( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Panduan Lengkap Budidaya Strawberry Agar Tumbuh Sehat Dan Cepat Berbuah

Wednesday, January 2nd 2019.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.8

Strawberry merupakan salah satu jenis buah yang sangat terkenal di seluruh negara, bentuknya yang unik dipadukan dengan rasa manis asam segar menjadi sebuah keunggulan dari buah yang berwarna merah ini. Strawberry dapat dikonsumsi secara langsung jika sudah matang dan dapat juga diolah menjadi sirup, selai, jus,ataupun compote strawberry. Buah yang memiliki nama latin Fragaria ananassa ini, pertama kali ditemukan di negara Chili.

Karena sangat di sukai oleh masyarakat, pada akhirnya tanaman yang satu ini terus berkembang pesat dan akhirnya menyebar ke berbagai negara hingga sampai ke Indonesia. Di Indonesia sendiri, buah strawberry menjadi salah satu buah yang paling banyak dicari masyarakat untuk dikonsumsi. Tak heran jika permintaan pasar untuk buah strawberry selalu meningkat setiap tahunnya. Budidaya tanaman strawberry juga sangat mudah untuk dilakukan dan akan kita bahas lebih lanjut pada artikel ini.

SYARAT PERTUMBUHAN BUAH STRAWBERRY

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.2

Iklim

Tanaman strawberry dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki curah hujan antara 600-700 mm/tahun. Pastikan juga lahan untuk penanaman strawberry mendapatkan sinar matahari setidaknya 8-10 jam setiap harinya. Tanaman strawberry merupakan tanaman subtropis yang dapat tumbuh pada daerah dataran tinggi antara 1000-1500 mdpl dengan temperatur suhu sekitar 17-25 °C. Kelembapan udara yang baik untuk tanaman strawberry berkisar antara 80-90%.

Media Tanam

Media tanam yg digunakan untuk penanaman strawberry adalah tanah liat berpasir, subur, gembur, mengandung banyak bahan organik dengan derajat keasaman tanah (pH tanah) antara 5.4-7.0. Kedalaman air tanah yang disarankan untuk lahan penanaman adalah 50-100 cm dari permukaan tanah.

PANDUAN MUDAH BUDIDAYA TANAMAN BUAH STRAWBERRY

 

Pembibitan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.3

Dalam pembibitan strawberry dapat menggunakan perbanyakan menggunakan biji maupun perbanyakan secara vegetatif menggunakan stolon atau anakan strawberry.

Perbanyakan Dengan Biji

  • Rendam biji strawberry dengan air selama 15 menit, setelah itu tiriskan biji dan dikeringkan dengan cara di angin-anginkan.
  • Buat tempat persemaian menggunakan kotak kayu atau plastik dan diisi dengan campuran pasir, tanah dan pupuk kandang (kompos) dengan perbandingan 1:1:1.
  • Semaikan biji strawberry secara merata di atas tempat persemaian dan tutup dengan tanah tipis.
  • Tutup kotak persemaian menggunakan plastik atau kaca bening dan simpan pada tempat yang memiliki temperatur suhu berkisar antara 18-20 °C.
  • Lakukan penyiraman benih setiap hari dan tunggu sampai benih tumbuh sekitar dua helai daun.
  • Jika sudah tumbuh daun, bibit dapat dipindahkan ke bedeng sapih dengan jarak antar bibit sekitar 2-3 cm. Media tanam yang digunakan pada bedeng sapih sama dengan media yang digunakan untuk tempat persemaian.
  • Naungi juga bedengan dengan plastik bening, dan jangan lupa untuk melakukan pemupukan pada bibit menggunakan pupuk NPK daun secara teratur.
  • Tunggu hingga bibit berukuran sekitar 10 cm dan telah merumpun, jika sudah maka bibit siap untuk dipindahkan ke kebun.

Perbanyakan Dengan Vegetatif

Bibit yang digunakan untuk perbanyakan secara vegetatif  menggunakan stolon atau anakan strawberry. Tanaman induk yang digunakan harus sudah berumur 1-2 tahun, sehat & produktif.  Perbanyakan bibit secara vegetatif adalah sebagai berikut:

Menggunakan Stolon :

Pilih tanaman stawberry yang telah memiliki 2 akar sulur, lalu potong kedua akar sulur ini. Pindahkan akar sulur ke dalam polybag berukuran 18 x 15 cm yang telah diisi campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan (1:1:1) dan tunggu hingga tumbuh. Setelah tingginya sekitar 10 cm dan berdaun rimbun, bibit siap dipindahkan ke kebun.

Baca juga :

Menggunakan Anakan :

Bongkar tanaman strawberry dari tanah dan bagi tanaman induk menjadi beberapa bagian yang setidaknya memiliki 1 anakan. Setiap anakan ditanam pada polybag berukuran 18 x 15 cm yang telah diisi campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan (1:1:1) , lalu simpan di bedeng persemaian beratap plastik bening dan tunggu hingga tumbuh.

Bibit Untuk Budidaya Strawberry di Polybag

Jika ingin melalukan budidaya strawberry di polybag, pembibitan dari benih atau anakan/stolon dilakukan degan cara yang sama, namun menggunakan media tanam berupa campuran gabah padi dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1 dengan ukuran polybang sekitar 30 x 20 cm. Di dalam polybag ini, bibit tidak dipindahkan melainkan dipelihara sampai menghasilkan buah.

Pengolahan Media Tanam

Budidaya di Kebun Tanpa Mulsa Plastik

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.5

  • Olah lahan dengan cara digemburkan menggunakan cangkul sedalam 30-40 cm.
  • Buat bedengan dengan lebar 80 x 100 cm, tinggi 30-40 cm, panjang disesuaikan degan lahan, jarak antar bedengan sekitar 40-60 cm.
  • Taburkan pupuk kandang (kompos) secara merata di permukaan bedengan.
  • Biarkan bedengan selama 15 hari, setelah itu buat lubang tanam degan jarak antar lubang sekitar 30 cm.

Budidaya di Kebun Dengan Mulsa Plastik

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.4

  • Olah lahan dengan cara digemburkan menggunakan cangkul sedalam 30-40 cm.
  • Buat bedengan dengan lebar 80 x 120 cm, tinggi 30-40 cm, panjang disesuaikan degan lahan, jarak antar bedengan sekitar 40-60 cm.
  • Taburkan dan campurkan dengan tanah bedengan 200 kg urea, 250 kg SP-36 dan 100 kg/ha KCl, lalu siram hingga lembab dan biarlam selama 15 hari.
  • Pasang mulsa plastik hitam atau perak menutupi bedengan dan kuatkan ujung mulsa plastik menggunakan bantuan bambu berbentuk U.
  • Setelah itu buat lubang tanam menggunakan kaleng bekas susu kental manis dengan jarak antar lubang sekitar 30 cm.

Teknik Penanaman

  • Siram polybag yang berisi bibit strawberry, lalu keluarkan bibit bersama media tanamnya secara hati-hati.
  • Pindahkan bibit ke lubang tanam dan padatkan tanah yang ada di sekitar pangkal batang.
  • Untuk lahan tanpa mulsa, beri pupuk sebanyak 1/3 dari dosis pupuk anjuran (dosis anjuran 200 kg/ha Urea, 250 kg SP-36 & 150 kg/ha KCl). Pupuk di taburkan dengan jarak sekitar 15 cm dari lubang tanam.
  • Lakukan penyiraman di sekitar pangkal batang sampai lembab.

Pemeliharaan Tanaman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.23

Penyulaman

Penyulaman dilakukan sebelum tanaman berumur 15 hari setelah masa tanam. Penyulaman adalah mengganti tanaman yang mati atau rusak dengan tanaman baru yang masih sehat.

Penyiangan

Penyiangan dilakukan pada lahan tanam strawberry yang menggunakan mulsa plastik maupun yang tidak. Penyiangan dilakukan tergantung dari pertumbuhan gulma, biasanya dilakukan bersama pemupukan susulan.

Perempelan/Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan pada tanaman strawberry yang terlalu rimbun. Pemangkasan dilakukan secara teratur terutama membuang daun-daun yang sudah tua maupun rusak.

Pemupukan

Budidaya buah strawberry tanpa mulsa :

Pemupukan dilakukan 2 bulan setelah masa tanam dengan dosis sebanyak 2/3 dosis anjuran. Pupuk ditaburkan disekitar tanaman lalu ditutup menggunakan tanah.

Pada Budidaya Bauh Strawberry dengan mulsa :

Pemupukan dilakukan jika pertumbuhan tanaman kurang baik menggunakan campuran urea, SP-36 & KCl (1:2:1,5) sebanyak 5 kg dan dilarutkan kedalam 200 liter air. Setiap tanaman disiram dengan 350-500 cc larutan pupuk.

Pengairan dan Penyiraman :

Saat tanaman belum berumur 2 minggu, penyiraman dilakukan setiap 2 kali sehari. Setelah umur tanaman lebih dari 2 minggu, intensitas penyiraman dikurangi dengan syarat tanah tidak mengering.

Pemasangan Mulsa Kering

Mulsa kering dipasang seawal mungkin setelah penanaman strawberry pada lahan yang tidak menggunakan mulsa plastik. Pemasangan mulsa kering dapat menggunakan jerami atau rumput kering yang di letakan di sekitar tanaman.

HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN STRAWBERRY

Hama

Kutu Daun (Chaetosiphon Fragaefolii)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.10

Kutu daun berwarna kuning kemerahan-merahan, ukurannya kecil sekitar 1-2 mm, hidupnya bergerombol di permukaan bawah daun.

Gejala : Pucuk daun keriput, keriting, pembentukan bunga atau buah terhambat.

Pengendalian : Menggunakan insektisida Fastac 15 EC & Confidor 200 LC.

Tungau (Tetranychus sp. & Tarsonemus sp.)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.11

Tungau memiliki ukuran yang sangat kecil, tungau betina berbentuk oval sedangngkan tungau jantan berbentuk segitiga. Warna telurnya berwarnah kemerah-merahan.

Gejala : Daun memiliki bercak kuning sampai coklat, keriting, mengering dan gugur.

Pengendalian : Menggunakan insektisida Omite 570 EC, Mitac 200 EC atau Agrimec 18 EC.

Kumbang Penggerek Batang (O. Sulcatus)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.12

Gejala : Bagian tanaman yang diserang kumbang ini biasanya akan rusak dan berlubang.

Pengendalian : Menggunakan insektisida Decis 2,5 EC, Perfekthion 400 EC atau Curacron 500 EC pada waktu menjelang fase berbunga.

Kutu Putih (Pseudococcus sp.)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.13

Kutu yang satu ini memiliki ukuran yang sangat kecil, berbentuk oval dan berwarna putih.

Gejala : bagian tanaman yg tertutupi kutu putih biasanya terdapat lapisan seperti tepung yang mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal.

Pengendalian : menggunakan insektisida Perfekthion 400 EC atau Decis 2,5 EC.

Nematoda (Aphelenchoides Fragariae atau A. Ritzemabosi)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.14a

Hama yang satu ini biasanya hidup di pangkal batang sampai pucuk tanaman.

Gejala : Tanaman biasanya tumbuh kerdil dengan tangkai daun yang kurus dan kurang berbulu.

Pengendalian : Menggunakan nematisida Trimaton 370 AS, Rugby 10 G atau Nemacur 10 G.

Penyakit

Kapang Kelabu (Botrytis Cinerea)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.15

Gejala : Buah yang terserang penyakit ini akan membusuk dan berwarna coklat lalu mengering.

Pengendalian : Menggunakan fungisida Benlate atau Grosid 50 SD.

Busuk Buah Matang (Colletotrichum Fragariae Brooks)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.16

Gejala : Buah yang sudah matang menjadi sangat berair berwarna coklat muda dan buah dipenuhi spora berwarna merah jambu.

Pengendalian : Menggunakan fungisida berbahan aktif tembaga seperti Kocide 80 AS, Funguran 82 WP, Cupravit OB 21.

Busuk Rizopus (Rhizopus Stolonifer)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.17b

Gejala : Buah menjadi busuk, berair, berwarna coklat muda dan apabila ditekan mengeluarkan cairan yang berwarna keruh. Buah yg terinfeksi juga akan tertutup miselium jamur berwarna putih dan spora hitam.

Pengendalian : Membuang buah yg sakit dan melakukan budidaya strawberry menggunakan mulsa plastik.

Baca juga :

Empulur Merah (Phytophthora Fragariae Hickman)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.18

Gejala : Penyakit ini menyerang akar tanaman strawberry sehingga tanaman tumbuh kerdil, daun tidak segar, bahkan terkadang layu terutama siang hari.

Pengendalian : Dilakukan pengapuran tanah, perbaikan drainase tanah, menggunakan bibit yang sehat, dan membuang tanaman yang terinfeksi.

Daun Gosong (Diplocarpon Earliana atau Marssonina Fragariae)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.19

Gejala : Pada daun terdapat bercak berwarna ungu tua.

Pengendalian : Menggunakan fungisida Dithane M-45 atau Antracol 70 WP.

PANEN BUAH STRAWBERRY

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.20

Tanaman yang berasal dari pembibitan stolon & anakan biasanya akan mulai berbunga ketika berumur 2 bulan setelah masa tanam. Nah, bunga pertama ini sebaiknya dibuang karena memiliki kualitas yang kurang baik. Bunga baru dibiarkan supaya berbuah setelah tanaman berumur 4 bulan. Periode pembungaan dan pembuahan biasanya berlangsung selama 2 tahun tanpa henti.

Ciri Buah Siap Panen

Tekstur buah sudah kenyal dan warna buah didominasi warna merah,hijau kemerahan maupun kuning kemerahan. Buah yang sudah siap untuk dipanen biasanya berumur 2 minggu setelah berbunga atau 10 hari setelah awal pembentukan buah.

Cara Panen

Pemanenan sebaiknya menggunakan alat bantu yang tajam seperti gunting dengan cara memotong bagian tangkai buah, hal ini bertujuan agar tidak merusak buah maupun tanaman. Pemanenan buah strawberry biasanya dapat dilakukan setiap 2 kali dalam seminggu.

PASCA PANEN

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Strawberry-Murah-online-di-kota-kabupaten.21

Buah sebaiknya dikumpulkan dalam suatu wadah dengan hati-hati agar tidak terbentur, simpan wadah di tempat yang teduh atau langsung dibawa ke penampungan. Setelah itu, keluarkan buah dan letakkan diatas lantai beralas terpal atau plastik. Cuci buah menggunakan air mengalir lalu tiriskan di atas rak penyimpanan.

Demikian Panduan Lengkap Budidaya Strawberry Agar Tumbuh Sehat Dan Cepat Berbuah. Di www.samudrabibit.com, kami juga menyediakan berbagai macam jenis tanaman buah strawberry yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman buah unggulan lain secara grosir ataupun eceran dan melayani pembelian secara online. Kami juga menyediakan berbagai macam pupuk tanaman buah dan aneka produk nutrisi sebagai penunjang keberhasilan dalam berkebun. Silakan mengunjungi kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman kami.

Produk terbaru

Rp 20.000 45.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSamudra Plant Pouch 5 Slits
Harga Rp 20.000 45.000
Anda HematRp 25.000 (55.56%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangStrawberry Planter Bag 8 Pockets
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 60.000 100.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangRhizoma Planter Bag
Harga Rp 60.000 100.000
Anda HematRp 40.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Jeruk Monde
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Cokelat / Kakao
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Alpukat TB
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 80.000 125.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Ciplukan
Harga Rp 80.000 125.000
Anda HematRp 45.000 (36.00%)
Lihat Detail
Rp 200.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Kiwi
Harga Rp 200.000 250.000
Anda HematRp 50.000 (20.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman