( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Menanam dan Merawat Rambutan Binjai agar Mendapat Hasil yang Optimal

Saturday, June 23rd 2018.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Rambutan-Binjai-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-3-300x300

Siapa yang tidak kenal buah rambutan? Buah eksotis ini selalu menjadi favorit dan laris manis kala memasuki musimnya. Ada dua varian yang biasa kita kenal, yaitu rambutan binjai dan rambutan rapiah. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Kali ini, kita akan membahas tentang cara menanam dan merawat tanaman rambutan binjai. Varian rambutan yang satu ini disebut rambutan binjai karena pertama kali dibudidayakan di Binjai, Sumatra Utara.

Tanaman ini dapat tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Anda bahkan dapat menanamnya di dalam pot juga. Tentunya dengan perawatan yang lebih intensif sebab tanaman ini cenderung tumbuh besar dan tinggi sehingga seiring bertambahnya usia tanaman, akarnya akan semakin berat.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Rambutan-Binjai-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-4

Lalu, bagaimana cara menanam dan merawat rambutan binjai agar cepat berbuah dan hasilnya optimal? Berikut langkah-langkahnya.

 

Persiapan lahan

Rambutan binjai adalah tanaman yang cukup sensitif. Agar pertumbuhan rambutan binjai Anda optimal, sebaiknya lahan yang dipilih memenuhi kriteria berikut.

  • Suhu antara 25 – 35 derajat celcius dengan curah hujan 1500 – 3000 mm per tahun.
  • Hindari lahan yang kering.
  • Jika merupakan tanah gambut, pilih yang subur dengan keasaman/pH tanah antara 4 – 6,5. Anda dapat menguji keasaman tanah dengan kertas lakmus, pH meter, atau alat indikator lainnya.
  • Alternatif lainnya adalah memilih tanah dengan tipe latosol kuning. Tipe tanah ini biasanya lebih disenangi.
Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Rambutan-Binjai-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-9

Persiapan lahan dengan ukuran minimal 60X60 cm

Setelah memastikan kriteria tanah cocok untuk tanaman Anda, buat lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm. Apabila menanam lebih dari satu pohon, jarak antara lubang tanam yang satu dengan yang lain lebih kurang 10 m.

Pisahkan tanah galian bagian atas dengan bagian bawah. Biarkan selama lebih kurang 3 – 4 minggu untuk mematikan bakteri. Selanjutnya, masukkan kembali tanah galian bagian bawah ke dalam lubang tanam. Sementara, galian tanah bagian atas dicampur dengan pupuk organik (kandang/kompos).

 

Pemilihan bibit

Rambutan binjai dapat dikembangbiakkan secara generatif (biji) ataupun vegetatif (okulasi). Pembibitan secara generatif akan menghasilkan pohon dengan perakaran yang lebih kuat, tetapi pertumbuhannya lambat. Tentu saja, Anda harus menunggu lama sebelum dapat menikmati buahnya. Cara yang lebih cepat untuk mendapatkan buah rambutan binjai adalah dengan pembibitan secara okulasi.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Rambutan-Binjai-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-0 Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Rambutan-Binjai-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-2

Jika Anda membeli bibit, bibit dari kedua cara sama baiknya. Anda hanya perlu memilih bibit yang sudah cukup besar agar dapat segera memetik hasilnya. Pastikan bibit yang Anda beli sehat dan aman dari segala jenis penyakit atau hama. Siapkan satu bibit untuk satu lubang tanam.

Baca juga :

Mau mendapatkan bibit rambutan binjai unggul? Klik disini untuk melihat dan memesan

Wow… Mangga unik berwarna ungu. Selengkapnya untuk membaca

Penanaman

Mengingat tanaman ini cukup sensitif, maka perlu berhati-hati dan teliti memilih waktu penanaman. Rambutan binjai membutuhkan curah hujan yang teratur untuk pertumbuhannya, namun juga membutuhkan musim kemarau dan sinar matahari yang cukup untuk merangsang pembungaan.

Oleh karena itu, waktu penanaman yang baik adalah memasuki pertengahan atau akhir musim hujan. Lepaskan bibit rambutan binjai dari polybag dengan hati-hati, jangan sampai akarnya putus karena dapat menyebabkan bibit mati. Masukkan dengan hati-hati ke dalam lubang tanam yang sudah disiapkan.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Rambutan-Binjai-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-9

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Rambutan-Binjai-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-1

Pastikan bibit dapat berdiri tegak lurus, kemudian tutup dengan tanah galian bagian atas yang sudah dicampuri pupuk organik sampai ke leher akar. Jika masih kurang padat, tambahkan tanah hingga tanaman dapat berdiri kokoh. Injak perlahan untuk merapikan tanah, tetapi jaga agar tidak terlalu padat.

Tanah yang terlalu padat dapat menghambat perkembangan akar. Jika perlu, beri penyangga untuk menjaga tanaman tetap berdiri tegak. Sirami segera setelah bibit selesai ditanam.

Baca juga :

SamudraPupuk Organik, pupuk super, ramah lingkungan dan terbukti mengasilkan buah dengan lebat

Tips dan trik cara menaman dan merawat mangga agar cepat berbuah banyak

Perawatan

Rambutan binjai adalah jenis tanaman yang sangat sedikit kandungan airnya. Oleh karena itu, di musim kemarau Anda harus rajin menyiraminya, yaitu 1 – 2 kali sehari agar kandungan airnya cukup. Tetapi, jangan sampai terlalu lembap karena tanaman justru akan layu dan mati.

Jaga pH tanah tetap berada di tingkat keasaman yang diinginkan. Beri pupuk setiap 3 – 4 bulan sekali. Pada masa awal penanaman, cukup berikan pupuk organik. Setelah satu tahun penanaman, tambahkan pupuk KCL, TCL, dan urea dengan dosis sesuai aturan. Penambahan pupuk urea ini berguna untuk menjaga tingkat keasaman tanah.

Semakin bertambah umur tanaman, naikkan dosis pupuk sedikit demi sedikit namun jaga agar tidak berlebihan. Sebaiknya pemupukan tanaman rambutan binjai dilakukan pada awal dan akhir musim penghujan.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Rambutan-Binjai-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-6

 

Bersihkan tanah di sekitar pohon rambutan binjai Anda dari rumput liar dan tanaman pengganggu lainnya. Lakukan juga pemangkasan untuk merapikan cabang-cabang dan dedaunan pada tanaman. Pemangkasan ini juga penting untuk membersihkan dahan-dahan yang sudah tidak produktif karena di musim hujan atau ketika cuaca berangin, dahan-dahan ini rentan patah dan membahayakan sekeliling.

Bila ada bagian tanaman yang mati, lakukan penyulaman agar tidak menyebar ke bagian lain hingga ikut layu dan mati.

Musuh utama rambutan binjai adalah lalat atau kutu daun. Anda dapat mengatasinya dengan pemberian insektisida dalam dosis yang sesuai. Sebaiknya gunakan insektisida yang organik. Namun, apapun jenis insektisida atau pestisida yang Anda gunakan, jangan gunakan secara berlebihan karena dapat menimbulkan pencemaran.

 

Pemanenan

Menanti datangnya masa panen rambutan binjai memang cenderung lama, sekitar 3 – 5 tahun tergantung pada jenis bibit yang Anda pilih, perawatan, serta dukungan cuaca. Akan tetapi, hasilnya sangatlah sepadan. Jumlah rata-rata produksi rambutan binjai dapat mencapai 500 – 700 kg per pohon.

Biasanya, rambutan binjai dipanen dengan cara dipotong pada bagian rantingnya, bukan pada buahnya. Buah rambutan binjai yang sudah matang kulitnya berwarna merah tua. Dagingnya sangat manis, berair, dan dapat lepas dengan mudah dari bijinya. Inilah keistimewaan dari buah rambutan binjai.

Panen buah ini memang berlangsung musiman satu tahun sekali. Musim buah ini sendiri berlangsung cukup panjang, yaitu sampai empat bulan lamanya, mulai dari bulan Desember hingga bulan Maret.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Rambutan-Binjai-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-5

 

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Rambutan-Binjai-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-8

Demikian pedoman cara mudah penanaman dan perawatan tanaman rambutan binjai agar tumbuh dengan baik, produktif, dan cepat menghasilkan. Tidak sulit bukan? Semoga pedoman ini dapat berguna bagi Anda dalam penanaman dan perawatan rambutan binjai di lahan sendiri. Selamat mencoba dan jangan berputus asa.

Bibit pohon rambutan yang baik dapat Anda peroleh di kebun pembibitan kami. Untuk mendapatkannya, silakan hubungi kami di www.samudrabibit.com. Kami menyediakan dua varian bibit rambutan, yaitu rambutan binjai dan rambutan rapiah.

Selain bibit yang berkualitas dengan harga murah, kami juga menjual bibit rambutan secara grosir dan melayani pembelian secara online.

Anda juga dapat mengunjungi kebun pembibitan kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman rambutan kami.

Incoming search terms:

  • menanam dan merawat rambutan

Produk terbaru

Rp 150.000 200.000
Rp 150.000 200.000
Rp 150.000 200.000
Rp 100.000 150.000
Rp 100.000 150.000
Rp 100.000 200.000
Rp 150.000 300.000

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman