( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Menanam dan Merawat Sawo Manila agar Cepat Berbuah dan Produktif

Thursday, June 28th 2018.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah sawo manila Langka Murah online di kota kabupaten

Buah sawo pernah menjadi primadona di Indonesia, terutama sawo manila. Tanaman ini aslinya berasal dari Amerika Tengah, namun dibudidayakan pada awalnya di Filipina, tepatnya di kota Manila. Itu sebabnya buah sawo biasa kita kenal sebagai sawo manila.

Tanaman ini konon dibawa oleh bangsa Spanyol ke Filipina pada masa penjajahan dahulu. Sayangnya, dengan banyaknya varietas buah baru yang lebih trendi, pembudidayaan sawo manila tidak lagi sebanyak dahulu. Padahal, tanaman ini banyak manfaatnya.

Selain buahnya yang enak dan berkhasiat untuk kesehatan, kayu sawo termasuk jenis kayu yang baik untuk kerajinan ataupun bahan pembuatan mebel. Akarnya yang kuat mampu menahan tanah sehingga baik sekali jika ditanam di daerah yang rawan erosi.

Menanam dan merawat sawo manila tidak sulit. Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang produktif dan sudah dapat berbuah meskipun tingginya baru satu meter. Tumbuh dengan baik di lahan pekarangan yang luas, namun juga dapat berkembang dengan baik dan manis di dalam pot. Meskipun memerlukan sinar matahari langsung, tetapi dapat pula beradaptasi di lingkungan yang lebih teduh.

Untuk Anda yang tertarik menanam sawo manila di pekarangan ataupun di dalam pot, berikut tips-tips penanaman dan perawatannya.

 

Karakteristik tanaman sawo manila dan lingkungan pendukungnya

Sawo manila adalah tanaman berbunga dengan habitat dataran rendah dan dataran tinggi di ketinggian 40 – 1200 mdpl. Tetapi, ketinggian yang ideal untuk menghasilkan tanaman sawo manila terbaik adalah di ketinggian 700 mdpl.

Jenis tanah yang disukai adalah tanah lempung berpasir yang mengandung banyak bahan organik dengan pH antara 5,5 – 7. Curah hujan antara 1500 – 2500 mm per tahun atau iklim basah. Suhu lingkungan berkisar 30 – 35 derajat celcius.

Ciri-ciri fisik tanaman sawo manila sebagai berikut.

  • Batangnya bertekstur kasar berwarna keabu-abuan hingga coklat tua, mengandung getah lateks.
  • Daunnya berwarna hijau, merupakan daun tunggal.
  • Bunganya termasuk flos aksilaris atau tumbuh dari ketiak daun. Tumbuh menggantung, berbulu coklat di permukaan luar, tiap tandan berjumlah enam.
  • Buahnya berbentuk bulat telur hingga jorong dengan diameter 6 – 7 cm, panjangnya 10 cm. Kulit buah yang masih muda berwarna coklat tua dengan permukaan kasar atau bersisik. Sementara, kulit buah yang sudah tua berwarna coklat muda dengan permukaan halus.
  • Daging buahnya berwarna coklat muda atau coklat kemerahan. Jika masih muda, daging buah bergetah dan rasanya sepat. Buah yang matang dagingnya terasa manis, tidak bergetah, dan tidak sepat.
  • Dalam setiap buah ada setidaknya 3 – 5 biji. Bahkan ada pula yang berisi 12 biji. Biji sawo manila berwarna hitam atau hitam kecoklatan, bentuknya lonjong pipih dan mengilap.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Sawo Manila Murah online di kota kabupaten 1

Pemilihan bibit sawo manila

Pilihan bibit yang terbaik untuk mendapatkan tanaman sawo manila yang cepat berbuah adalah bibit hasil okulasi. Apabila Anda membeli bibit, pilih bibit yang sehat, bebas hama dan penyakit, batangnya kokoh, tidak kurus dan kering, daunnya hijau segar, tidak layu dan kuning, serta cabangnya rindang. Bibit yang siap tanam berukuran antara 50 – 70 cm.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Sawo Manila Murah online di kota kabupaten 7

Persiapan lahan tanam

Pertama-tama, pastikan lahan tanam bersih dari rumput liar ataupun tanaman pengganggu lainnya dengan cara menyiangi lahan yang akan digunakan. Pilih lokasi lahan yang tidak ternaungi sehingga kelak tanaman akan mendapat sinar matahari penuh sepanjang hari. Oleh karena tanaman ini menghendaki tanah yang gembur dan kaya akan unsur hara, maka langkah selanjutnya adalah menggemburkan tanah dengan cangkul.

Kemudian, gali lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm.  Siapkan campuran tanah, kompos atau pupuk kandang terfermentasi, dan sekam untuk menutup lubang tanam. Istirahatkan lubang tanam selama 2 – 3 hari, biarkan mendapat sinar matahari penuh agar bakteri dalam tanah mati.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Sawo Manila Murah online di kota kabupaten 10

Penanaman sawo manila di pekarangan

Jika lahan tanam sudah siap, lepaskan polybag dari bibit siap tanam. Letakkan bibit tepat di tengah lubang dengan posisi tegak lurus, jangan sampai miring. Tutup kembali lubang dengan campuran media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya sampai rata. Padatkan sedikit agar posisi tanaman kokoh, tidak bergoyang atau miring. Sirami tanaman segera setelah ditanam.

Pastikan semua bagian tanah basah dan air meresap sempurna, tetapi jangan sampai becek. Gunakan gembor atau embrat agar penyiraman maksimal. Pasang ajir atau patok untuk menyangga tanaman agar tetap tegak lutus, tidak mudah roboh. Ajir dapat dibuat dari potongn bambu dengan ukuran 1,5 m.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Sawo Manila Murah online di kota kabupaten 3

Perawatan tanaman sawo manila di pekarangan

Perawatan pokok untuk tanaman sawo manila adalah penyiraman teratur 1 – 2 kali sehari. Sirami dengan air secukupnya saja, jangan berlebihan karena dapat menimbulkan genangan. Rajinlah membersihkan lahan tanam dari gulma dan rumput liar agar nutrisi tanah terjaga. Singkirkan pula sampah yang mungkin tergeletak di lahan tanam.

Pemupukan lanjutan perlu dilakukan dengan rutin. Ada dua cara yang dapat Anda pilih: menggunakan kombinasi pupuk kimia atau menggunakan cara organik. Jika Anda memilih kombinasi pupuk kimia, maka campuran yang dianjurkan meliputi 20 butir NPK buah, 1 kg kompos atau pupuk kandang, dan 1 sentok the POC BMW.

Sebaliknya, jika Anda memilih cara organik maka berikan 1 sendok makan KOCOR BMW dan 1 sendok the POC BMW. Lakukan pemupukan rutin ini tiap satu bulan sekali.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Sawo Manila Murah online di kota kabupaten 5

Untuk mempercepat munculnya buah dan agar buah yang dihasilkan berkualitas, beri hormon perangsang buah, batang, dan daun POC BMW. Caranya dengan mencampurkan 2 – 3 tutup POC BMW ke dalam 1 tangki air berisi 15 liter. Semprotkan ke seluruh bagian tanaman.

Jika tanaman sudah besar, kerik batang utamanya sepanjang 30 cm. Sapukan POC BMW pada batang yang telah dikerik menggunakan kuas. Interval pemberian POC BMW pada tanaman dewasa adalah setiap 7 – 10 hari sekali.

Baca juga : 

Ganti pupuk kimia Anda dengan SamudraPupuk Organik khusus tanaman buah, agar hasil panen lebih melimpah

Ingin menanam sawo berukuran jumbo dihalaman rumah? Pesan bibitnya sekarang

Penanaman dan perawatan sawo manila di dalam pot

Apabila Anda lebih menyukai menanam sawo manila di dalam pot, atau karena keterbatasan lahan Anda terpaksa memilih cara ini, maka sediakan pot dengan diameter minimal 60 cm. Media tanam yang perlu disiapkan adalah campuran tanah dengan humus. Setelah bibit ditanam, sirami 1 kali sehari hingga air keluar dari bagian bawah pot. Ini artinya air sudah terserap sempurna di dalam tanah. Beri pupuk satu bulan sekali dengan NPK daun.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Sawo Manila Murah online di kota kabupaten 4

Penanggulangan hama dan penyakit

Hama yang biasa menyerang tanaman sawo manila adalah lalat buah, kutu hijau, dan kutu coklat. Cara penanggulangannya adalah dengan menyemprotkan insektisida hayati Antolat 5 kali sehari dengan dosis 4 tutup botol per 17 liter air.

Adapun penyakit yang biasanya menyerang adalah jamur upas, jamur jelaga, busuk buah, dan hawar benang putih. Atasi dengan menyemprotkan fungisida hayati Nopatex 5 hari sekali dengan dosis 4 tutup botol per 17 liter air.

 

Pemanenan

Sawo manila termasuk jenis tanaman pohon yang sangat produktif. Pada umur 1 – 2 tahun kita sudah dapat mengharapkan pohon ini berbuah. Buah yang siap panen ditandai dengan warna kekuningan di bawah permukaan kulit yang akan terlihat apabila kulit buah digosok sedikit.

Pohon sawo manila dapat berbuah tanpa mengenal musim. Buahnya enak dikonsumsi langsung, atau diolah menjadi selai, sirup, serta difermentasi menjadi cuka dan anggur.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Sawo Manila Murah online di kota kabupaten 2

Khasiat buah sawo manila

Buah sawo manila memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan zat antiinflamasi atau antiperadangannya mencegah flu dan radang tenggorokan. Antioksidannya mencegah kanker usus.

Buah ini juga mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis. Zat besinya membantu pembentukan sel darah merah sehingga dapat mengatasi anemia. Antibakterinya dapat mengobati diare dan disentri. Kandungan vitamin A yang tinggi dapat mencegah penyakit mata.

Selain itu, buah ini juga bermanfaat mencerahkan kulit serta mencegah penuaan dini.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Sawo Manila Murah online di kota kabupaten 9

Demikian tips menanam dan merawat sawo manila agar cepat berbuah, baik di lahan pekarangan ataupun di dalam pot. Cukup mudah, bukan? Dengan kesabaran dan pantang menyerah, Anda pasti akan berhasil menanam sawo manila dengan kualitas yang memuaskan. Selamat mencoba.

Untuk mendapatkan bibit sawo manila yang baik, Anda dapat menghubungi kami di situs www.samudrabibit.com. Selain bibit sawo manila yang berkualitas dengan harga murah, kami juga menjual bibit tanaman sawo jumbo dan berbagai macam bibit tanaman unggulan lainnya secara grosir maupun secara online.

Jika Anda ingin memastikan sendiri kualitas bibit yang kami jual, silakan mengunjungi kebun pembibitan kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman sawo manila kami.

Incoming search terms:

  • berapa thn berbuah sawo manila
  • sawo manila tidak berbuah

Produk terbaru

Rp 200.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Ajaib (Miracle Fruit)
Harga Rp 200.000 250.000
Anda HematRp 50.000 (20.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Kelapa Kopyor
Harga Rp 150.000 300.000
Anda HematRp 150.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Kedondong
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Mangga Kiojay
Harga Rp 150.000 300.000
Anda HematRp 150.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Srikaya Jumbo
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Cermai
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Nanas Madu
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Mangga Okyong
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman