( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Penanaman dan Perawatan Ceri Vietnam di Rumah Agar Cepat Berbuah

Saturday, November 17th 2018.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Ceri-Vietnam-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-1

Siapa tak kenal buah ceri? Buah mungil dengan cita rasa manis asam ini banyak digunakan untuk mempermanis hidangan, baik kue maupun minuman. Tidak hanya sebagai hiasan, penambahan ceri ke dalam makanan atau minuman juga memberi kombinasi rasa yang nikmat. Ada berbagai jenis ceri, mulai dari beach cherry, barbados cherry, sampai ceri vietnam. Termasuk dalam kategori ceri manis (Prunus avium), ceri vietnam diyakini merupakan turunan dari barbados cherry dengan banyak keunggulan dibandingkan jenis lainnya.

Selain rasanya lebih manis, tanaman ceri vietnam tidak berduri seperti barbados cherry. Bunganya cantik berwarna merah jambu seperti sakura. Cocoklah jika tanaman ini ditanam di dalam pot untuk menghias rumah. Buah ceri memang belum banyak ditemui di pasar-pasar. Alangkah menyenangkan apabila memiliki sendiri tanaman ceri yang tidak hanya indah dipandang, tetapi juga banyak manfaatnya. Bagaimana cara menanam dan merawat ceri vietnam di rumah agar tidak saja membuat rumah makin cantik, tetapi juga cepat berbuah? Ikuti langkah-langkah berikut ini.
Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Ceri-Vietnam-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-2

Karakter dan syarat tumbuh ceri vietnam

Ceri termasuk dalam kategori tanaman perdu yang tumbuhnya tidak terlalu tinggi (1 – 3 m) dan sangat rimbun. Jenis ceri vietnam ini lebih sesuai dengan iklim Indonesia sehingga dapat ditanam pula di dataran rendah atau sedang. Kebutuhan akan sinar matahari sepanjang hari, namun sebaiknya tidak langsung, curah hujan yang dibutuhkan sedang. Bersifat genjah, artinya rajin berbuah. Memiliki ciri fisik yang mirip dengan barbados cherry, namun daunnya lebih tebal dan lonjong serta tangkainya tidak berduri.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Ceri-Vietnam-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-4

Pemilihan bibit

Ceri vietnam dapat diperbanyak melalui biji dan cangkok. Oleh karena pembudidayaannya masih sangat jarang, kebanyakan bibit diperoleh dari cangkok. Lagipula, cara perbanyakan dengan cangkok memiliki keuntungan lebih. Selain karakter tanaman baru akan lebih menyerupai induknya, tanaman ceri yang diperoleh dari sistem perbanyakan ini akan lebih cepat berbuah. Ceri vietnam yang diperbanyak dari biji baru akan berbuah sekitar 3 tahun.

Dengan sistem cangkok, ditambah kondisi lingkungan tempat tumbuhnya yang mendukung, ceri vietnam sudah akan berbuah 1 – 2 tahun setelah penanaman. Bibit sudah siap tanam apabila tingginya sudah sekitar 30 – 50 cm.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Ceri-Vietnam-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-5

Penanaman ceri vietnam

Ceri vietnam dapat ditanam langsung di tanah pekarangan atau di dalam pot. Jika menanam di tanah pekarangan, pastikan bahwa Anda memiliki peneduh. Bersihkan lahan dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Buat lubang tanam berukuran 30 x 30 x 30 cm. Campurkan tanah bekas galiannya dengan kompos atau pupuk kandang sebanyak 1 – 2 kg. Dapat menggunakan campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Isikan kembali campuran tanah ke dalam lubang hingga 2/3 bagian. Istirahatkan selama 3 minggu.

Setelah lahan tanam siap ditanami, ambil bibit. Buka polybagnya dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran dan media bawaannya. Masukkan ke dalam lubang dalam posisi tegak, tepat di tengah lubang. Timbun dengan sisa galian tanah yang sudah dicampuri pupuk. Padatkan tanah dan pasang ajir untuk membantu tanaman tetap berdiri tegak.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Ceri-Vietnam-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-9

Baca juga :

Jika menanam di dalam pot, gunakan pot yang berukuran agak besar, diameternya antara 50 – 60 cm. Tujuannya agar perakaran ceri vietnam lebih leluasa tumbuh. Pastikan pot yang Anda pilih memiliki sistem drainase yang baik. Tempatkan pecahan genting/batu bata atau kerikil di dasar pot untuk menciptakan ruang antara tanah dengan dasar pot sehingga air yang berlebih dapat mengalir keluar dengan baik. Isi pot dengan campuran tanah gembur dan kompos hingga 2/3 bagian.

Lepas polybag bibit dengan hati-hati, lalu letakkan bibit tegak lurus di tengah pot. Timbun kembali dengan sisa campuran tanah dan padatkan. Sirami dengan air secukupnya. Letakkan pot di tempat yang teduh.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Ceri-Vietnam-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-3

Perawatan dan pemeliharaan

Sirami tanaman ceri vietnam Anda 1 kali sehari atau disesuaikan dengan kondisi cuaca. Apabila tanah terlihat sangat kering, tambahkan frekuensi penyiraman. Tetapi apabila curah hujan sangat tinggi, penyiraman tidak diperlukan. Justru tanaman ceri vietnam Anda sangat memerlukan tambahan naungan pada saat seperti ini, terutama ketika mulai berbunga. Curah hujan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan bunga gugur sebelum sempat dibuahi. Bersihkan gulma secara teratur agar tidak menjadi inang tempat tumbuhnya berbagai macam hama dan penyakit.

Agar tanaman tumbuh subur dan sehat, juga cepat berbuah, berikan tambahan nutrisi berupa pemupukan. Berikan NPK daun di masa awal pertumbuhan setidaknya 3 bulan sekali. Ketika menjelang waktu berbunga dan berbuah, berikan pupuk NPK buah satu bulan sekali. Dosis pemberian sesuaikan dengan petunjuk pemakaian. Pemeliharaan lainnya meliputi penyulaman, pemberantasan hama, dan pemangkasan.

Tindakan penyulaman diperlukan apabila ada bagian tanaman yang layu atau mati, kemungkinan karena diserang hama/penyakit atau kekurangan nutrisi.Potong bagian yang rusak tersebut atau jika kerusakan sangat parah, ganti dengan tanaman yang baru. Tindakan pemangkasan diperlukan untuk menjaga ketinggian pohon maksimal 1 meter. Tujuannya untuk mempermudah perawatan dan pemanenan serta mempermanis bentuk tanaman, terutama jika ditanam sebagai tanaman hias.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Ceri-Vietnam-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-6

Baca juga :

Hama yang biasanya menyerang tanaman ceri meliputi berbagai jenis kutu, tungau, ulat, dan wereng. Gunakan cara-cara alami dalam memberantasnya, seperti melalui langkah penyiangan, pemangkasan, dan pemberian pestisida alami atau organik. Gunakan pemberantasan kimiawi hanya jika serangan hama sangat parah. Begitu pula dalam hal penanganan penyakit. Biasanya penyakit yang menyerang berasal dari berbagai jenis jamur yang disebarkan oleh hama-hama vektor. Atasi dengan memberantas vektor penyebaran penyakit dan pemberian fungisida alami/hayati.

Akan tetapi, ada kalanya segala langkah perawatan sudah dilakukan, tetapi tanaman ceri vietnam masih enggan berbuah. Ada beberapa faktor yang dapat memicu kesulitan berbuah ini. Mungkin tanaman memang belum cukup umurnya atau bibit terlalu muda ketika ditanam. Curah hujan yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan tanaman ceri vietnam gagal berbuah akibat gugurnya bunga. Kemungkinan lain adalah kurangnya nutrisi. Jika Anda merasa sudah melakukan semua petunjuk dengan baik dan buah masih belum muncul, cobalah langkah berikut.

Sayat kulit batang utama sepanjang kurang lebih 30 cm. Oleskan zat perangsang buah atau pupuk NPK buah pada bagian kulit yang tersayat. Tutup kembali dengan parafin agar luka sayatan tidak menjadi tempat tumbuhnya bibit penyakit.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Ceri-Vietnam-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-10

Pemanenan

Buah ceri vietnam yang masih muda berwarna merah semburat jingga. Apabila sudah matang warnanya menjadi merah merona. Bentuknya bulat kecil, mirip bentuk hati. Tangkainya panjang. Tiap tangkai dapat menghasilkan 6 – 10 buah. Tekstur dan rasa buah ceri vietnam renyah dan manis asam, seperti belimbing. Petik buah yang sudah benar-benar matang langsung dengan tangan atau menggunakan gunting tanaman. Buah dapat langsung dikonsumsi atau dijadikan berbagai olahan makanan.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Ceri-Vietnam-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-8

Khasiat buah ceri vietnam

Ceri vietnam memiliki kandungan zat antioksidan, antosianin, vitamin A, vitamin C, dan mineral (zat besi, kalsium, magnesium). Kandungan-kandungan tersebut menyebabkan buah ceri vietnam bermanfaat bagi kesehatan, antara lain, mencegah penuaan dini, menambah kekuatan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan mengatasi asam urat. Tidak salah jika Anda memilih ceri vietnam sebagai tanaman buah kesayangan Anda di rumah.

Demikian pedoman menanam dan merawat ceri vietnam di rumah agar cepat berbuah dan berkualitas. Anda dapat memperoleh bibit ceri vietnam yang berkualitas di situs kami  www.samudrabibit.com. Selain bibit ceri vietnam yang berkualitas dengan harga murah, kami juga menjual berbagai macam benih dan bibit tanaman unggulan baik secara grosir maupun secara online.

Kami juga menyediakan berbagai macam pupuk dan nutrisi tanaman buah dan sayuran serta aneka produk penunjang keberhasilan Anda dalam berkebun. Silakan mengunjungi kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman ceri vietnam kami.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Ceri-Vietnam-Langka-online-murah-di-kota-kabupaten-9

Incoming search terms:

  • tips rawat Barbados Cherry

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman