( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Menanam dan Merawat Buah Cantik nan Ajaib Miracle Fruit

Friday, March 22nd 2019.

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.1

Jika Anda suka mengoleksi tanaman hias dan unik, barangkali pernah mendengar tentang Buah Ajaib (Miracle Fruit). Tanaman ini masuk ke Indonesia sejak tahun 2000-an dan mulai populer sejak tahun 2010. Berasal dari Ghana, Afrika Barat, tanaman dengan nama latin Synsepalum dulcificum ini termasuk tanaman langka. Mengapa disebut buah ajaib? Karena setelah dimakan, buah ini memiliki efek yang luar biasa. Seperti apa keistimewaan buah ajaib? Dapatkah tanaman ini dirawat di pekarangan atau di dalam pot? Berikut penjelasannya.

Sejarah perkembangan buah ajaib hingga mendunia

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.2

Buah ajaib sudah dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Afrika Barat sejak lama, namun baru diketahui  pada abad ke-18. Adalah seorang penjelajah Eropa bernama Chevalier des Marchais yang menyaksikannya ketika melakukan perjalanan ke wilayah tersebut pada tahun 1725. Dalam salah satu kunjungannya ke sebuah desa, ia menemukan penduduk setempat memetik buah ini dan mengunyahnya sebelum makan. Nama aslinya di Afrika Barat adalah agbayun, taani, asaa, dan ledidi. Julukannya buah keajaiban, beri keajaiban, beri ajaib, dan beri manis.

Tanaman ini kemudian dibawa ke luar Afrika dan dicoba untuk dibudidayakan di negara-negara lain. Salah satu negara yang pernah mencoba untuk membudidayakannya dan mengembangkannya secara komersial adalah Amerika Serikat. Di tahun 1970-an ada upaya komersialisasi tanaman ini di negara tersebut sebagai pengganti gula. Namun, oleh FDA (Food and Drug Administration) tanaman ini dikategorikan sebagai bahan tambahan pangan (additive), setingkat dengan pewarna makanan dan msg.

Banyak pihak berpendapat bahwa penggolongan tersebut diakibatkan kekhawatiran industri gula yang merasa terancam oleh keberadaan buah ajaib. Di Indonesia, tanaman ini mulai diperkenalkan pada tahun 2000-an dan mulai dibudidayakan pada tahun 2007. Sentra pembudidayaannya terletak di wilayah Bogor, Jawa Barat. Popularitasnya di kalangan masyarakat umum baru dimulai pada tahun 2010 di mana mulai banyak tempat-tempat penjualan bibit yang menawarkan bibit buah ajaib.

Keistimewaan buah ajaib

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.3

Apa keistimewaan buah ajaib hingga menimbulkan rasa khawatir pada pada produsen gula di Amerika Serikat. Buah ajaib dapat membuat makanan yang tidak manis menjadi terasa manis tanpa perlu menambah kalori dalam jumlah besar. Jika dimakan sebelum mengonsumsi makanan yang rasanya asam, akan membuat rasa asamnya hilang berganti dengan rasa manis. Pada dasarnya buah ini tidak memiliki rasa dan aroma. Lalu bagaimana buah ini dapat mengubah rasa asam menjadi manis?

Buah ajaib mengandung zat glikoprotein yang disebut miraculin. Saat menghadapi keadaan asam (pH rendah), miraculin dapat mengikat protein dan mengaktifkan reseptor (indra perasa) manis di lidah. Jika kandungan pH pada makanan netral, miraculin mengikat dan memblok reseptor. Efek miraculin ini berlanjut hingga protein dihilangkan oleh ludah. Dapat berlangsung selama 30 menit atau satu jam tergantung berapa banyak buah ajaib yang dimakan.

Klasifikasi

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.4

  • Kingdom       : Plantae.
  • Clade            : Angiospermae.
  • Clade            : Eudicots.
  • Clade            : Asterids.
  • Ordo             : Ericales.
  • Famili            : Sapotaceae.
  • Genus            : Synsepalum.
  • Spesies          : Synsepalum dulcificum.

Karakteristik dan morfologi

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.6

Buah ajaib masih termasuk dalam keluarga sawo-sawoan. Sekilas memang bentuk buah ini mirip dengan sawo kecik. Tetapi, ada dua jenis tanaman buah ajaib yang perlu diketahui. Pertama, Synsepalum dulcificum yang berbentuk perdu berukuran kecil, daun kecil dengan bentuk meruncing dan lebat, buah berukuran kecil dengan bentuk mirip melinjo. Ukuran buah sekitar 2 cm, warnanya kemerahan. Tinggi tanaman maksimal 1 – 2 meter, batangnya bercabang banyak.

Jenis yang kedua adalah Synsepalum subcordatum (miracle fruit besar). Daunnya lebih lebar, ukuran buah juga lebih besar. Dapat membentuk pohon kecil dengan tinggi maksimal mencapai ±6 m, apalagi jika ditanam di tanah dan dibiarkan tumbuh liar. Lebih produktif, terutama di tahun-tahun pertama. Di samping perbedaan-perbedaan tersebut, kedua jenis ini mempunyai banyak kesamaan. Mulai dari warna buahnya yang merah cerah. Waktu pembungaan juga dimulai pada umur yang sama.

Mampu berbuah mulai umur 1 – 2 tahun, namun baru mencapai masa produksi optimalnya di usia 2 – 3 tahun. Pada dasarnya merupakan tanaman tropis yang selalu hijau di segala musim. Setelah buah yang pertama, akan terus berbuah sepanjang tahun. Semakin tua, buahnya akan semakin banyak. Dalam satu pohon dapat menghasilkan 10 – 20 buah sekali panen. Tanaman ini tumbuh dengan lambat. Itu sebabnya ia tidak tumbuh terlalu tinggi. Usia 1 tahun, tingginya baru mencapai 20 cm.

Umur 3 – 4 tahun, tingginya hanya 40 – 60 cm. Usia 7 tahun, tingginya baru mencapai 1,2 m dan rata-rata hanya memiliki tinggi 120 – 150 cm setelah berusia 10 tahun. Akan tetapi, tanaman ini dapat bertahan hidup lama. Buahnya termasuk jenis buah buni dengan kandungan gula rendah dan bau yang agak manis, namun lebih cenderung tidak beraroma. Kulit buahnya berwarna merah cerah, daging buahnya berwarna putih. Karena tumbuhnya tidak tinggi dan warna buahnya sangat cantik, banyak yang menjadikannya sebagai tanaman hias.

Tanaman ini memang cocok pula ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan yang mendapat sinar matahari cukup.

Baca juga :

Syarat tumbuh

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.9Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.9

Meskipun merupakan tanaman asli dari Afrika Barat, buah ajaib dapat tumbuh di Indonesia yang memiliki iklim tropis, sama seperti negara asalnya. Dapat ditanam di dataran rendah hingga tinggi antara 100 – 1000 mdpl. Tanaman ini mudah tumbuh, terutama di lahan yang subur dan gembur, banyak mengandung bahan organik, cenderung asam (pH minimal 5,5). Hindarkan dari tanah alkaline yang berkapur sebab akan mati. Tanaman ini juga sensitif terhadap angin kencang dan hawa dingin.

Sinar matahari yang diperlukan sedang hingga penuh. Dalam situasi teduh tanaman ini memerlukan banyak sinar, tetapi panas terik dapat membakar tanah dan membuat akar stress. Sinar matahari langsung juga menghendaki pemupukan yang lebih banyak. Jadi, letakkan di tempat terbuka dengan sedikit naungan atau di dalam ruangan yang mendapat banyak cahaya matahari adalah pemilihan lokasi penanaman yang paling tepat. Lahan harus bersih dari gulma dan sejenisnya.

Pembibitan

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.7

Buah ajaib dapat diperbanyak dengan cara vegetatif (stek/ cangkok/ okulasi) dan generatif (biji). Perbanyakan dari biji memunculkan banyak variasi. Tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Pertumbuhannya lebih lambat, namun tidak terlalu jauh berbeda dengan bibit yang diperbanyak dengan metode-metode lainnya. Untuk perbanyakan dengan cara vegetatif, metode yang sering dilakukan adalah okulasi dan cangkok. Perbanyakan dari biji dapat Anda lakukan sendiri dengan mengumpulkan biji dari buah yang Anda makan.

Biji segar yang sudah dibersihkan dari daging buahnya disebar dalam pot berukuran 5 liter yang sudah diisi dengan tanah basah. Tiap pot dapat diisi dengan 1 – 2 biji. Tutup dengan selapis tipis tanah. Letakkan dalam ruangan yang mendapat sinar matahari penuh. Biji akan berkecambah dalam 16 minggu. Jika ingin menanam beberapa biji sekaligus, gunakan pot yang lebih besar, minimal 15 liter. Jarak tanam antarbiji 2 cm. Manfaatkan semua ruangan di dalam pot dengan cara membuat pola menuju bagian tengah pot sehingga dapat menampung biji secara maksimal.

Setelah berkecambah dan tumbuh beberapa inci, cabut dan pindahkan ke pot individual, masing-masing benih dalam 1 pot ukuran 1 liter. Media tanamnya meliputi sabut kelapa, serbuk kayu cemara, dan perlite (1 : 1 : 1). Sabut kelapa dapat diganti dengan cocopeat. Dapat juga menggunakan media khusus hortikultural yang bebas residu garam. Perbanyakan dari biji tingkat keberhasilannya lebih tinggi daripada metode-metode yang lain, apalagi jika Anda belum berpengalaman dalam melakukan teknik-teknik perbanyakan secara vegetatif.

Cara yang lebih praktis dan lebih terjamin keberhasilannya adalah dengan membeli bibit. Bibit yang dijual biasanya diperbanyak dengan metode cangkok dan okulasi. Bibit dari hasil perbanyakan vegetatif dapat berbuah lebih cepat, namun dalam hal tanaman buah ajaib, perbedaannya tidak terlalu signifikan. Jika Anda membeli bibit, pilih tempat penjualan yang menyediakan bibit bersertifikat unggul. Bibit sehat, bebas hama dan penyakit, daunnya hijau segar, tidak layu dan kering, cabangnya cukup rindang, dan batangnya kokoh, tidak kurus.

Jangan pilih bibit yang sedang berbuah karena bibit semacam ini tidak baik untuk dipindahtanamkan. Pada masa awal pertumbuhan bibit, fokus tanaman adalah pada pertumbuhan akar sehingga pertambahan tingginya sangat lambat. Bersabarlah dan jaga udara di sekitar bibit tetap hangat. Benih muncul pertama kali dalam bentuk helaian folikula tipis, lalu daun pertama muncul. Setelah sejumlah daun muncul, sangat penting untuk menjaga tanah dan udara sekitar tetap lembap. Lindungi dari angin yang dapat merobohkan dan mengeringkan benih.

Persiapan lahan/ tempat penanaman

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.8

Buah ajaib dapat ditanam di kebun, pekarangan, ataupun di dalam pot. Penanaman di kebun diperuntukkan bagi usaha dengan tujuan komersial. Untuk tujuan koleksi atau sebagai tanaman hias, Anda dapat memilih tanah pekarangan atau pot. Penanaman di pot lebih memudahkan setiap kali Anda perlu melindungi tanaman dari udara yang terlalu dingin atau angin yang terlalu kencang. Anda hanya perlu meletakkan pot di tempat yang mendapat banyak sinar matahari dan sesekali meletakkannya di luar untuk mendapatkan udara segar dan air hujan.

Penanaman di dalam pot dapat diawali dengan menggunakan pot kecil berukuran 5 liter ketika tanaman masih sangat muda. Setelah tumbuh lebih besar, pindahkan ke pot berukuran 15 liter. Untuk pertumbuhan optimalnya, gunakan pot berukuran 60 liter atau berdiameter minimal 50 cm. Pastikan pot memiliki lubang drainase yang baik di bagian bawah agar akar tanaman tidak tergenang air siraman. Jika Anda hendak meletakkan pot di dalam ruangan, tambahkan piringan penampung air di bagian bawah pot.

Siapkan media tanam berupa sabut kelapa atau cocopeat, serbuk kayu cemara, dan perlite dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Penggunaan cocopeat akan menambah keasaman media tanam. Untuk penanaman di kebun atau pekarangan, persiapkan lahan dengan cara membersihkan lahan dari gulma atau sejenisnya. Gemburkan tanah menggunakan cangkul atau bajak. Buat lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm dengan jarak tanam 2 x 1 m2 (untuk perkebunan/pembudidayaan).

Campur tanah galian dengan kompos atau pupuk kandang matang dan sekam (1 : 1 : 1). Istirahatkan lubang tanam selama 2 – 3 hari dengan tersinari matahari secara penuh untuk mematikan bibit hama dan penyakit dalam lubang.

Penanaman

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.11

Jika Anda membeli bibit, biasanya bibit ditanam dalam polybag. Ketika hendak memindahkannya ke lubang tanam atau ke dalam pot, lepaskan dahulu polybagnya dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran. Sebelum memasukkan bibit ke dalam lubang tanam atau ke dalam pot, isi sebagian tanah atau media tanam hingga setengah dari kedalaman lubang tanam/pot. Khusus untuk penanaman dalam pot, dahului dengan menebarkan pecahan genting atau batu bata di dasar pot sebelum memasukkan setengah bagian media tanam.

Setelah setengah bagian lubang tanam/pot terisi, letakkan bibit di tengah lubang tanam/pot dalam posisi tegak lurus. Timbun akarnya dengan sisa tanah galian yang sudah dicampur pupuk dan sekam atau sisa media tanam. Padatkan tanah di sekitar pangkal batang agar tanaman tidak mudah roboh. Pasang ajir seukuran bibit untuk membantu menopang tanaman selama masih muda. Sirami hingga tanah terlihat basah merata. Beri mulsa di sekitar batang pokok untuk menjaga kelembapan tanah.

Jika menggunakan pot yang berukuran kecil, kelembapan dapat dijaga dengan memasang plastik kemasan menutup seluruh media tanam.

Baca juga :

Perawatan

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.14

Standar perawatan untuk buah ajaib meliputi penyiraman, pemupukan, pemangkasan, penyiangan, dan penanganan terhadap hama dan penyakit. Buah ajaib tidak memerlukan air dalam jumlah banyak, hanya cukup untuk menjaga tanah/media tanam di sekitar kanopi tetap lembap. Sirami 1 – 2 kali sehari tergantung kondisi tanah/media tanam atau ketika cuaca sangat panas. Di musim hujan, buah ajaib yang ditanam di luar ruangan tidak perlu disirami. Penyiraman secukupnya saja, jangan sampai air tergenang karena akar bisa busuk.

Cek tanah atau media tanam sebelum melakukan penyiraman. Usahakan penyiraman menggunakan air hujan atau air sumur karena tanaman ini tidak tahan klorin yang mungkin terkandung dalam air ledeng. Suplai mikronutrien dan tingkat keasaman tanah perlu selalu dijaga. Untuk buah ajaib yang ditanam di pot, penambahan cocopeat dapat menambah tingkat keasaman media tanam. Suplai mikronutrien dapat dijaga dengan pemberian pupuk organik atau kombinasi pupuk kimia secara rutin satu bulan sekali.

Tambahkan hormon perangsang buah satu bulan sekali jika perlu ketika tanaman sudah memasuki usia siap berbuah.

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.16

Khusus buah ajaib yang ditanam dalam pot, sambil mengganti pot dengan ukuran yang lebih besar mengikuti ukuran tanaman, ganti media tanam dan pupuknya dengan yang baru untuk menjaga kelengkapan nutrisinya. Lakukan secara berkala dengan memerhatikan perakaran (inspeksi akar). Siangi areal sekitar tanaman untuk mencegah penyebaran hama dan penyakit. Penyiangan dilakukan sambil melakukan inspeksi akar dan penggemburan.

Agar tidak sampai mencederai akar, sebaiknya penyiangan dilakukan secara manual dan penggemburan tidak menggunakan cangkul. Inspeksi akar, penyiangan, penggemburan, dan pemupukan sebaiknya dilakukan dalam satu rangkaian. Akhiri dengan penyiraman agar pupuk cepat meresap ke dalam tanah dan tidak menimbulkan panas yang dapat merusak akar. Pemangkasan ditujukan untuk menjaga tinggi, penampilan, dan kesehatan tanaman. Pemangkasan rutin dilakukan setahun sekali.

Untuk memudahkan perawatan dan pemanenan, jaga tinggi tanaman tidak lebih dari 1 – 2 m. Pangkas ranting-ranting yang kering dan mati atau tumbuh tidak teratur.

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.15

Selain menghilangkan bibit-bibit hama dan penyakit, pemangkasan juga memberikan kesempatan sinar matahari mencapai seluruh bagian tanaman sehingga proses fotosintesis dapat berjalan lebih sempurna. Pemangkasan juga memacu munculnya tunas-tunas baru dan pembungaan. Berdasarkan pengalaman para petani yang telah membudidayakan buah ajaib atau para kolektor yang telah mencoba menanam dan merawat buah ajaib, buah ini tidak disukai semut dan jarang sekali ditemukan hama dan penyakit yang hinggap.

Hama yang perlu diwaspadai hanya kutu daun. Barangkali buahnya yang rendah gula dan cenderung tidak beraroma menjadi senjata tanaman ini mempertahankan diri dari serangan hama dan penyakit. Selain kutu daun, tanaman buah ajaib yang ditanam di kebun atau pekarangan perlu mewaspadai gangguan burung. Sekalipun terjadi serangan hama dan penyakit, pemberian insektisida dan fungisida hayati sudah cukup untuk mengatasinya tanpa perlu menggunakan obat-obatan kimia.

Pemanenan

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.10

Buah ajaib mulai belajar berbuah ketika tingginya sudah mencapai ±30 cm. Dari bunga ke buah memerlukan waktu sekitar 30 – 45 hari. Oleh karena tidak tumbuh tinggi, pemanenan buah ajaib cukup mudah dilakukan. Pemetikan buah juga tidak memerlukan perlakuan khusus, cukup dipetik dengan tangan seperti memetik cabai. Petik yang sudah benar-benar matang. Biarkan buah yang masih muda melanjutkan proses pematangannya di pohon. Setelah panen pertama, panen selanjutnya berlangsung sepanjang tahun dengan panen utama terjadi di musim kemarau.

Setelah dipanen, buah ajaib segar harus langsung dikonsumsi jika Anda ingin mendapatkan efek dari protein miraculinnya. Sebab, protein miraculin ini hanya aktif selama 48 jam setelah pemetikan. Kecuali, jika Anda mengeringbekukannya untuk disimpan dalam waktu lama. Cara mengeringbekukan buah ajaib memerlukan peralatan dan keterampilan khusus. Selain untuk dikonsumsi, buah ajaib segar dapat langsung diambil bijinya untuk perbanyakan. Biji yang ditanam langsung dari buah yang baru dipetik memiliki peluang keberhasilan di atas 75%.

Baca juga :

Manfaat buah ajaib

Menanam-dan-Merawat-Buah-Cantik-nan-Ajaib-Miracle-Fruit.13

Glikoprotein miraculin mengandung 191 asam amino dan rantai karbohidrat. Sekalipun memberikan efek rasa manis, buah ajaib rendah gula sehingga dapat membantu orang-orang yang menjalani diet, terutama diet gula pada penderita diabetes. Buah ini juga dapat menjadi food enhancer atau penambah nafsu makan. Sangat membantu untuk anak-anak yang sulit makan atau pilih-pilih makanan. Terlebih lagi sangat membantu pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

Salah satu efek kemoterapi adalah hilangnya nafsu makan karena pengaruh obat-obatan yang menimbulkan rasa pahit di lidah dan aroma besi di mulut. Efek ini disebut dysgeusia. Buah ajaib membantu menetralisasi rasa-rasa tersebut dan menggantinya dengan sensasi rasa manis. Di beberapa negara maju, seperti Amerika Serikat dan Australia, buah ajaib mulai diperkenalkan sebagai bentuk terapi kesembuhan pasien kanker.

Di Amerika Serikat, buah ajaib dikeringbekukan dalam bentuk tablet dan diberikan kepada pasien kanker usai kemoterapi untuk meningkatkan nafsu makan. Sekalipun legal, namun penggunaan buah ajaib masih terbatas karena belum diatur dalam undang-undang.

Demikian panduan sederhana cara menanam dan merawat buah ajaib (miracle fruit) agar cepat berbuah. Semoga dapat membantu kesuksesan Anda dalam penanaman dan pemeliharaan tanaman ini di rumah. Untuk mendapatkan bibit buah ajaib yang baik, Anda dapat mengunjungi laman kami di www.samudabibit.com atau langsung berkunjung ke kebun pembibitan kami di Perum Bumi Saraswati Desa Gaum Kecamatan Karanganyar Jawa Tengah.

Kami menyediakan bibit buah ajaib baik untuk penjualan satuan maupun secara grosir dengan harga yang bersahabat. Kami juga melayani pembelian secara online berikut pengiriman langsung ke alamat tujuan. Di samping bibit tanaman buah dan obat seperti buah ajaib, kami juga menyediakan berbagai bibit tanaman perkebunan ataupun tanaman buah kegemaran dengan kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan dan berbagai keperluan penunjang keberhasilan Anda dalam bercocok tanam, pupuk dan obat-obatan, sampai alat-alat perkebunan.

Incoming search terms:

  • buah ajaib dlm pot
  • buah miracle berry
  • cara melebatkan miracle fruit
  • usia Panen pada buah miracle

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman