( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Menanam dan Merawat Jeruk Kingkit

Saturday, November 10th 2018.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Kingkit-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-5

Jika Anda adalah seorang pemerhati tanaman jeruk, tentu Anda tahu ada banyak sekali jenis jeruk. Akan tetapi, yang akan kita bahas kali ini sebenarnya bukanlah tanaman jeruk meskipun disebut jeruk. Namanya jeruk kingkit (Triphasia trifolia) atau lime berry.

Di Indonesia, tanaman ini memiliki banyak sebutan, ada yang menyebutnya jeruk ranti, limau kiah, limau kunci, kalijage, kingkip, jeruk rante, lemo-lemo, dan joji koyo. Tanaman ini aslinya berasal dari daratan Semenanjung Malaya (Malaysia) kemudian menyebar ke seluruh wilayah daratan di sekitar Samudra Pasifik.

Sebenarnya tanaman ini bukanlah jeruk, melainkan jenis tanaman perdu yang masih berkerabat dengan jeruk-jerukan. Buahnya sendiri jarang dinikmati sebagai buah semata, melainkan sebagai obat herbal.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Kingkit-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-9

Meskipun demikian, bukan berarti tanaman ini sepi peminat. Selain karena khasiatnya sebagai tanaman obat, keunikan tanaman ini membuat banyak orang tertarik untuk memiliki. Pohonnya kecil, mudah tumbuh, mudah beradaptasi, dan mudah dibentuk.

Daunnya kecil-kecil tebal dan buahnya mungil dengan warna merah mencolok membuat tanaman ini sangat menarik untuk dijadikan tanaman hias. Kebanyakan memeliharanya menjadi tanaman bonsai. Belakangan tanaman jeruk kingkit juga menjadi tanaman hiasan yang prestisius pada perayaan Imlek.

Tertarikkah Anda untuk memiliki tanaman yang unik ini? Berikut cara-cara menanam dan merawat tanaman jeruk kingkit agar tumbuh dengan baik dan memuaskan.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Kingkit-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-3 (1)

Karakteristik

Jeruk kingkit adalah jenis tanaman perdu dengan ketinggian maksimal 3 meter. Batang tegak lemah dengan percabangan yang banyak dan ujung ranting membelok ke sana kemari. Daun majemuk berjari tiga, bentuknya bulat kecil dan tebal, berwarna hijau tua mengilat, anak daunnya berbentuk oval dengan ujung menekuk ke dalam, dan di ketiak daun terdapat duri.

Bunga berwarna putih dengan mahkota 3 helai, berukuran kecil (10 – 13 mm), tumbuh berkumpul di ketiak daun. Bunga-bunga ini muncul beberapa kali dalam sebulan. Wanginya sangat lembut, hanya tercium apabila dihirup dari dekat. Buah muda berwarna hijau tua, setelah matang berubah warna menjadi merah tua.

Diameter buah hanya sekitar 1,5 cm, rasanya manis asam, baunya harum. Termasuk tipe hesperidium dan dapat dimakan. Dagingnya berupa cairan yang lengket.

Habitat jeruk kingkit adalah daerah dataran rendah dengan ketinggian 1 – 500 mdpl. Iklim yang cocok sebagai tempat tumbuhnya adalah daerah berhawa panas dengan paparan sinar matahari penuh sepanjang hari. Jeruk kingkit lebih menyukai tanah liat atau lempung dengan kandungan kompos dan pasir yang banyak, pH tanah sekitar 5 – 6. Tanaman ini intoleran terhadap air, jadi tidak suka media tanam yang terlalu basah.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Kingkit-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten

Pembibitan

Ada tiga cara pembibitan jeruk kingkit. Pertama, melalui biji. Biji buah jeruk kingkit yang hendak dijadikan bibit dikeringkan dahulu, kemudian disemai dalam media tanam berupa kompos. Letakkan bibit dalam persemaian di tempat yang mendapat sinar matahari penuh tanpa naungan. Sirami sedikit saja. Setelah tanaman berusia 5 – 6 minggu dan memiliki 4 – 5 helai daun, barulah dapat dipindah ke pot kecil atau polybag.

Cara kedua dengan stek. Bibit stek diambil dari tanaman induk yang batangnya sudah tua. Potong sepanjang kurang lebih 15 cm, tinggalkan 3 – 5 helai daun pada batang, kemudian rendam ke dalam air selama satu hari. Setelah direndam seharian, tanam dalam media berupa campuran tanah, kompos, dan pasir.

Tutup dengan plastik untuk menghindari penguapan agar tunas cepat tumbuh. Setelah tunas tumbuh, yaitu setelah sekitar 4 minggu, lepaskan tutup plastik. Bibit dari stek ini dapat dipindahkan ke pot dengan media baru setelah berumur 4 bulan.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Kingkit-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-10

Cara yang ketiga adalah dengan cangkok. Cara ini sedikit lebih sulit dilakukan pada jeruk kingkit karena kebanyakan batangnya berukuran kecil sehingga ketika proses pengelupasan kulit, batang bisa ikut terpotong. Pilih batang yang telah tua atau berukuran besar dari tanaman induk. Gunakan cocopeat sebagai media tanamnya. Setelah cangkokan berusia 3 bulan, dapat dipindahkan ke pot atau media tanam yang baru.

Dari ketiga cara ini, apabila Anda menghendaki tanaman jeruk kingkit Anda cepat menghasilkan buah, pilihlah bibit yang dikembangkan dengan cara stek/okulasi dan cangkok. Dengan perawatan yang baik, tanaman jeruk kingkit hasil okulasi dan cangkok sudah akan memasuki masa produktif di usia 1 – 2 tahun setelah penanaman.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Kingkit-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-4

Penanaman

Setelah bibit memasuki usia yang cukup untuk dipindahkan ke media tanam baru, siapkan tempat dan media tanam. Umumnya jeruk kingkit dipelihara dalam bentuk bonsai. Artinya, tempat penanaman yang tepat adalah pot. Gunakan pot yang bahannya kuat, memiliki lubang pembuangan air yang cukup. Oleh karena jeruk kingkit bukanlah tanaman pohon yang besar, pilihan pot dengan diameter 40 – 50 cm sudah cukup. Untuk bonsai, Anda juga dapat menggunakan pot kecil dengan diameter 20 – 30cm.

Campurkan tanah kebun, pupuk kandang kering, dan sekam bakar sebagai media tanam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Penggunaan tanah kebun berfungsi sebagai pengikat media dan air. Sesuaikan jenis tanah yang digunakan dengan sifat tanah yang disukai tanaman jeruk kingkit agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. Sekam bakar akan membuat media tanam cukup porous. Adapun pupuk kandang berfungsi sebagai penyedia nutrisi organik atau kompos.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Kingkit-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-7

Perawatan

Jeruk kingkit tidak terlalu menyukai air, sehingga untuk penyiraman cukup satu kali sehari dengan air secukupnya. Apabila cuaca sangat panas dan media tanam terlihat kering, bolehlah ditambah menjadi dua kali sehari. Pemupukan dilakukan sebulan sekali dengan pupuk kandang yang ditaburkan langsung di atas media tanam atau pupuk organik dengan takaran sesuai anjuran.

Pemangkasan pada jeruk kingkit memiliki dua tujuan. Tujuan pertama untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah. Untuk tujuan ini, potonglah ujung batang yang sudah tua. Tujuan kedua adalah untuk membentuk tanaman menjadi bonsai. Untuk tujuan ini memerlukan teknik pemangkasan khusus dan juga pemeliharaan akar.

Beberapa masalah mungkin akan muncul dalam pemeliharaan jeruk kingkit. Masalah yang paling umum adalah serangan hama dan penyakit. Hama utama jeruk kingkit adalah belalang hijau. Adapun penyakit pada tanaman ini biasanya adalah daun yang menguning diikuti matinya ranting.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Kingkit-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-6

Penyebabnya, antara lain, media tanam sudah tidak subur. Ganti media tanam dan beri pupuk kandang jika akar sudah penuh. Penyebab lain adalah serangan rayap pada akar dan batang tanaman dan serangan ulat. Daun jeruk kingkit merupakan media yang sangat disukai kupu-kupu sebagai tempat bertelur.

Apabila Anda menanam jeruk kingkit dengan tujuan sebagai tanaman obat, sebaiknya hindari pemberantasan hama dengan pestisida. Usir saja belalang hijau dan kupu-kupu yang tampak hinggap atau gunakan pestisida alami jika serangan hama terlalu besar. Untuk mengatasi rayap, semprot akar dengan air hingga bersih, rendam dalam rootup dan media pasir sebelum ditanam kembali, lalu semprotkan atonik 2 – 3 kali seminggu.

Masalah lain muncul berkaitan dengan proses pembonsaian. Tanaman ini sebenarnya tahan banting, mudah beradaptasi, tunas dan daunnya mudah tumbuh, tetapi membutuhkan waktu yang lama untuk pembesaran batang. Kesulitan lain adalah karakteristik kaki jeruk kingkit yang tidak merata. Untuk membentuk kaki yang baik, liarkan tanaman ini beberapa bulan, lalu potong akar tunjangnya dan tata akar serabutnya agar merata.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Kingkit-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-8

Masalah lain mungkin muncul akibat dari pemotongan cabang/batang. Pohon yang kurang sehat akan kering atau lapuk dari atas terus ke bawah setelah dilakukan pemotongan cabang/batang. Jika tidak segera diatasi, pohon akan membusuk dan mati.

Pelapukan ini terjadi karena kambium yang tidak tertutup dengan baik terkena air dan panas matahari sehingga menjadi tempat tumbuh dari jamur, bakteri, dan pest. Apabila ini terlanjur terjadi, potong batang/cabang sampai batas yang sehat. Kupas kulit pada bagian yang sehat dan bersihkan. Haluskan bekas potongan dengan cutter atau silet.

Oleskan obat antilapuk yang transparan, dapat juga menggunakan campuran belerang, kapur, dan air, atau fungisida, kemudian tutup dengan plastik transparan. Jangan lupa untuk selalu menutup bagian yang luka setiap kali selesai melakukan pemotongan cabang. Anda juga dapat menggunakan lem pipa sebagai penutup luka. Setelah luka bekas pemotongan mengering, lem pipa dapat dilepas kembali.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Kingkit-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-11

Manfaat jeruk kingkit

Selain sebagai tanaman hias, jeruk kingkit memang memiliki banyak manfaat. Fisiknya yang tidak terlalu besar ideal dijadikan tanaman peneduh dan pembatas jalan. Khasiatnya bagi kesehatan juga banyak. Buah jeruk kingkit memiliki kandungan limonene, linalool, coumarin/coumarins, umbeliferone, tripasol, methyl, dihyroxybutyloxy, dan oxobuthyl.

Kandungan-kandungan tersebut menyebabkan jeruk kingkit memiliki manfaat, antara lain, meluruhkan dan mengeluarkan dahak (expektoran) sehingga dapat digunakan sebagai obat batuk kronis, menenangkan pikiran, mengatasi penyakit kulit, antijamur, antiseptik untuk mengatasi infeksi pada luka, menyembuhkan diabetes melitus, menjaga dan merawat kesehatan kuku, mengatasi diare dan masalah pencernaan, dan obat alami penyakit gonorhoe.

Demikian langkah-langkah penanaman dan perawatan jeruk kingkit untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas baik. Untuk mendapatkan bibit jeruk kingkit Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com atau langsung datang ke kebun kami di Perumahan Bumi Saraswati,  Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Selain bibit jeruk kingkit, kami juga menyediakan bibit tanaman jeruk dari berbagai jenis lainnya dan masih banyak lagi pilihan bibit tanaman unggulan lainnya. Selain penjualan secara online, kami juga menyediakan penjualan secara grosir dengan harga terjangkau.

Incoming search terms:

  • bonsai jeruk kingkit
  • bonsai jeruk kingkit berbuah
  • jeruk kingkit 20 tahun
  • jeruk kingkit bonsai
  • pohon bonsay kinkit

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman