( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

12 Jenis Buah Rambutan Yang Paling Banyak Dicari Masyarakat

Saturday, March 30th 2019.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.1

Saat mendengar kata “Rambutan”, pikiran kita pasti langsung tertuju pada buah yang memiliki bulu-bulu halus seperti rambut yang tumbuh menyebar di permukaan kulit. Buah yang satu ini memang sangat terkenal di Indonesia. Hal ini dikarenakan pohon rambutan termasuk kedalam jenis tanaman yang bersifat adaptif (mudah menyesuaikan diri dengan berbagai jenis kondisi lingkungan) dan dapat tumbuh dimana saja.Selain itu, buah rambutan juga mudah kita temui karena sudah banyak dijual di pasar tradisional ataupun di supermarket terdekat.

Tanaman rambutan merupakan tanaman buah musiman yang mulai berbuah pada bulan November hingga bulan Februari (tergantung pada curah hujan). Buah rambutan biasanya muncul secara bergerombol dan tersebar di seluruh tangkai pohon. Tingkat produktifitas buahnya juga bisa dibilang cukup tinggi. Dalam 1 kali panen, 1 pohon rambutan yang sudah dewasa biasanya bisa menghasilkan buah mencapai 20 – 50 kg.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.14

Rambutan dikenal memiliki tekstur buah yang lembut, berwarna putih, dan mempunyai kulit buah berwarna merah saat sudah matang. Daging buahnya tebal dan bertekstur renyah dengan kandungan air yang melimpah sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi di tengah teriknya sinar matahari. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak sekali jenis rambutan yang beredar di pasaran. Nah, pada kesempatan kali ini SamudraBibit.com akan membahas tentang jenis rambutan apa saja yang cocok untuk dibudidayakan di Indonesia, serta yang paling banyak di cari oleh masyarakat.

1. Rambutan Binjai.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.3

Yang pertaman adalah rambutan binjai, rambutan jenis ini memiliki keunggulan yang terletak pada citarasa buahnya yang manis. Selain itu, daging buahnya juga cukup tebal, berwarna putih,  dan pastinya “nglotok”. Perpaduan antara rasa buahnya yang manis dengan daging buahnya yang tebal membuat siapa saja yang mencicipi buah rambutan ini pasti akan minta lagi dan lagi. Rambutan binjai memiliki buah yang berwarna merah tua dan berbentuk bulat sedikit lonjong.

Baca Juga : 

Rambut buahnya juga berwarna merah dengan bagian ujung yang berwarna hijau, dan lebih panjang jika dibandingkan dengan rambutan rapiah. Selain itu, rambutan binjai juga dikenal mempunyai tingkat produktifitas yang tinggi. Bayangkan saja, 1 pohon rambutan jenis ini mampu menghasilkan buah mencapai 60 kg dalam satu kali masa panen. Jadi tidaklah mengherankan jika budidaya rambutan kebanggaan warga Binjai, Sumatera Utara ini merupakan sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

2. Rambutan Cimacan.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.13

Rambutan Cimacan merupakan rambutan yang berasal dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Buah rambutan jenis ini memiliki keunggulan yang terletak pada tekstur daging buahnya yang sangat lembut saat dikunyah. Citarasa buahnya juga sangat manis dan tidak terlalu berair sehingga tidak lengket saat dipegang. Ciri lain yang membedakan rambutan jenis ini dengan rambutan jenis lain adalah rambutan cimacan memiliki kulit buah yang lebih tipis dengan rambut yang juga lebih sedikit.

Namun, rambutan cimacan ini kurang baik jika disimpan dalam jangka waktu yang lama karena mudah membusuk (proses pematangan buahnya terlalu cepat).

3. Rambutan Lebak Bulus.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.4

Seperti namanya, rambutan jenis ini berasal dari Lebak Bulus, Pasar Minggu, Jakarta. Rambutan lebak bulus banyak dicari masyarakat dikarenakan rambutan ini memiliki kadar kandungan ari yang tinggi sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah untuk melepas dahaga. Selain itu, citarasa buahnya juga sangat unik, yakni asam manis dan menyegarkan. Buah rambutan lebak bulus bebentuk bulat denganrambut buah yang berwarna merah kekuningan.

Selain dapat dikonsumsi langsung dalam kondisi segar, rambutan jenis ini juga sangat sering diolah menjadi berbagai macam produk kuliner seperti manisan dan buah kalengan.

4. Rambutan Si Bongkok.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.12

Rambutan yang berasal dari Kalimantan Selatan ini merupakan salah satu jenis rambutan unggulan yang paling banyak diburu oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan rambutan si bongkok memiliki ukuran buah yang cukup besar, lebih besar daripada jenis rambutan pada umumnya. Buahnya yang sudah matang berwarna merah tua kecoklatan, berbentuk bulat lonjong, dan memiliki rambut yang halus. Daging buahnya berwarna putih bening, bertekstur agak kering, dan yang pasti daging buahnya “ngelotok” (mudah terlepas dari bijinya).

Keunggulan lain yang ada pada rambutan si bongkok ini terletak pada rasa buahnya yang manis dengan aroma khas buah rambutan. Selain itu, bijinya berbentuk bulat memanjang, ujungnya sedikit membengkok, dan berukuran kecil. Tingkat produktifitas buah dari pohon rambutan si bongkok juga sangat tinggi. Bayangkan saja, untuk satu pohon rambutan jenis ini yang sudah dewasa mampu menghasilkan buah mencapai 200 kg/tahun.

5. Rambutan Si Nyonya.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.5

Kenapa dinamakan rambutan si nyonya? karena rambutan ini memiliki penampilan yang sangat cantik dan menarik perhatian setiap orang yang melihatnya. Bagaimana tidak? rambutan jenis ini memiliki buah yang berwarna merah menyala dengan rambut yang cukup lebat. Meskipun memiliki penampilan yang menggugah selera, akan tetapi buah rambutan si nyonya mempunyai rasa yang yang bisa dibilang kurang manis dan sedikit masam. Namun tetap menyegarkan saat dimakan karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

6. Rambutan Si Batuk Ganal.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.6

Rambutan si batuk ganal merupakan salah satu jenis buah rambutan unggulan yang berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Rambutan jenis ini memiliki keunggulan yang terletak pada ukuran buahnya yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis rambutan pada umumnya. Buah rambutan ini berwarna merah kekuningan, daging buahnya juga memiliki kandungan air yang sangat melimpah. Dan yang terpenting, buah rambutan ini mempunyai citarasa buah yang sangat manis dengan daging buahnya yang “nglotok” atau mudah terlepas dari bijinya.

7. Rambutan Antalagi.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.7

Rambutan antalagi bisa dikatakan merupakan salah satu buah rambutan lokal terbaik di Indonesia karena memiliki rasa buah manis dan disertai dengan aroma buahnya yang sangat harum dan kuat. Sama seperti rambutan si batuk ganal, rambutan Antalagi juga berasal dari sungai Andai, Kalimantan Selatan. Rambutan jenis ini memiliki buah yang berbentuk bulat memanjang dan sedikit pipih. Rambut yang ada pada permukaannya juga cenderung pendek seperti rambutan rapiah dan berwarna hijau sedikit kuning.

Selain dapat dikonsumsi langsung dalam kondisi segar, rambutan Antalagi juga sering diolah menjadi manisan, rujak buah, dan campuran jelly/pudding.

8. Rambutan Rapiah.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.2

Rambutan Rapiah merupakan salah satu jenis buah rambutan unggulan yang sangat digemari oleh semua masyarakat Indonesia. Walaupun ukuran buahnya relatif kecil, akan tetapi buah rambutan jenis ini memiliki keunggulan yang terletak pada rasa buahnya yang saaaaaangat manis. Selain itu, daging buahnya juga cukup tebal, berteksur renyah, dan yang pasti daging buah dan bijinya mudah terkelupas atau biasa disebut “nglotok”. Buah rambutan rapiah berbentuk bulat dan memiliki pelat (ulir) pada kulitnya.

Buahnya yang sudah matang memiliki warna yang sangat cantik, yakni perpaduan antara wara merah, kuning, dan hijau.

Baca Juga :

Perbedaan yang paling mencolok dapat dilihat dari rambut buahnya. Rambutan rapiah memiliki rambut buah yang cenderung lebih pendek, jarang, dan kaku jika dibandingkan dengan jenis rambutan pada umumnya. Pohon rambutan rapiah ini biasanya tumbuh tidak terlalu lebat. Meskipun demikian, tingkat produktifitas buahnya cukup tinggi mencapai lebih dari 28 kg/pohon dalam satu kali panen.

9. Rambutan Narmada.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.8

Rambutan Narmada merupakan buah rambutan unggulan kebanggaan warga Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dikatakan unggulan karena buah rambutan yang satu ini memiliki daging buah yang cenderung kenyal, tidak lembek, dengan citarasa buah yang sanga manis dan khas. Selain itu, rambutan narmada ini juga mempunyai tampilan buah yang sangat cantik, yakni perpaduan antara warna kuning dan merah yang bercampur menjadi satu sehingga membuat siapa saja yang melihatnya pasti tergoda.

10. Rambutan Garuda.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.10

Lagi-lagi, sungai Andai, Kalimantan Selatan sepertinya menjadi salah satu daerah penghasil rambutan terbaik di Indonesia. Setelah rambutan si batuk ganal dan rambutan antalagi, masih ada jenis rambutan unggulan yang berasal dari daerah ini. Rambutan Garuda namanya, rambutan jenis ini dikenal karena memiliki ukuran buah yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis rambutan biasa. Selain itu, rambutan garuda juga menawarkan sensasi rasa buah yang sangat manis dengan daging buah yang cukup tebal.

Selain manis, rambutan ini juga memiliki rasa sedikit gurih yang tidak akan ditemukan pada jenis rambutan lain.

11. Rambutan Kapulasan.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.9

Rambutan kapulasan mempunyai ciri khas yang terletak pada rambut buahnya yang sangat pendek, kaku, dan cukup lebat. Kulit buahnya sedikit lebih tebal dan berwarna merah kecoklatan. Rambutan kapulasan ini juga dikenal dengan nama rambutan babat. Selain itu, citarasa yang ada pada rambutan jenis ini juga tidak kalah manis dengan rambutan jenis lainnya. Kandungan air di dalamnya juga cukup banyak sehingga akan sangat menyegarkan jika rambutan kapulasan dikonsumsi pada saat siang hari yang panas.

12. Rambutan Bahrang.

Jenis-Buah-Rambutan-Yang-Paling-Banyak-Dicari-Masyarakat.11

Rambutan bahrang merupakan salah satu jenis buah rambutan unggulan yang berasal dari daerah Langkat, Sumatera Utara. Rambutan jenis ini mempunyai ukuran rambut buah yang lebih panjang dari rambutan jenis lainnya. Selain itu, rasa yang ada pada buah rambutan ini juga sangat manis dan lezat. Daging buahnya berwarna putih sedikit kekuningan dan memiliki kandungan air yang sangat melimpah. Pada umumnya, buah rambutan yang sudah matang memiliki kulit buah yang berwarna merah.

Namun berbeda dengan rambutan bahrang. Rambutan jenis ini memiliki kulit buah yang berwarna jingga kemerahan saat sudah matang.

Demikian artikel tentang 12 Jenis Buah Rambutan Yang Paling Banyak Dicari Masyarakat.Jika Anda ingin memperoleh bibit rambutan yang berkualitas, hubungi kami secepatnya melalui situs www.samudrabibit.com. Selain bibit rambutan, kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman unggulan lain secara grosir dan melayani pembelian secara online. Kami juga menyediakan pupuk khusus untuk tanaman buah dan aneka produk nutrisi tanaman sebagai penunjang keberhasilan Anda dalam berkebun.

Jika Anda berada di kota Surakarta dan sekitarnya, silahkan langsung mengunjungi kebun kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan rambutan.

Incoming search terms:

  • apakah pupuk cantik bagus untuk buah rambutan atau semangko
  • jenis rambutan

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman