( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Cara Menanam dan Merawat Jeruk Jari Budha agar Cepat Berbuah

Wednesday, May 8th 2019.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.13

Hingga sekarang banyak sekali varian dari buah jeruk. Buah yang terkenal karena kesegaran dan kandungan vitaminnya yang tinggi tersebut memang termasuk buah yang diidolakan oleh masyarakat. Buah jeruk sangat mudah ditemukan di pasaran, baik pasar modern maupun pasar tradisional. Bahkan buah jeruk seakan-akan sudah menjadi buah yang wajib dikonsumsi setiap harinya. Salah satu varian baru dari buah jeruk adalah jeruk jari Budha. Di Indonesia, jeruk jari Budha ini memang masih belum begitu dikenal.

Padahal jeruk jenis ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Sangat disayangkan apabila tanaman jeruk jenis jari Budha ini tidak dibudidayakan. Berikut tulisan lebih lengkap mengenai jeruk jari Budha dan cara menanam atau membudidayakannya.

Asal Mula dan Karakteristik Tanaman Jeruk Jari Budha.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.2

Seperti kebanyakan tanaman jeruk jenis lainnya, tanaman jeruk jari Budha juga berasal dari Cina. Tanaman jeruk jenis ini memiliki nama ilmiah Citrus medica var. sarcodactylis. Terdapat beberapa istilah lain dari jeruk jari Budha ini. Ada yang mengenalnya sebagai jeruk tangan dewa, jeruk sukade, atau jeruk kuku macan. Tetapi ada pula peneliti yang beranggapan bahwa jeruk jari Budha ini sebenarnya merupakan varietas dari jeruk sukade (Citrus medica). Tanaman jeruk jari Budha mampu tumbuh di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi.

Namun tanaman ini akan tumbuh maksimal bila ditanam di daerah dataran tinggi. Meskipun demikian, untuk tumbuh optimal tanaman jeruk jari Budha ini membutuhkan penyinaran cahaya matahari sepanjang hari. Tanaman ini juga menyukai media tanah yang berhumus dan gembur sehingga mendapatkan banyak nutrisi.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.3

Tanaman jeruk jari Budha memiliki batang yang tingginya hanya sekitar 3 meter. Cabang dari batang utamanya cenderung menyebar sehingga menyebabkan pertumbuhan batang utama tidak begitu tinggi. Layaknya jeruk jenis lain, buah dari tanaman jeruk jari Budha memiliki aroma yang harum dan menggoda. Kenyataannya daging buah jeruk ini memiliki rasa getir dengan sedikit rasa asam. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan zat atsiri di dalamnya.

Meskipun dapat dikonsumsi secara langsung, buah jeruk jari Budha biasanya diolah terlebih dahulu sebelum disantap. Bentuk dari buah jari Budha merupakan perpaduan yang unik dan menarik. Kulit buah jeruk jenis ini berwarna kuning terang serta memiliki permukaan yang menonjol dan membentuk jari tangan setengah mengepal. Dikarenakan bentuk fisiknya yang demikian itulah maka dinamakan jeruk jari Budha. Bentuk buahnya yang unik dan menarik itulah yang membuat jeruk jenis ini menarik minat banyak kolektor tanaman untuk mengoleksinya.

Pembibitan Tanaman Jeruk Jari Budha

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.4

Pembibitan tanaman jeruk jari Budha dapat dilakukan dengan cara generatif (biji) dan vegetatif (cangkok, okulasi, sambung pucuk). Untuk pembibitan tanaman yang berasal dari biji, selain waktu pembuahannya yang memakan waktu lama, hasil dari buahnya juga belum tentu sama dengan tanaman induknya. Oleh karena itu, pembibitan dengan cara cangkok, okulasi, dan sambung pucuk lebih banyak diminati para pembudidaya. Pembibitan dengan cara biji membutuhkan biji jeruk jari Budha yang benar-benar bagus.

Dalam arti, biji yang hendak disemai harus sehat dan tidak terkena hama ataupun penyakit. Biji-biji jeruk jari Budha dapat disemai di polybag-polybag berdiameter 15 cm. Di dalam polybag-polybag tersebut sudah disediakan campuran media tanah, pupuk kandang kering, dan sekam. Perbandingan campuran media adalah 1 : 1 : 1.  Siramilah persemaian biji jeruk tersebut sehari sekali. Sekitar 1 minggu kemudian akan tumbuh kecambah. Terus rawat kecambah tersebut hingga tumbuh menjadi bibit tanaman jeruk jari Budha.

Setelah bibit tanaman memiliki tinggi sekitar 50 cm, maka bibit tersebut dapat dipindahkan ke media tanam yang lebih besar, yaitu di lahan pekarangan atau di pot.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.5Sedangkan pembibitan dengan cara cangkok dapat dilakukan seperti melakukan pencangkokan pada tanaman buah jenis lainnya. Pastikan tanaman jeruk jari Budha yang akan dicangkok benar-benar sehat dan memiliki kualitas buah yang baik. Pilihlah cabang yang memiliki diameter kurang lebih 3 cm. Sebaiknya pilih batang yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Kupaslah batang tersebut sepanjang 5 cm dan hilangkan kambiumnya. Penghilangan getah dan kambium dapat dilakukan dengan cara dikerok dan didiamkan selama beberapa hari.

Tempelkan tanah kompos halus pada kupasan batang tersebut. Kemudian tutup dengan plastik yang telah diberi lubang-lubang kecil dan ikatlah bagian bawah maupun atas plastik. Kita dapat juga menggunakan coco peat sebagai bahan pembungkus cangkokan. Siramilah hasil cangkokan jaga kelembapannya. Setelah kira-kira tiga minggu akan tumbuh akar baru di sekitar media cangkokan tersebut. Tunggu hingga akar baru tersebut kuat. Setelah akar benar-benar sudah kuat, potong cabang hasil cangkokan tersebut dan pindahkan ke lahan pekarangan atau pot.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.6

Untuk pembibitan dengan cara okulasi, persiapkan batang bawah tanaman jeruk jari Budha yang berasal dari biji. Hal ini dilakukan karena akar dan batang dari tanaman yang berasal dari biji akan lebih kuat dibandingkan tanaman yang berasal dari cangkok atau okulasi. Batang bawah yang disiapkan  bisa dipilih dari tanaman jeruk jadi Budha yang memiliki ketinggian sekitar 70 cm yang telah dibiakkan di dalam polybag terlebih dahulu. Lalu sayatlah kulit batang bawah tersebut tanpa menghilangkan kambiumnya selebar 1 cm.

Sayat pula ke arah bawah kira-kira sepanjang 3 cm dan biarkan kulit bekas sayatan tersebut Potong kulit bekas sayatan dan sisakan sekitar 1 cm nantinya sebagai bantuan penyangga mata tunas yang akan ditempel. Sayatan pada batang bawah sebaiknya dibuat 30 cm dari atas media tanah. Setelah itu congkel mata tunas dari tanaman lain yang dianggap memiliki produktivitas buah yang baik. Mata tunas yang dicongkel disesuaikan ukurannya dengan ukuran sayatan batang bawah yang telah dipersiapkan, yaitu panjang sekitar 3 cm dan lebar sekitar 1 cm.Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.7

Hati-hati dalam melakukan pencongkelan mata tunas. Usahakan mata tunas yang dicongkel tidak mengalami memar atau retak. Kemudian tempelkan mata tunas tersebut pada sayatan batang bawah yang telah disiapkan. Lekatkan sisa kulit sayatan batang bawah yang 1 cm untuk membantu menyangga mata tunas yang ditempel. Lalu ikatlah hasil tempelan mata tunas tersebut dengan plastik okulasi atau plastik es lilin yang telah ditarik menjadi panjang terlebih dahulu. Ikatan plastik harus dijaga agar tidak terlalu longgar dan juga tidak terlalu kuat.

Baca juga :

Usahakan agar mata tunas yang ditempel steril dari udara dan air. Langkah terakhir adalah membuang ranting dan daun yang menempel pada batang di atas proses okulasi. Bila perlu potonglah batang atas di atas tempat okulasi tersebut dan sisakan batang atasnya sedikit saja. Okulasi akan berjalan sukses apabila pada mata tunas yang ditempel akan tumbuh tunas baru.  Apabila tumbuh tunas baru yang bukan berasal dari mata tunas yang ditempel, maka bersihkan atau potong saja.

Setelah tunas baru muncul dari mata tunas yang ditempel, biarkan tunas baru tersebut tumbuh hingga kira-kira 50 cm. Setelah itu bibit tanaman jari Budha hasil okulasi siap ditanam di lahan pekarangan atau di pot.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.8

Untuk pembibitan dengan cara sambung pucuk, siapkan juga batang bawah tanaman jeruk jari Budha yang berasal dari biji yang telah dibiakkan di dalam polybag. Potonglah batang bawah tersebut secara menyilang hingga berbentuk tajam. Lalu potonglah juga batang atas tanaman jeruk jari Budha lain yang memiliki karakteristik unggul. Sambung batang bawah dan batang atas tersebut hingga menjadi satu. Kemudian ikatlah sambungan tersebut dengan menggunakan plastik okulasi.

Setelah kira-kira tiga bulan kemudian, bibit tanaman jeruk jari Budha yang berasal dari sambungan batang atas dan batang bawah tersebut sudah bisa dipindahkan ke lahan pekarangan atau pot.

Cara Menanam Bibit Jeruk Jari Budha di Lahan atau Pot.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.10

Untuk menanam bibit tanaman jeruk jari Budha di lahan pekarangan dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut. Siapkan area lahan yang akan ditanami serta bersihkan area tersebut dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Lalu buatlah lubang galian dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Diamkan lubang galian tersebut selama beberapa hari. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar organisme-organisme tanah yang dapat mengganggu bibit jeruk jari Budha yang akan ditanam menjadi mati.

Tanah bekas galian kemudian dicampur dengan pupuk kandang kering dan sekam. Perbandingan campuran ketiga media tersebut adalah 1 : 1 : 1.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.12

Masukkan tanah yang telah dicampur dengan pupuk dan sekam hingga sepertiga lubang galian. Setelah itu pisahkan bibit tanaman jeruk jari Budha dari polybag. Hati-hati saat memisahkan bibit tanaman agar akarnya tidak putus atau rusak. Letakkan bibit tanaman tepat di tengah-tengah lubang dalam posisi tegak. Timbun lubang dengan sisa tanah yang telah dicampur dengan pupuk dan sekam tadi hingga tertutup seluruhnya. Padatkan bagian atasnya dengan mata cangkul yang ditekan-tekan atau diinjak-injak dengan kaki.

Lindungi bibit tanaman yang telah ditanam tersebut dengan memasang ajir di sekelilingnya. Terakhir, buatlah saluran pembuangan air agar nantinya air siraman atau air hujan tidak menggenangi akar. Akar tanaman yang tergenang air lama-kelamaan akan menjadi busuk.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.13

Adapun untuk menanam bibit tanaman jeruk jari Budha di dalam pot adalah sebagai berikut. Siapkan pot berdiameter 60 cm atau lebih. Pot dapat diganti dengan drum bekas yang telah dibelah menjadi dua. Pastikan bagian bawah pot atau drum memiliki drainase (saluran pembungan air) yang cukup. Siapkan pula pecahan genting atau batu bata. Lalu campurlah tanah, pupuk kandang kering, dan sekam secukupnya yang sekiranya dapat mengisi pot atau drum hingga penuh.

Kemudian masukkan pecahan genting atau pecahan batu bata ke dasar pot atau drum. Langkah selanjutnya adalah memasukkan tanah yang telah dicampur dengan pupuk dan sekam hingga sepertiga pot atau drum.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.14

Setelah itu ambil dan pisahkan bibit tanaman jeruk jari Budha dari polybag. Letakkan bibit tanaman tersebut dengan posisi tegak dan tepat di tengah-tengah pot atau drum. Masukkan sisa campuran tanah, pupuk, dan sekam hingga hampir mencapai bibir pot atau drum. Padatkan bagian atasnya untuk menjaga bibit tanaman tidak goyah. Tahap terakhir, pasanglah ajir di sekeliling bibit tanaman agar tidak mudah roboh oleh terpaan angin ataupun air.

Cara Memelihara dan Merawat Tanaman Jeruk Jari Budha.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.25

Cara memelihara dan merawat tanaman jeruk jari Budha tidaklah sulit. Hanya diperlukan pemupukan sebulan sekali dengan pupuk NPK. Pemupukan ini bertujuan untuk memberi tambahan nutrisi tanaman agar pertumbuhannya menjadi optimal. Penyiraman rutin, pagi dan sore, hanya rutin dilakukan saat tanaman masih berusia muda. Apabila usia tanaman sudah beranjak dewasa, kuantitas dan intensitas penyiraman dapat dikurangi. Apalagi jika memasuki musim penghujan, maka penyiraman dapat disesuaikan dengan kelembapan tanah di area tanam.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.26

Setelah tanaman jeruk jari Budha tumbuh dewasa, diperlukan pemangkasan untuk membuang ranting dan daun yang kering atau tidak diperlukan. Gunakan gunting tanaman supaya hasil guntingan tetap rapi dan tidak merusak cabang atau ranting tanaman. Apabila tanaman jeruk jari Budha ditanam di pot, maka pemangkasan mutlak dilakukan untuk menjaga kerapian dan keindahan tanaman. Pemeliharan dan perawatan yang tidak kalah pentingnya adalah penyiangan.

Baca juga :

Penyiangan dilakukan untuk membuang dan membersihkan tanaman jeruk jari Budha dari gangguan gulma atau tanaman lain di sekitar area tanam. Penyiangan dapat dilakukan setiap waktu dengan memerhatikan kondisi di area tanam.

Kegunaan Buah Jeruk Jari Budha bagi Manusia.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.19

Mengingat rasa buah jeruk jari Budha yang agak getir, maka buah jeruk jenis ini dikonsumsi dalam bentuk lain. Jeruk jari Budha biasa diolah menjadi manisan atau jus yang lezat dan menyegarkan. Bahkan buah ini biasa digunakan sebagai campuran pembuatan salad, es krim, permen, dan yoghurt. Di sisi lain, aroma harum yang dimiliki membuat buah ini sering digunakan sebagai bahan pewangi atau parfum. Di negara asalnya, Cina, buah jeruk jari Budha dijadikan sebagai hadiah tahun baru yang melambangkan kebahagiaan, panjang umur, dan banyak rejeki.

Selain itu di sana juga digunakan sebagai sarana keagamaan, biasanya sebagai simbol saat memanjatkan doa di kuil atau kelenteng.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.20

Buah jeruk jari Budha yang sudah matang dan jatuh dari pohonnya langsung mengandung beberapa senyawa kimia, di antaranya hesperidin, esscense oil, herperedin oil, dan asam kalak. Buah jeruk jari Budha yang dalam kondisi seperti inilah yang banyak dicari oleh ahli obat tradisional sebagai bahan pembuat obat tradisional. Buah tersebut akan diiris tipis-tipis, lalu dijemur di tempat teduh yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Hal ini dikarenakan cahaya matahari secara langsung akan merusak kandungan senyawa di dalam buahnya.

Di samping itu masih banyak kegunaan dari buah jeruk jari Budha lainnya, terutama bagi kesehatan manusia, di antaranya sebagai obat penyembuh sakit maag, mengobati masuk angin, mengobati penyakit cacingan, sebagai antioksidan alami, untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh, mencegah penuaan dini, mengatasi sakit diare, dan sebagai obat anti radang.

Hama dan Penyakit.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.22

Layaknya tanaman jeruk jenis lainnya, tanaman jeruk jari Budha juga tidak luput dari serangan hama dan penyakit. Beberapa hama yang sering menyerang tanaman jeruk jenis ini adalah lalat buah kutu loncat, kutu daun, tungau, dan penggerek buah. Sedangkan penyakit yang biasanya menghinggapinya antara lain jamur upas, busuk buah, busuk akar, dan kudis.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.23

Berbagai hama dan penyakit tersebut harus dicegah dan diberantas agar tanaman jeruk jari Budha yang ditanam dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang produktif. Langkah pencegahan dan pemberantasannya biasanya dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida yang disesuaikan dengan hama atau penyakit yang menyerang. Cairan insektisida ini dapat dibeli di toko alat-alat pertanian maupun tempat penjualan bibit tanaman.

Cara-menanam-dan-merawat-jeruk-jari-budha-agar-cepat-berbuah.24

Demikian uraian mengenai cara menanam dan merawat tanaman jeruk jari Budha. Semoga saja uraian ini dapat membantu para pembudidaya yang hendak membudidayakan tanaman jeruk jari Budha. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan tanaman jeruk jenis ini, silakan mengakses ke situs www.samudrabibit.com. Anda dapat memesan dan membeli bibitnya dengan harga murah di situs tersebut secara online.

Di samping itu, Anda juga dapat memesan dan membeli bibit-bibit tanaman lainnya, baik secara eceran maupun grosir. Selain itu, tersedia juga berbagai alat dan media yang dapat membantu kegemaran Anda berkebun. Anda juga dapat mengunjungi tempat penjualannya secara langsung di desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar.

Produk terbaru

Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Durian Kani (Chanee)
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Pisang Cavendish
Harga Rp 100.000 200.000
Anda HematRp 100.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Durian Lai
Harga Rp 150.000 300.000
Anda HematRp 150.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 70.000 100.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPotato Planter Bag
Harga Rp 70.000 100.000
Anda HematRp 30.000 (30.00%)
Lihat Detail
Rp 200.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Rambutan Kapulasan
Harga Rp 200.000 300.000
Anda HematRp 100.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 140.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Jeruk Nipis
Harga Rp 100.000 140.000
Anda HematRp 40.000 (28.57%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Srikaya Nanas (Biriba)
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Markisa
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman