( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Pembudidayaan Jeruk Dekopon di Kebun dan Tabulampot

Tuesday, November 27th 2018.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-tanaman-Jeruk-Dekopon-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-1

Anda seorang pehobi tanaman unik? Ada satu varian jeruk yang sangat unik dan masih jarang dijumpai. Namanya jeruk dekopon. Varian jeruk asal Jepang ini merupakan persilangan jeruk kiyomi dan jeruk ponka, keduanya merupakan jeruk asal Jepang juga. Jeruk dekopon memiliki bentuk yang sangat unik, yaitu adanya ‘mahkota’ atau benjolan kulit pada tangkai. Ketika matang, warnanya kuning-jingga seperti jeruk sunkist. Tidak hanya bentuknya yang unik, jeruk dekopon juga memiliki bobot super (bobot maksimal mencapai 1,4 kg per buah) dan tanpa biji.

Rasanya sangat manis, bahkan kulitnya pun manis, tidak seperti jeruk pada umumnya yang kulitnya cenderung pahit. Dengan bentuknya yang unik ini, jeruk dekopon sangat cantik dijadikan tanaman hias. Tetapi, tanaman ini juga dapat sangat menguntungkan apabila dibudidayakan karena harga jual bibit dan buahnya yang tinggi.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-tanaman-Jeruk-Dekopon-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-5

Namun, mengingat tanaman ini berasal dari Jepang yang merupakan negara dengan iklim subtropis, apakah mungkin membudidayakan jeruk dekopon di Indonesia yang beriklim tropis? Ternyata bisa dan sudah terbukti berhasil. Contohnya adalah pembudidayaan jeruk dekopon di daerah Paropong dan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Di Paropong, jeruk dekopon dibudidayakan dengan teknik greenhouse, sementara di Ciwidey dibudidayakan dengan sistem tumpangsari bersama tanaman sayuran.

Hasilnya sangat baik dan menjadi ikon baru daerah tersebut. Apakah Anda tertarik turut membudidayakan tanaman ini? Atau hendak menjadikannya tanaman hias dalam pot? Ikuti langkah-langkah berikut.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-tanaman-Jeruk-Dekopon-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-2

Karakteristik jeruk dekopon

Sebagai tanaman yang berasal dari Jepang, jeruk dekopon merupakan tanaman subtropis yang tumbuh subur di suhu dingin antara 20 – 26 derajat Celcius. Membutuhkan sinar matahari penuh sepanjang hari. Di Indonesia, jeruk dekopon dapat tumbuh optimal di dataran tinggi. Berdasarkan penelitian empiris, tanaman ini paling ideal berada di ketinggian antara 700 – 1000 mdpl. Kurang dari 700 mdpl buah yang dihasilkan memang lebih manis, namun berukuran kecil dan kurang produktif. Bentuk dan warnanya juga kurang menarik.

Sementara di ketinggian lebih dari 1000 mdpl tanaman memang lebih produktif dan menghasilkan buah yang cantik dengan ukuran maksimal (> 1 kg), tetapi dari segi rasa kurang memuaskan selera lokal. Sebagaimana jenis-jenis jeruk yang lain, jeruk dekopon menyukai tanah yang gembur, subur, dan porous. Sekalipun lebih menguntungkan apabila dijadikan tanaman perkebunan, namun jeruk dekopon juga dapat dipelihara sebagai tabulampot. Dengan perawatan yang tepat, hasil dari tabulampot juga dapat sebaik penanaman di lahan perkebunan.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-tanaman-Jeruk-Dekopon-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-7

Pembibitan

Oleh karena tidak memiliki biji, pembiakkan jeruk dekopon hanya dilakukan secara vegetatif dengan cangkok dan okulasi atau kultur jaringan. Pembiakkan melalui okulasi lebih banyak dijadikan pilihan karena pembiakkan melalui kultur jaringan sulit dilakukan dan biayanya mahal. Untuk metode okulasi, pertama-tama adalah mencari bibit yang baik untuk indukan. Pilih indukan yang sudah dewasa dan sudah pernah berbuah. Tunas dari indukan yang sudah cukup umur akan menghasilkan buah bermahkota di pangkal buah yang merupakan ciri khas dari jeruk dekopon.

Baca juga :

Untuk penanaman pertama, tentunya Anda perlu membeli bibit. Pilih bibit yang sehat, tidak berpenyakit, daunnya segar, batangnya kokoh, dan cabangnya rindang. Bibit hasil okulasi dari indukan yang baik akan berbuah pada usia 1 – 3 tahun dan produktif pada usia 5 – 6 tahun. Apabila Anda hendak melakukan perbanyakan sendiri, berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan. Pertama-tama, pemilihan waktu okulasi yang tepat adalah 40 bulan setelah indukan ditanam. Potong entres dengan pisau, usahakan agar jalur kambium tidak hancur.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-tanaman-Jeruk-Dekopon-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-6

Pilih batang bawah (jangkrak) dari jenis bibit jeruk apapun yang sifatnya kokoh. Buang semua daun dan rantingnya. Pisahkan tulang dan kulit jangkrak dengan sempurna, hati-hati jangan sampai menghancurkan kambium. Bersihkan entres dari tulang batang dan kotoran. Masukkan mata tunas ke dalam kulit batang jangkrak. Jangan sampai ada kotoran masuk ke dalam kulit jangkrak. Ikat secara penuh semua bagian yang diokulasi. Pengikatan harus sempurna, tidak ada ruang untuk masuknya air atau kotoran.

Pengikatan yang tidak sempurna dapat mengakibatkan pembusukan. Tempatkan bibit jeruk dekopon pada area yang teduh dengan intensitas cahaya matahari sekitar 20 – 30%. Penjelasan di atas adalah langkah-langkah pembibitan secara okulasi. Selain okulasi, tanaman ini juga dapat diperbanyak dengan sistem cangkok. Caranya, kupas kulit cabang dari indukan yang telah berusia lebih dari 3 tahun sepanjang 5 – 8 cm. Kerat kambiumnya hingga bersih, angin-anginkan sampai kering.

Tutup dengan tanah, bungkus dengan plastik atau sabut kelapa. Lubangi plastik untuk drainase. Jaga kelembapan tanah dengan cara menyiram tiap hari. Setelah akarnya tumbuh banyak, potong cabang/ranting tersebut dan bibit sudah dapat ditanam ke tanah. Proses ini memakan waktu sekitar 1 tahun.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-tanaman-Jeruk-Dekopon-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-9

Penanaman

Langkah pertama dalam penanaman bibit jeruk dekopon untuk budi daya di kebun adalah mempersiapkan lahan. Bersihkan dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya, gemburkan dengan cara dicangkul. Buat lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm dengan jarak antarlubang 4 x 4 m. Pilih bibit yang terbaik dengan ciri-ciri batangnya berwarna hijau dan memiliki banyak akar. Tanam bibit dalam lubang tanam tepat di tengah dengan posisi tegak. Pasang ajir atau penyangga bambu agar tanaman tetap tegak.

Apabila Anda memilih pot sebagai tempat penanaman jeruk dekopon, sesuaikan ukuran pot yang Anda pilih dengan tinggi bibit. Siapkan media tanam berupa campuran tanah, sekam, dan pupuk organik dengan perbandingan 3 : 1 : 1. Diamkan campuran tersebut selama 3 – 5 hari agar mikroorganisme yang dapat mengganggu pertumbuhan mati.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-tanaman-Jeruk-Dekopon-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-12

Beri pecahan genting atau bata di dasar pot agar air siraman nantinya dapat langsung mengalir ke luar, tidak menggenang di dalam pot. Masukkan media tanam hingga ½ volume pot. Letakkan bibit tepat di tengah dalam posisi tegak. Masukkan kembali sisa media tanam hingga lebih kurang 2 cm dari bibir pot. Padatkan sedikit agar bibit dapat berdiri dengan kokoh. Siram secukupnya agar tanah lembap. Langkah-langkah penanaman di atas adalah untuk kondisi lahan di ketinggian yang ideal.

Apabila Anda tinggal di dataran rendah, kurang dari 700 mdpl, namun tetap ingin menanam jeruk dekopon, berikut tipsnya. Pilihlah pot berdiameter 60 cm atau kantong tanam berukuran 50 l sebagai tempat penanaman. Media tanamnya berupa campuran tanah, pupuk kandang dari kotoran kambing, dan sekam mentah atau tanah, sekam, kompos, dan arang sekam dengan perbandingan seimbang. Lalu, tanam bibit jeruk dekopon dengan cara yang sama seperti penanaman tabulampot.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-tanaman-Jeruk-Dekopon-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-8

Pemeliharaan

Penyiraman jeruk dekopon tergantung pada kondisi tanah dan umur tanaman. Perhatikan selalu sistem pembuangan air karena tanah yang becek dan tergenang membuat tanaman rentan penyakit. Pada dua minggu pertama setelah penanaman, sebaiknya sirami 1 – 2 kali sehari. Lepas dari waktu tersebut cukup 1 kali sehari atau sesuai kondisi kelembapan. Penanaman dalam pot membutuhkan pengairan 2 – 3 liter per hari. Oleh karena biasanya percabangan jeruk dekopon hasil cangkokan/okulasi sudah baik, maka pemangkasan bentuk tidak terlalu dibutuhkan.

Pemangkasan rutin hanya diperlukan untuk tujuan merangsang keluarnya bunga, mencegah serangan penyakit, merangsang pertumbuhan tunas baru, mengurangi kerimbunan, serta membuang tunas liar atau tunas air dan cabang yang sakit. Sebagaimana tanaman yang lain, jeruk dekopon juga perlu dijaga dari serangan hama dan penyakit agar pertumbuhan dan produktivitasnya tidak terganggu. Apalagi, serangan hama dan penyakit yang berkategori berat dapat berisiko kematian dan gagal panen.

Hama utama jeruk dekopon adalah lalat buah. Kendalikan secara fisis, biologis, mekanis, dan kimiawi. Siangi gulma dan tanaman pengganggu lainnya secara rutin. Jika perlu, semprotkan insektisida organik.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-tanaman-Jeruk-Dekopon-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-11

Pemupukan

Pada tanaman jeruk dekopon yang dibudidayakan di lahan kebun dengan ketinggian ideal, pemupukan perlu dilakukan 3 kali dalam setahun dengan pupuk kandang. Pemupukan pertama dimulai pada musim kemarau (Juni – September). Apabila datang musim hujan (Oktober/November) dan pada bulan Maret – April, tambahkan NPK. Cara pemupukan di kebun adalah dengan menabur pupuk dalam rorakan atau parit kecil yang dibuat melingkar di sekeliling tanaman.

Diameter rorakan disesuaikan dengan lebar tajuk tanaman. Semakin besar tanaman, makin besar pula rorakannya. Berikut dosis pemberian pupuk untuk jeruk dekopon yang dibudidayakan di kebun setelah berumur 1 tahun.

  • Umur 1 tahun berikan pupuk kandang 500 gr, urea 200 gr, SP 36 450 gr, dan KCl 400 gr.
  • Umur 2 tahun berikan pupuk kandang 500 gr, urea 400 gr, SP 36 650 gr, dan KCl 650 gr.
  • Umur 4 tahun berikan pupuk kandang 500 gr, urea 800 gr, SP 36 1 kg, dan KCl 1 kg.
  • Umur 5 – 15 tahun berikan pupuk kandang 500 gr, urea 1 kg, SP 36 550 gr, dan KCl 850 gr.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-tanaman-Jeruk-Dekopon-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-10

Pada penanaman di dalam pot, pupuk kandang diberikan 3 bulan sekali, ditaburkan secara merata pada permukaan tanah. Kemudian, setelah berusia satu tahun, tiap bulan sekali tambahkan 1 sdm urea, 1,5 sdm SP 36, dan 2 sdm KCl. Di atas 2 tahun, dosis terserbut ditambah 2 – 3 kali dan ditabukan di pinggir pot. Khusus untuk tabulampot di dataran rendah dengan media campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam mentah, pemupukan diberikan dengan menyemprotkan NPK berimbang 15 : 15 : 15 sebanyak 2 sdm yang dilarutkan ke dalam 20 liter air seminggu sekali.

Baca juga :

Sesekali berikan pupuk organik cair dengan konsentrasi 10 cc per 20 liter air. Jika media tanamnya terdiri atas tanah, sekam, kompos, dan arang sekam, penambahan pupuk diberikan tiap bulan pada masa vegetatif dan 3 bulan sekali pada masa generatif. Di musim hujan seringkali ditemukan masalah bunga rontok, apabila ini terjadi pada tanaman jeruk dekopon Anda, terutama yang ditanam di dataran rendah, berikan larutan pupuk yang mengandung kalium, potasium, dan nitrat satu minggu sekali. Lanjutkan dengan NPK dan pupuk organik cair 2 minggu sekali.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-tanaman-Jeruk-Dekopon-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-4

Fase berbuah

Bibit yang ditanam di ketinggian ideal pada usia enam bulan setelah penanaman biasanya sudah dapat berbuah, sedangkan yang ditanam di dataran rendah biasanya mulai berbuah pada usia 9 bulan setelah penanaman. Akan tetapi, buah produksi pertama ini sebaiknya dibuang. Pada usia ini, akar dan batang pohon belum cukup tua dan kuat untuk menyangga bobot buah jeruk dekopon yang sangat berat. Buang semua bunga dan buah sebelum tanaman berusia 24 bulan sejak penanaman.

Proses pembungaan hingga pembuahan biasanya memakan waktu selama 5 bulan, lebih lama daripada jenis-jenis jeruk lainnya yang rata-rata hanya memakan waktu 3 bulan. Setelah bunga berubah menjadi bakal buah, untuk menjaga agar kulit buah tetap mulus dan terhindar dari serangan lalat buah, bungkus dengan kain berwarna biru muda.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-tanaman-Jeruk-Dekopon-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-3

Demikian langkah-langkah penanaman dan perawatan jeruk dekopon untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas baik dengan berbagai teknik penanaman sesuai dengan ketersediaan lahan dan tujuan penanaman.

Untuk mendapatkan bibit jeruk dekopon, Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com atau langsung datang ke kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati, Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Selain bibit jeruk dekopon, kami juga menyediakan bibit tanaman jeruk dari berbagai jenis lainnya dan masih banyak lagi pilihan bibit tanaman unggulan lainnya. Di samping penjualan secara online, kami juga menyediakan penjualan secara grosir dengan harga terjangkau.

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman