( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Menanam dan Merawat Mangga Kiojay di Rumah

Monday, November 26th 2018.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Kiojay-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-3

Kadang kala ketika kita sedang menikmati buah mangga, setelah mangga di tangan habis dimakan rasanya masih belum puas. Apalagi jika dimakan beramai-ramai. Rasa manis legit buah mangga memang membuat lidah ketagihan. Sekarang ada varian baru buah mangga dari Thailand yang ukurannya luar biasa. Rasanya pun sangat manis dan aromanya harum. Julukan yang diberikan kepadanya adalah mangga arummanis raksasa. Adapun nama varian mangga ini sendiri adalah mangga kiojay.

Disebut raksasa karena ukurannya memang jumbo, dengan berat per buahnya mencapai 1,5 – 2 kg. Oleh karena masih jarang yang membudidayakan, harga jual mangga ini masih tinggi, yaitu sekitar Rp30.000,00 per kg atau Rp50.000,00 per buahnya. Tertarik untuk membudidayakan atau mengoleksinya di rumah? Berikut cara menanam dan merawat mangga kiojay di pekarangan atau dalam pot di rumah Anda agar cepat berbuah dan hasilnya maksimal.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Kiojay-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-2

Karakteristik dan syarat tumbuh

Mangga kiojay merupakan varietas baru yang dikembangkan di Thailand. Kondisi alam di negara tersebut kurang lebih sama dengan kondisi alam di Indonesia sehingga pembudidayaan mangga kiojay di Indonesia sangat dimungkinkan. Tumbuh optimal di dataran rendah yang cuacanya panas, namun masih dapat tumbuh dengan baik pula di dataran tinggi apabila suhu rata-ratanya tidak terlalu rendah. Bersifat genjah, rajin berbuah. Menyukai tanah gembur yang subur dengan drainase yang baik, curah hujan sedang, dan penyinaran matahari penuh sepanjang hari.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Kiojay-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-4

Pemilihan bibit

Oleh karena belum banyak yang membudidayakan mangga ini, paling mudah memperoleh bibitnya dengan membeli bibit. Apabila Anda menghendaki tanaman mangga yang lebih cepat menghasilkan dan kualitasnya maksimal, pilih bibit hasil perbanyakan vegetatif (okulasi/grasping susuk/sambung pucuk). Sebaiknya pilih bibit yang sudah berukuran 50 – 70 cm tingginya karena pada ukuran ini bibit sudah memiliki perakaran yang kuat. Tentunya bibit yang baik memiliki ciri-ciri tampak segar dan sehat.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Kiojay-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-7

Penanaman dan perawatan mangga kiojay di tanah pekarangan

Langkah pertama untuk menanam mangga kiojay di pekarangan adalah mempersiapkan lahan. Pilih lahan di tempat yang tidak ternaungi agar nantinya tanaman dapat memperoleh sinar matahari penuh sepanjang hari. Bersihkan lahan dari gulma dan rumput liar karena dapat menjadi inang dari hama dan penyakit.Bersihkan pula lahan dari sampah anorganik dan bebatuan yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Gemburkan tanah dengan cangkul, buat lubang tanam berukuran 60 x 60 x 60 cm.

Baca juga :

Campurkan tanah bekas galian dengan 2 kg pupuk kompos/kandang dan sekam. Diamkan lubang tanam dan campuran tanah galian selama 3 – 4 hari. Penanaman sebaiknya dilakukan menjelang musim hujan, ketika cuaca masih cukup panas untuk memaksimalkan pertumbuhan, namun kebutuhan air juga terpenuhi tanpa berlebihan. Lepaskan bibit dari polybag dengan hati-hati, gunakan pisau untuk merobek polybag agar tidak sampai merusak perakaran dan media pembibitan.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Kiojay-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-6

Letakkan bibit tepat di tengah lubang, lalu timbun dengan campuran tanah galian, pupuk, dan sekam yang telah disiapkan. Pastikan bibit berdiri dengan tegak, tidak miring. Padatkan tanah agar bibit dapat berdiri dengan kokoh. Bantu dengan pemasangan ajir yang terbuat dari kayu, bambu, atau besi berukuran 1,5 m. Ajir ini masih dapat bermanfaat hingga tanaman dewasa, yaitu ketika mangga kiojay sudah mulai berbuah. Buahnya yang berat dapat berisiko patahnya cabang hingga robohnya pohon. Dengan adanya ajir, risiko ini dapat dihindari.

Sirami secukupnya, jangan sampai terlalu basah apalagi tergenang. Kondisi lahan yang terlalu lembap dapat memicu serangan penyakit. Penyiraman selanjutnya cukup satu kali sehari di sore hari apabila penanaman dilakukan saat musim kemarau atau panas.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Kiojay-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-10

Perawatan selanjutnya adalah pemberian pupuk rutin satu bulan sekali dengan kombinasi pupuk kandang dan ZPT organik. Setelah tanaman berumur 1 tahun sejak dipindahtanamkan dan batangnya sudah cukup kuat, berikan hormon perangsang buah. Selain penyiraman dan pemupukan, perawatan rutin lainnya adalah penyiangan dan pemangkasan. Siangi satu bulan sekali untuk menjaga sanitasi kebun agar terhindari dari hama dan penyakit. Adapun pemangkasan bertujuan untuk membentuk tajuk dan menjaga tanaman agar tidak tumbuh terlalu tinggi.

Tinggi tanaman yang diatur dapat memudahkan perawatan dan pemanenan. Mangga kiojay yang ditanam di lahan pekarangan sudah dapat berbuah pada usia 2 – 3 tahun apabila menggunakan bibit dari perbanyakan vegetatif.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Kiojay-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-9

Penanaman dan perawatan mangga kiojay di dalam pot

Jika Anda tidak punya cukup lahan untuk menanam mangga kiojay langsung di tanah, Anda dapat menggunakan metode tabulampot. Cara ini juga memiliki kelebihan, dengan perawatan dan pemupukan berkala yang cermat dapat lebih cepat berbuah, yaitu dalam enam bulan setelah pemindahtanaman dari polybag pembibitan ke dalam pot. Pilihlah pot yang cukup besar, diameter minimal 60 cm, dan berbahan kuat. Pastikan pot pilihan Anda memiliki lubang pada bagian dasarnya untuk sistem drainase.

Media tanam untuk penanaman mangga kiojay di dalam pot terdiri atas campuran tanah dan humus. Sirami satu kali sehari. Pemupukan dengan NPK daun dan obat perangsang tumbuhan satu bulan atau 2 minggu sekali, terutama pada tahun pertama. Apabila media tanam sudah baik kualitasnya, setelah tanaman berusia di atas satu tahun tidak perlu lagi diberikan pupuk ataupun obat perangsang. Perhatikan selalu media tanam agar tidak sampai ditumbuhi gulma atau tanaman liar. Perhatikan pula percabangan agar tidak terlalu rimbun dan tinggi.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Kiojay-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-5

Pemanenan

Mangga kiojay yang ditanam di tanah sudah akan berbuah pada usia 2 – 3 tahun setelah dipindahtanamkan, 6 bulan jika ditanam di dalam pot, dengan perawatan yang baik. Usia produktif tanaman ini sendiri antara 2 – 5 tahun. Buah sebaiknya dipetik dan dikonsumsi ketika 80% matang. Jika terlanjur matang sempurna (100%), rasa buah justru sudah berkurang nikmatnya karena terlalu masak dan kurang renyah. Oleh karena ukuran buahnya yang jumbo, sebaiknya lakukan penjarangan dengan memelihara maksimal 1 buah saja di tiap rantingnya.

Baca juga :

Membiarkan terlalu banyak buah untuk dibesarkan tidak saja membuat ukuran buah yang dihasilkan tidak maksimal, tetapi juga berisiko robohnya pohon, terutama untuk penanaman di dalam pot. Dalam hal ini, ajir tetap diperlukan untuk membantu menyangga pohon agar tetap berdiri tegak.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Kiojay-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-8

Tidak hanya itu, ada lagi tantangan yang lain untuk pembesaran buah mangga kiojay. Terkadang buah mangga kiojay sudah pecah sebelum beranjak tua. Hal ini disebabkan kurangnya nutrisi dan perubahan kondisi tanah dari kering ke basah secara drastis. Masalah-masalah ini tentunya memerlukan perhatian khusus. Selain itu, masalah hama dan penyakit juga menjadi tantangan dalam perawatan mangga kiojay. Sedapat mungkin hindari penggunaan insektisida atau fungisida kimiawi sebagai langkah pemberantasan hama dan penyakit.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Kiojay-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-1

Demikian cara menanam dan merawat mangga kiojay di rumah agar cepat berbuah dengan kualitas baik dan tetap produktif. Untuk mendapatkan bibit mangga kiojay yang baik Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com atau langsung datang ke kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati,  Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Selain bibit mangga kiojay, kami juga menyediakan bibit tanaman mangga dari berbagai jenis lainnya dan masih banyak lagi pilihan bibit tanaman unggulan lainnya. Selain penjualan secara online, kami juga menyediakan penjualan secara grosir dengan harga terjangkau.

Kami juga menyediakan berbagai macam pupuk dan nutrisi khusus tanaman buah yang berkualitas untuk membantu Anda dalam mewujudkan budi daya tanaman kesayangan Anda.

Incoming search terms:

  • cara agar pohon mangga kiojay cepat berbuah
  • mangga kiojay
  • mangga kojai
  • tanaman mangga kio jay

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman