( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Panduan Budidaya Sirsak Merah Untuk Pemula

Monday, January 28th 2019.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.1

Sirsak adalah buah-buahan tropis yang bentuk dan rasanya unik serta mengandung banyak khasiat bagi kesehatan. Berasal dari Kepulauan Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan, bentuk unik dari buah ini menyebabkannya memiliki banyak nama di Indonesia. Ada yang menyebutnya durian belanda atau durian betawi, ada pula yang menyebutnya nangka belanda. Dalam bahasa Inggris disebut soursop. Adapun penamaan sirsak berasal dari bahasa Belanda, zuurzak, artinya kantong asam. Sirsak varietas asli memang rasanya sangat asam, tetapi segar.

Rasa asam sirsak yang sangat kuat menjadi penyebab banyak orang kurang menyukai rasanya atau tidak dapat mengonsumsinya karena tidak kuat menahan rasa asam tersebut. Terutama harus dihindari oleh orang yang memiliki penyakit lambung. Oleh karena itu, dikembangkanlah banyak varietas baru dengan variasi rasa yang lebih manis sehingga lebih disukai dan lebih bersahabat dengan lambung. Beberapa contoh varietas sirsak unggulan yang dikembangkan di Indonesia, antara lain, sirsak madu, sirsak ratu, sirsak bali, dan sirsak mandalika.

Sekarang ada satu lagi varietas baru sirsak yang cukup menguntungkan untuk dibudidayakan karena rasa dan khasiatnya, terutama karena masih belum banyak dikenal orang, yaitu sirsak merah. Sirsak merah memiliki keunggulan bukan saja dari penampilannya yang unik, namun juga karena rasanya manis dan ukurannya besar. Khasiatnya bagi kesehatan juga sangat banyak. Sebagaimana tanaman sirsak secara umum, sirsak merah tahan hama dan penyakit sehingga perawatannya tidaklah sulit.

Berikut panduan penanaman dan perawatan sirsak merah untuk pembudidayaan yang dapat Anda ikuti sebagai pemula agar mendapatkan tanaman yang berkualitas, produktivitasnya tinggi, dan cepat berbuah.

1. Klasifikasi sirsak merah

Kingdom         : Plantae

Divisi               : Tracheophyta

Kelas               : Magnoliopsida

Ordo                : Magnoliales

Famili              : Annonaceae

Genus              : Annona

Spesies            : Annona muricata L.

2. Morfologi sirsak merah

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.2

Morfologi sirsak merah secara garis besar sama dengan jenis-jenis sirsak yang lain. Termasuk tanaman berkayu keras dengan kulit batang berwarna coklat, lapisan di bawah kulit berwarna hijau, dan kambiumnya putih. Tinggi pohon mencapai 10 m. Dapat bertahan hidup hingga 20 tahun. Akarnya terdiri atas akar tunggang dan akar serabut. Daunnya bulat oval seperti telur terbalik, sedikit kaku, warnanya hijau muda hingga hijau tua, ujung daun runcing, pinggirannya rata, dan permukaan daun mengilat. Tulang daunnya menyirip.

Bunga sirsak merupakan bunga tunggal (flos simplex) di mana dalam satu bunga terdapat banyak putik atau disebut bunga berpistil majemuk. Bagian-bagian bunga tersusun secara spiral atau terpencar dalam lingkaran (hemicylis). Mahkotanya berjumlah 6 sepalum, terdiri dari 2 lingkaran. Bentuknya hampir segitiga, tebal dan kaku, warnanya kuning keputihan. Setelah tua dan mekar, mahkota akan terlepas dari dasar bunga. Bunga muncul di ketiak daun, cabang, ranting, dan batang.

Umumnya sempurna, tetapi kadang hanya ada bunga jantan atau bunga betina saja dalam satu pohon. Penyerbukannya silang karena biasanya serbuk sari matang lebih dahulu sebelum putik. Buah sirsak merupakan buah sejati berganda atau buah agregat, merupakan kumpulan buah dengan biji tunggal dari satu bunga yang kehilangan batas antarbuah dan membentuk satu buah. Ciri yang membedakan buah sirsak merah dengan jenis-jenis sirsak lainnya adalah daging buahnya berwarna putih kemerahan.

Jika sudah tua, daging buah ini bertekstur lunak/lembek dan berserat. Kulit buah berwarna hijau ketika masih muda dan hijau kemerahan setelah matang. Permukaan kulit berduri sisik halus, strukturnya licin. Bentuk buah lonjong dengan panjang 20 – 30 cm, beratnya mencapai 2 – 2,5 kg per buah. Sirsak merah bijinya sedikit. Bentuknya lonjong pipih berwarna hitam. Ujung tumpul, permukaan halus, mengilat, dan keras. Ukurannya sekitar 16,8 x 9,6 mm. Kadang kala ditemukan biji yang pembentukannya tidak normal sehingga berwarna putih dan tidak berisi.

3. Syarat tumbuh

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.21

Sirsak merah adalah tanaman dataran rendah yang tumbuh optimal pada ketinggian 0 – 500 mdpl, meski masih dapat menoleransi iklim di ketinggian 800 – 1000 mdpl. Dapat tumbuh di tanah berjenis apapun, tetapi yang paling disukai adalah tanah berpasir dan berkapur dengan kandungan organik tinggi. Rata-rata curah hujan yang dibutuhkannya 1500 – 2000 mm/tahun dengan musim kemarau 4 – 6 bulan. Namun masih bisa tumbuh dan berbuah dengan baik di iklim yang lebih kering asalkan air tanahnya dangkal, yaitu kurang dari 150 cm dari permukaan tanah.

Temperatur lingkungan antara 22 – 28oC dengan tingkat kelembapan udara 60 – 80%, pH tanah 5,5 – 7.

4. Pembibitan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.4

Bibit sirsak merah dapat diperoleh dari perbanyakan generatif (biji) ataupun vegetatif (cangkok, sambung pucuk, okulasi/sambung tempel). Pembibitan dari biji murah dan mudah, tetapi hasilnya mungkin menyimpang dari induknya dan masa panen masih harus menunggu waktu lama, sekitar 4 tahun. Namun pohon sirsak yang dikembangbiakkan dengan biji memiliki perakaran yang kuat dan batangnya kokoh sehingga baik sekali digunakan sebagai batang bawah pada perbanyakan okulasi dan sambung pucuk.

Bibit hasil cangkok tumbuh dan berbuah lebih cepat (2 – 3 tahun), sifat-sifatnya pun identik dengan induknya. Sayangnya, perakarannya lemah dan risiko kegagalan tinggi. Teknik sambung atau okulasi lebih rumit, memerlukan keahlian khusus, tetapi kemungkinan berhasil lebih besar. Dengan pemanfaatan batang bawah dari pohon yang diperbanyak dari biji, bibit yang diperbanyak dengan teknik sambung atau okulasi menghasilkan tanaman yang tidak hanya cepat berbuah, tetapi juga perakarannya baik.

Selain itu, dengan teknik ini, dua varietas/jenis unggul yang berbeda dapat disilangkan menjadi varietas baru yang lebih baik. Dalam pembudidayaan, teknik perbanyakan benih dari biji tidak dapat ditinggalkan karena sangat penting untuk suplai bakal batang bawah pada teknik sambung dan okulasi. Biji atau benih dapat diperoleh dengan membeli benih siap tanam dari tempat-tempat penjualan bibit atau mengambil biji dari buah sirsak merah yang sudah matang. Jika membeli benih, jemur dahulu di bawah sinar matahari sebelum ditanam di persemaian.

Jika yang Anda beli adalah buahnya untuk diambil bijinya, rendam biji yang telah Anda kumpulkan ke dalam air hangat selama satu malam. Siapkan nampan atau wadah khusus pembibitan, isi dengan campuran tanah dan kompos. Gunakan tanah yang kering, kompos akan menjaga kelembapan tanah. Alternatif media semai menggunakan campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Masukkan benih/biji ke dalam tanah sedalam 1 – 1,5 cm dengan jarak rapat, tutup lagi dengan media semai.

Jaga kelembapan tanah, namun jangan sampai basah karena pada fase ini, akar tidak tahan air. Kecambah akan muncul dalam 2 minggu hingga satu bulan. Setelah berdaun 4 – 5 helai (5 – 6 minggu), keluarkan benih dari wadah persemaian, pindahkan ke polybag individual. Satu benih untuk satu polybag. Isi polybag dengan tanah dan pupuk kandang, perbandingannya 2 : 1. Susun berjajar di area yang tidak tinggi, di bawah naungan yang tidak terlalu rapat. Hindarkan dari angin kencang.

Baca juga :

Sirami 2 kali sehari, terutama jika tidak ada hujan. Beri 100 cc larutan NPK (10 – 20 gr/10 liter air) tiap 15 hari. 3 – 4 bulan kemudian, bibit siap dipindahtanamkan di kebun, pekarangan, atau pot yang permanen. Teknik sambung dan okulasi memerlukan calon batang bawah dari varietas unggul yang tahan penyakit layu fusarium. Umur batang bawah yang siap disambung sekitar 4 bulan atau sudah memiliki 6 – 8 helai daun, ketinggian ±30 cm ke arah pucuk. Potong pucuknya kemudian belah bagian tengahnya dengan pisau okulasi yang tajam dan bersih.

Daun yang berada di bagian bawah dibiarkan. Entris (batang atas) diambil dari pohon sirsak merah indukan unggul yang sehat, ukuran diameternya sama atau sedikit lebih kecil dari batang bawah. Potong sepanjang 5 cm dengan gunting pangkas yang tajam dan bersih. Dasar atau pangkal entris disayat kedua sisinya menipis ke arah bawah, membentuk ujung yang runcing. Sisipkan di antara belahan pucuk batang bawah. Balut dengan plastik transparan hingga seluruh bagian sambungan tertutup. Ikat bungkus plastik di bagian atas dan bawah sambungan.

Penggunaan plastik transparan sebagai penutup sambungan berfungsi menjaga kelembapan dan mengurangi penguapan. Amati sambungan, jika kambium telah menyatu dengan baik, pembungkus dapat dilepas. Jika teknik sambung dapat menggunakan tiga bagian tunas sekaligus sebagai entris, untuk okulasi hanya satu mata tunas untuk satu sayatan pada batang bawah. Pilih pohon indukan yang unggul untuk diambil mata tunasnya. Sayat kulit batang bawah hingga kambiumnya tampak, hati-hati jangan sampai merusak kambium.

Sayat mata tunas pada pohon indukan untuk entris. Kedua sayatan diusahakan ukurannya sama. Bersihkan mata tunas dari kambium yang mungkin terbawa, tempelkan pada sayatan di batang bawah. Bungkus dengan plastik transparan dan ikat di atas dan di bawah sambungan. Setelah mata tunas dan batang bawah menyatu, bungkus plastik dapat dilepaskan.

Pengambilan entris, baik untuk teknik sambung ataupun okulasi, sebaiknya dilakukan saat entris kering karena air di permukaan entris dapat menjadi tempat tumbuhnya jamur dan bakteri patogen yang akan memengaruhi keberhasilan penyambungan. Entris yang baik kondisinya sehat, tidak cacat, tidak ada hama atau penyakit, segar, mentik tunas sedikit menonjol, tidak dalam keadaan dorman (istirahat tumbuh), dan mudah mengelupas.

Teknik okulasi lebih sulit dilakukan daripada teknik sambung, tetapi dapat menghemat entris dan tidak merusak postur pohon induk. Perawatan bibit meliputi penyiraman minimal 2 hari sekali, pemupukan dengan NPK 1 – 3 gr yang dicampur media tanam per benih 2 minggu sekali, dan penyiangan dari tanaman pengganggu. Bibit sambung/okulasi siap tanam di lahan atau pot permanen ±3 bulan setelah penyambungan.

Cara memperoleh bibit yang lebih praktis, terutama jika Anda bermaksud membudidayakan sirsak merah hanya sebagai hobi atau penghias pekarangan rumah, adalah dengan membeli bibit siap tanam dari tempat-tempat penjualan bibit. Telitilah ketika membeli, pastikan bibit yang Anda pilih sehat, batang dan daunnya tampak segar, perakaran baik, sehat, bebas hama ataupun penyakit, dan umurnya cukup. Biasanya bibit siap tanam yang dijual berasal dari perbanyakan dengan teknik okulasi.

5. Persiapan lahan/tempat penanaman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.5

Setelah Anda mendapatkan lahan yang cocok untuk menanam sirsak merah, lakukan pengolahan lahan. Bersihkan lahan dari tanaman liar dan pengganggu, juga sisa-sisa tanaman yang telah mati. Jika Anda menanam di pekarangan, gemburkan tanah menggunakan cangkul hingga kedalaman 30 cm. Jika areal kebun cukup luas, gemburkan dengan cara dibajak dua kali. Buat lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm dengan jarak tanam 3 x 4 m sampai 5 x 5 m tergantung pada berapa luas lahan dan berapa banyak bibit yang akan Anda tanam.

Campurkan tanah galian dengan 10 – 15 kg pupuk kandang atau kompos yang sudah matang per lubang. Apabila pH tanah belum sesuai, taburkan dolomit atau belerang ke dalam lubang. Diamkan hingga 2 – 4 minggu dalam keadaan terbuka agar mendapat sinar matahari. Penanaman di kebun yang luas dengan jumlah bibit banyak memerlukan pembuatan parit di sekeliling kebun untuk drainase. Untuk penanaman dalam pot, pilih pot berdiameter minimal 40 – 45 cm yang berbahan kuat.

Pastikan pot yang Anda pilih memiliki lubang drainase yang baik. Letakkan pecahan genting atau batu bata di dasar pot setebal 5 cm. Siapkan media tanam berupa campuran tanah, sekam bakar, sekam mentah, dan pupuk kandang. Perbandingannya 1 : 2 : 1 : 1.

6. Penanaman sirsak merah

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.6

Sirsak merah sebaiknya ditanam pada awal musim hujan. Penanaman sirsak merah di tanah kebun/pekarangan maupun dalam pot pada dasarnya sama. Isi lubang tanam atau pot dengan campuran tanah/media tanam yang telah dipersiapkan hingga setengah tinggi lubang/pot. Ambil bibit sirsak merah yang sudah siap tanam, buka polybagnya dengan hati-hati agar media semainya tidak pecah sehingga perakaran tetap utuh. Letakkan tepat di tengah lubang tanam/pot dalam posisi tegak lurus.

Timbun akarnya dengan media tanam/campuran tanah yang masih tersisa. Untuk penanaman di kebun atau pekarangan, timbunan dibuat sedikit tinggi (gundukan) agar air sisa penyiraman dapat langsung mengalir ke drainase. Sedangkan penanaman di pot, akar ditimbun media tanam hingga ketinggian 2 cm di bawah bibir pot. Padatkan tanah di sekeliling batang pokok agar tidak mudah goyah.

Khusus penanaman dalam pot, selesai penanaman letakkan pot di tempat teduh dan sejuk selama satu minggu pertama agar bibit dapat beradaptasi. Setelah satu minggu, pot dapat diletakkan di bawah sinar matahari langsung.

7. Perawatan dan pemeliharaan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.7

Merawat dan memelihara sirsak merah meliputi langkah-langkah penyiraman, penyiangan, penyulaman, pemupukan, pemangkasan, pemberantasan hama dan penyakit, dan mengatasi masalah kegagalan penyerbukan. Penyiraman 2 kali sehari di musim kemarau atau jika tidak ada hujan ketika tanaman masih dalam fase pertumbuhan. Selebihnya, penyiraman cukup satu kali sehari. Penyiangan gulma dan tanaman pengganggu lainnya harus rutin dilakukan untuk menjaga sanitasi kebun dan supaya suplai nutrisi bagi tanaman sirsak merah tidak terganggu.

Penyiangan selalu diikuti tindakan penggemburan tanah. Penyulaman adalah membuang bibit yang mati atau tumbuh tidak normal (kerdil), kemudian diganti dengan bibit yang baru. Tindakan ini hanya boleh dilakukan sampai tanaman berusia 6 minggu setelah penanaman. Lebih dari enam minggu, risiko bagi perkebunan adalah panen buah sirsak merah menjadi tidak seragam. Pemupukan sirsak merah yang ditanam di dalam pot atau lahan pekarangan menggunakan pupuk kandang atau NPK sebulan sekali dengan dosis sesuai anjuran atau petunjuk pemakaian.

Boleh juga menggunakan pupuk organik yang sudah diformulasi khusus untuk tanaman buah dalam pot. Di area pembudidayaan yang lebih luas, pemupukan dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu di awal kemarau dan awal musim hujan. Disarankan menggunakan pupuk organik. Dosisnya adalah 4 ons selama satu tahun pertama, 8 ons untuk tahun kedua, dan 24 ons tiap tahun sesudahnya. Jika ingin menambahkan NPK, berikan dua kali di umur 4 bulan dan 8 bulan.

Cara pemberiannya dengan ditaburkan ke dalam larikan melingkar di sekeliling tanaman dengan jarak 30 cm dari pangkal batang. Setelah pupuk ditaburkan, tutup kembali lubang larikan dengan tanah dan sirami. Pemangkasan sirsak merah meliputi pemangkasan pemeliharaan dan pemangkasan untuk memicu produktivitas. Pemangkasan pemeliharaan dilakukan pada tunas air dan cabang yang tumbuhnya tidak beraturan, juga pada percabangan yang kering atau sakit.

Sedangkan pemangkasan untuk memicu produktivitas dilakukan pada cabang yang diameternya sekitar 1,27 – 1,9 cm. Setelah dipangkas, cabang tersebut dibiarkan tumbuh sepanjang 76,2 cm. Pada saat ini cabang akan mulai menghasilkan tunas baru. Tidak semua bunga sirsak merah akan menjadi buah. Kadang kala terjadi kegagalan penyerbukan. Hal ini menjadi faktor pembatas produktivitas tanaman. Jika persentase kegagalan penyerbukan ini cukup besar, diperlukan campur tangan manusia untuk melakukan penyerbukan secara manual.

Caranya dengan menyapukan serbuk sari ke kepala putik menggunakan kuas yang lembut. Lindungi tanaman dari angin kencang karena angin yang terlalu kencang dapat mengganggu proses penyerbukan dan menyebabkan rontoknya bunga.

Baca juga :

8. Pemberantasan hama dan penyakit

Langkah pemeliharaan sirsak merah ini memerlukan pembahasan tersendiri. Anda perlu mengenali jenis-jenis hama dan penyakit yang biasanya mengganggu produksi sirsak merah agar dapat menanganinya dengan cara yang tepat. Tanaman ini sebenarnya memiliki daya tahan tinggi terhadap hama dan penyakit. Kerusakan yang serius akibat hama dan penyakit pada tanaman sirsak merah lebih banyak terjadi pada buah. Berikut macam-macam hama dan penyakit yang biasa ditemukan pada sirsak merah dan cara penanggulangannya.

Hama

a. Kutu kapas/kutu dompol

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.8

Hama ini menyerang tanaman yang masih muda dan buah. Dapat ditemukan di sela-sela duri buah. Populasi tertinggi terjadi di musim kemarau.

b. Penggerek batang dan buah (Heterographis sp.)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.9

Larva dari hama ini menyerang buah sirsak dengan cara melubanginya hingga bagian empulur dan meninggalkan bekas busuk berwarna hitam dan basah. Kualitas buah jadi menurun. Serangan tertinggi terjadi di daerah beriklim basah.

c. Ulat keket (Meganotron rufescens BTL) dan ulat daun kepala besar (Papilio agamemnon L.)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.10

Kedua jenis hama ini memakan daun-daun muda. Akan tetapi, serangan keduanya tidak terlalu membahayakan atau merugikan bagi tanaman sirsak.

d. Kutu sisik

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.11

Hama ini menyerang bagian-bagian tanaman yang masih muda, termasuk tunas, ranting, daun muda, bunga, dan buah yang masih muda. Mengisap cairan tanaman sehingga pertumbuhannya terhenti.

e. Kutu putih

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.12

Hama ini dapat ditemukan bergerombol pada pangkal daun, buah, bunga, dan permukaan daun bagian bawah. Mengisap cairan pada bagian-bagian tanaman yang diserang sehingga daun dan buah gugur. Kutu ini menghasilkan embun madu, tempat berkembangnya cendawan jelaga. Bagian tanaman yang terkena embun madu ini menjadi hitam.

f. Larva penggerek buah sirsak (Annonaepestis bengalella)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.13

Gejala serangan hama ini adalah pada permukaan kulit buah tampak bercak coklat kehitaman, terdapat tepung gerekan yang membalut buah dan getah cairan yang meleleh bergantungan. Jika buah dibelah akan ditemukan larva yang bersarang di dalamnya.

g. Ulat bagong

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.14

Ulat ini berwarna hijau mengilap, dadanya besar dan bulat menutupi kepala. Menyerang daun muda ataupun yang tua. Pada serangan yang berat, daun bisa habis dan pohon jadi gundul.

h. Ngengat penusuk buah (Cerconata sp.)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.15a

Hama ini menusuk permukaan buah untuk mengambil nutrisinya. Bekas tusukannya menimbulkan bintik-bintik hitam. Inti penanganan hama ini adalah teknik pengendalian hama terpadu. Teknik ini meliputi pencegahan dan pemberantasan. Termasuk menjaga sanitasi kebun dengan rutin melakukan penyiangan, pemangkasan agar tanaman tidak terlalu rimbun sehingga menjadi tempat persembunyian berbagai jenis serangga yang merugikan, dan pemupukan sebagai penambahan nutrisi bagi tanaman agar memiliki daya tahan atas serangan hama.

Langkah pemberantasan ada tiga macam, yaitu cara mekanis, alami, dan kimiawi. Tanaman sirsak sendiri sebenarnya mampu menghasilkan pestisida alami sehingga penggunaan pestisida kimiawi tidak diperlukan, kecuali dalam kasus serangan yang luar biasa. Untuk hama ulat, pemberantasan secara mekanis adalah dengan mengutip ulat dan membunuhnya satu per satu. Sedangkan hama kutu dan ngengat akan menyingkir jika tanaman rutin disirami dengan cara disemprot menggunakan selang bertekanan tinggi.

Buang bagian-bagian tanaman yang diserang hama dan bakar untuk mematikan telur-telurnya. Tindakan penyulaman diperlukan pada tanaman yang mendapat serangan sangat parah agar tidak menyebar ke tanaman lain. Manfaatkan musuh-musuh alami hama-hama di atas, contohnya, lalat predator, semut, dan berbagai jenis laba-laba. Adapun jika cara-cara tersebut masih belum menyelesaikan masalah, cobalah membuat insektisida hayati dengan memanfaatkan bagian dari tanaman sirsak sendiri, yaitu bijinya.

Tumbuk 1 kg biji sirsak hingga halus, rendam dalam larutan heksana selama ±4 hari. Heksana adalah senyawa organik yang terbuat dari karbon dan hidrogen. Senyawa ini bersifat racun jika digunakan dalam jangka panjang, tetapi relatif aman untuk penggunaan jangka pendek dengan dosis rendah. Setelah 4 hari, saring tumbukan biji sirsak dari larutan heksana dan uapkan untuk menghilangkan efek kimia dari larutan heksana. Larutkan dalam 150 ml air yang sudah dicampur cairan pelarut DMSO (dimetil sulfoksida).

Baca juga :

Konsentrasi BMSO 0,0005 liter/1 liter air. Gunakan sarung tangan selama proses pembuatan biopestisida ini karena sekalipun relatif aman, larutan-larutan yang digunakan untuk campuran ini tetap mengandung racun yang dapat diserap kulit. Insektisida hayati lainnya dapat dibuat dari ekstrak daun mimba. Cara yang lebih praktis adalah menggunakan larutan air dan deterjen yang disemprotkan langsung pada bagian-bagian yang diserang. Hindari penyemprotan langsung ke arah buah karena dikhawatirkan racunnya dapat masuk ke dalam daging buah.

Penyakit

a. Antraknosa

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.16

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Colletotrichum gloeosporioides Renz. Cendawan ini menyerang bunga dan bakal buah (buah muda). Tumbuh subur bila kondisi tanah di sekitar tanaman sangat lembap. Produksi buah dapat menyusut sekali karena bunga dan buahnya menjadi busuk dan keriput. Pada tahap lanjutan, penyakit ini juga mengganggu daun, batang, dan proses pematangan buah.

b. Cendawan jelaga

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.17

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Aithaloderma setosum. Daun, ranting, dan buah yang diserang penyakit ini tampak memiliki lapisan hitam yang dapat dikelupas dengan tangan pada musim kering dan mudah sekali terbawa angin. Jika mengenai buah, ukurannya menjadi lebih kecil dan terlambat matang.

c. Busuk coklat batang

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.18

Penyakit yang disebabkan cendawan Cortisium sp. ini menyebabkan busuknya cabang dan membunuh pohon. Batang dan cabang yang diserang tampak berwarna coklat dan membusuk. Secara umum, penyakit-penyakit yang disebabkan oleh cendawan atau jamur ini muncul akibat kelembapan yang sangat tinggi di areal penanaman sirsak merah. Cara penanganannya yang terpenting adalah memperbaiki drainase, mencegah terjadinya genangan air di sekitar tanaman, dan membasmi serangga atau hama yang menjadi vektor penyebaran penyakit.

Buang dan bakar bagian-bagian tanaman yang sakit agar tidak menulari tanaman lain atau bagian-bagian tanaman yang lain. Pemanfaatan agen-agen hayati, seperti Beauveria bassiana, Trichoderma harzianum, dan Gliocladium virens menjadi pilihan yang lebih baik dan sama efektifnya dengan fungisida kimia.

9. Panen dan pascapanen

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.22

Sirsak merah hasil okulasi mulai berbuah pada umur 2 – 3 tahun. Buah dapat dipanen setelah berusia 12 minggu. Ciri-ciri buah matang warna kulitnya berubah dari hijau gelap menjadi hijau kemerahan. Jarak antarduri pada permukaan kulitnya semakin jarang, 2 – 4 buah per cm2. Daging buah sudah berair, kadar gula mencapai 14o brix. Sebaiknya buah dipetik ketika masih agak keras atau kematangan sekitar 80%. Nantinya buah akan melanjutkan proses pematangan di penyimpanan.

Memetik buah ketika sudah sangat matang akan menurunkan kualitas buah karena buah ini sangat lunak sehingga mudah rusak. Buah sirsak merah dapat dipanen 3 kali dalam satu tahun. Agar buah yang sudah dipanen tidak mudah rusak, letakkan dalam keranjang yang sudah diberi alas empuk, misalnya jerami atau gumpalan kertas. Dengan cara ini buah akan terlindung dari benturan yang menyebabkan buah mudah empuk dan busuk. Sirsak merah akan melanjutkan proses pematangan di suhu ruangan.

Oleh karena itu, apabila tidak segera dikonsumsi atau dipasarkan sebaiknya simpan dalam suhu rendah atau dalam lemari pendingin. Jangan simpan terlalu lama karena buah akan menjadi kering dan keriput.

10. Kandungan nutrisi dan khasiat sirsak merah

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Sirsak-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.23

Sirsak dipercaya sebagai tanaman yang mengandung banyak khasiat. Khasiat sirsak terletak pada buah dan daunnya. Begitu pula sirsak merah. Kandungan utama dalam buah ini adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat yang terkandung dalam buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa yang mencapai 80 – 90% dari kandungan gula total. Kandungan lemaknya sangat sedikit, hanya 0,3 gr/100 gr daging buah. Kandungan karbohidrat dan vitamin B1 menjadi sumber energi yang baik dan sehat.

Selain vitamin B1 , sirsak merah juga mengandung vitamin A, B2, dan C. Vitamin A jelas baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin B2 dan serat dapat menyehatkan pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi. Kandungan vitamin C dalam buah sirsak merah cukup tinggi, sekitar 20 mg/100 gr daging buah. Kebutuhan vitamin C harian orang dewasa adalah 60 mg/hari. Artinya, kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi 300 gr daging sirsak merah.

Kandungan vitamin C yang tinggi ini juga berarti buah ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan dapat mengatasi efek buruk dari radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan mencegah kanker. Manfaat lain dari vitamin C adalah mencegah dan mengobati sariawan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Komponen-komponen gizi dan nongizi lainnya yang terkandung dalam sirsak merah, yaitu senyawa fitokimia, zat besi, protein, niacin, serat dan serat pangan, senyawa acetogenin dan muricapentocin, tiamin, riboflavin, fosfor, dan kalsium.

Senyawa acetogenin dan muricapentocin berkhasiat membantu tubuh meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Tiamin memaksimalkan kinerja otak sehingga dapat menekan tingkat depresi dan stress, membantu fokus/konsentrasi, dan meningkatkan produktivitas. Mineral dominannya, yaitu fosfor (27 mg/100 gr) dan kalsium (14 mg/100 gr) sangat penting untuk pertumbuhan massa tulang, membuat tulang lebih kuat, dan menghambat osteoporosis.

Baca juga :

Kandungan riboflavin membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Serat menyehatkan pencernaan dengan cara membersihkan saluran pencernaan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat antisembelit. Khasiat-khasiat lain dari buah sirsak merah adalah membunuh parasit dalam tubuh, membantu menyembuhkan nyeri, melancarkan saluran pernapasan, menjaga kesehatan kulit, menstabilkan kadar gula darah, mengurangi risiko serangan jantung, menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok, dan meningkatkan selera makan.

Sirsak merah sering dijadikan bahan baku obat herbal tradisional untuk menjaga kondisi tubuh tetap stabil, mengobati penyakit kolesterol dan asam urat, dan pengobatan untuk penyakit batu empedu. Bukan hanya buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Daun sirsak sudah dibuktikan efektif membunuh sel jahat penyebab 12 tipe kanker yang berbeda, di antaranya, kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker pankreas.

Terutama mampu membunuh sel kanker prostat, pankreas, dan paru-paru secara efektif. Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dibandingkan adriamycin dan kemoterapi. Terapi kanker dengan daun sirsak aman, efektif, dan alami. Tanpa rasa mual, tanpa penurunan berat badan, dan tanpa kerontokan rambut seperti yang kerap terjadi pada kemoterapi.

Demikian panduan budi daya sirsak merah untuk pemula agar cepat menghasilkan buah yang berkualitas dan memiliki produktivitas yang tinggi. Anda dapat memperoleh bibit sirsak merah yang baik dengan cara menghubungi kami di situs www.samudrabibit.com. Selain bibit sirsak merah yang berkualitas dengan harga murah, kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman unggulan secara grosir dan melayani pembelian secara online.

Kami juga menyediakan pupuk khusus tanaman buah serta aneka produk nutrisi sebagai penunjang keberhasilan Anda dalam berkebun. Silakan mengunjungi kebun kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan sirsak merah kami.

Incoming search terms:

  • Ciri Tanaman sirsak merah 2019
  • pemangkasan bentuk sirsak

Produk terbaru

Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Duku Palembang
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Leci
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Anggur Giovanni
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Vanili
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 200.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Kelengkeng New Kristal
Harga Rp 200.000 300.000
Anda HematRp 100.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Rambutan Garuda
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Palem Merah
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 225.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Hias Daun Monstera
Harga Rp 225.000 300.000
Anda HematRp 75.000 (25.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman