( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Menanam dan Merawat Buah Tin agar Cepat Berbuah

Saturday, June 23rd 2018.

  Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Tin Murah online di kota kabupaten 1.jpg

Buah tin atau ara atau figs adalah tanaman yang aslinya berasal dari Arab, namun dapat juga ditemui di berbagai belahan dunia lain (Eropa, Amerika, Australia, Afrika, Asia).

Akhir-akhir ini buah tin menjadi tren baru di Indonesia, dilirik banyak orang karena manfaatnya bagi kesehatan sangat melimpah. Kandungan coumarinnya mencegah kanker prostat dan kanker payudara. Kandungan kalsiumnya menjadi alternatif mengatasi penyakit osteoporosis bagi mereka yang alergi terhadap susu. Kandungan kalium, omega 3, dan omega 6 menjaga kadar gula dalam darah dan menghindarkan dari penyakit jantung koroner.

Kandungan pektin dalam buah tin membantu mengurangi kolesterol dalam darah.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Tin Red Israel Langka Murah online di kota kabupaten 10

Karakteristik tanaman buah tin dan lingkungan pendukungnya

Pohon buah tin termasuk jenis pohon semak besar yang dapat tumbuh hingga 35 meter atau 15 – 30 kaki. Sebagai tanaman asli Timur Tengah, tentunya iklim yang cocok untuk pertumbuhan buah tin adalah iklim panas dan kering dengan sinar matahari langsung dan optimal.

Membutuhkan tanah yang gembur dan porous atau tanah alkali yang kaya kompos dengan tingkat keasaman 6 – 6,5. Tidak cocok di daerah yang hembusan anginnya kencang.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Tin Ungu super Langka Murah online di kota kabupaten1

 

Pembibitan

Buah tin dapat diperbanyak melalui biji, stek, atau cangkok. Buah tin yang diperbanyak dari biji dan ditanam langsung di tanah akan menghasilkan dua tanaman. Tanaman pertama disebut breba, buahnya besar-besar tetapi hanya sedikit. Tanaman kedua disebut higos dan menjadi tanaman utama. Higos inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk teknik perkembangbiakkan melalui stek dan cangkok.

Bibit dari stek dan cangkok dianggap lebih baik untuk pembudidayaan karena telah mengambil sifat-sifat terbaik dari tanaman induk dan lebih cepat berbuah. Untuk penanaman bibit dari stek dan cangkok sebaiknya di dalam pot karena hasilnya akan lebih optimal. Namun dapat juga ditanam di pekarangan apabila syarat-syarat tumbuhnya terpenuhi.

Cara pembibitan dengan stek sebagai berikut. Pilih batang dari pohon yang sudah berumur. Batang tua berwarna coklat atau ungu, diameternya 10 – 15 cm.

Potong miring batang dan langsung pindahkan ke tempat persemaian, yaitu polybag berisi sabut kelapa (cocopeat) murni dan pasir. Bekas potongan pada bagian atas diberi lilin agar tidak busuk. Sirami pagi dan sore hari untuk menjaga kelembapan tanah. Setelah 30 – 45 hari, batang muda dan daun akan tumbuh pada bibit stek. Pada saat ini, tanaman sudah dapat dipindah ke tempat lain.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Tin Murah online di kota kabupaten 2

 

Cara pembibitan dengan cangkok sebagai berikut. Pilih batang yang masih muda, yaitu yang berkulit hijau, sepanjang 10 – 15 cm. Tunas pada batang muda akan lebih cepat tumbuh dibandingkan batang yang sudah tua.

Bersihkan batang yang akan dicangkok dari batang dan daun muda. Kupas sedikit kulit batang pada area yang akan dicangkok. Balut batang yang dicangkok dengan sabut kelapa, kemudian bungkus dengan plastik transparan. Ikat kedua ujungnya dengan tali plastik. Beri lubang pada plastik pembungkus agar air yang disiramkan dapat keluar, tidak menggenang di dalam plastik.

Sirami pagi dan sore hari. Setelah 30 – 45 hari, batang muda anakan akan muncul dari lubang plastik, tandanya bibit cangkokan siap dipindahkan.

 

Persiapan lahan tanam dan penanaman bibit buah tin

Drainase yang baik sangat penting untuk tanaman buah tin. Buat gundukan atau bedengan pada lahan yang akan ditanami agar kelak, dalam cuaca basah, air dapat mengalir dengan mudah dan tidak menggenang di sekitar tanaman.

Selanjutnya, buat lubang tanam seukuran dengan polybag yang digunakan untuk pembibitan. Biarkan lubang selama tiga hari sebelum ditanami. Berikan pupuk kandang ke dalam lubang sebagai pupuk dasar.

 Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Tin Murah online di kota kabupaten 6.1

Bibit sudah siap tanam jika sudah setinggi 60 cm, daunnya sempurna, batang tegak dengan diameter 1 cm. Penanaman sebaiknya dilakukan pada akhir musim hujan atau sebelum masuk musim kemarau. Tanaman buah tin yang ditanam di musim kemarau akan berbuah lebih cepat daripada yang ditanam di musim hujan.

Waktu penanaman yang tepat adalah sore hari ketika udara lebih sejuk karena pada saat seperti ini perakaran akan bekerja lebih baik hingga esok hari tanpa diganggu proses penguapan. Masukkan bibit yang sudah dilepas dari polybag tepat di tengah lubang dalam posisi tegak lalu timbun lubang tanam dengan tanah galian dan padatkan.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Tin Murah online di kota kabupaten 5

 

Perawatan tanaman buah tin

Bibit buah tin memerlukan penyiraman secara teratur pagi dan sore hari. Tetapi setelah dipindah ke lahan tanam, tanaman ini tidak lagi perlu terlalu sering disiram.

Sirami 4 hari sekali di musim kemarau dan di musim hujan tidak perlu disirami sama sekali. Terutama pada masa pembuahan, cuaca yang terlalu lembap atau penyiraman yang berlebihan akan mengakibatkan buah membelah dan gagal dipanen. Karena tanaman mudanya sangat peka terhadap embun, lindungi dengan handuk pada bulan-bulan basah.

Di masa awal penanaman, pupuk yang diperlukan hanyalah pupuk dasar. Setelah berumur 4 bulan barulah diberi pupuk daun dengan dosis sesuai ukuran pohon untuk merangsang pertumbuhan. Pupuk daun yang alami dapat berupa rumput laut cair (kelp), kompos, atau pupuk teh.

Setelah berumur 2 tahun lebih dapat diberi pupuk kandang untuk mempercepat pembuahan. Pada masa ini hindari pupuk yang kandungan nitrogennya tinggi karena hanya akan mendorong produksi daun hingga berlebih dan mengorbankan buah.

Baca juga : Anda punya tanaman buah Tin? Ingin membuahkan dengan lebat? Pakai Pupuk Super Khusus Tin. Klik disini.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Tin Murah online di kota kabupaten 8

Siangi secara rutin tanah di sekitar tanaman agar terbebas dari tanaman pengganggu. Gunakan sekop agar tidak sampai mengganggu akar tanaman. Apabila pohon menunjukkan gejala terserang penyakit dengan gejala daunnya menguning, kering, dan berguguran, segera pangkas bagian-bagian yang terkena penyakit. Jika dibiarkan, penyakit tersebut akan menyebar hingga seluruh daun mati dan berguguran.

Selain ancaman penyakit, buah tin juga rawan diserang hama pengerek. Hama ini menyerang batang pohon tin, membuatnya keropos lalu mudah patah. Cara mengatasinya adalah dengan mennyuntikkan obat tanaman pada batang yang diserang.

 

Penanaman buah tin di dalam pot

Telah disebutkan sebelumnya bahwa buah tin yang dibibitkan secara stek atau cangkok akan mendapat hasil yang optimal jika ditanam dalam pot. Ukuran pot yang dimaksud adalah berdiameter 50 cm dengan tinggi 60 cm, terbuat dari tanah liat.

Pot tanah liat dapat menjaga kelembapan tanah lebih baik daripada pot-pot berbahan lain. Pastikan bagian bawah pot berlubang sebagai jalan air agar tidak menggenang di dalam pot. Masukkan pecahan genting atau batu di dasar pot sebelum dimasuki media tanam.

Baca juga : Ingin menanam tanaman buah dalam pot? SamudraPlanter Bag bisa jadi pilihan yang tepat

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Tin Murah online di kota kabupaten 4

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Tin Ungu super Langka Murah online di kota kabupaten

Media tanam dapat berupa campuran tanah, sekam, dan sabut kelapa (cocopeat) dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau hanya campuran tanah dan sekam atau campuran dari tanah, cocopeat, kotoran kambing, dan sekam mentah dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1.

Isi pot dengan tanah hingga 1/3 bagian pot. Masukkan bibit, letakkan di tengah dalam posisi tegak, kemudian timbun dengan media tanam yang telah disiapkan. Padatkan media tanam di sekeliling tanaman. Sirami hingga meresap ke bagian bawah pot.

Selama masa awal pertumbuhan, tambahkan nutrisi pembantu berupa perangsang akar dan batang. Ketika cuaca lembap dan berembun atau pada masa musim hujan, sementara tanaman belum melewati usia tiga tahun, pindahkan pot ke tempat yang teduh untuk melindunginya dari kelembapan yang berlebih. Di musim kemarau, keluarkan lagi pot di tempat yang dibanjiri sinar matahari.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Tin Murah online di kota kabupaten 4.1

Campuran Media Tanam

Panen buah tin

Proses penyerbukan pada buah tin terjadi dengan bantuan serangga. Tanaman buah tin yang berasal dari bibit hasil stek atau cangkok dapat dipanen pada usia 4 – 5 tahun. Tanaman yang siap dipanen batangnya sedikit terkulai. Buahnya terbelah sedikit dan mata di dasar buah membentuk bukaan kecil yang menguarkan bau manis.

Petik buahnya dari batang, caranya putar tarik dengan lembut sampai terlepas. Ambil buah saat hampir matang, kemudian biarkan matang pada suhu kamar.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Tin Murah online di kota kabupaten 9

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Tin Langka Murah online di kota kabupaten 10

 

 

 

 

 

 

Panen terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan akhir musim kemarau. Harga buah tin masih tergolong tinggi, 100 gr buah tin kering dijuak dengan harga Rp50.000,00. Umumnya buah tin yang ada di pasaran adalah buah impor karena belum banyak yang membudidayakan tanaman ini di Indonesia.

Harga jual bibitnya pun masih tinggi. Selain belum banyak yang membudidayakan, buah tin juga mudah rusak. Buah segarnya sebaiknya segera dikonsumsi dalam beberapa hari setelah dipanen. Atau untuk jangka waktu lebih lama, simpan di lemari es dengan catatan jangan dicuci sampai siap dimakan.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Tin Murah online di kota kabupaten 10

Demikian beberapa tips menanam dan merawat buah tin agar cepat berbuah, baik di pekarangan ataupun di dalam pot. Sepintas memang terlihat agak rumit. Tetapi dengan kesabaran dan pantang menyerah, Anda pasti akan berhasil menanam buah tin dengan kualitas yang memuaskan. Selamat mencoba.

Untuk mendapatkan bibit buah tin yang baik, Anda dapat menghubungi kami di situs www.samudrabibit.com. Saat ini kami menyediakan dua macam bibit buah tin, yaitu tin green jordan dan tin purple jordan.

Selain bibit buah tin yang berkualitas dengan harga relatif murah, kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman unggulan lainnya secara grosir maupun secara online.

Jika Anda ingin memastikan sendiri kualitas bibit yang kami jual, silakan mengunjungi kebun pembibitan kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman buah tin kami.

Incoming search terms:

  • car taman buah tin di pot
  • Cara mengobati pohon buah tin yg keropos
  • cara stek pohon buah tin
  • tif agar buah tin green yordan berbuah bagus

Produk terbaru

Rp 150.000 200.000
Rp 150.000 200.000
Rp 150.000 200.000
Rp 100.000 150.000
Rp 100.000 150.000
Rp 100.000 200.000
Rp 150.000 300.000

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman