( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Panduan Cara Menanam dan Merawat Belimbing Madu agar Hasilnya Memuaskan bagi Pemula

Saturday, June 23rd 2018.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Belimbing Madu Murah online di kota kabupaten 2

Belimbing madu atau dikenal juga sebagai belimbing demak adalah salah satu jenis buah-buahan tropis yang sangat khas. Buah ini digemari karena rasanya yang asam manis, segar, banyak mengandung air, dan tinggi vitamin C. Sangat baik bagi kesehatan dan dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Membudidayakan tanaman ini tidak sulit. Tetapi, untuk mendapatkan hasil yang optimal tentu memerlukan perawatan khusus. Andaikan Anda memiliki lahan yang cukup luas di pekarangan rumah Anda, berikut langkah-langkah menanam dan merawat belimbing madu agar cepat berbuah dan optimal di lahan Anda.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Belimbing Madu Murah online di kota kabupaten 1

Karakteristik tanaman belimbing madu

Sebelum menanam belimbing madu, perlu Anda ketahui syarat-syarat tumbuh tanaman ini agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Tanaman belimbing madu merupakan tanaman dataran rendah yang tumbuh dengan baik di ketinggian sampai dengan 500 mdpl. Dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan yang curah hujannya rendah.

Curah hujan yang tinggi justru akan berakibat bunganya mudah gugur sehingga gagal berbuah. Sebaiknya ditanam di tempat terbuka dengan intensitas cahaya matahari antara 45 – 50%, meskipun cukup toleran juga jika ditanam di tempat yang teduh.

Media tanamnya adalah tanah yang gembur, subur, kaya akan bahan organik, memiliki drainase dan aerasi yang baik, dengan tingkat keasaman tanah antara 5,5 – 7,5. Kandungan air tanah yang diinginkan berada di kedalaman 50 – 200 m di bawah permukaan tanah.

Pemilihan bibit

Ketika menanam tanaman belimbing madu di rumah sendiri, tentu Anda mengharapkan dapat segera memperoleh hasil yang baik. Oleh karena itu, pilihlah bibit hasil okulasi atau cangkok dengan kriteria tinggi antara 50 – 100 cm saat akan ditanam, dalam kondisi sehat, tidak terkena hama atau penyakit, batangnya utuh atau tidak cacat dan berwarna cokelat, daunnya berwarna hijau mengilap, serta akar tanaman tidak keluar dari polybag.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Belimbing Madu Murah online di kota kabupaten 5

Persiapan lahan tanam

Lahan tanam juga menjadi salah satu penentu keberhasilan budidaya belimbing madu. Pertama-tama, gemburkan lahan yang telah dipilih sebagai lokasi penanaman. Buat lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm.

Jika Anda akan menanam lebih dari satu bibit, beri jarak antarlubang tanam menyesuaikan luas lahan, yaitu antara 50 cm sampai 1 meter. Masukkan 5 kg pupuk kandang untuk setiap lubang tanam. Biarkan selama 1 – 2 minggu sebelum ditanami.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Belimbing Madu Murah online di kota kabupaten 8

Lahan dengan ukuran 50X50X50 cm

Penanaman

Untuk proses penanaman, pilihlah waktu ketika pagi hari sehingga cuaca tidak terik atau panas. Sirami dahulu bibit sebelum ditanam. Lepaskan polybag dengan hati-hati agar media tanam yang melekat pada akar tidak terlepas.

Masukkan bibit ke dalam lubang tanam, pastikan posisinya tegak lurus di tengah-tengah lubang. Tutup lubang tanam dengan tanah galian, lalu padatkan. Agar tanaman tidak mudah roboh pada masa awal pertumbuhannya, ikatkan pada tonggak penyangga (ajir).

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Belimbing Madu Murah online di kota kabupaten 7

Perawatan/pemeliharaan

Sirami tanaman belimbing madu Anda setiap hari, terutama pada awal masa tanam, dengan air bersih minimal satu kali sehari. Apabila tanaman sudah dewasa, Anda tidak perlu lagi sering-sering menyiraminya, kecuali cuaca sangat panas dan kering.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Belimbing Madu Murah online di kota kabupaten 4

Agar tanaman cepat menghasilkan buah dan produktif, mulai tiga bulan setelah penanaman, berikan pupuk NPK. Setelah berumur satu tahun, beri campuran 100 gr urea, 100 gr SP-36, dan 100 gr KCL. Pada usia 2 tahun, tingkatkan dosis pemupukan menjadi 150 gr urea, 100 gr SP-36, dan 150 gr KCL.

Pada tahun ketiga, tingkatkan lagi dosisnya dengan menambahkan 50 gr untuk tiap jenis pupuk. Begitu pula pada tahun keempat. Beri tambahan dosis sebanyak 50 gr untuk tiap jenis pupuk. Setelah tahun kelima, dosis pupuk dikurangi menjadi 75 gr urea dan 150 gr SP-36. Dosis ini untuk diterapkan pada satu tanaman. Cara pemberiannya adalah ditebar pada jarak 10 – 100 cm dari batang pokok.

Baca juga : Ingin mendapatkan hasil panen yang melimpah? SamudraPupuk bisa jadi solusi yang tepat

Seperti juga tanaman-tanaman lainnya, belimbing madu tidak dapat tumbuh baik apabila ada tanaman pengganggu. Rajin-rajinlah menyiangi rumput liar, gulma, dan tanaman pengganggu lainnya di sekitar tanaman belimbing madu Anda minimal 1 – 2 minggu sekali.

Adapun untuk mencegah serangan hama dan penyakit, semprotkan pestisida atau fungisida tiap tiga bulan sekali dengan dosis sesuai anjuran. Jika ada bagian tanaman yang terlanjur terserang hama atau penyakit, segera singkirkan atau buang.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Belimbing Madu Murah online di kota kabupaten 6

Selanjutnya, agar buah yang dihasilkan lebih berkualitas, ketika tanaman mulai menghasilkan buah, lakukan penjarangan. Buang calon-calon buah yang bentuknya tidak sempurna dan terlihat tidak sehat. Sisakan 3 – 4 buah saja untuk tiap tandannya. Bungkus buah dengan plastik atau kertas untuk menghindari serangan hama.

Pemanenan

Anda akan dapat mengharapkan tanaman belimbing madu yang Anda tanam mulai berbunga 4 – 5 tahun setelah penanaman jika kondisi cuaca setempat dan tanah pada lahan yang digunakan mendukung. 65 – 90 hari setelah bunga mekar atau 35 – 60 hari setelah pembungkusan, buah belimbing madu siap dipanen.

Ciri-ciri buah yang siap dipanen adalah ukurannya sudah maksimal dengan warna kekuningan. Setelah dipanen, simpan di tempat yang sejuk untuk menjaga kesegarannya.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Belimbing Madu Murah online di kota kabupaten 10

 

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Belimbing Madu Murah online di kota kabupaten 11

Demikianlah cara menanam dan merawat tanaman belimbing madu di pekarangan agar berbuah dengan cepat dan hasil buahnya pun maksimal. Cukup mudah bukan bagi pemula? Tetapi, bagaimana seandainya Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas? Tidak perlu risau karena Anda dapat pula menanam belimbing madu di dalam pot. Caranya sebagai berikut.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Belimbing Madu Murah online di kota kabupaten 3

Menanam dan merawat belimbing madu di dalam pot

Bagaimanakah cara menanam dan merawat belimbing madu dalam pot hingga hasilnya maksimal? Pertama-tama tentunya memilih bibit yang unggul dan berkualitas. Untuk potnya, pilih yang ukurannya agak besar atau menggunakan drum bekas dengan diameter antara 30 – 60 cm.

Media tanam yang baik adalah yang bersifat ringan, daya serap airnya baik, bebas penyakit, gembur, serta porous. Tepatnya merupakan campuran antara tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Atau bisa juga menggunakan campuran tanah, arang sekam padi, dan humus bambu dengan perbandingan yang sama, yaitu 1 : 1 : 1.

Setelah bibit, pot, dan media tanam siap, segera tanam. Jangan lupa meletakkan pecahan genting atau batu bata pada bagian dasar pot untuk drainase. Masukkan media tanam hingga ½ bagian pot. Lepaskan polybag dari bibit, potong akar bibit yang berlebih.

Letakkan bibit di tengah pot dalam posisi tegak. Timbun kembali dengan media tanam, tetapi jangan sampai terlalu penuh, dan padatkan. Siram dan letakkan pot di tempat teduh sampai 4 – 6 minggu untuk beradaptasi. Setelah itu, pindahkan pot ke tempat terbuka agar tanaman mendapat sinar matahari langsung.

Baca juga : Menanam tanaman buah lebih asik dan exclusive dengan media Planter Bag, mau mencoba?

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Belimbing Madu Murah online di kota kabupaten 12

Untuk perawatannya, jika Anda menggunakan air PAM untuk penyiraman, endapkan dahulu airnya. Jangan langsung digunakan karena kandungan kaporit atau bahan kimia lain yang ada dalam air PAM dapat mengganggu pertumbuhan belimbing madu.

Jaga agar tanaman belimbing madu Anda memiliki proporsi terdiri atas satu batang utama, 3 batang cabang primer, dan 9 cabang sekunder. Lebih dari itu, pangkas. Adapun pemupukan dilakukan setiap 2 bulan sekali dengan pupuk urea cair sebanyak 2 gr per 2 liter air. Dosis ini untuk satu tanaman.

Setelah tanaman belimbing madu Anda berusia sekitar 5 bulan, beri tambahan pupuk NPK dengan dosis 25 gr per pot. Ganti pot dengan yang ukurannya lebih besar apabila akar tanaman mulai muncul ke permukaan.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Matoa Belimbing Madu Murah online di kota kabupaten 9

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, siapapun dapat menanam belimbing madu dengan mudah. Baik di lahan pekarangan yang cukup luas ataupun di dalam pot. Tergantung pilihan Anda, mana yang lebih sesuai. Tidak ada yang sulit jika mau berusaha dan bersabar karena tanaman juga memerlukan perhatian dan kasih sayang.

Demikian pedoman menanam dan merawat belimbing madu bagi pemula. Selamat mencoba.

Bibit belimbing madu yang baik dapat Anda peroleh di kebun kami. Silakan hubungi kami di situs www.samudrabibit.com. Selain bibit yang berkualitas dengan harga murah, kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman unggulan secara grosir dan melayani pembelian secara online.

Anda juga dapat mengunjungi kebun pembibitan kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pemeliharaan tanaman belimbing madu kami.

Incoming search terms:

  • cara rawat belimbing madu
  • jarak tanam belimbing madu

Produk terbaru

Rp 50.000 75.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBenih Pepaya PCJ
Harga Rp 50.000 75.000
Anda HematRp 25.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Sawo Manila
Harga Rp 150.000 300.000
Anda HematRp 150.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Jambu Kristal
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Rambutan Binjai
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Belimbing Bangkok Merah
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPestisida Organik Ramah Lingkungan GigaGreen
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Mahkota Dewa
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPupuk Organik Khusus Tanaman Jeruk
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman