( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Pembudidayaan Jeruk Sunkist di Kebun dan Rumah

Tuesday, August 28th 2018.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Jeruk Sunkist Langka online murah di kota kabupaten 4

Jeruk sunkist dikenal sebagai varian buah jeruk impor yang berharga tinggi. Hanya dapat dijumpai di supermarket atau toko buah besar. Buah yang biasanya dimanfaatkan sebagai jeruk peras dan olahan berbagai makanan dan minuman ini memiliki rasa asam manis yang khas.

Kandungan vitamin C-nya sangat tinggi sehingga dipercaya baik untuk kesehatan. Harganya yang tinggi mungkin disebabkan buah ini memang belum dibudidayakan di Indonesia. Akan tetapi, sebenarnya dapatkah jeruk sunkist ditanam dan dibudidayakan di Indonesia?

Pada dasarnya, jeruk sunkist adalah tanaman jeruk yang mendapat perlakuan tertentu. Persebarannya cukup luas, tidak hanya di daerah beriklim subtropis, tetapi dapat pula tumbuh dengan baik di daerah tropis.

Tanaman ini juga dapat ditanam di dataran tinggi dan dataran rendah. Hanya saja, ada banyak jenis jeruk sunkist yang masing-masing cocok ditanam di ketinggian tertentu. Misalnya, jenis washington navel dan dumlings seedling cocok ditanam di ketinggian 1000 mdpl.

Untuk ketinggian 800 mdpl yang cocok adalah jenis valencia rate dan pineapple orange atau dikenal dengan sebutan jeruk italia. Adapun yang cocok ditanam di dataran rendah adalah jenis hamlin dan noris yang berkulit tebal dan berwarna hijau. Jenis ini menghasilkan buah jeruk sunkist dengan daging yang berserat, baunya harum, tetapi rasanya agak tawar.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Jeruk Sunkist Langka online murah di kota kabupaten 2

Jadi bukannya tidak mungkin membudidayakan jeruk sunkist di Indonesia. Agar dapat sukses membudidayakan tanaman yang satu ini, berikut langkah-langkahnya.

 

Karakteristik tanaman jeruk sunkist

Sebelum menanam jeruk sunkist, kita perlu mengenal dahulu karakter tanaman ini untuk meminimalisir kegagalan. Pada dasarnya tanaman ini tidak terlalu rewel. Ia dapat hidup di tempat yang curah hujannya hanya 5 bulan dalam setahun, tetapi juga dapat beradaptasi di wilayah yang mengalami hujan sepanjang tahun.

Untuk penanaman di daerah tropis seperti Indonesia, jeruk sunkist memiliki toleransi terhadap suhu terendah 15 derajat celsius dan suhu rata-rata tertinggi antara 25 – 30 derajat celsius.

Suhu yang hangat lebih menguntungkan karena dapat memperlambat proses perubahan warna kulit buah dari hijau ke kuning sehingga memberi kesempatan pada buah untuk membesar secara maksimal sebelum benar-benar matang.

Jenis tanah yang dikehendaki jeruk sunkist adalah jenis tanah lempung berpasir dengan tingkat keasaman atau pH 5 – 6. Kurang dari itu menyebabkan tanaman sulit menyerap unsur hara, sementara lebih dari itu unsur-unsur logam dalam tanah akan terurai yang menyebabkan tanaman tumbuh abnormal. Kedalaman air tanah hendaknya berada pada 50 – 200 cm.

 

Pemilihan bibit

Bibit yang baik untuk budi daya jeruk sunkist adalah bibit hasil okulasi. Bibit jenis ini tingkat produktivitasnya lebih tinggi. Antara 4 – 5 tahun sudah akan berbuah, tergantung pada jenis indukannya.

Oleh karena masih jarang yang membudidayakan, Anda harus mencari bibit di tempat-tempat penjualan bibit yang menyediakan bibit jeruk sunkist. Pilihlah bibit yang bebas hama dan penyakit, daunnya hijau segar tidak layu dan kuning, batangnya kokoh tidak kurus, dan cabangnya rindang. Tinggi antara 30 – 45 cm, umur bibit antara 4 – 5 bulan. Hindari membeli bibit yang sudah berbuah.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Jeruk Sunkist Langka online murah di kota kabupaten

Penanaman di kebun

Sebelum menanam bibit jeruk sunkist, terlebih dahulu tentukan lokasi penanaman. Pilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari penuh tanpa naungan. Olah lahan dengan membersihkannya dari gulma. Cangkul sedalam 25 cm untuk menggemburkan tanah.

Buat lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm dengan jarak tanam untuk pembudidayaan 8 x 8 m. Bagi dua tanah galian, tanah bagian atas yang kehitaman dipisahkan dari tanah bagian bawah.

Biarkan lubang terkena sinar matahari 2 – 4 minggu untuk mematikan bakteri jahat. Masukkan kembali tanah bagian bawah ke dalam lubang tanam, sementara campur tanah bagian atas dengan 1 – 1,5 kg kompos atau pupuk kandang yang terfermentasi dan fosfat atau sekam hingga rata.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Pelangi Murah online di kota kabupaten 12

Ambil bibit, lepaskan dari polybagnya dengan hati-hati dan atur sedemikian rupa agar akar tidak menggumpal tanpa merusak media tanamnya. Letakkan bibit tegak lurus dalam lubang. Tutup kembali lubang dengan tanah bagian atas yang telah diberi campuran hingga rata, padatkan sedikit, beri ajir untuk menopang agar bibit tidak roboh. Sirami secukupnya. Buat parit di sekeliling kebun dan menyilang di tengah kebun untuk menghindari genangan air.

Proses penanaman ini sebaiknya dilakukan pada awal atau akhir musim hujan.

 

Perawatan lanjutan

Jeruk sunkist menghendaki tanah yang lembap, karenanya penyiraman perlu dilakukan secara rutin namun tidak berlebihan. Cukup 1 – 2 kali sehari tergantung tingkat kelembapan lahan dan musim. Rajinlah membersihkan lahan dari gulma dan tanaman pengganggu. Pangkas cabang-cabang yang kering dan tidak perlu.

Agar cepat berbuah dan hasilnya bagus, perlu ditunjang dengan pemupukan yang teratur.

Satu bulan setelah penanaman, beri pupuk dengan komposisi 5 gr urea atau 10 gr ZA atau 5 gr ZK per pohon. Ulangi sebulan sekali hingga 3 kali.

Pemupukan dilakukan saat tanaman sedang tidak memunculkan tunas baru dan tanahnya masih basah.

Cara pemberian pupuk adalah dengan ditanam sedalam 15 – 30 cm pada 4 lubang berjarak 15 – 20 cm dari pusat batang. Sampai umur tiga tahun tiap pohon membutuhkan pupuk dengan komposisi berikut.

  • Umur satu tahun memerlukan pupuk kandang atau kompos sebanyak 3 kaleng minyak ukuran 20 liter, 200 – 300 gr ZA, 50 gr DS, dan 200 gr ZK.
  • Umur dua tahun memerlukan pupuk kandang atau kompos sebanyak 4 kaleng minyak ukuran 20 liter, 200 – 300 gr ZA, 50 gr DS, dan 200 gr ZK.
  • Umur tiga tahun memerlukan pupuk kandang atau kompos sebanyak 6 kaleng minyak ukuran 20 liter, 200 – 450 gr ZA, 75 gr DS, dan 250 gr ZK.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Jeruk Sunkist Langka online murah di kota kabupaten 6

Komposisi di atas adalah dosis untuk satu tahun, dibagi menjadi 3 atau 4 kali pemberian. Setelah tanaman mulai dewasa dan sudah saatnya mulai belajar berbuah, beri hormon perangsang buah 1 bulan sekali agar proses pembuahan terjadi lebih cepat, hasilnya lebih baik, buah lebih padat, rasanya manis, dan lebih segar.

Baca juga :

Penanaman di dalam pot

Selain rasa dan khasiatnya yang dicari, warna kuning-jingga cerah dari jeruk sunkist juga bagus dan membuatnya menarik sebagai tanaman hias. Pohonnya juga tidak terlalu besar, tinggi maksimalnya 100 – 200 cm.

Anda dapat menanamnya dalam pot dan meletakkannya di halaman rumah. Pastikan saja bahwa Anda meletakkan pot jeruk sunkist Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Pilihan pot yang tepat adalah yang bahannya kuat dengan diameter 60 cm.

Jika Anda ingin menanam dalam pot, bisa gunakan SamudraPlanter Bag ini untuk ketahanan hingga 5 tahun, selain tahan lama, Planter Bag juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan pot pada umumnya.

Media tanam meliputi tanah, pupuk kimia, dan pupuk kandang. Sirami 1 kali sehari. Perawatan khusus yang harus dilakukan adalah merotasi tanah tiap 6 bulan sekali untuk menjaga kesuburan.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Jeruk Sunkist Langka online murah di kota kabupaten 5

Penanganan hama dan penyakit

Hama yang sering meyerang jeruk sunkist adalah kutu loncat, kutu daun, ulat peliang daun, tungau, dan penggerek buah. Atasi dengan insektisida hayati 4 – 5 hari sekali sesuai dosis yang dianjurkan.

Adapun penyakit jeruk sunkist, antara lain, CVPD, Tristeza, woody gall (vein enation), blendok, dan embun tepung. Dapat ditanggulangi dengan pemberian fungisida hayati setiap 4 hari sekali dalam dosis yang dianjurkan.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah Jeruk Sunkist Langka online murah di kota kabupaten 3

Demikian langkah-langkah penanaman dan perawatan jeruk sunkist untuk menghasilkan tanaman yang cepat berbuah dan berkualitas baik.

Untuk mendapatkan bibit jeruk sunkist Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com atau langsung datang ke kebun pembibitan kami di Perumahan Bumi Saraswati,  Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Selain bibit jeruk sunkist, kami juga menyediakan bibit tanaman jeruk dari berbagai jenis lainnya dan masih banyak lagi pilihan bibit tanaman unggulan lainnya. Selain penjualan secara online, kami juga menyediakan penjualan secara grosir dengan harga terjangkau.

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman