( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Menanam dan Merawat Jeruk Lemon Australia di Rumah Agar Cepat Berbuah

Wednesday, November 28th 2018.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-1

Mau masak masakan Barat? Atau ingin membuat infuse water? Anda pasti butuh lemon. Umumnya masakan Barat memang memerlukan lemon sebagai tambahan cita rasa, baik untuk hidangan utama ataupun berbagai jenis kue dan camilan. Khasiat lemon yang tinggi vitamin C-nya juga membuat banyak jenis minuman sehat dibuat dengan bahan dasar lemon. Tetapi, untuk selalu menyediakan lemon di dapur kita agak susah juga. Jeruk lemon belum banyak dibudidayakan di Indonesia sehingga mencarinya di pasar masih jarang.

Di supermarket, jeruk lemon berharga cukup tinggi dan kadang kala sudah tidak segar. Jadi ingin memiliki sendiri tanaman lemon di rumah? Perlu Anda ketahui, ada tiga jenis lemon unggulan yang sudah dikenal di Indonesia. Pertama, tentunya lemon lokal. Ciri-ciri lemon lokal kulitnya berwarna hijau kekuningan, bentuknya lonjong, dan rasanya asam. Kulit lemon lokal lebih tipis dibandingkan jenis-jenis lemon impor.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-5

Kedua jenis yang lain adalah jenis lemon impor, yaitu lemon amerika dan lemon australia. Karakteristik lemon amerika mirip dengan lemon lokal, akan tetapi lebih besar dan kandungan airnya lebih banyak. Adapun lemon australia lebih banyak disukai, terutama untuk pembuatan hidangan penutup karena rasanya yang asam manis segar, aroma kulitnya lebih harum, dan warna kulitnya juga kuning cerah menarik mata. Ukuran buahnya juga besar. Seperti Anda ketahui, banyak hidangan penutup ala Barat yang menggunakan kulit lemon sebagai penambah cita rasa dan penghias makanan.

Meskipun hingga kini keberadaan lemon australia di Indonesia masih diimpor dari negara asalnya, tidak ada salahnya mencoba menanamnya sendiri di rumah. Penanaman dan perawatan jeruk lemon australia terbilang mudah karena cocok dengan iklim dataran rendah di Indonesia yang panas dan mendapat paparan sinar matahari sepanjang hari. Anda dapat menanamnya di pekarangan atau di dalam pot. Berikut langkah-langkah penanaman dan perawatan jeruk lemon australia di rumah agar cepat berbuah.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-3

Karakter dan syarat tumbuh jeruk lemon australia

Jeruk lemon australia termasuk dalam kategori jeruk asam yang lebih mudah dirawat daripada jeruk manis. Sepanjang diberi pupuk dengan baik, kemungkinan gagal sangat jarang. Merupakan tanaman dataran rendah yang tumbuh dengan baik di iklim panas, jeruk lemon australia justru tidak tahan dengan hawa dingin. Memerlukan sinar matahari sepanjang hari (8 – 12 jam sehari) dengan curah hujan yang tidak terlalu tinggi. Jenis tanah yang disukainya adalah tanah gembur dan organik dengan tingkat garam rendah.

Lingkungan tempat hidupnya juga harus bersih dari gulma dan berbagai macam tanaman pengganggu lainnya. Ketinggian maksimal yang dapat dicapai pohon jeruk lemon australia selama masa pertumbuhannya adalah 6 meter.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-1

Pemilihan bibit

Jeruk lemon australia dapat diperbanyak dengan cara generatif ataupun vegetatif. Apabila semua syarat tumbuh terpenuhi, jeruk lemon australia yang diperbanyak secara vegetatif sudah akan menghasilkan buah pada umur 1 – 2 tahun setelah penanaman. Pilih bibit yang bebas hama dan penyakit, cukup umur untuk dipindahtanamkan, batangnya kokoh tidak keriput atau kering, dan daunnya hijau sehat tidak kuning kering. Bibit siap tanam apabila sudah berukuran tinggi 30 – 50 cm atau berusia 4 – 5 bulan.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-7

Penanaman di pekarangan

Pilih lahan yang terbuka agar sinar matahari mencukupi kebutuhan tanaman. Bersihkan lahan dari gulma dan tanaman pengganggu. Gemburkan tanah dengan cangkul, kemudian buat gundukan lubang tanam. Buat parit kecil di sekitar lubang tanam sebagai tempat mengalirnya air yang berlebih agar tidak menggenang di sekitar akar tanaman. Ukuran lubang tanam sendiri disesuaikan dengan ukuran bibit yang akan ditanam, setidaknya sama besar dengan ukuran polybag bibit sehingga bibit dan media tanamnya dapat masuk sekaligus ke dalam lubang tanam.

Baca juga :

Penanaman bibit berikut media pembibitannya akan memudahkan proses adaptasi tanaman dengan lingkungan barunya. Buka polybagnya dengan hati-hati agar media tanam tidak rusak dan perakaran tidak putus. Tutup lubang tanam dengan campuran tanah top soil dan pupuk kandang/kompos dengan komposisi 2 : 1 yang sudah diistirahatkan selama 3 – 6 hari. Waktu penanaman dapat dilakukan kapan saja karena jeruk lemon australia dapat bertahan hidup di segala musim. Setelah lubang tanam kembali ditimbun dan dipadatkan, sirami air secukupnya.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-4

Penanaman di dalam pot atau planter bag

Anda dapat menanam di dalam pot atau planter bag. Pilih pot/planter bag berdiameter 50 cm dengan lubang drainase di bagian bawahnya. Siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang kering, dan sekam kering dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Dapat juga menggunakan campuran tanah top soil dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 2 : 1. Siapkan media tanam ini 3 – 6 hari sebelum penanaman agar campuran tanah sempat diistirahatkan untuk mematikan bakteri di dalamnya.

Taburkan kerikil di dasar pot untuk memudahkan drainase. Apabila menggunakan planter bag, gunakan kasa yang dipotong seukuran dasar planter bag agar ada jarak antara media tanam dengan bagian dasar planter bag sehingga air lebih mudah keluar sementara tanah tidak ikut terkikis. Isikan sebagian media tanam yang sudah disiapkan. Buka polybag bibit dengan hati-hati agar media pembibitan dan perakarannya tidak rusak. Masukkan tegak lurus tepat di tengah pot/planter bag. Timbun kembali dengan sisa media tanam dan padatkan. Sirami secukupnya.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-8

Perawatan jeruk lemon australia

Sebagaimana tanaman lainnya, tanaman jeruk lemon australia tentu memerlukan perawatan untuk mendapatkan hasil terbaik. Perawatan yang rutin dilakukan adalah penyiraman, penyiangan, pembubunan, pemangkasan, dan pemupukan. Penyiraman jeruk lemon australia hingga usia 1 – 2 bulan setelah pemindahtanaman perlu dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari karena usia ini merupakan fase kritis pertumbuhan. Setelah lewat dari 2 bulan, tanaman hanya perlu disirami satu kali sehari pagi atau sore hari atau disesuaikan dengan kondisi kelembapan tanah.

Penyiangan tanaman pengganggu harus rutin dilakukan karena dapat menjadi inang dari berbagai macam hama dan penyakit. Adapun tindakan pembubunan dimaksudkan untuk menjaga kegemburan tanah dan mengembalikan permukaan tanah yang mungkin terkikis akibat penyiraman dengan cara menimbunkan atau menaikkan tanah ke arah batang.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-2

Pemangkasan sebaiknya mulai dilakukan sejak tanaman baru dipindahtanamkan, terutama dilakukan pada cabang dan ranting yang tidak produktif. Misalnya, cabang dan ranting air, yaitu percabangan dan ranting yang tumbuh di bagian tengah batang atau pada batang bawah (di bawah sambungan okulasi/sambung pucuk). Cabang dan ranting seperti ini tidak menghasilkan buah dan justru menghabiskan energi tanaman yang seharusnya digunakan untuk proses pembuahan.

Pangkas secara rutin dan usahakan untuk tidak menunda terlalu lama pemangkasan cabang dan ranting air ini karena jika sudah terlanjur besar akan lebih sulit dan dapat mengganggu pertumbuhan. Kurangi daun dan ranting di bagian lain tanaman pula agar penguapan pascapemindahtanaman tidak terlalu besar. Setelah usia tanaman 2 bulan sejak pemindahtanaman, lakukan pemangkasan bentuk. Pemangkasan bentuk bertujuan tidak hanya untuk memperindah percabangan, tetapi juga menjaga agar energi untuk pebuahan tidak terbuang.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-9

Pangkas cabang yang berdekatan dan tumpang tindih, termasuk cabang air. Beri jarak antarcabang lebih dari 5 cm. Pemangkasan bentuk ini juga bermanfaat untuk mencegah hama dan penyakit yang suka bersarang di tempat rimbun dan lembap, seperti kutu putih, aphids, dan cendawan/jamur. erakhir adalah tindakan pemangkasan pemeliharaan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Pangkas daun yang menguning atau ujung batang untuk merangsang pertumbuhan tunas baru dan bakal bunga.

Baca juga :

Tebang sebagian batang utama untuk meningkatkan jumlah cabang dan pangkas jumlah buah yang terlalu banyak pada musim panen pertama sehingga produktivitas terpelihara dan meningkat dari tahun ke tahun. Pemupukan pada masa awal pertumbuhan diberikan tiga kali, pada umur 1 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun setelah pemindahtanaman. Gunakan NPK daun pada masa awal pertumbuhan ini dengan dosis 5 – 10 gram per tanaman pada umur satu bulan dan 15 – 20 gr per tanaman pada umur 6 dan 12 bulan.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-10

Setelah tanaman berumur satu tahun dan siap berbuah, berikan pupuk yang dapat merangsang pembungaan dan pembuahan, seperti NPK buah dan ZPT. Penggunaan ZPT harus memerhatikan kondisi tanaman, yaitu tanaman jeruk lemon australia Anda berada dalam keadaan sehat, cukup umur, dan siap berbuah. Jika mengabaikan syarat-syarat ini dapat berisiko tanaman justru mati. NPK diberikan melalui akar atau daun.

Pemberian melalui akar berarti membuat lubang melingkar di sekitar batang tanaman seukuran diameter tajuk atau lingkaran pot dengan kedalaman lebih kurang 5 cm. Taburkan NPK ke dalam lubang tersebut, lalu timbun lagi dengan tanah. Sirami agar lebih cepat meresap. Untuk NPK daun, campurkan 2 sdm ke dalam 2 liter air dan semprotkan ke seluruh bagian tanaman yang ada di atas permukaan tanah, terutama daun. Dapat juga diganti dengan pupuk perangsang buah POC dengan dosis 3 tutup botol/15 liter air dan diberikan satu bulan sekali.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-6

Pemanenan

Jeruk lemon australia yang diperbanyak dengan sistem vegetatif sudah dapat diharapkan berbunga dan berbuah pada usia 1 – 2 tahun setelah penanaman di pekarangan atau pot/planter bag. Kadang kala pada tanaman jeruk lemon australia yang diperbanyak dengan cangkok atau stek sudah berbunga pada umur 3 – 5 bulan sejak dipindahtanamkan. Buang saja bunga yang muncul pada masa ini karena hasilnya tidak akan maksimal. Ciri buah lemon yang sudah matang berwarna kuning cerah.

Petik dengan tangan atau menggunakan gunting tanaman ketika buah sudah benar-benar matang karena seperti halnya jenis-jenis jeruk lainnya, jeruk lemon australia akan menghentikan proses pematangannya begitu dipetik. Jadi, apabila dipetik sebelum waktunya, jeruk lemon tidak akan matang sempurna. Usia buah yang ideal untuk dipanen sekitar 30 – 36 minggu sejak berbunga.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-3

Hama dan penyakit jeruk lemon australia

Seperti halnya jenis-jenis jeruk yang lain, jeruk lemon australia juga menghadapi masalah hama dan penyakit yang cukup banyak. Untuk hama, antara lain, kutu loncat (Diaphorina citri), kutu daun (Toxoptera citridus aurantii), ulat peliang daun (Phyllocnistis citrella), tungau (Eriophyes shelldoni Tetranychus sp), penggerek buah (Citripestis sagittiferella), thrips dan aphids, serta kutu putih dan lalat buah.

Adapun penyakit yang biasanya menyerang, antara lain, CVPD, tristeza, woody gall (vein enation), blendok, dan embun tepung. Berbagai jenis hama dan penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga sanitasi lingkungan, penyiangan rutin, drainase yang baik, dan pemangkasan teratur. Apabila langkah-langkah pencegahan sudah dilakukan namun tetap terjadi serangan, berikan insektisida dan fungisida hayati/organik. Khusus lalat buah, Anda dapat memasang jebakan sebagai cara pencegahan.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jeruk-Lemon-Australia-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten

Demikian langkah-langkah penanaman dan perawatan jeruk lemon australia untuk menghasilkan tanaman yang cepat berbuah dan berkualitas baik.

Untuk mendapatkan bibit jeruk lemon australia Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com atau langsung datang ke kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati, Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Selain bibit jeruk lemon australia, kami juga menyediakan bibit tanaman jeruk dari berbagai jenis lainnya dan masih banyak lagi pilihan bibit tanaman unggulan lainnya. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan berbagai pupuk dan nutrisi khusus tanaman buah serta peralatan berkebun untuk membantu

Anda mewujudkan tanaman buah yang Anda inginkan. Selain penjualan secara online, kami juga menyediakan penjualan secara grosir dengan harga terjangkau.

Incoming search terms:

  • cara menanam jeruk lemon infor dan pemeliharaannya
  • pohon lemon di rumah

Produk terbaru

Rp 500.000 600.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Kelapa Pandan Wangi
Harga Rp 500.000 600.000
Anda HematRp 100.000 (16.67%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPestisida Organik Ramah Lingkungan GigaGreen
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangNutrisi Tanaman Masa Pembuahan GigaGrow Plus
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangObat Anti Stress Tanaman SamudraFit 100 ML
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Alpukat Kendil
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Durian Lai
Harga Rp 150.000 300.000
Anda HematRp 150.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 70.000 100.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPotato Planter Bag
Harga Rp 70.000 100.000
Anda HematRp 30.000 (30.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Alpukat WSR
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman