( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Menanam dan Merawat Jambu Air Madu Deli Hijau di dalam Pot

Monday, October 22nd 2018.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah jambu air madu deli hijau Langka Murah online di kota kabupaten

Jambu air adalah salah satu jenis buah yang banyak digemari karena kesegarannya. Sifatnya yang mengandung banyak air dan kadar vitamin C-nya yang tinggi membuat para penggemar jambu tidak hanya mendapatkan rasa buah yang enak, tetapi juga khasiat yang sangat baik untuk kesehatan.

Salah satu produk jambu unggulan Nusantara adalah Jambu Air Madu Deli Hijau atau dikenal juga dengan sebutan Taiwan Super Green. Mengapa disebut Taiwan Super Green? Karena bibit tanaman ini menurut sejarahnya memang berasal dari Taiwan.

Lalu mengapa disebut Jambu Air Madu Deli Hijau? Karena tanaman jambu air ini memiliki rasa manis yang luar biasa seperti madu, warnanya hijau segar ketika sudah matang, dan sukses dibudidayakan di Deli, Sumatra Utara, sebagai sentranya.

Seperti apakah keistimewaan jambu air yang satu ini? Pertama, tanaman ini tahan hama. Jika dipelihara dengan baik dapat menghasilkan jambu air madu dengan ukuran cukup besar, yaitu sekitar 200 – 300 gram per buah. Buah yang benar-benar matang memiliki warna kulit hijau mengilap dengan rasa manis renyah.

Keistimewaannya, buah ini tidak berbiji. Rasa manisnya ini akan lebih luar biasa lagi apabila ditanam di dalam pot. Selain itu, tanaman ini termasuk jenis tanaman buah yang supergenjah, tidak mengenal musim, dan sangat produktif.

Menanam dan Merawat Jambu Air Madu Deli Hijau di dalam Pot5

Dalam usia satu tahun saja tanaman ini dapat mencapai masa produktifnya dengan panen raya sampai 3 kali dalam satu tahun sehingga total buah yang diproduksi dapat mencapai sekitar 30 kg per pohon per tahun. Tentu saja untuk mendapatkan keistimewaan dari tanaman ini Anda harus memeliharanya dengan cermat dan telaten.

Apakah Anda harus memiliki lahan yang luas untuk dapat menikmati keistimewaan jambu air madu deli hijau?

Telah disinggung di atas, bahwa tanaman ini akan menghasilkan buah dengan rasa yang lebih manis apabila ditanam di dalam pot dibandingkan ditanam langsung di tanah atau lahan perkebunan. Artinya, tentu saja Anda dapat menanam tanaman ini di dalam pot, bahkan akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Jadi, tidak perlu khawatir apabila lahan yang Anda miliki sempit. Ikuti saja langkah-langkah berikut untuk mendapatkan tanaman jambu air deli hijau yang produktif dan berbuah maksimal.

 

Karakterisitik tanaman jambu air deli hijau

Ciri fisik tanaman ini adalah daun dewasanya lebar-lebar, besar, berwarna hijau tidak terlalu tua. Ranting mudanya berwarna hijau muda. Dapat tumbuh tinggi hingga lebih dari 5 meter jika tidak dilakukan pemangkasan secara rutin.

Menanam dan Merawat Jambu Air Madu Deli Hijau di dalam Pot

Tanaman ini merupakan tanaman tropis yang tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi selama mendapatkan sinar matahari sepanjang hari. Menyukai tanah yang gembur dengan tingkat keasaman yang tidak terlalu tinggi. Membutuhkan kelembapan tetapi tidak dapat tumbuh baik bila di sekitar akarnya terdapat air yang menggenang.

 

Pemilihan bibit

Oleh karena tidak berbiji, tentu akan sulit membiakkan tanaman ini secara generatif. Stek/cangkok/okulasi dari induk yang baik merupakan cara pengembangbiakkan yang tepat untuk mendapatkan tanaman jambu air madu deli hijau yang baik.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah jambu air madu deli hijau unggul Langka Murah online di kota kabupaten

Ciri-ciri bibit yang baik tentu saja tampak sehat dan subur, tidak berpenyakit, perakarannya bagus, batang kokoh, serta daunnya rimbun dan segar. Ukuran ideal bibit ketika hendak ditanam antara 50 – 60 cm.

 

Penanaman

Sekalipun ketinggiannya dapat diatur dengan pemangkasan teratur, tanaman ini tetap memerlukan tempat tumbuh yang cukup leluasa untuk pertumbuhan perakaran dan penunjang yang kokoh agar dapat tetap berdiri tegak. Gunakanlah pot berdiameter 60 – 70 cm dengan bahan yang cukup kuat dan tahan lama. Pot yang paling ideal untuk tanaman buah biasanya adalah yang terbuat dari drum bekas.

Media tanam terdiri atas campuran tanah dan humus atau campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam segar. Tanah sebaiknya bersifat remah, tidak mudah padat, dan tidak bersifat liat karena tanah liat mudah merekah jika terlambat disiram. Jika tanah memenuhi syarat, maka perbandingan antara tanah, pupuk kandang, dan sekam segar ini 2 : 1 : 1.

Menanam dan Merawat Jambu Air Madu Deli Hijau di dalam Pot 1

Campuran Media Tanam

Akan tetapi, jika terpaksa sekali menggunakan tanah liat, maka perbandingannya menjadi 1 : 1 : 1 ditambah catatan untuk jangan sampai terlambat menyiram. Pupuk kandang yang digunakan adalah campuran kotoran sapi dan kambing dengan perbandingan 1 : 1 yang digiling hingga homogen.

Gunakan pupuk kandang yang sudah matang atau terfermentasi dengan baik. Adapun pencampuran sekam segar bertujuan untuk menjaga agar tanah tidak mudah memadat.

Gunakan sekam segar, bukan sekam bakar, karena proses pembakaran merusak kandungan vitamin B1 dalam sekam yang berguna untuk mencegah tanaman stress dan membantu proses pembungaan.

 

Perawatan rutin

Jambu air madu deli hijau suka tanah yang lembap tetapi jangan sampai tergenang. Oleh karena itu, pasca penanamannya di pot, jika tanah yang digunakan sudah ideal, penyiraman cukup dilakukan satu kali sejari. Apabila tanah yang digunakan bersifat liat dapat disirami 2 kali sehari pagi dan sore hari.

Begitu pula apabila cuaca panas atau sedang musim kemarau, frekuensi penyiraman dapat ditambah sesuai kebutuhan untuk menjaga agar tanah jangan sampai kekeringan.

Agar tanaman tumbuh optimal dan hasilnya memuaskan diperlukan pemupukan lanjutan. Pemupukan dimulai satu bulan setelah pemindahan bibit ke dalam pot. Selanjutnya diulang setiap bulan sekali. Perhatikan agar pupuk tidak sampai mengenai pangkal batang. Gunakan pupuk organik atau pupuk kandang yang dicampur dengan NPK daun. Dapat juga menggunakan pupuk guano dengan dosis 1 – 2 genggam setiap pemberian pupuk. Penggunaan guano dapat membuat tanaman berbuah nonstop sepanjang tahun.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Pupuk Organik Samudra Pupuk Bibit Jambu Murah Online Di Kota Kabupaten (5)

Jika menggunakan pupuk organik, perhatikan ada dua macam pupuk organik untuk tiap periode yang berbeda, yaitu pupuk organik vegetatif yang digunakan untuk mempercepat proses pertumbuhan dan pupuk organik generatif yang digunakan untuk mempercepat proses pembungaan dan pembuahan.

Setelah tanaman memasuki usia 4 bulan sejak pemindahan ke dalam pot, lakukan pemangkasan rutin yang bertujuan membentuk tajuk/cabang dan menjaga agar pohon tidak terlalu tinggi. Pembentukan tajuk/cabang mengikuti pola 1 – 3 – 7 – 13, yaitu 1 batang utama, 3 cabang primer, 7 cabang sekunder, dan 13 cabang tersier. Selanjutnya ulangi pemangkasan setiap 3 bulan sekali untuk penyeimbang.

 

Fase berbunga dan berbuah

Bibit jambu air madu deli hijau yang bagus sudah akan mulai berbuah 8 – 10 bulan setelah dipindahkan ke pot. Permasalahan yang sering muncul pada masa ini adalah rontoknya bunga sebelum menjadi bakal buah. Masalah ini dapat diatasi dengan selalu mengusahakan kondisi tanah yang lembap,  tidak becek, rutin memberikan pupuk sesuai fasenya (berbunga atau berbuah), dan memberikan hormon buatan jika perlu.

Menanam dan Merawat Jambu Air Madu Deli Hijau di dalam Pot3

Jambu Air Madu Deli Hijau Berbunga

Tanaman ini akan mencapai masa produksi optimalnya pada usia 1,5 tahun yang ditandai munculnya buah di sepanjang batang, bukan di ujung batang. Pada usia ini tanaman jambu air madu deli hijau dapat menghasilkan 10 – 15 kg buah sekali panen. 1 dompol biasanya berisi 20 buah dengan 1 tangkainya rata-rata memiliki 3 calon buah.

Agar buah yang dihasilkan memiliki ukuran yang maksimal dan rasa yang benar-benar manis, lakukan penjarangan bunga dan buah. Penjarangan bunga dilakukan dengan membuang bunga bagian tengah supaya ketika buah mulai besar tidak saling bergesekan.

Adapun penjarangan buah dilakukan dengan menyisakan 1 saja dari 3 calon buah di tiap tangkai, pilih yang bentuknya baik dan bebas penyakit. Dari penjarangan ini nantinya tiap dompol hanya akan terdiri dari 5 – 7 buah saja. Penjarangan ini juga bertujuan mencegah patahnya ranting dan batang akibat terlalu berat menahan beban.

Supaya buah terhindar dari serangan lalat buah, pada usia 14 – 15 hari setelah bunga menjadi buah lakukan pembungkusan menggunakan plastik putih transparan yang sudah diberi lapisan koran di dalamnya atau menggunakan kelambu khusus pembungkus buah.

Menanam dan Merawat Jambu Air Madu Deli Hijau di dalam Pot2

Ketika buah mencapai kematangan 60% sudah layak petik, ditandai dengan terbuka/mekarnya cuping buah dan rontoknya bulu-bulu putik. Buah mencapai kematangan sempurna jika bentuknya sudah terlihat penuh dan tangkai putik sudah mengering. Tepatnya sekitar 2,5 bulan setelah bunga berubah menjadi buah atau 105 hari sejak pembungaan. Inilah waktu yang ideal untuk memanen buah jambu air madu deli hijau.

 

Pascapanen

Walaupun tanaman ini pada dasarnya memiliki produktivitas yang tinggi dan cepat berbuah, akan tetapi ada kalanya tanaman tiba-tiba ‘ngambek’ berbuah. Untuk mencegahnya, pascapanen berikan lagi pupuk kandang atau organik yang diberi campuran NPK berkadar rendah.

Lebih baik lagi apabila ditambah dengan KCl atau KNO3 agar bunga tidak rontok. 14 hari setelah panen, pangkas cabang-cabang dan ranting untuk merangsang munculnya calon bunga yang baru. Bunga akan muncul kurang lebih satu bulan setelah tindakan pemangasan ini.

Menanam dan Merawat Jambu Air Madu Deli Hijau di dalam Pot4

Demikianlah langkah-langkah menanam dan merawat jambu air madu deli hijau atau taiwan super green di dalam pot. Semoga dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memperoleh tanaman jambu air madu deli hijau yang hasilnya memuaskan.

Bibit jambu air madu deli hijau yang berkualitas dapat Anda peroleh di kebun pembibitan kami. Silakan hubungi kami di situs www.samudrabibit.com. Kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman jambu air lainnya, seperti jambu air nasi, jambu air bojong leang, jambu air bol jamaika, jambu air susu, dan jambu air citra.

Anda dapat membeli bibit secara satuan atau grosir. Kami juga melayani pembelian secara online.

Anda juga dapat mengunjungi kebun pembibitan kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman jambu air kami.

Produk terbaru

Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Rambutan Binjai
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPestisida Organik Ramah Lingkungan GigaGreen
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Mahkota Dewa
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Jamblang
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Sawo Mentimun
Harga Rp 100.000 200.000
Anda HematRp 100.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Kedondong
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Nanas Madu
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHormon Pertumbuhan Tanaman GigaGrow
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman