( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Menanam dan Merawat Delima Merah agar Cepat Berbuah

Friday, August 10th 2018.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Delima Merah Murah online di kota kabupaten 1 

Delima merah (Punica granatum) adalah satu dari tiga jenis tanaman delima yang dibudidayakan. Tanaman yang aslinya berasal dari Timur Tengah ini belakangan sedang naik daun setelah diketahui manfaatnya yang melimpah untuk kesehatan.

Bentuk buahnya mirip buah tin dengan ukuran lebih besar. Rasanya nikmat, manis gurih, aromanya khas. Oleh karena bentuk pohonnya yang menarik, ukurannya kerdil, dan warna buahnya terang, banyak yang menjadikannya sebagai tanaman hias di taman atau dalam pot.

Delima alami tumbuh dalam bentuk semak dan memiliki pengisap pada batangnya sehingga bagus juga dijadikan pagar atau dinding hidup. Berikut tips dan trik menanam dan merawat delima merah agar cepat berbuah dengan kualitas baik.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Delima Merah Murah online di kota kabupaten 2

Karakteristik tanaman delima merah dan lingkungan pendukungnya

Iklim yang ideal bagi delima merah adalah zona 7 – 12 dengan musim dingin atau basah pendek dan ringan serta tingkat kelembapannya rendah. Tumbuh paling baik di tanah liat dengan drainase yang baik. Dapat pula ditanam di dalam rumah kaca dengan suhu 68 derajat Fahrenheit atau 20 derajat Celcius.

Jika ditanam di dalam pot, ketika cuaca dingin atau sedang hujan pohon delima merah dapat dipindahkan ke dalam rumah agar terlindungi dari kelembapan yang berlebih. Tidak seperti jenis delima lain yang tidak bisa hidup di bawah sinar matahari langsung, delima merah justru menghendaki sinar matahari penuh sepanjang hari karena kandungan zatnya berbeda dengan jenis-jenis delima yang lain.

Lahan tanam untuk delima merah hendaknya mendapat sinar matahari penuh sejauh 20 kaki keliling tanaman ini agar tumbuh leluasa. Setelah dewasa, tinggi tanaman ini tidak lebih dari 2,5 meter.

Oleh karena kebutuhan air tanaman delima merah relatif rendah, tanaman ini mampu bertahan dalam kondisi kering selama beberapa tahun walaupun produktivitasnya jadi berkurang.

Justru jika terlalu banyak air, atau penyiraman tidak merata, penyiraman berlebih, hujan yang tidak teratur di musim panas/kemarau, cuaca panas yang ekstrem, dan kelembapan tinggi dapat menyebabkan keretakan buah, penurunan produksi, dan masalah-masalah lainnya.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Delima Merah Murah online di kota kabupaten 10

Pembibitan delima merah

Bibit tanaman delima merah diperoleh dari biji, cangkok atau stek batang, dan tunas. Cara pembibitan yang paling mudah adalah pembibitan dari biji, namun berisiko terjadinya perubahan sifat pada tanaman yang dihasilkan dan lama baru berbuah, yaitu sekitar 3 – 4 tahun. Dengan cara dicangkok, tanaman akan lebih cepat berbuah dan kualitasnya tetap terjaga.

Cara pembibitan dengan biji sebagai berikut. Ambil buah delima merah yang sudah sangat tua, belah, keluarkan bijinya. Jemur selama 1 hati di bawah terik matahari, lalu angkat. Letakkan di tempat teduh. Biarkan satu malam sebelum disemaikan.

Setelah semalaman diistirahatkan, rendam dalam air hangat selama 4 jam, airnya jangan terlalu panas. Tiriskan, setelah airnya tidak menetes lagi semaikan biji di lahan atau media tanam yang telah disiapkan. Sirami tiap pagi dan sore hari sampai bibit tumbuh dan siap dipindah ke lahan permanen. Cara kedua lebih sederhana dan mudah.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-delima-merah-unggul-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten

Ambil beberapa biji delima merah dan bilas dengan air dingin. Gosok dengan handuk kertas atau tisu untuk mengeluarkan pulpa. Biarkan pulpa mengering selama beberapa hari agar tidak membusuk. Tanam benih sedalam ¼ inci di dalam pot kecil atau polybag.

Letakkan di dekat jendela yang cerah dan hangat, jaga agar tanah tetap lembap. Akar kecambah akan muncul dalam 1 – 6 minggu. Jika hawa dingin, tutupi pot dengan kantong plastik yang dipasang longgar sampai biji tumbuh. Ketika cuaca hangat, keluarkan bibit untuk beradaptasi dengan cuaca.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Delima Merah Murah online di kota kabupaten 11

Cara pembibitan dengan cangkok atau stek batang sebagai berikut. Potong batang delima merah indukan sepanjang 8 – 10 inci atau 25 cm. Oleskan hormon pertumbuhan akar pada batang bagian bawah untuk membantu proses pertumbuhan. Tancapkan dalam media tanam yang telah dikeringkan dengan baik.

Proses cangkok atau stek batang ini sebaiknya dilakukan pada bulan Februari atau Maret ketika tanaman delima sedang tidak aktif tumbuh (masa dormant). Pada suhu 20 derajat celcius dengan kelembapan tinggi, akar akan mudah dan cepat tumbuh.

 Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 12

Persiapan lahan tanam

Pohon delima merah menyukai tanah liat atau tanah gembur yang subur, kaya kandungan organik, permeabel, mengandung alkali dan sedikit asam, serta tidak tergenang air. Jika halaman rumah Anda tidak terkena sinar matahari secara konstan, pilih lahan di tempat yang paling terang atau paling banyak terkena sinar.

Di samping itu, karena tanaman ini merupakan tanaman iklim panas dan kering, sebaiknya pilih lokasi penanaman yang terlindung dari angin kencang. Untuk mempersiapkan lahan tanam, pertama-tama siangi tanah dari tanaman pengganggu. Selanjutnya, gemburkan tanah lalu gali lubang dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm. Isi lubang dengan pupuk kandang hingga 2/3 bagian.

Jika menanam lebih dari satu bibit maka jarak antar lubang yang ideal adalah 5 m. Diamkan lubang selama 3 minggu sambil menunggu bibit siap dipindahkan.

 Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Delima Merah Murah online di kota kabupaten 8

Penanaman delima merah

Bibit delima merah sudah siap ditanam jika tingginya mencapai 20 cm. Penanaman sebaiknya dilakukan menjelang akhir musim hujan atau sekitar bulan Maret. Tanam bibit berikut tanah semainya. Cabut dari tempat persemaiannya dengan pisau agar tanah semai di sekitar akar tidak pecah. Potong pucuk yang ada di bagian samping dan pangkas cabang literal agar terbentuk cabang tunggal. Jika menanam bibit dari biji, bersihkan 2,5 cm ujung bola akarnya dari media tanam yang berlebih.

Jika menanam bibit dari cangkok, tanam secara vertikal hingga ujung dahan yang dipotong berada 12,7 – 15,2 cm di atas tanah dengan tunas dormant menghadap ke atas. Timbun kembali lubang hingga penuh dengan sisa tanah galian. Padatkan agar tanaman dapat berdiri dengan kokoh.

Sirami bibit segera setelah ditanam untuk membantu penyesuaian dengan lahan yang baru. Selanjutnya, sirami secara rutin setiap beberapa hari sekali sampai daun tumbuh. Sesudahnya, ganti jadwal penyiraman menjadi tiap 7 – 10 hari sekali secara bertahap.

 Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Delima Merah Murah online di kota kabupaten 7

Perawatan tanaman delima merah

Pada masa awal pertumbuhan, kebutuhan air delima merah cukup tinggi. Sirami secara teratur untuk menjaga kelembapan tanah, tetapi tidak berlebihan hingga sangat basah atau tergenang. Penyiraman rutin ini dilakukan selama dua bulan.

Pada dua minggu pertama, beri cairan 888 sesuai instruksi pabrik. Mulai umur 6 bulan beri pupuk lanjutan pada akhir musim kemarau berupa pupuk kandang atau kompos. Akan tetapi, berhati-hatilah dalam pemberian pupuk kandang atau kompos ini karena jenis pupuk ini merangsang pertumbuhan daun, sementara bunga menjadi sedikit.

Atau lebih aman menggunakan pupuk amonium sulfat yang memang lebih cocok untuk delima. Taburkan sebanyak 78 gr tiga kali sepanjang tahun pertama pertumbuhan. Waktu pemberian yang ideal adalah bulan Februari, Mei, dan September.

Baca juga :

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Delima Merah Murah online di kota kabupaten 3

Siangi area tumbuh delima merah secara teratur atau beri mulsa organik (sisa-sisa tanaman yang mudah terurai seperti jerami dan alang-alang) di sekitar pohon untuk mencegah tumbuhnya rumput liar dan menjaga kelembapan tanah.

Saat tanaman berumur 1 tahun, pilih 5 – 6 batang untuk dipelihara dan sisanya dipangkas. Jangan pangkas semua cabang di tahun yang sama, lakukan secara bertahap. Batang pengisap yang tidak ingin dikembangkan menjadi batang pokok sebaiknya dibuang. Pemangkasan dilakukan menggunakan gunting kebun atau alat pemangkas tanaman. Bersihkan juga bagian-bagian yang mati atau rusak untuk membantu pertumbuhan.

 Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Delima Merah Murah online di kota kabupaten 5

Penanaman bibit delima merah di dalam pot

Menanam delima merah di dalam pot lebih praktis karena tanaman dapat dipindahkan sewaktu-waktu diperlukan. Apabila Anda memilih menanam delima merah di dalam pot, pilih pot yang berukuran besar atau sedang. Untuk pot berukuran besar, isi dengan campuran tanah gembur dan pupuk kandang.

Jika pilihan Anda adalah pot berukuran sedang, isi dengan media tanam berupa campuran pasir, kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Tambahkan pupuk NPK dan 2 kg tepung arang. Sirami dengan air bersih yang sudah dicampuri zat kimia. Adapun langkah-langkah penanaman selanjutnya tidak berbeda dengan cara penanaman di pekarangan atau di taman.

Oleh karena tanah di dalam pot sering kekurangan zink yang ditandai dengan daun yang menguning, semprotkan larutan zink encer pada daun. Delima merah yang ditanam dalam pot harus lebih sering dipangkas dan dibentuk untuk menjaga ukurannya tetap sesuai dengan keinginan.

Baca juga :

 Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Delima Merah Murah online di kota kabupaten 4

Pemberantasan hama dan penyakit

Hama utama tanaman delima merah adalah lalat buah, lalat putih, dan kupu-kupu delima. Lalat buah dapat diatasi dengan membungkus buah pada saat mulai tumbuh besar. Untuk lalat putih atau kutu daun dapat diatasi dengan penyemprotan insektisida antikutu.

Kupu-kupu delima sendiri sebenarnya tidak mengganggu, tetapi karena kupu-kupu ini meletakkan telurnya di sela-sela bunga delima sehingga nantinya larvanya akan hidup di dalam buah delima, maka serangga ini pun perlu dibasmi.

Larva kupu-kupu delima ini dikenal juga dengan sebutan ulat penggerek buah. Cara mengatasinya dengan menyemprotkan antikupu-kupu untuk menghilangkan larva dari pohon.

Penyakit pada tanaman delima merah terjadi karena dua hal. Pertama, kurangnya kelembapan menyebabkan buah retak. Kedua, kelembapan yang berlebihan menimbulkan jamur. Ada tiga macam jamur yang biasanya menyerang delima merah.

Jamur alternaria dan aspergillus menyebabkan buah busuk dari dalam, munculnya setelah hujan lebat pada masa pembuahan. Jamur boytrytis menyerang bunga, berhibernasi selama masa pembuahan dan aktif pada masa panen. Satu lagi penyakit yang sering menyerang delima merah adalah spot buah cercospora yang menyebabkan bintik hitam pada buah dan ranting, menyebabkan defoliasi, lalu pohon perlahan akan mati.

Atasi penyakit-penyakit ini dengan fungsisida dan perampasan daun, bunga, ranting, serta buah yang sakit.

 Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Delima Merah Murah online di kota kabupaten 12

Pemanenan

Delima merah berbuah enam bulan sekali. Dalam masa pematangan, buah rentan mengalami keretakan. Jika belum matang benar, kualitas buah rendah. Sebelum pangkal buah berubah menjadi kuning, jangan dipanen dahulu. Buah yang siap dipanen warnanya matang dan terasa berat.

Buah akan terbelah sendiri jika dibiarkan di pohon atau terjadi hujan di masa panen. Potong buah dari tangkainya dengan gunting pemangkas, jangan ditarik dari dahan. Setelah dipetik, simpan di tempat yang sejuk atau di lemari pendingin. Di tempat sejuk buah akan tahan sampai beberapa minggu, sementara di lemari pendingin dapat bertahan sampai 3 bulan.

 Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Delima Merah Murah online di kota kabupaten 14

Khasiat buah delima merah

Kandungan berbagai zat yang baik dalam buah delima merah menjadikan buah ini sekarang banyak dicari. Biasanya buah delima merah diolah menjadi sirup, jeli, atau jus. Bila dibekukan, hasil olahan delima merah dapat bertahan sampai 6 bulan.

Adapun kandungan baik tersebut meliputi punicalagin yang baik untuk kesehatan jantung dan antioksidan sebagai pencegah kanker. Berbagai vitamin, mineral, asam folat, dan zat antiinflamasi yang dikandung buah delima merah sangat baik untuk perawatan prenatal.

 Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Delima Merah Murah online di kota kabupaten 13

Demikian tips menanam dan merawat delima merah agar cepat berbuah, baik di lahan pekarangan, di taman, ataupun di dalam pot. Dengan kesabaran dan pantang menyerah, Anda pasti akan berhasil menanam delima merah dengan kualitas yang memuaskan. Selamat mencoba.

Untuk mendapatkan bibit delima merah yang baik, Anda dapat menghubungi kami di situs www.samudrabibit.com. Selain bibit delima merah yang berkualitas dengan harga murah, kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman unggulan lainnya secara grosir maupun secara online.

Jika Anda ingin memastikan sendiri kualitas bibit yang kami jual, silakan mengunjungi kebun pembibitan kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman delima merah kami.

Produk terbaru

Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Sawo Jumbo
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Mahkota Dewa
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Jamblang
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Sawo Mentimun
Harga Rp 100.000 200.000
Anda HematRp 100.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 200.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Ajaib (Miracle Fruit)
Harga Rp 200.000 250.000
Anda HematRp 50.000 (20.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Kelapa Kopyor
Harga Rp 150.000 300.000
Anda HematRp 150.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Kedondong
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Mangga Kiojay
Harga Rp 150.000 300.000
Anda HematRp 150.000 (50.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman