( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Menanam dan Merawat Anggur Pohon Jaboticaba (Anggur Brazil) di Rumah

Wednesday, November 14th 2018.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Jaboticaba-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten 1

Anggur pohon jaboticaba (Plinia cauliflora atau Myrciaria cauliflora syn.) adalah tanaman buah tropis asal Brazil yang sangat unik. Meskipun disebut anggur, tetapi sebenarnya tanaman ini tidak termasuk keluarga anggur. Buahnya memang mirip anggur, dengan kulit berwarna ungu kehitaman dan daging buah berwarna putih, diameternya 3 – 4 cm. Bijinya 1 – 5 buah kecil-kecil. Rasanya manis segar ketika sudah benar-benar matang. Tetapi bentuk fisik tanaman ini sama sekali tidak mirip anggur.

Pohon anggur jaboticaba tumbuh besar dengan batang keras berkayu, tidak merambat, berdiri tegak, dan cabangnya banyak. Buahnya tumbuh menempel pada batang pohon. Oleh karena itu, tanaman ini diberi julukan buah anggur batang. Buah ini banyak dicari karena khasiatnya. Anda dapat menanamnya di pekarangan atau di dalam pot. Ingin turut merasakan khasiat buah ini? Atau menjadikannya salah satu koleksi tanaman unik Anda? Berikut langkah-langkah menanam dan merawat anggur pohon jaboticaba di rumah agar cepat berbuah.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Jaboticaba-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten 2

Karakteristik dan syarat tumbuh

Sebagai tanaman daerah tropis, anggur pohon jaboticaba sangat cocok ditanam di Indonesia. Tumbuh sama baiknya di dataran rendah ataupun dataran tinggi, dengan ketinggian antara 0 – 1000 mdpl. Membutuhkan sinar matahari penuh sepanjang hari dengan sedikit saja naungan. Menyukai tanah yang gembur dengan pH 5,5 – 6,5 dan drainase yang baik. Toleran terhadap angin, tetapi tidak terhadap udara asin dari laut. Keunikan lain dari tanaman ini adalah mampu tumbuh terus sampai puluhan bahkan ratusan tahun.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Jaboticaba-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten 3

Pemilihan bibit

Anggur pohon jaboticaba dapat diperbanyak dengan cara generatif (melalui biji) ataupun vegetatif (stek/cangkok/okulasi/sambung). Akan tetapi, pohon yang diperbanyak dengan cara generatif baru akan berbuah dalam 8 – 15 tahun, meskipun secara sifat tumbuhan baru memiliki kemiripan dengan tanaman induk. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat (lebih cepat berbuah) sebaiknya memilih bibit yang diperbanyak dengan cara-cara vegetatif.

Bibit hasil perbanyakan vegetatif sudah akan berbuah dalam 2 – 3 tahun. Bibit anggur pohon jaboticaba siap tanam apabila sudah berusia di atas 6 bulan, pada usia ini tinggi tanaman mencapai 30 – 70 cm. Ciri-ciri bibit yang berkualitas adalah benar-benar sehat, daunnya hijau segar, bebas dari hama dan penyakit, batangnya kokoh tidak kering, dan rindang.

Baca juga :

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Jaboticaba-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten 4

Penanaman di pekarangan

Untuk penanaman di pekarangan, pastikan lahan yang Anda gunakan bebas dari rumput liar, tidak ternaungi oleh pohon besar karena tanaman ini menyukai sinar matahari langsung. Sebaiknya lahan tidak terlalu sempit, kaya akan unsur hara, dan memiliki sistem drainase yang baik. Gunakan cangkul untuk menggali lubang berukuran 50 x 50 x 50 cm. Campurkan kompos/pupuk kandang terfermentasi dan sekam dengan tanah bekas galian, tutup dengan plastik. Istirahatkan lubang tanam dan campuran tanah selama 2 – 3 hari untuk menghilangkan gas-gas bercaun dari tanah.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Jaboticaba-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten 5

Siapkan bibit, sobek polybag dengan hati-hati agar media pembibitan tidak sampai pecah dan perakaran tidak putus. Letakkan bibit lurus simetris, tepat di tengah lubang tanam, jangan sampai miring. Tutup lubang tanam dengan campuran tanah+pupuk+sekam, padatkan. Pasang ajir untuk menopang bibit agar tidak roboh akibat angin atau sebab-sebab lain. Ajir dapat dibuat dari bambu, kayu, atau besi sepanjang 1,5 m. Siram merata hingga meresap ke seluruh bagian media tanam.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Jaboticaba-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten 6

Penanaman di dalam pot

Untuk penanaman di dalam pot, pilih pot berukuran besar dengan diameter minimal 60 cm. Gunakan campuran cocopeat, pasir kasar, dan kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 2 : 1 sebagai media tanam. Pastikan pot memiliki sistem drainase yang baik, lubang drainase dibawah pot sebaiknya berjumlah 4 dengan diameter 1 cm. Pada saat penanaman, biarkan akar paling atas berada 2 – 3 inci di atas permukaan tanah untuk memperbaiki sistem drainase.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Jaboticaba-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten 7

Perawatan dan pemeliharaan

Perawatan dan pemeliharaan anggur pohon jaboticaba meliputi lima hal pokok, yaitu penyiraman, pemupukan, pemangkasan, penyiangan, dan penanggulangan hama dan penyakit. Penyiraman rutin 1 – 2 kali sehari, tergantung kondisi kelembapan tanah. Gunakan embrat untuk mendapatkan hasil penyiraman yang optimal. Pemupukan dapat menggunakan pupuk organik murni atau kombinasi pupuk organik dan pupuk kimia. Contoh pemberian pupuk kombinasi adalah 20 butir NPK buah ditambah 1 kg kompos atau pupuk kandang, dan 1 sendok teh pupuk organik.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Jaboticaba-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten 8

Ada banyak macam pupuk organik yang dapat digunakan, baik padat maupun cair. Untuk pemberian pupuk organik murni, campurkan 1 sendok makan pupuk organik cair dengan 1 sendok teh pupuk organik padat. Aplikasikan secara rutin satu bulan sekali. Berikan pula hormon perangsang buah jika perlu, interval pemberiannya 7 – 10 hari sekali. Pemangkasan pada tanaman anggur pohon jaboticaba lebih kepada pemeliharaan, yaitu untuk membuang cabang dan ranting yang tidak perlu, menjaga ketinggian dan keindahan pohon, serta pemberantasan hama.

Baca juga :

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Jaboticaba-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten 9

Tanaman ini memiliki daya tahan yang tinggi terhadap hama dan penyakit, serta mudah beradaptasi. Akan tetapi, ada kalanya kutu daun menyerang. Hama ini menyerang daun hingga menjadi keriting, terutama pada tanaman muda di bawah 1,5 tahun. Untuk menanggulanginya, bersihkan areal tanaman dengan menyiangi rumput liar yang menjadi inang berbagai hama dan penyakit. Pangkas  daun yang terserang untuk mencegah penyebaran. Daun-daun baru akan bertunas lagi dalam 14 hari. Semprotkan pestisida jika serangan hama tidak terkendali.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Jaboticaba-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten 10

Pemanenan

Anggur pohon jaboticaba berbuah 1 – 2 kali setahun, apabila kondisi geografis lahannya cocok dapat berbuah sepanjang tahun. Ketika masih muda buahnya berwarna hijau, setelah matang menjadi ungu kehitaman seperti anggur. Rasa buah berubah-ubah seiring proses pematangan. Mulai dari mirip rasa jambu biji, manggis, leci, markisa, srikaya, anggur, hingga di hari ke-9 ketika buah matang sempurna didapatkan rasa yang paling enak dan manis dengan aroma yang harum. Buah dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan minuman anggur nonalkohol, serta jelly.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Jaboticaba-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten 11

Khasiat anggur pohon jaboticaba

Seperti telah disinggung di atas, anggur pohon jaboticaba banyak diminati karena khasiat, di samping keunikannya. Buah anggur pohon jaboticaba mengandung zat besi, seng, karbohidrat, magnesium, natrium, kalsium, dan protein. Itu sebabnya, buah ini dapat menjadi sumber energi yang baik.  Kandungan vitaminnya meliputi vitamin C, B1, B2, B6, B9, B12, dan K. Buah ini juga kaya akan antioksidan dan aman bagi penderita diabetes. Kulit buahnya yang tipis dan kencang, namun lembut apabila dikulum, biasanya dikeringkan untuk obat diare, asma, dan radang.

Dengan kandungan zat-zat di atas, buah anggur pohon jaboticaba bermanfaat sebagai antipenyakit jantung, memperlancar aliran darah, antikanker, mencegah diabetes, menjaga kesehatan organ pernapasan, menyehatkan ginjal, menjaga daya tahan tubuh, antianemia, mencegah gigi rapuh, memperkuat tulang, menjaga kesehatan syaraf, menjadi nutrisi yang baik bagi ibu hamil, antisariawan dan peradangan, sumber energi, dan menyehatkan kulit.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Anggur-Jaboticaba-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten 12

Demikian pedoman menanam dan merawat tanaman anggur pohon jaboticaba di rumah agar cepat berbuah dan menghasilkan buah yang berkualitas. Anda dapat memperoleh bibit anggur pohon jaboticaba yang berkualitas di kebun pembibitan kami dengan cara menghubungi kami di situs www.samudrabibit.com.

Kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman unggulan secara grosir dan melayani pembelian secara online. Kami juga menyediakan berbagai macam pupuk tanaman buah dan aneka produk nutrisi sebagai penunjang keberhasilan Anda dalam berkebun.

Silakan mengunjungi kebun kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pemeliharaan tanaman anggur pohon jaboticaba kami.

Incoming search terms:

  • anggur pohon jaboticaba

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman