( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Mengenal Jambu Air Nasi yang Unik dan Cara Budidayanya

Thursday, April 25th 2019.

A. Mengenal Jambu Air Nasi.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.1

Pernahkah Anda mendengar varietas jambu air nasi? Jika belum, sebaiknya Anda segera menambahkan tanaman jenis ini ke dalam koleksi tanaman Anda. Jambu air nasi merupakan salah satu tanaman jenis jambu lokal yang biasa tumbuh di daerah Sumatera dan Kalimantan. Oleh sebab itu tentu sangat memudahkan kita untuk membudidayakannya di daerah lain yang sama-sama memiliki iklim tropis. Tanaman jambu air nasi memiliki nama latin Syzygiu Buxifolium. Jambu air nasi merupakan varian jambu air yang unik.

Tanaman ini masih tergolong langka sehingga jarang ditemukan di pasaran. Warna buahnya putih seperti nasi, kecil, dan bergerombol sangat banyak. Ketika berbuah akan menjadi pemandangan yang indah karena banyaknya buah yang bergerombol di pohonnya. Apabila buahnya sudah matang, tekstur dagingnya mirip dengan jambu bol, yakni empuk dan renyah. Rasa dagingnya sendiri manis sedang dan menyegarkan. Buah jambu air nasi dapat dinikmati langsung ataupun menjadi pendamping buah-buahan lain untuk dijadikan rujak.

Nah, semakin tertarik dengan tanaman jambu air nasi ini? Silakan menyimak terus uraian tentang tanaman jambu air nasi berikut.

B. Karakteristik Jambu Air Nasi.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.2

Tanaman jambu air nasi dicirikan dengan pohonnya yang tidak terlalu tinggi. Cabang-cabang pohonnya tergolong lebih rapat dibandingkan dengan cabang tanaman jenis jambu air pada umumnya. Daun-daun yang melingkupinya biasanya kecil-kecil. Meskipun demikian ada kalanya dapat kita temukan daunnya yang agak lebih lebar. Tanaman jambu air nasi tergolong tanaman tropis yang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, jika mendapatkan sinar matahari sepanjang hari.

Tanaman jambu air nasi dapat tumbuh maksimal di tanah yang gembur dengan tingkat keasaman yang tidak terlalu tinggi. Meskipun tanaman ini membutuhkan kelembapan, tetapi tidak dapat tumbuh dengan baik bila di sekitar akarnya terdapat air yang terlalu menggenang. Ciri yang menonjol dari tanaman jambu air nasi adalah buahnya yang putih dan bergerombol layaknya nasi. Buahnya juga tidak mudah rontok oleh sentuhan angin maupun objek lain. Hal ini menjadikan buahnya tetap awet membentuk gerombol pada tangkai-tangkai buahnya.

C. Pembibitan Jambu Air Nasi.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.3

Pembibitan jambu air nasi dapat dilakukan dengan biji, cangkok, okulasi, sambung pucuk, ataupun stek. Apabila kita hendak melakukan pembibitan jambu air nasi dengan menggunakan biji, maka pilihlah biji yang baik, dalam arti tidak keriput, tidak berjamur, ataupun tidak cacat fisiknya. Lalu kita siapkan wadah persemaian, isi dengan tanah humus dan pupuk kandang yang sudah dijemur agar steril dan disaring supaya tidak ada gumpalan. Kemudian buatlah lubang-lubang tanam dengan jarak 2 – 3 cm dengan kedalaman 1,5 – 2 cm.

Setelah itu masukkan biji jambu air nasi yang sudah disiapkan. Tutup kembali dengan tanah lalu siram air hingga merata. Tunggulah beberapa minggu sampai muncul kecambah. Selama proses ini tetaplah harus dilakukan perawatan, seperti penyiraman jika media semai tampak berkurang kelembapannya, penyiangan jika tumbuh bibit tanaman-tanaman lain yang tidak diinginkan, dan monitoring terhadap hama dan penyakit.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.4

Kecambah yang telah tumbuh dan sudah memiliki akar yang kuat dapat kita pindahkan ke dalam polybag-polybag. Polybag-polybag tersebut sebaiknya diisi dengan media tanam yang terdiri atas tanah humus, sekam, dan pupuk kandang (1 : 1 : 1). Lalu tanamlah kecambah-kecambah tersebut dan rawat hingga ukurannya cukup untuk dijadikan batang bawah. Awasi jika ada tanda-tanda serangan hama dan penyakit, terutama yang proses penularannya melalui tanah dan menyerang akar.

Baca juga :

Adapun selain pembibitan dengan biji, jambu air nasi dapat diperbanyak dengan cara stek, cangkok, okulasi, maupun sambung pucuk. Cara-cara ini lebih banyak digunakan untuk menghasilkan bibit unggul dibandingkan dengan cara biji. Cara cangkok dapat dilakukan bila kita menemukan pohon jambu air nasi yang dianggap berkualitas, baik dari fisik pohonnya maupun buahnya, untuk dijadikan bibit. Caranya, pilih cabang yang sehat, gores permukaan kulitnya sepanjang 7 – 10 cm sampai terlihat bagian kayunya.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.5

Beri hormon pertumbuhan atau ZPT dan diamkan selama 3 hari. Tempelkan media tanam berupa sabut kelapa atau tanah subur yang sudah dikepal di dalam plastik. Bungkus dan ikat pada bagian tengah dan ujung-ujungnya agar media tanam dapat melekat dengan kuat. Rawat hingga akar tumbuh, lalu potong di bawah akar dan tanam. Untuk metode penyetekan, kita dapat memotong cabang pohon jambu air nasi yang berkualitas baik. Caranya dengan memotong cabang tersebut sepanjang 20 – 30 cm.

Rendam dalam larutan air dan hormon pertumbuhan selama 1 – 2 hari. Setelah itu tanam di polybag hingga cukup besar untuk dipindahkan. Cara praktis untuk mendapatkan bibit jambu air nasi dengan membeli di tempat penjualan yang terpercaya. Pilih bibit yang sehat, bebas hama dan penyakit, batangnya lurus dan kokoh, daunnya segar dan rimbun, serta perakarannya normal. Bibit yang dijual umumnya diperbanyak dengan metode okulasi dengan batang atas berasal dari indukan dewasa yang terbukti unggul dan sudah menghasilkan buah dengan kualitas baik.

D. Penanaman Jambu Air Nasi di Lahan atau Pot.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.6

Bibit tanaman jambu air nasi dapat kita tanam di lahan pekarangan rumah atau perkebunan luas maupun di pot. Penanaman bibit jambu air nasi, baik di lahan maupun di pot sama-sama akan menghasilkan buah yang optimal bila kita mampu menanam dan merawat tanaman tersebut secara optimal pula. Apabila kita hendak menanam bibit jambu air nasi di lahan, langkah pertama adalah dengan melakukan pengolahan lahan terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan membersihkan gulma atau tanaman pengganggu di sekitar lahan yang hendak ditanami.

Lalu kita cangkul tanahnya dengan tujuan untuk menggemburkan tanah dan membunuh organisme-organisme merugikan yang tersembunyi di dalam tanah. Buat lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm. Campur tanah bekas galian lubang tanam dengan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1 : 1. Gunakan pupuk yang sudah matang atau terfermentasi dengan baik. Taburkan kapur dolomit ke dalam lubang tanam jika pH tanahnya belum sesuai.

Lubang tanam dan media tanam didiamkan selama 3 – 5 hari agar mikroorganisme pengganggu yang ada di dalam tanah mati. Harap diingat, penanaman sebaiknya dilakukan pada musim hujan ketika ketersediaan air mencukupi karena bibit jambu air nasi memerlukan suplai air yang konsisten. Jangan lupa membuat saluran drainase untuk penanaman di pekarangan karena sekalipun membutuhkan air, akar tanaman ini tidak boleh tergenang. Genangan air dapat membusukkan akar dan meningkatkan risiko serangan penyakit jamur.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.7

Setelah waktu pengistirahatan lubang tanam dan media tanam cukup, penanaman bibit dapat dilakukan. Caranya, kembalikan separuh bagian tanah galian yang sudah dicampur pupuk ke dalam lubang tanam untuk penanaman di pekarangan. Lepaskan bibit dari polybagnya dengan hati-hati agar media semainya tidak pecah sehingga perakarannya utuh. Letakkan bibit tepat di tengah lubang dalam posisi tegak, lalu timbun dengan sisa tanah galian hingga seluruh bagian akar tertutup dengan baik.

Padatkan, pasang ajir untuk membantu tanaman tetap berdiri tegak. Sirami secukupnya. Sementara untuk menanam bibit jambu air nasi ke dalam pot, kita dapat memilih pot yang berukuran besar atau menggunakan drum bekas yang dipotong menjadi dua. Pastikan bagian bawah pot atau drum memiliki lubang drainase yang baik. Sebagai media tanam, campur tanah humus dengan sekam dan pupuk kandang kering dengan perbandingan 1 : 2 : 2. Aduk campuran hingga homogen dan tidak ada lagi bagian-bagian yang menggumpal.

Taburkan pecahan genting atau batu bata di dasar pot. Langkah penanaman di dalam pot lebih kurang sama. Masukkan setengah bagian media tanam ke dalam pot yang dasarnya sudah diberi taburan pecahan genting atau batu bata. Letakkan bibit yang sudah dilepas dari polybag tepat di tengah pot. Masukkan sisa media tanam hingga ketinggian 2 cm di bawah bibir pot. Padatkan, pasang ajir agar tanaman tidak mudah roboh, lalu sirami hingga merata dan sisa air mengalir keluar dari lubang di bawah pot.

E. Perawatan Tanaman Jambu Air Nasi.
Untuk mendapatkan tanaman jambu air nasi yang dapat menghasilkan buah yang berkualitas, diperlukan perawatan dan pemeliharaan yang berkualitas pula. Selama dua tahun pertama, tanaman harus disiangi, disirami, diberi mulsa, dan pupuk lengkap. Penyiraman 1 – 2 kali sehari tergantung cuaca dan kelembapan tanah.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.9

Penyiraman dengan air ledeng perlu didiamkan terlebih dahulu semalaman agar kandungan kaporit dalam air mengendap. Setelah tanaman dewasa (>2 tahun) penyiraman hanya satu kali sehari ketika cuaca panas. Waktu penyiraman pagi dan atau sore hari saat sinar matahari tidak terik. Tiga bulan setelah penanaman, waktunya memberikan pupuk lanjutan yang pertama. Terdiri atas pupuk kandang yang terbuat dari kotoran kandang sebanyak 15 kg per pohon dan pupuk TS 100 – 150 gr.

Baca juga :

Ulangi pemupukan dengan interval 3 bulan sekali sehingga menjadi 4 kali dalam setahun. Pada tahun kedua, tambahkan dengan NPK 15 : 15 : 15 sebanyak 25 gr per pohon/pot.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.20

Tahun ketiga dan seterusnya, tambahan NPK menjadi 100 gr per pohon/pot. Cara pemberian pupuk dengan membuat parit sedalam 10 cm melingkari bagian bawah tajuk tanaman, taburkan pupuk ke dalam parit lalu tutup kembali dengan tanah. Untuk pupuk NPK yang berbentuk padat (tablet), benamkan sedalam 10 cm di sekitar pangkal batang. Untuk memacu pembuahan, tambahkan ZPT jika perlu. Penyemprotan ZPT dimulai setelah tanaman kuat dan sehat (setelah pemupukan lanjutan yang pertama).

Tunda jika cuaca panas. Dosis ZPT 1 cc/1 – 2 liter air, diberikan 2 minggu sekali. Jika tanaman sedang berbuah, pemberian pupuk kandang ditambah menjadi 2 atau 3 kali sebulan karena pada masa ini tanaman memerlukan nutrisi lebih banyak dari biasanya.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.12

Jambu air nasi yang ditanam di pekarangan memerlukan penyiangan dan penggemburan secara rutin untuk menjaga sanitasi kebun dan mencegah perkembangan hama dan penyakit. Penyiangan juga berfungsi agar tidak terjadi perebutan nutrisi yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman. Penggemburan bertujuan untuk mengembalikan kesuburan tanah dan membasmi hama yang bersembunyi di dalam tanah atau bibit penyakit tular tanah.

Untuk jambu air nasi yang ditanam di dalam pot, perawatan yang serupa adalah penggantian media tanam 2 kali dalam setahun. Dengan penggantian tanah, nutrisi bagi tanaman tetap terjaga sekaligus menghilangkan bibit-bibit hama dan penyakit.

F. Hama dan Penyakit pada Tanaman Jambu Air Nasi.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.21

Hama utama jambu air nasi adalah lalat buah dan kutu buah. Penggunaan insektisida seringkali terbukti kurang efektif dan justru menyebabkan hama kebal terhadap insektisida lalu kembali menyerang tanaman. Cara yang paling efektif untuk melindungi buah dari lalat dan kutu adalah dengan membungkus buah sejak masih muda, penggunaan perangkap dengan feromon methyl eugenol, atau perangkap yellow sticky trap. Semprotkan insektisida hanya jika populasi hama terlalu tinggi untuk diatasi dengan cara-cara lain, dosisnya cukup 2 cc/liter air.

Adapun penyakit yang sering dijumpai menyerang tanaman ini adalah jamur. Perbaikan sanitasi dan drainase, pemangkasan dan perampasan, membuang dan memusnahkan bagian-bagian tanaman yang sakit, serta menutup luka bekas pangkasan atau karena sebab-sebab lain dengan parafin atau karbolineum sudah cukup efektif untuk mengatasi penyakit tanaman ini. Seperti halnya insektisida, fungisida (terutama fungisida kimia) hanya diperlukan jika serangan terlalu parah untuk diatasi dengan cara-cara lain yang lebih ramah lingkungan.

G. Pemanenan Buah Jambu Air Nasi.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.15

Tanaman jambu air nasi biasanya akan menghasilkan buah saat usianya mencapai dua tahun atau lebih. Apabila perawatan dan pemeliharaannya optimal, maka buah yang dihasilkannya pun akan optimal. Buah jambu air nasi akan bergerombol di tangkai-tangkai buah. Tanda-tanda buah jambu air nasi mulai matang dan siap dikonsumsi adalah jika warnanya sudah putih merata.

Untuk pemanenan, sebaiknya kita biarkan hingga buah jambu air nasi sudah berwarna putih merata sehingga dapat dikategorikan tua. Kita tidak perlu khawatir buah jambu air nasi yang sudah tua akan jatuh, karena tanaman ini memiliki keistimewaan buahnya tidak mudah jatuh. Setelah terlihat hampir semua buah di gerombolan berwarna putih merata, kita dapat memanennya. Kita dapat mengonsumsinya secara langsung maupun kita campur dengan buah lain untuk dibuat rujak.

Baca juga :

H. Manfaat Buah Jambu Air Nasi bagi Kesehatan.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Air-Nasi-Nasi-Murah-online-di-kota-kabupaten.16

Buah jambu air nasi memang enak dikonsumsi karena rasanya yang menyegarkan. Akan tetapi, buah ini sebenarnya mengandung banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Seperti halnya zat-zat yang terkandung dalam buah jambu air lainnya, buah jambu air nasi ini juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan kalium. Oleh karena itu buah jambu air nasi dapat dijadikan sumber antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain itu, kandungan zat-zat di dalam buah jambu air nasi dapat mencegah dan mengobati penyakit, di antaranya penyakit diabetes dan pencernaan. Makanya buah ini sangat dianjurkan dikonsumsi untuk orang yang menderita penyakit diabetes dan sembelit. Demikian uraian tentang cara pembibitan, penanaman, perawatan, pemanenan, dan manfaat dari buah jambu air nasi. Semoga saja tulisan ini dapat bermanfaat bagi penggemar tanaman buah, khususnya penggemar tanaman buah jambu air.

Untuk memudahkan Anda dalam mengoleksi bibit jambu air nasi, Anda dapat mengakses situs www.samudrabibit.com. Di situs tersebut Anda dapat mengetahui beragam jenis tanaman yang dijual, cara menanam, merawat, hingga bermacam pupuk yang dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan tanaman secara optimal.

Anda dapat membeli berbagai bibit tanaman dan sarana pendukungnya tersebut secara eceran maupun grosir dengan harga yang bersahabat. Apabila Anda memiliki waktu luang, sempatkanlah untuk berkunjung ke kebun kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar. Di lokasi tersebut, Anda dapat melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman jambu air nasi dan tanaman-tanaman lainnya.

Incoming search terms:

  • Jambu unik

Produk terbaru

Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSarung Tangan Serbaguna
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Sawo Jumbo
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 50.000 75.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSamudra Planter Bag Diameter 40 cm / Volume 50 liter
Harga Rp 50.000 75.000
Anda HematRp 25.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 250.000 350.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Jeruk Jari Budha
Harga Rp 250.000 350.000
Anda HematRp 100.000 (28.57%)
Lihat Detail
Rp 400.000 600.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Kelengkeng Merah
Harga Rp 400.000 600.000
Anda HematRp 200.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Apel Manalagi
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Nangka Merah
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 250.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Nanas Medusa
Harga Rp 250.000 300.000
Anda HematRp 50.000 (16.67%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman