( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Cara Mudah Menanam dan Merawat Buah Naga dalam Pot

Wednesday, May 9th 2018.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Naga Langka online murah di kota kabupaten 10

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Naga Langka online murah di kota kabupaten 11

 

Buah naga atau dragon fruits adalah sejenis tanaman kaktus yang buahnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Rasanya manis dan segar karena kandungan airnya cukup banyak. Ada empat varian buah naga, salah satunya yang cukup populer adalah buah naga merah. Tidak hanya kulitnya yang berwarna merah, daging buahnya pun berwarna merah.

Seperti yang sudah dikutip di wikipedia, bahwa banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buah naga. Buah naga dapat membantu menyembuhkan penyakit kanker, kandungan vitamin C nya yang tinggi, menyembuhkan penyakit diabetes, dan lain sebagainya, Selain itu, bunga yang cantik dan bentuk buahnya yang unik menjadikannya banyak disukai pula sebagai tanaman hias dalam pot di halaman rumah. Menanam dan merawat buah naga di dalam pot tidaklah sulit.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Naga Langka online murah di kota kabupaten 4

Berikut tips dan trik menanam dan merawat buah naga dalam pot agar tumbuh dengan baik dan produktif, serta cepat berbuah.

Memilih bibit

Ada dua cara budi daya tanaman buah naga, yaitu dengan biji dan dengan batang. Stek batang adalah cara yang lebih mudah dan lebih cepat menghasilkan buah. Batang yang baik untuk dijadikan bibit berasal dari tanaman yang sudah berbuah setidaknya 3 – 4 kali. Pilih batang yang sudah tua, keras, berwarna hijau kelabu, dengan diameter minimal 8 cm dan panjang 80 – 120 cm.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Naga Kuning Langka online murah di kota kabupaten 1

Pastikan batang yang dipilih bebas dari penyakit. Potong batang yang sudah dipilih sepanjang 20 – 30 cm pada bagian yang memiliki sedikitnya empat mata tunas dengan ujung bawah dipotong meruncing, sementara ujung atas dipotong rata. Ujung yang runcing inilah yang nantinya akan ditancapkan ke dalam tanah. Pemotongan meruncing dimaksudkan untuk merangsang pertumbuhan akar. Tunggu sampai getahnya mengering baru tanam dalam pot. Menanam bibit ketika getahnya masih basah akan berakibat batang membusuk. Celupkan ke dalam larutan fungisida untuk menghindari serangan jamur.

Memilih pot dan tiang panjatan

Buah naga memerlukan perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam dalam proses pembungaan. Oleh karena itu, pot dari tanah liat dengan diameter minimal 40 cm adalah pilihan yang paling baik. Hendaknya pot yang digunakan juga cukup tebal dan kuat agar tahan lama, mengingat umur tanaman ini bisa mencapai puluhan tahun. Jangan lupa menyiapkan tiang panjatan karena tanaman ini memerlukan penopang agar cabang-cabangnya tidak roboh. Sebaiknya tiang panjatan terbuat dari besi atau kayu yang kokoh. Nantinya batang-batang tanaman ini akan tumbuh melilit tiang panjatan. Jika anda menghendaki pot yang elegan dan kuat bisa klik disini.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Naga Langka online murah di kota kabupaten 1

Proses penanaman

Setelah mendapatkan pot yang tepat, siapkan media tanam yang terdiri atas pasir, tanah, pupuk kandang, dan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1 : 3 : 1. Jika ada, tambahkan bubuk batu bata atau kapur pertanian secukupnya. Campur semua bahan sampai rata, lalu siram dengan air. Diamkan semalaman, kemudian tancapkan tiang panjatan sedalam mungkin hingga benar-benar kokoh.

Tanam bibit dengan ujung yang runcing di bagian bawah sedalam kurang lebih 10 cm di sekitar tiang panjatan. Jangan tanam terlalu dalam karena dapat menghambat pertumbuhan. Tekan-tekan dan rapikan tanah di sekitar tanaman agar bibit tertancap lebih kokoh. Sirami dengan air dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Naga Langka online murah di kota kabupaten 2

Proses pemeliharaan

Setelah penanaman, tunas pertama akan muncul dalam 3 minggu. Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik tentunya diperlukan suatu proses pemeliharaan. Langkah-langkah pemeliharan bibit buah naga hingga dewasa dan siap berbuah meliputi pemupukan, penyiraman, dan pemangkasan.

Pemupukan hendaknya dilakukan secara teratur setiap 3 bulan sekali dengan pupuk yang bersifat alami (pupuk kandang, kompos, atau pupuk organik). Penggunaan pupuk urea dapat mengakibatkan tanaman membusuk. Pada awal pertumbuhan, pupuk yang diberikan sebaiknya mengandung banyak unsur nitrogen, seperti pupuk organik, pupuk kompos atau pupuk kotoran ayam. Setelah berbunga dan berbuah, berikan pupuk yang mengandung banyak unsur fosfor dan kalium, seperti NPK, ZK, atau pupuk kotoran kambing. Sesuaikan dosis dengan ukuran tanaman. Jika menggunakan pupuk kandang, gunakan pupuk kandang yang kering, lebih baik lagi jika sudah difermentasi lebih dahulu. Tambahkan hormon perangsang buah jika perlu untuk memaksimalkan hasil.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Naga Kuning Langka online murah di kota kabupaten 4

Penyiraman dilakukan secara teratur tiga kali sehari di musim kering atau menyesuaikan dengan kondisi tanah. Apabila buah naga sudah mulai berbuah, kurangi frekuensi penyiraman untuk menekan pertumbuhan tunas baru. Dengan demikian, buah dapat tumbuh maksimal.

Pemangkasan dilakukan dengan tiga tujuan, antara lain membentuk batang pokok, membentuk cabang produksi, dan peremajaan. Untuk membentuk batang pokok, pilih tunas paling atas pada bibit, lalu potong semua tunas yang tumbuh di bawahnya. Untuk membentuk cabang produksi, pemangkasan dilakukan pada 3 – 4 tunas yang tumbuh pada batang pokok. Sebaiknya pilih tunas yang berada 30 cm dari ujung atas. Setelah dipangkas, tunas akan tumbuh menjadi batang produksi dan mengarah ke bawah. Pemangkasan peremajaan diperlukan pada cabang produksi yang sudah kurang produktif karena sudah berbuah 3 – 4 kali.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Naga Langka online murah di kota kabupaten 3

Dari pemangkasan peremajaan ini dapat disiapkan bibit tanaman yang baru. Dalam pemangkasan, perhatikan bentuk tanaman. Jangan biarkan tunas terbentuk terlalu rimbun sehingga batnag di bawahnya tidak mendapat sinar matahari secara maksimal. Pangkas tangkai buah naga dengan menyisakan tangkai yang diperlukan sebagai tempat buah saja.

Di samping ketiga langkah di atas, hal yang juga perlu diperhatikan adalah kondisi tiang panjatan. Pastikan tiang panjatan tetap kokoh. Apabila batang mulai goyah, ikatkan pada tiang panjatan dengan tali. Jangan mengikat terlalu kencang karena dapat mengganggu pertumbuhan batang.

Baca Juga :

Pemanenan

Jika bibit yang Anda tanam berkualitas baik, Anda dapat mengharapkan panen buah naga dalam 10 – 12 bulan. Pemanenan pertama mungkin akan tidak begitu optimal karena tanaman baru belajar berbuah, tetapi dengan perawatan dan pemeliharaan yang baik, panen-panen berikutnya pasti akan lebih baik. Ciri-ciri buah naga yang sudah siap dipanen adalah kulitnya berwarna merah cerah dan mengilap, warna hijau daunnya berkurang, dan jumbainya berwarna merah. Pangkal buahnya menguncup dan mahkotanya pun mulai mengecil. Bentuknya membulat dengan bobot antara 400 – 600 gr per buah. Buah naga yang sudah benar-benar matang dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan jus. Dapat pula diolah menjadi berbagai macam kudapan yang lezat.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Naga Langka online murah di kota kabupaten 7

Demikian tips dan trik menanam dan merawat tanaman buah naga dalam pot di pekarangan rumah agar tumbuh dengan baik, produktif, dan cepat berbuah. Semoga berguna bagi Anda dan membuat Anda tidak lagi ragu menanam buah naga sendiri. Selamat mencoba.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Naga Langka online murah di kota kabupaten 8

Untuk mendapatkan bibit buah naga yang baik, Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com. Selain bibit yang berkualitas dengan harga murah, kami juga menjual bibit secara grosir dan melayani pembelian secara online. Anda juga dapat mengunjungi kebun kami di Perum Bumi Saraswati B2/38 RT 08 RW 09 Gaum, Tasikmadu, Karanganyar – Solo, Jawa Tengah, 57761.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Pupuk Organik Samudra Pupuk Bibit Durian Murah Online Di Kota Kabupaten1

Incoming search terms:

  • pengairan tanaman buah naga dengan cara hidroponik
  • tangkai buah naga

Produk terbaru

Rp 200.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Ajaib (Miracle Fruit)
Harga Rp 200.000 250.000
Anda HematRp 50.000 (20.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Kelapa Kopyor
Harga Rp 150.000 300.000
Anda HematRp 150.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Kedondong
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Mangga Kiojay
Harga Rp 150.000 300.000
Anda HematRp 150.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Srikaya Jumbo
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Cermai
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Nanas Madu
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Mangga Okyong
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman