan bibit dalam kondisi baik dan sehat agar Anda tidak merugi. Pilih bibit yang sudah berusia satu tahun, sehat, bebas hama atau penyakit, batangnya simetris, dan perakarannya merata.

3. Persiapan Lahan/Tempat Penanaman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.19

Jika lokasi sudah ditentukan, bibit sudah disiapkan, sekarang waktunya mempersiapkan lahan atau tempat penanaman. Penanaman di pekarangan memerlukan tindakan pembersihan lahan dari tanaman pengganggu dilanjutkan penggemburan tanah. Jika tanah pekarangan Anda berlempung dan drainasenya kurang baik, buat bedengan atau gundukan dari campuran tanah dan kompos yang sudah membusuk atau pasir untuk memperbaiki drainase. Lalu, buat lubang berukuran 50 x 50 cm.

Apabila pH tanah belum sesuai, taburkan dolomit 7 hari sebelum pemupukan dasar. Atur jarak tanam antarbibit atau antara bibit anggur dengan tanaman lain minimal 3 x 3 m. Masukkan campuran pasir, tanah, dan pupuk kandang dengan perbandingan seimbang hingga separuh lubang, diamkan selama 14 hari dalam keadaan terbuka. Penanaman di dalam pot dapat menggunakan media tanam yang diformulasikan khusus untuk tanaman anggur atau campuran yang sama dengan penanaman di pekarangan.

Gunakan pot besar berdiameter 60 cm yang memiliki lubang drainase yang baik. Alasi dasarnya dengan pecahan genting/batu bata dan isikan media tanam yang telah disiapkan hingga setengah bagian pot. Sebagaimana tanaman merambat, pohon anggur giovanni memerlukan rambatan yang cukup kuat. Buatlah para-para sebagai tempat rambatan. Para-para dapat dibuat sederhana berbentuk T seperti jemuran, dibentuk jalin menjalin menyerupai atap, atau dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai dekorasi taman.

Jika Anda menanam di dalam pot, para-para sebaiknya dipasang di luar pot. Jika dipasang di dalam pot seperti ajir, pot bisa terguling. Pohon anggur tidak terlalu berat, Anda dapat membuat para-para dari bahan yang sederhana, seperti bambu. Tetapi, para-para dari bambu tidak tahan lama. Penggunaan kawat dari besi atau baja lebih disarankan agar Anda tidak perlu sering-sering memperbaiki para-para. Penempatan para-para sedekat mungkin dengan lubang tanam tanpa mengganggu pertumbuhan akar nantinya.

4. Penanaman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.4

Musim kemarau adalah waktu terbaik untuk menanam anggur giovanni. Ambil bibit dari persemaian, buka polybagnya dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran. Masukkan ke dalam lubang tanam atau tepat di bagian tengah pot. Tutup lubang tanam atau sisa ruang dalam pot dengan media tanam. Seberapa dalam Anda perlu menanam bibit tergantung pada usia dan ukuran bibit ketika dipindahtanamkan. Jangan terlalu dalam hingga membenamkan mata tunas pertama (paling bawah).

Penimbunan cukup hingga seluruh akar tertutup tanah. Padatkan media tanam di sekitar bibit, sirami secukupnya. Untuk penanaman dalam pot, perlu tambahan ajir sebagai tempat rambatan pohon sebelum mencapai para-para.

5. Penyiraman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.5

Anggur giovanni tidak suka terlalu banyak air atau hujan lebat. Penyiraman pada masa awal pertumbuhan paling banyak dua kali sehari dengan sedikit saja air. Di musim hujan, penyiraman dapat dihentikan. Penyiraman rutin kembali diperlukan ketika tanaman dalam proses pembuahan. Siramkan air dekat dengan akar agar sebagian besar air langsung terserap, tidak menguap. Petani anggur di perkebunan biasanya menggunakan sistem irigasi tetes untuk menjaga takaran air yang diterima setiap pohon tidak terlalu banyak.

6. Pemupukan Lanjutan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.6

Sebelum tanaman berusia satu tahun, berikan pupuk lanjutan berupa NPK daun atau pupuk nitrogen 10 – 15 gr per batang satu bulan sekali. Caranya dengan menaburkan pupuk melingkari pangkal batang. Setelah lebih dari satu tahun, pupuk ditambah dengan NPK lengkap 80 – 100 gr/tanaman dan 20 kg pupuk kandang tiap 6 bulan sekali. Jenis pupuk dapat diganti dengan pupuk organik yang diformulasi khusus untuk tanaman anggur dengan dosis sesuai petunjuk pemakaian, terutama jika Anda menanam anggur di dalam pot.

Beri jarak antara waktu pemupukan dan pemangkasan, setidaknya 5 hari (sebelum pemangkasan).

7. Pemangkasan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.7

Pemangkasan pada tanaman anggur giovanni ada dua macam, vegetatif dan generatif. Pemangkasan vegetatif bertujuan mendapatkan cabang dan ranting yang teratur. Potong ranting tanpa menggugurkan daun sambil membentuk alur rambatan. Pilih tiga bagian tunas yang terkuat untuk dibiarkan tumbuh, sementara yang lainnya dibuang. Anggur giovanni yang bibitnya diperoleh dengan cara stek sudah dapat mulai berbuah pada umur 1 – 2 tahun.

Akan tetapi, tahun pertama bagi tanaman ini tidak boleh sampai menghasilkan buah yang benar-benar matang karena bobot buah dapat merusak tunas. Selain itu, pembuahan yang terlalu dini menghabiskan energi tanaman untuk tumbuh. Buang setiap kuncup dan tunas di luar tiga buah yang sudah ditentukan. Pengaturan arah rambatan dapat dibantu dengan mengikat cabang pada para-para. Ikatan jangan terlalu kencang agar tidak mengganggu pertumbuhan.

Baca juga :

Pemangkasan generatif bertujuan memperoleh cabang dan ranting pembuahan. Dapat mulai dilakukan setelah tahun kedua, ketika tanaman sudah diharapkan berbuah. Buang semua daun hingga hanya tersisa ranting/cabang untuk mendapatkan proses pembuahan yang optimal. Buang semua kuncup dan tunas, kecuali yang berada di tiga cabang utama. Ketika tanaman sudah mencapai umur produktif, Anda dapat membiarkan semua kuncup dan tunas ini tumbuh membentuk buah atau melakukan penjarangan untuk mendapatkan buah yang berkualitas tinggi.

Pada masa ini, pemangkasan hanya untuk merapikan tanaman dan membuang ranting yang tidak produktif atau sakit. Perhatikan bahwa Anda melakukan pemangkasan pada fase dorman atau ketika tanaman beristirahat dari proses tumbuhnya. Biasanya ini terjadi menjelang masa pergantian musim. Jika Anda memangkas tanaman pada fase tumbuhnya, tanaman akan mengeluarkan getah yang menghabiskan energinya untuk tumbuh dan berbuah.

Setelah tanaman melewati masa produktif atau sudah cukup berumur, lakukan pemangkasan peremajaan, yaitu memangkas 90% bagian tanaman untuk menumbuhkan kembali tunas-tunas baru yang segar.

8. Penjarangan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.8

Agar ukuran buah yang dihasilkan sama dan merata, serta tumbuh sempurna, lakukan seleksi dini terhadap bakal buah yang kurang bagus. Jika dibiarkan, pertumbuhan buah lainnya akan terganggu sehingga tidak dapat menghasilkan buah dengan kualitas sempurna. Proses penjarangan dapat dimulai sejak buah masih seukuran kacang kedelai. Buang kuncup bunga yang muncul di luar cabang utama. Pelihara tandan bunga yang tumbuh pada cabang-cabang utama hingga menjadi buah.

9. Penanganan Hama dan Penyakit

Hama

Jenis-jenis hama yang biasa menyerang anggur giovanni sebagai berikut.

a. Aphids

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.9

Serangan aphids menyebabkan daun berbercak keputihan, keriting, dan mengerut. Lama-kelamaan daun layu, menguning, dan mati. Kadang kala juga menyerang perakaran. Tidak hanya menyerang tanaman secara langsung, hama ini juga menjadi vektor penyebaran penyakit cendawan. Penanganan hama ini adalah dengan penyiangan secara teratur untuk menghilangkan tanaman-tanaman inang, perbaikan sanitasi lingkungan, pemanfaatan musuh alami, serta penyemprotan insektisida.

Agar buah anggur tetap aman dari kontaminasi bahan kimia, sebaiknya gunakan insektisida alami, seperti ekstrak daun mimba. Gunakan insektisida kimia hanya jika populasi hama ini tidak terkendali. Beberapa insektisida kimia yang dapat digunakan untuk memberantas aphids, yaitu insektisida berbahan aktif chlorpyrifos, sipermetrin, profenofos, metomil, abamectin, piridaben, diafenturon, dimetoat, diazinon, imidakloropid, karbosulfan, emamectin, dan triacotanol.

b. Kumbang Penggerek

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.10

Larva dari hama ini hidup di akar. Setelah dewasa menggerek kambium dari batang, cabang, dan ranting tanaman. Akibatnya, pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal. Larvanya dapat dikendalikan dengan pemanfaatan nematoda yang bersifat patogen. Sementara hama dewasa dapat dikendalikan dengan pemanfaatan cendawan Beauveria bassiana yang menjadi musuh alaminya.

c. Ngengat dan Kupu-kupu

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.11

Ada banyak jenis ngengat dan kupu-kupu yang hinggap di tanaman anggur karena tertarik pada bunganya. Ngengat dan kupu-kupunya sendiri tidak menjadi masalah bagi tanaman anggur. Tetapi, larvanya dapat menjadi hama yang menimbulkan kerugian cukup besar. Ulat adalah larva dari ngengat dan kupu-kupu yang memakan pucuk-pucuk muda, daun, bunga, dan buah. Pemanfaatan musuh-musuh alami, seperti semut, lalat predator, dan laba-laba dapat membantu mengendalikan serangan hama ini.

Pembungkusan buah sedari muda dapat mengurangi risiko serangan terhadap buah. Dahulukan penggunaan insektisida alami yang lebih aman dan ramah lingkungan. Adapun insektisida kimia yang efektif memberantas berbagai jenis ulat adalah insektisida yang berbahan aktif chlorpyrifos, sipermetrin, profenofos, metomil, abamectin, piridaben, diafenturon, dimetoat, diazinon, imidakloropid, karbosulfan, emamectin, dan triacotanol.

d. Tungau Merah

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.12

Tungau berukuran sangat kecil sehingga sulit dilihat langsung dengan mata telanjang. Biasanya menempel di bagian bawah daun, mengisap nutrisi dan cairan tanaman terutama pada daun. Ciri-ciri serangan adalah daun tampak rusak, berbintik-bintik kuning, putih, atau coklat.

Biasanya tungau muncul dan mencapai populasi tinggi bila cuaca panas, kering, dan berdebu. Terutama di tempat-tempat yang tidak ada musuh alami atau predatornya. Hindari penggunaan pestisida, kecuali populasi tungau sangat tidak terkendali karena hama ini dapat mengembangkan resistansi terhadap pestisida. Cara terbaik menanggulanginya adalah secara alami, seperti pemanfaatan predator yang sesuai atau tidak bersifat hama bagi tanaman dan cocok dengan cuaca setempat.

Beberapa macam larutan dapat digunakan sebagai insektisida yang aman.Misalnya, larutan sabun dan minyak goreng, larutan semprotan pedas, dan campuran air dan minyak asiri. Jenis-jenis minyak asiri yang dapat digunakan, antara lain, minyak neem (dari ekstrak daun mimba), eukaliptus, lemon, kayu manis, dan pepermint. Sebagai langkah pencegahan, perhatikan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman, hindari stress pada tanaman, penyiraman yang cukup, tanah yang sehat, dan sinar matahari yang optimal.

e. Rayap

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.13

Rayap biasanya menyerang bagian kayu dari akar tanaman, kemudian merambat naik ke batang. Serangan rayap menyebabkan tanaman rapuh dan roboh. Cara pencegahan serangan rayap diawali dari pengolahan lahan yang cermat untuk menghancurkan sarang rayap. Bersihkan lahan dari sisa-sisa tanaman sebelumnya dan sisa-sisa akar kayu. Untuk pengendalian hama secara mekanis, pasang jebakan dengan umpan berupa kertas tisu yang dibasahi larutan hexalflumoran.

Baca Juga :

Pengendalian secara alami dapat menggunakan pestisida alami yang dibuat dari ekstrak daun pepaya dan daun nimba atau parutan bawang putih yang dicampur air dan sabun cuci piring herbal. Semprotkan larutan tersebut pada tanaman anggur, terutama di sekitar perakaran secara merata. Cara alami yang lain adalah dengan memanfaatkan cendawan entomopatogen yang disemprotkan pada tanaman.

Adapun cara kimiawi menggunakan insektisida berbahan aktif karbofuran, fipronil, atau imidakloprid yang ditaburkan, disemprotkan, atau dikocorkan pada lahan/media tanam dan pangkal batang tanaman.

f. Kelelawar/Codot dan Burung

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.14

Kelelawar pemakan buah atau lebih dikenal dengan nama codot menjadi hama penting memasuki masa panen. Begitu pula berbagai burung pemakan buah. Agar buah aman dari serangan kedua jenis hama ini, lindungi tanaman dan buah dengan membungkus buah. Paling efektif adalah sejak awal menanam anggur di dalam rumah kaca atau greenhouse. Tetapi, untuk pembudidayaan anggur giovanni di rumah, tindakan pembungkusan buah sudah cukup efektif.

g. Tikus

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.15

Tikus memakan segalanya, mulai dari akar, batang, hingga buah. Tindakan alami yang efektif untuk mengatasi serangan tikus adalah dengan membuat pagar penghalang masuknya hama ini ke areal penanaman. Jangan lupa untuk selalu menjaga sanitasi lingkungan kebun dan rumah. Hindari penggunaan racun tikus atau rodentisida, kecuali jika populasinya sangat tinggi. Penggunaan perangkap dan pemanfaatan musuh alami lebih dianjurkan.

Penyakit

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.16

Macam-macam penyakit yang dapat ditemukan pada anggur giovanni, antara lain, embun tepung (disebabkan oleh cendawan Plasmopara viticola), busuk buah (disebabkan oleh cendawan Botrytis cinerea), karat daun (disebabkan oleh cendawan Physopella ampelopsidis), dan kudis (disebabkan oleh cendawan Elsione ampelina). Inti dari penyebab timbulnya penyakit-penyakit ini adalah sanitasi yang buruk, kelembapan tinggi, genangan air, dan jarak tanam yang terlalu rapat.

Perbaikan sanitasi, drainase, dan pengaturan jarak tanam yang ideal adalah langkah-langkah pencegahan yang paling utama agar tanaman anggur tidak dihinggapi penyakit. Tanaman yang terkena penyakit embun tepung (downy mildew) mengalami kerusakan pada batang muda, sulur, tangkai buah, dan bulir buah yang tampak seperti bertepung. Perlahan-lahan tanaman layu dan mati. Tanaman yang diserang penyakit ini harus dimusnahkan untuk mencegah penyebaran.

Sementara tanaman yang masih sehat diberi naungan. Penyakit busuk buah menyerang tanaman anggur menjelang panen. Buah yang hampir masak berubah warna menjadi coklat tua, keriput, dan busuk. Penanganan selama masa panen hingga pascapanen menjadi salah satu cara mengatasi penyakit ini. Gejala serangan karat daun adalah adanya tepung berwarna jingga pada sisi bawah daun dan bercak berwarna hijau kekuningan di sisi atas daun. Seluruh permukaan daun seperti dilapisi tepung.

Daun menjadi kering dan rontok. Pangkas bagian yang sakit agar tidak menulari bagian atau tanaman yang lain. Penyakit kudis tampak sebagai bercak kelabu dengan tepi coklat kemerahan pada semua bagian tanaman. Daging buah mengeras dan berkudis. Agar tidak menulari tanaman lain, pangkas bagian-bagian yang sakit. Ketergantungan pada obat-obatan atau fungisida kimia menyebabkan rusaknya ekosistem sekitar tanaman dan bibit penyakit justru bermutasi menjadi lebih tahan terhadap fungisida.

Risiko lain adalah termakan hewan peliharaan dan manusia yang mengonsumsi buah anggur. Jika langkah-langkah pencegahan dan penanganan penyakit secara mekanis belum dapat menyelesaikan masalah, pilihannya adalah menggunakan biofungisida atau agen hayati. Contohnya, pemanfaatan Trichoderma harzianum dan Gliocladium virens. Jamur-jamur ini sudah banyak dibuktikan mampu menggantikan fungisida kimia, seperti benzothiadiazole, untuk memberantas cendawan-cendawan patogen yang merugikan tanaman anggur.

10. Panen

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.17

Anggur giovanni hasil stek sudah akan belajar berbuah pada umur 1 – 2 tahun, namun buah yang dihasilkan pada tahun pertama ini belum layak dikonsumsi. Sebaiknya tunggu hingga tanaman berumur 2 – 3 tahun untuk panen yang sesungguhnya. Buah anggur giovanni dapat dipanen setelah berumur 100 – 125 hari sejak berbunga. Jangan petik buah yang masih kurang matang karena buah anggur tidak melanjutkan proses pematangannya setelah dipetik.

Ciri-ciri buah yang siap panen adalah terasa lunak dan kenyal ketika dipegang, beberapa buah telah lepas dari tandan, dan bila dicicipi sudah terasa manis. Gunakan gunting khusus untuk pemetikan. Gunting pada tangkai dompolannya. Penyimpanan dan pengemasan harus dilakukan dengan hati-hati karena anggur matang sangat rapuh dan mudah rontok. Buah anggur berkualitas baik adalah yang memenuhi standar kualitas kelas A, yaitu dompolannya rapat, buahnya besar dan seragam, dan rasanya manis.

Baca juga :

11. Manfaat Anggur Giovanni

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Giovanni-Murah-online-di-kota-kabupaten.18

Seperti halnya jenis-jenis anggur konsumsi yang lain, anggur giovanni memiliki kandungan nutrisi, seperti antioksidan, vitamin A, vitamin C, serta zat resveratrol dan polifenol aktif yang dapat mencegah pertumbuhan kanker. Kandungan-kandungan nutrisi dalam buah anggur giovanni memberi manfaat, antara lain, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, mencegah tekanan darah tinggi, meringankan gejala alergi, mencegah diabetes, menjaga kesehatan tulang, mencegah penyakit ginjal, menurunkan kolesterol darah, dan menjaga kesehatan mata.

Demikian pedoman menanam dan merawat anggur giovanni di rumah agar cepat berbuah dan menghasilkan buah yang berkualitas. Anda dapat memperoleh bibit anggur giovanni yang berkualitas di kebun kami dengan cara menghubungi kami di situs www.samudrabibit.com.

Selain bibit yang berkualitas dengan harga murah, kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman unggulan secara grosir dan melayani pembelian secara online. Kami juga menyediakan pupuk khusus tanaman anggur dan tanaman buah lainnya serta aneka produk nutrisi sebagai penunjang keberhasilan Anda dalam berkebun. Silakan mengunjungi kebun kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan anggur giovanni kami.

Incoming search terms:

  • anggur giovani
  • Anggur gio
  • buah anggur giovani
  • stek anggur di wc
  • varietas anggur import

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman