( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Menanam dan Merawat Nanas Madu di Rumah

Friday, November 23rd 2018.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Madu Langka online murah di kota kabupaten 1

Nanas adalah salah satu tanaman tropis yang eksotis. Disukai karena rasa asam manisnya yang segar. Tekstur dagingnya juga renyah. Selain itu, kandungan nutrisinya sangat lengkap. Meliputi vitamin A, B1, B6, C, mangan, enzim proteolitik bromelain, serat, asam folat, asam pantotenik, glukosa, dan antioksidan. Selain nanas yang sudah biasa kita temui, ada varian nanas unggulan yang disebut nanas madu (Ananas comosus). Varian nanas ini memiliki ukuran buah yang lebih besar, daging buah lebih tebal, dan rasanya lebih manis. Dibudidayakan awalnya di Subang.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Madu Langka online murah di kota kabupaten 5

Saat matang, warna kulit buahnya jingga kekuningan sangat mencolok. Buah ini tidak hanya menarik dan menguntungkan sebagai komoditas. Warnanya yang cantik, di samping bentuk buah nanas dan tanaman nanas sendiri yang memang unik, membuat tanaman ini juga apik dijadikan penghias taman di rumah Anda. Tanaman ini tidak memerlukan tempat yang luas untuk tumbuh. Bahkan Anda dapat pula menanamnya di dalam pot atau planter bag.

Tertarik untuk menanam nanas madu di rumah? Berikut langkah-langkah sederhana yang dapat Anda lakukan dalam merawat dan memelihara nanas madu di lahan yang terbatas, namun cepat menghasilkan buah dengan kualitas baik.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Madu Langka online murah di kota kabupaten 3

Karakteristik nanas madu

Pada dasarnya, nanas adalah tanaman yang dapat tumbuh di iklim manapun dan di ketinggian berapapun. Tumbuh sama baiknya di iklim basah atau kering dengan suhu antara 23 – 32 derajat Celcius, bahkan masih dapat tumbuh di suhu rendah sampai 10 derajat Celsius. Toleran terhadap kekeringan, meski memerlukan curah hujan antara 1000 – 1500 mm per tahun unutk pertumbuhan optimalnya. Tetapi, tidak toleran terhadap salju dan suhu yang sangat rendah (di bawah 10 derajat Celsius).

Ketinggian ideal untuk lokasi penanamannya antara 100 – 700 mdpl, namun masih dapat tumbuh baik hingga ketinggian 1200 mdpl. Kebutuhan akan sinar matahari rata-rata 33 – 71% atau 2000 jam per tahun. Menyukai jenis tanah berpasir, subur, tinggi kandungan bahan organiknya, dengan kadar kapur yang rendah. Tingkat keasaman (pH) 4,5 – 6,5. Tanaman ini membutuhkan air untuk membantu penyerapan nutrisi, tetapi tidak boleh terlalu banyak hingga becek.

Akar tanaman ini sangat rentan kebusukan apabila terendam air. Oleh karena itu, dalam penanamannya, drainase harus sangat diperhatikan. Tanah yang sedikit miring lebih baik bagi nanas madu karena dengan demikian tanah cepat kering setelah disirami. Kebutuhan akan drainase yang baik ini dapat diakali dengan membuat bedengan sebagai tempat tumbuh nanas madu.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Madu Langka online murah di kota kabupaten 6

Baca juga :

Pemilihan bibit

Bibit tanaman nanas madu diperoleh secara generatif dan vegetatif. Akan tetapi, karena tanaman nanas sulit melakukan penyerbukan sendiri sehingga seringkali tidak menghasilkan biji, pembibitan secara generatif jarang dilakukan. Untuk cara vegetatif bermacam-macam, masing-masing memiliki keunggulan dan kesulitan tersendiri. Jika Anda menghendaki tanaman nanas madu yang cepat berbuah, pilihlah bibit yang dibiakkan dari tunas akar. Bibit yang berasal dari tunas akar sudah akan berbuah pada umur 12 bulan setelah penanaman.

Pastikan bibit yang Anda pilih sehat, bebas hama dan penyakit, tidak cacat, daunnya tebal-tebal berisi, layak tanam dan berkualitas, berasal dari indukan yang sudah menghasilkan buah dengan kualitas yang baik.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Madu Langka online murah di kota kabupaten 4

Penanaman nanas madu di pekarangan rumah

Untuk penanaman nanas madu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan lokasi dari limbah, kerikil, dan tanaman liar. Pastikan lokasi yang Anda pilih mendapat pencahayaan matahari penuh sepanjang hari. Gemburkan tanah menggunakan cangkul. Apabila pH tanah kurang dari ideal, tingkatkan kadar keasamannya melalui proses pengapuran. Campur kapur dengan tanah, dosis disesuaikan dengan luas lahan. Tambahkan nutrisi berupa campuran pupuk kandang dan sedikit sekam dengan perbandingan 3 : 2 : 1 (tanah : pupuk kandang : sekam).

Buat gundukan agar tanah tidak mudah terkikis ketika disirami. Buat lubang tanam berukuran 30 x 30 x 30 cm pada gundukan yang sudah disiapkan. Apabila Anda hendak menanam lebih dari satu bibit, gundukan dibuat memanjang membentuk bedengan. Jarak antarlubang tanam 1 – 1,5 m. Masukkan bibit ke dalam lubang tanam, timbun dengan tanah yang telah diberi campuran pupuk dan sekam. Padatkan sedikit agar bibit dapat berdiri tegak dan kokoh sehingga nantinya akan tumbuh dengan baik.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Madu Langka online murah di kota kabupaten 8

Penanaman nanas madu di dalam pot atau planter bag

Apabila lahan sangat terbatas atau Anda hendak menanam nanas madu dengan tujuan sebagai tanaman hias, Anda dapat memanfaatkan pot atau planter bag sebagai tempat penanaman nanas madu. Pilihlah pot atau planter bag yang berdiameter 50 – 65 cm. Media tanamnya berupa campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang kering dengan perbandingan seimbang (1 : 1 : 1). Untuk tahapan penanaman bibit ke dalam pot atau planter bag kurang lebih sama dengan penanaman bibit di halaman/pekarangan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak lupa meletakkan pecahan genting atau batu bata di dalam pot sebelum diberi media tanam supaya air siraman dapat mengalir keluar dengan baik, tidak menggenang di dalam pot.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Madu Langka online murah di kota kabupaten 4

Baca juga :

Perawatan

Nanas madu hanya perlu disirami 1 – 2 kali sehari atau tergantung kondisi tanah. Meskipun nanas madu tidak suka tanah yang terlalu basah, hindari pula kondisi tanah yang terlalu kering. Tanah yang terlalu kering berakibat tanaman kerdil dan buahnya kecil-kecil. Jaga kebersihan sekitar lahan atau pot dengan rajin melakukan penyiangan. anyaknya gulma atau tanaman pengganggu lainnya berisiko datangnya hama dan penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan nanas madu.

Jika ada bibit yang mati karena terkena hama atau penyakit, ataupun mati karena layu, lakukan penyulaman. Ganti dengan bibit yang baru. Hal ini untuk menghindari tanaman yang lain tertular. Setelah tanaman berusia 2 – 3 bulan dari masa penanaman, berikan pupuk tambahan berupa pupuk kandang atau kompos. Frekuensi pemberian adalah 1 – 3 bulan sekali dengan dosis yang disesuaikan, tergantung pada luas tempat penanaman. Cara pemberiannya dengan menaburkan pupuk di sekitar tanaman.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Madu Langka online murah di kota kabupaten 7

Pemanenan

Nanas madu dapat dipanen pada usia antara 12 – 24 bulan, tergantung jenis bibit yang digunakan. Paling cepat berbuah adalah tanaman yang bibitnya berasal dari tunas akar. Menjelang panen, nanas madu masih menghendaki pengairan yang cukup dan fertilisasi yang optimal untuk merangsang proses pembungaan. Buah yang sudah siap panen memiliki ciri-ciri: mahkotanya terbuka; tangkai buah mengerut; mata buah lebih besar, bulat, dan mendatar; bagian dasar buah berwarna kuning; buah mengeluarkan aroma harum yang khas.

Pemetikan buah yang sudah matang dengan cara memotong pangkal tangkai buah secara mendatar/miring dengan pisau yang tajam dan steril. Hati-hatilah jangan sampai buah rusak atau memar. Jangan tunggu terlalu lama untuk memanen buah karena akan merusak kandungan nutrisinya.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 5

Demikian cara menanam dan merawat nanas madu untuk mendapatkan tanaman yang sehat, berkualitas, dan cepat berbuah. Untuk mendapatkan bibit nanas madu yang bagus, Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com atau berkunjung langsung ke kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Kami juga menyediakan berbagai jenis pupuk untuk tanaman buah dan planter bag dalam berbagai ukuran. Harga yang kami tawarkan untuk bibit nanas madu sangat bersahabat. Kami melayani jual beli bibit dalam bentuk satuan ataupun grosir.

Selain bibit nanas madu, kami juga menyediakan bermacam bibit tanaman buah dari yang trendi hingga yang unik, baik untuk tujuan komoditas ataupun sebagai tanaman hias.

Produk terbaru

Rp 150.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Durian Lai
Harga Rp 150.000 300.000
Anda HematRp 150.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 70.000 100.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPotato Planter Bag
Harga Rp 70.000 100.000
Anda HematRp 30.000 (30.00%)
Lihat Detail
Rp 200.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Rambutan Kapulasan
Harga Rp 200.000 300.000
Anda HematRp 100.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 140.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Jeruk Nipis
Harga Rp 100.000 140.000
Anda HematRp 40.000 (28.57%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Srikaya Nanas (Biriba)
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Markisa
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Delima Kuning
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Leci
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman