( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Menanam dan Merawat Mangga Okyong di Kebun atau Tabulampot agar Cepat Berbuah

Thursday, September 20th 2018.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah mangga okyong Langka Murah online di kota kabupaten11

Mangga Okyong adalah varian mangga asal Thailand yang belum banyak dikomersilkan. Padahal, mangga yang satu ini sangat produktif karena dapat berbuah tiga kali dalam setahun. Ukuran buahnya termasuk sedang, dengan panjang 10 – 12 cm dan berat sekitar 200 – 250 gr per buah.

Daging buahnya tebal, bijinya kecil dan tipis. Rasanya manis, segar berair, seratnya lembut, renyah, dan aromanya harum.

Kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan juga baik dan percabangannya mudah dibentuk sehingga cocok pula dijadikan tanaman hias. Namun bibitnya memang sensitif dan ringkih sehingga memerlukan ketelitian dalam menanam.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, sebenarnya budi daya mangga okyong ini dapat sangat menguntungkan. Tinggal Anda memilih akan menanamnya di kebun untuk tujuan komersil atau menanamnya dalam pot sebagai penambah koleksi tanaman buah atau penghias halaman rumah.

Apapun tujuan Anda, tentu Anda mengharapkan tanaman yang cepat berbuah bukan?

Berikut tips penanaman dan perawatan mangga okyong, di kebun atau tabulampot, agar cepat berbuah.

 

Karakteristik mangga okyong

Sebelum menentukan apakah akan menanam mangga okyong di kebun atau dalam pot, pertama-tama kenali dahulu karakteristik tanaman ini supaya langkah-langkah penanaman dan perawatannya dapat lebih efektif. Mangga okyong merupakan tanaman dataran rendah yang tumbuh baik di ketinggian 0 – 300 mdpl, meskipun masih dapat tumbuh hingga ketinggian 1300 mdpl namun kurang optimal.

Curah hujan yang dibutuhkan tanaman ini antara 750 – 2250 mm/tahun dengan temperatur rata-rata 24 – 27 derajat celcius.

Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhannya adalah tanah gembur dengan drainase yang baik, pH antara 5,5 – 6, dan kedalaman air tanahnya 50 – 150 cm. Setelah tumbuh besar akarnya kuat dan cabangnya kokoh, tetapi ketika masih benih sangat ringkih dan peka terhadap kondisi cuaca. Hujan dan mendung dapat mengganggu pertumbuhan bibit yang masih sangat muda.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah mangga okyong Langka Murah online di kota kabupaten1

 

Pemilihan bibit

Layaknya tanaman mangga pada umumnya, mangga okyong juga dapat ditanam dari bijinya, akan tetapi hasilnya nanti tidak akan sebaik pohon induknya. Masa berbuahnya pun lebih lama datangnya.

Jika Anda menginginkan tanaman yang berbuah dengan cepat, pilihlah bibit hasil stek atau okulasi. Bibit mangga okyong yang baik siap tanam ketika tingginya sudah mencapai 50 cm – 1 m.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah mangga okyong Langka Murah online di kota kabupaten2

Penanaman dan perawatan mangga okyong di kebun

Apabila Anda menanam mangga okyong di kebun, perhatikan letak lahan tanam. Jika lahan yang tersedia dekat dengan rumah atau sempit, nantinya Anda harus rutin memangkas pohon ini karena pohon ini cenderung tumbuh besar dan berpotensi merusak bangunan.

Pastikan juga tempat Anda menanam nantinya akan mendapat sinar matahari yang cukup untuk membantu proses fotosintesis.

Seperti persiapan penanaman jenis-jenis pohon lainnya, sebelum penanaman, lahan tanam dibersihkan dahulu dari tanaman liar. Lalu buat lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm. Penanaman untuk tujuan komersil, artinya lebih dari satu pohon, membutuhkan pengaturan jarak antartanaman minimal 3 x 3 m agar tanaman tidak saling berebut nutrisi.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 12

Isi lubang tanam dengan media campuran pasir putih, kapur, tanah, kompos, dan pupuk kandang. Perbandingannya adalah ½ : ½ : 2 : 1 : 1. Letakkan bibit tepat di tengah lubang, pastikan posisinya tegak lurus dan kokoh. Padatkan tanah di sekitar batang pokok. Sirami dua kali sehari, pagi dan sore.

Oleh karena kadar keasaman dan kandungan nutrisi dalam tanah dapat berubah seiring berjalannya waktu, media tanam perlu diperbarui setiap 3 bulan sekali. Caranya adalah membuang sebagian tanah yang lama dan diganti dengan media yang baru. Jadi, sisa media tanam yang lama di bagian bawah, sementara media yang baru di bagian atas.

Media yang lama sendiri sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali setelah kadar keasamannya diturunkan melalui proses penjemuran atau pemberian pupuk organik.

Pupuk organik yang baik berasal dari proses fermentasi mikroorganisme sampah yang mampu meningkatkan kualitas tanah.

Pemupukan disarankan dilakukan empat kali dalam setahun dengan selang waktu tiga bulan. Gunakan pupuk organik cair atau pupuk kandang. Dosisnya disesuaikan dengan umur tanaman. Selebihnya, biarkan tumbuh alami tanpa pestisida kimia atau hormon perangsang buah.

Anda dapat memakai pupuk organik khusus tanaman mangga ini untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah. Pesan Disini

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Pupuk Organik Samudra Pupuk Bibit Mangga Murah Online Di Kota Kabupaten (4)

Sebagaimana telah disebutkan di atas, penanaman mangga okyong di lahan yang sempit atau berdekatan dengan rumah atau bangunan memerlukan tindakan pemangkasan yang lebih sering. Diawali pemangkasan pertama ketika tanaman sudah mencapai tinggi 1 m.

Pangkas pada perbatasan bidang pertumbuhan agar cabangnya banyak. Pelihara 2 – 3 tunas cabang. Ulangi lagi setelah cabang baru panjangnya mencapai 1 m. Dan seterusnya hingga didapatkan kelipatan 1 – 3 – 9 cabang.

Selain itu, setiap kali habis panen perlu dilakukan pemangkasan lagi. Tujuannya untuk menjaga ketinggian tajuk tidak lebih dari 3 meter. Dengan cara ini, tidak hanya didapatkan tanaman yang percabangannya rapi dan enak dilihat, tetapi juga terutama menjaga agar batang utama dan akar tidak cepat besar yang berpotensi dapat merusak bangunan.

Selain itu, sinar matahari akan lebih optimal masuk ke batang pohon dan memudahkan proses fotosintesis. Ketinggian yang dipertahankan maksimal 3 meter ini juga akan memudahkan saat panen.

 

Penanaman dan perawatan mangga okyong di dalam pot

Apabila Anda menghendaki penanaman mangga okyong di dalam pot, pertama kali yang perlu disediakan adalah pot yang berdiameter 60 cm. Agar tahan lama, gunakan pot dari drum bekas yang dipotong setengah bagian.

Media tanam untuk penanaman mangga okyong dalam pot ini harus berstruktur remah, berbutir-butir, gembur, kaya unsur hara, porous, bebas hama dan penyakit, serta cukup ringan agar mudah dipindahkan sewaktu-waktu. Komposisinya meliputi tanah, pupuk kandang atau kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 2 : 1 : 1.

Sebelum media tanam dimasukkan, terlebih dahulu dasar pot diberi genteng dan ijuk untuk menjamin kelancaran drainase dan aliran udara.

Setelah campuran media tanam dimasukkan hingga memenuhi setengah bagian pot, buka polybag dan letakkan bibit tepat di bagian tengah pot. Isi ruang-ruang kosong di sekitar bola akar dengan media tanam sampai mendekati permukaan atas pot. Usahakan bidang bekas okulasi atau sambungan masih menonjol sekitar 10 – 15 cm di atas permukaan media tanam. Selanjutnya, sirami media tanam dengan air.

Baca juga :

Penyiraman pada masa awal penanaman harus rutin pagi dan sore, tetapi kemudian cukup satu kali sehari, kecuali jika tanah dalam pot terlihat sangat kering terutama di musim kemarau. Perhatikan volume penyiraman jangan berlebihan sebab dapat membuat media tanam keluar dari pot.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah mangga okyong Langka Murah online di kota kabupaten tabulampot

Sedikit berbeda dengan penanaman di kebun, kebutuhan tambahan nutrisi untuk tabulampot lebih banyak. Berikan pupuk NPK dengan perbandingan 15 : 15 : 15 sebanyak 30 gr tiap pot untuk merangsang pembungaan.  Frekuensi pemberian adalah satu bulan sekali hingga bunga muncul.

Tambahkan pupuk kandang dengan takaran dua kaleng susu kental manis untuk menjaga keseimbangan unsur hara pada media tanam. Setelah bunga muncul, berikan lagi pupuk NPK yang dilarutkan dalam air dengan perbandingan satu sdm pupuk untuk 15 liter air.

Setelah diaduk merata, pupuk disiramkan kemedia tanam sebanyak ½ – 1 liter per pot. Pemupukan sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar tanaman tidak layu oleh terik matahari.

Pemangkasan rutin untuk mangga okyong dalam pot dimulai sejak tanaman berusia satu bulan. Pemangkasan pertama dilakukan pada batang pokok yang telah mencapai ketinggian 70 cm – 1 m, tujuannya untuk memunculkan cabang primer.

Pelihara tiga batang primer hingga panjangnya 50 – 75 cm, selebihnya pangkas untuk memunculkan cabang sekunder. Pelihara tiga cabang sekunder yang panjangnya 30 – 50 cm dari tiap batang primer. Dari cabang-cabang ini nanti akan muncul cabang tersier.

Pelihara pula beberapa cabang sekunder dengan panjang 20 cm sebagai penopang agar cabang tidak mudah patah ketika sudah berisi buah. Pangkas pula daun-daun yang terlalu lebat dan cabang-cabang yang kurang sehat.

 

Pemeliharaan bunga dan pemanenan

Ketika tanaman sudah mulai berbunga, bila ini terjadi di musim hujan, tutup bunga dengan plastik agar tidak rontok terkena air hujan. Bunga pada tanaman mangga sangat peka terhadap air hujan.

Pastikan bunga yang ditutup telah mengalami proses penyerbukan sebelumnya. Penutupan atau penyungkupan bunga ini juga berfungsi menghindarkan buah dari serangan hama. Penanggulangan hama sendiri sebaiknya dilakukan dengan cara-cara yang alami.

Mangga okyong hasil okulasi atau stek sudah akan berbuah pada usia 3 – 4 tahun. Sebaiknya memanen buah yang masak pohon. Ciri-cirinya kulit berubah warna dari hijau menjadi kekuningan, jika buah ditekan terasa empuk.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah mangga okyong Langka Murah online di kota kabupaten12

Petik sebelum buah menjadi terlalu empuk karena akan hilang kerenyahannya. Hindari pula memetik buah yang belum masak benar karena akan tetap asam meskipun telah diperam.

Demikian tips menanam dan merawat mangga okyong, baik di kebun ataupun dalam pot, agar cepat berbuah dan berkualitas baik.

Untuk mendapatkan bibit mangga okyong yang baik Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com atau langsung datang ke kebun pembibitan kami di Perumahan Bumi Saraswati,  Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Selain bibit mangga okyong, kami juga menyediakan bibit tanaman mangga dari berbagai jenis lainnya dan masih banyak lagi pilihan bibit tanaman unggulan lainnya. Selain penjualan secara online, kami juga menyediakan penjualan secara grosir dengan harga terjangkau.

 

Incoming search terms:

  • keunggulan mangga okyong

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman