( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Panduan Lengkap Budidaya Nangka Agar Cepat Berbuah Untuk Pemula

Wednesday, January 9th 2019.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Nangka-Murah-online-di-kota-kabupaten.1Tanaman buah nangka merupakan salah satu jenis tanaman buah yang sangat populer di Indonesia. Buah nangka memiliki karakteristik yang khas dengan ukuran buah yang besar, dan berbentuk lonjong, warna daging buahnya kuning merona dengan aroma yang nikmat, tidak kalah dengan buah durian. Buah nangka yang sudah masak dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat juga dibuat menjadi berbagai macam produk kuliner seperti dodol dan kolak.

Tak hanya itu, buah nangka yang masih muda dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan seperti sayur nangka dan gudeg. Di Indonesia, terdapat banyak sekali jenis-jenis buah nangka diantaranya adalah nangka madu, nangka mini dan nangkadak yang masing-masing memiliki kelebihan tersendiri.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Nangka-Murah-online-di-kota-kabupaten.9Bukan hanya buahnya yang bermanfaat, bahkan hampir semua bagian dari tanaman ini dapat bermanfaat bagi kehidupan kita. Biji buah nangka sering diolah menjadi tepung yang digunakan sebagai bahan baku industri makanan. Daun tanaman ini juga dapat digunakan sebagai pakan hewan ternak karena mengandung serat yang tinggi. Tak hanya itu, kayu pohon nangka juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture seperti meja, kayu, dan perkakas rumah tangga.

Dengan banyaknya kelebihan dari tanaman ini, budidaya buah nangka menjadi sebuah peluang bisnis yang begitu menggiurkan. Nah, bagi Anda yang ingin memulai budidaya tanaman nangka, ada baiknnya jika Anda mengetahui cara menanam dan memelihara nangka yang baik dan benar. Hal ini bertujuan agar tanaman nangka dapat tumbuh subur dan cepat berbuah. Berikut ulasannya :

SYARAT TUMBUH

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Nangka-Murah-online-di-kota-kabupaten.21. Iklim

Pohon nangka dapat tumbuh pada daerah dataran rendah dan daerah dataran tinggi mencapai ketinggian 1.300 m dpl. Namun ketinggian tempat yang ideal untuk budidaya nangka adalah 0-800 m dpl. Pohon nangka sangat cocok ditanam pada daerah yang memiliki curah hujan tahunan sekitar 1500-2500 mm. Tanaman nangka sangat membutuhkan sinar matahari untuk membantu proses fotosintesis dan pertumbuhan.

Jika tanaman ini kekurangan sinar matahari, dapat menyebabkan terganggunya proses pembentukan bunga dan buah serta pertumbuhan tanaman. Tempat yang digunakan untuk menanam tanaman nangka sebaiknya memiliki suhu udara sekitar 16-31°C. Kelembaban udara yg tinggi juga diperlukan untuk mengurangi penguapan.

2. Media Tanam

Tanaman nangka dapat ditanam di berbagai macam tipe tanah. Namun, lebih baik jika ditanam pada jenis tanah aluvial, tanah liat berpasir, tanah berlempung. Pohon nangka mampu hidup pada tanah yang memiliki pH rendah (tanah masam). Namun jika menginginkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya ditanam pada tanah yang memiliki pH 6-7. Kedalaman air tanah yg cocok untuk pertumbuhan nangka adalah 1-2 m atau antara 1-2.5 m. Karena perakarannya sangat dalam, maka sebaiknya ditanam pada tanah yang cukup tebal lapisan atasnya (kira-kira 1 m).

BUDIDAYA TANAMAN NANGKA

1. Pemilihan Bibit Unggul

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Nangka-Murah-online-di-kota-kabupaten.3Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam budidaya nangka adalah pemilihan bibit yang berkualitas unggul. Bibit yang digunakan harus berasal dari jenis atau varietas yang unggul (produksi tinggi, buah berkualitas baik, berumur panjang & tahan terhadap hama & penyakit). Pohon nangka yang akan untuk digunakan sebagai indukan sebaiknya memiliki pohon yang kokoh, batang yang kuat, tumbuh tegak dengan percabangan yang banyak serta memiliki daun yang berwarna hijau mengkilat.

Proses pembibitan akan lebih baik jika bibit berasal dari hasil cangkok, okulasi dan stek karena akan menghasilkan tanaman yang memiliki sifat seperti indukannya serta lebih cepat dalam berbuah.

Baca juga :

2. Pengolahan Lahan Tanam

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Nangka-Murah-online-di-kota-kabupaten.4Hal yang perlu diperhatikan dalam pengolahan lahan tanam adalah sebagai berikut :

a. Pembentukan Bedengan

  • Ukuran bedengan yang biasanya digunakan dalam budidaya nangka adalah 5 x1 m atau 10 x 1 m.
  • Bedengan membusur arah utara ke selatan. Pinggiran bedengan diperkuat mengguanakn bambu, batu, atau kayu. Permukaannya ditinggikan 10-15 cm dari atas permukaan tanah dengan jarak antar bedengan adalah 0.45 m.
  • Bedengan diberi naungan menggunakan atap nipah atau sarlom. Bagian yang menghadap ke timur dibuat lebih tinggi daripada bagian yang menghadap ke barat.
  • Di dalam bedengan, disusun kantong plastik yang sudah diisi dengan media tanam dan diberi lubang-lubang kecil di bagian bawahnya. Media tanam yg digunakan adalah campuran tanah, pupuk organik, dan pasir halus dengan perbandingan 2:1:1.

b. Pengapuran

Apabila pH tanah terlalu rendah (tanah asam dan basa), maka perlu dilakukan beberapa upaya agar nangka bisa tumbuh subur dan memberikan hasil yang maksimal. Jika tanah terlalu asam (pH<5) dapat ditambahkan kapur dan jika terlalu basa (pH>7) dapat ditambahkan belerang. Dosis yg dipakai tergantung pada kondisi tanah namun sebagai pedoman sebaiknya 1 kg kapur atau belerang digunakan untuk 1-3 lubang tanam.

c. Pemupukan

Pada lubang tanam, tanah dicampur dengan pupuk kandang sebanyak 20 kg/lubang dan dolomit sebanyak 0,5 kg/lubang (untuk menaikkan pH). Tanah campuran ini dimasukkan kedalam lubang tanam dan dibiarkan 2-3 minggu sebelum penanaman. Seminggu sebelum penanaman berikan juga pupuk NPK (15-15-15) sebanyak 100 gram/lubang tanam.

3. Teknik Penanaman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Nangka-Murah-online-di-kota-kabupaten.5Hal yang perlu diperhatikan saat penanaman bibit nangka adalah sebagai berikut :

a. Penentuan Pola Tanam

Jarak tanam antar tanaman adalah 8-12 m, dalam pola persegi atau segi enam. Pembuatan lubang tanam dibuat dengan ukuran 0,5 x 0,5 x 0,5 m atau 1 x 1 x 0,5 m. Pada saat pembuatan lubang tanam ini, sebaiknya tanah bagian atas dan tanah bagiah bawah dipisahkan. Tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kompos/kandang sebanyak 20 kg/lubang. Lubang tanam yang telah dibuat dibiarkan selama 1-2 minggu agar mendapat sinar matahari sehingga terkosidasi dengan baik.

b. Cara Penanaman

Penanaman bibit nangka sebaiknya dilakukan pada sore hari atau pagi hari pada awal musim penghujan. Bibit ditanam pada lubang tanam yang telah dibuat. Sebelum bibit ditanam, kantong plastik harus dibuang sehingga menyisakan media tanamnya saja. Jika penanaman dilakukan di luar musim penghujan, maka bibit yang telah ditanam perlu dilakukan penyiraman secara teratur.

c. Pembuatan Lubang pada Mulsa

Pemberian mulsa di sekitar pohon nangka sangat perlu untuk dilakukan, terutama pada saat musim kemarau. Hal ini dilakukan untuk menjadga tanah supaya tetap lembab. Pada saat musim penghujan, mulsa sebaiknya dilepas karena dapat mendatangkan serangan jamur.

4. Pemeliharaan Tanaman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Nangka-Murah-online-di-kota-kabupaten.6Pemeliharaan tanaman nangka juga perlu dilakukan agar tanaman dapat tumbuh subur. Dalam pemeliharaannya, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Seperti :

a. Penyulaman

Penyulaman adalah penggantian bibit tanaman yang mati maupun terserang penyakit. Penyulaman dilakukan saat musim penghujan di tahun pertama dan kedua setelah penanaman.

b. Penyiangan

Penyiangan dilakukan dengan membersihkan gulma (tanaman penggangu) yang tumbuh disekitar tanaman nangka. Penyiangan dapat dilakukan secara manual atau menggunakan bahan kimia. Jika menggunakan bahan kimia, sebaiknya dilakukan pada radius 1-2 m dari tanaman nangka.

Bahan kimia yang biasa digunakan untuk penyiangan adalah paracol 1.5 liter yang dilarutkan dengan air sebanyak 600 liter, atau dapat juga menggunakan roundup 2-3 liter yang dilarutkan dengan air sebanyak 800 liter. Penyiangan dilakukan setiap 2 bulan sekali tergantung dengan banyaknya gulma. Penyiangan terus dilakukan hingga tanaman berusia 2-3 tahun.

c. Pemupukan Lanjutan

Pemupukan tanaman nangka dapat menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos setiap 1-3 kali dalam setahun, sebanyak 20 kg/tanaman. Pemberian pupuk anorganik (NPK) juga perlu dilakukan dengan dosis yang berbeda-beda, tergantung pada usia tanaman. Dosis pemberian pupuk anorganik (NPK) dapat dilihat pada tabel berikut.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Nangka-Murah-online-di-kota-kabupaten.12Untuk meningkatkan kualitas tanaman, perlu dilakukan pemupukan tambahan menggunakan pupuk daun untuk merangsang pembentukan daun. Pemberian pupuk daun dilakukan setiap 2 minggu sekali sampai tanaman berumur 17 bulan. Jenis pupuk daun yang disarankan adalah Gandasil D/Bayfolan.

Baca juga :

d. Pengairan & Penyiraman

Tanaman nangka sebaiknya ditanam pada lahan yang memiliki sistem drainase (pengairan) yang baik, karena tanaman ini tidak terlalu suka dengan genangan air. Penyiraman tanaman dilakukan untuk meningkatkan produktivitasnya. Tanaman nangka memiliki sistem perakaran yang dalam, sehingga tidak membutuhkan penggenangan saat musim kemarau. Penyiraman air tambahan dilakukan sampai tanaman berusia 2 tahun.

e. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan pada bagian tanaman yg rusak, tidak produktif dan pada bagian cabang yang terlalu rimbun. Pemangkasan cabang dilakukan untuk merangsang pembungaan, karena bunga betina muncul pada batang utama atau cabang primer. Selain pemangkasan, perangsangan pembungaan dapat dilakukan juga dengan cara melukai, mengebor/mengikat batang tanaman.

f. Pembungkusan Buah.

Buah yang mulai membesar sebaiknya dibungkus menggunakan kantong/kertas semen yang sudah dicelupkan kedalam larutan insektisida. Pembungkusan buah dilakukan untuk mencegah serangan tikus, kelelawar, semut dan serangga lain sehingga diperoleh buah yang memiliki kulit mulus dan cerah.

5. Pemanenan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Nangka-Murah-online-di-kota-kabupaten.7Bibit buah nangka hasil yang berasal dari cangkok maupun okulasi akan mulai menghasilkan buah pada umur 3-4 tahun. Pemanenan dilakukan pada buah yang sudah masak. Buah nangka yang sudah siap panen mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

  • Munculnya bau harum yang khas.
  • Ukuran duri pada kulit nangka sudah mulai membesar.
  • Apabila buah dipukul dengan akan berbuyi nyaring.
  • Kulit buah berubah warna menjadi kuning kehijauan atau kecokelatan.
  • Durinya pada kulit nangka mulai lunak.
  • Jarak satu duri dengan duri lainnya semakin lebar.
  • Kulit buahnya terlihat seperti akan pecah.

Bagi Anda yang ingin memulai budidaya tanaman buah nangka, saat ini sudah banyak dikembangkan bibit pohon nangka yang dapat ditanam didalam pot dan mampu menghasilkan buah lebih cepat (sekitar 2 tahun) seperti nangka madu dan nangka mini. Hal ini tentu saja menjadi kabar baik bagi para pecinta tanaman, karena tidak perlu menunggu terlalu lama untuk dapat menikmati buah nangka.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Nangka-Murah-online-di-kota-kabupaten.8

Demikian Panduan Lengkap Budidaya Nangka Agar Cepat Berbuah Untuk Pemula. Di www.samudrabibit.com, kami juga menyediakan berbagai macam jenis tanaman buah nangka yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman buah unggulan lain secara grosir ataupun eceran dan melayani pembelian secara online. Kami juga menyediakan berbagai macam pupuk tanaman buah dan aneka produk nutrisi sebagai penunjang keberhasilan dalam berkebun. Silakan mengunjungi kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman kami.

Incoming search terms:

  • budidaya tanaman nangka agar cepat berbuah

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman