( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Penanaman dan Perawatan Jambu Biji Merah Australia

Thursday, November 22nd 2018.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Biji-Merah-Australia-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-1

Pasti Anda sudah tidak asing dengan jambu biji, begitu pula jambu biji merah yang punya banyak khasiat bagi kesehatan. Berbagai varian jambu biji sudah Anda kenal, mulai dari jambu biji lokal sampai yang disebut jambu bangkok. Tetapi, apakah Anda sudah mengenal jambu biji merah Australia? Varian jambu biji yang satu ini sangat unik. Mulai dari akar, batang, daun, bunga, hingga buah yang sudah matang berwarna merah keunguan. Oleh karena itu, kadang juga disebut jambu ungu.

Rasa buahnya manis dan segar, teksturnya renyah, serta beraroma harum. Daging buahnya tebal, sementara jumlah bijinya relatif sedikit, meskipun ukurannya terbilang kecil. Tanaman ini belum banyak dibudidayakan di Indonesia. Padahal, pohon jambu biji merah Australia ini sangat rajin berbunga dan buahnya susul-menyusul.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Biji-Merah-Australia-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-8

Bahkan dengan pemeliharaan yang minimum sekalipun di daerah tropis sering terjadi panen raya dan panen tambahan yang jumlahnya tidak sedikit. Adapun di daerah subtropis panen setidaknya satu kali dalam setahun dengan bantuan pemupukan sesuai iklim. Tertarikkah Anda untuk membudidayakan tanaman ini atau sekadar menjadikannya tanaman penghias rumah dan koleksi? Apapun tujuan Anda, pastinya menginginkan tanaman yang sehat, produktif, dan cepat berbuah.

Berikut cara penanaman dan perawatan jambu biji merah Australia agar cepat berbuah dan tetap produktif.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Biji-Merah-Australia-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-11

Karakteristik dan syarat tumbuh jambu biji merah Australia

Jambu biji merah Australia merupakan tanaman dataran rendah, namun masih dapat tumbuh hingga ketinggian 1000 mdpl. Suhu ideal di areal lahan tempat penanamannya adalah 30 – 35 derajat Celsius dengan paparan sinar matahari penuh sepanjang hari. Jenis tanah yang disukai adalah tanah berpasir, gembur, banyak mengandung unsur organik, dengan kedalaman air tanah antara 50 – 200 cm. Tingkat keasaman tanah (pH) 4 – 8. Curah hukan optimum tidak kurang dari 2000 mm/tahun atau sekitar 7 – 12 bulan basah. Dapat tumbuh besar hingga 5 – 10 m.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Biji-Merah-Australia-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-9

Pembibitan

Sebagai tanaman berbiji, tentunya jambu biji merah Australia dapat diperbanyak melalui biji. Akan tetapi, dari proses penyemaian hingga bibit siap ditanam memerlukan waktu sekitar 7 – 12 bulan. Itupun mengandung risiko sifat tanaman yang berbeda dengan induknya dan waktu menunggu produksi buah pertama yang lebih lama. Jika Anda menghendaki tanaman jambu biji merah Australia yang cepat berproduksi, pilihlah bibit yang berasal dari perbanyakan okulasi atau sambung tempel.

Bibit dari sambung tempel sudah dapat dipindahtanaman 4 – 5 bulan setelah penempelan dan sudah akan belajar berbuah kurang dari 6 bulan setelah bibit ditanam. Tentunya, pilih bibit yang baik, sehat, bebas hama dan penyakit, dan tampak subur.
Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Biji-Merah-Australia-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-10

Baca juga :

Penanaman dan pemeliharaan di lahan kebun

Untuk tujuan budi daya, tentunya Anda memerlukan lahan yang cukup luas sebagai tempat penanaman bibit jambu biji merah Australia. Pastikan bahwa lahan yang Anda gunakan telah memenuhi syarat tumbuh tanaman ini. Jika belum, tentu diperlukan langkah-langkah persiapan lahan agar sesuai dengan syarat tumbuh jambu biji merah Australia. Misalnya, sudahkah pH tanah sesuai yang diperlukan? Jika pH tanah masih kurang dari ketentuan, berarti diperlukan tindakan pengapuran tanah.

Jika tanah kurang gembur dan unsur organiknya belum memadai, berarti diperlukan tindakan penggemburan dan penambahan nutrisi pada tanah. Gemburkan dengan cangkul dan berikan pupuk kandang/kompos sesuai luas lahan. Bersihkan lahan dari tanaman liar dan sampah. Pastikan pula bahwa lahan Anda memiliki sistem drainase yang baik.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Biji-Merah-Australia-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-2

Setelah lahan siap, buat lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm dengan jarak tanam 4 – 6 meter. Masukkan bibit tepat di tengah lubang dalam posisi tegak, lalu timbun kembali dengan tanah di sekitar pangkal batang. Padatkan agar bibit tidak roboh. Sirami secukupnya.

Pemeliharaan dasar bagi tanaman jambu biji merah Australia meliputi pengairan dan pemupukan tambahan. Sirami 1 – 2 kali sehari, pagi dan sore hari, tergantung pada kondisi tanah. Jika tanah kering, setidaknya sirami 2 kali sehari, tetapi jika tanah masih tampak basah, penyiraman cukup dilakukan satu kali saja sehari. Untuk pemupukan, berikan pupuk daun minimal 1 tahun sekali meliputi 1,65% unsur N, 0,26% unsur P, 1,4% unsur K, 1,25% unsur Ca, dan 0,3% unsur Mg dengan cara ditaburkan dan dibenamkan dalam tanah di sekeliling tajuk tanaman.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Biji-Merah-Australia-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-6

Penanaman dan pemeliharaan di dalam pot

Apabila Anda ingin menanam jambu biji merah Australia, namun tidak memiliki lahan yang luas untuk membudidayakannya atau memang tujuan Anda menanam tanaman ini hanya sebagai tanaman koleksi atau penghias halaman rumah, Anda dapat menanamnya di dalam pot. Pilih pot yang ukurannya cukup besar, antara diameter 60 cm – 1 m. Media tanamnya terdiri atas tanah dan pupuk kandang atau kompos. Jika menggunakan pot berdiameter 60 cm, perbandingan tanah dan pupuk adalah 2 : 1.

Jika menggunakan pot berdiameter 1 m, perbandingan tanah dan pupuk adalah 1 : 1. Pastikan meletakkan pot di tempat yang tidak ternaungi. Sirami satu kali sehari. Beri pupuk NPK daun 1 bulan sekali dan pupuk NPK buah menjelang musim berbuah. Cara pemberian pupuk dengan ditabur dan dibenamkan di sekeliling kanopi atau tajuk. Untuk menjaga agar tanaman tidak tumbuh terlalu besar, lakukan pemangkasan secara rutin.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Biji-Merah-Australia-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-5

Pemangkasan

Pemangkasan pada tanaman jambu biji merah Australia memiliki beberapa tujuan, antara lain, membentuk tajuk yang ideal dan memicu pembungaan. Ada tiga tahapan penting dalam pemangkasan. Pertama, pemangkasan ringan berulang untuk memacu keluarnya pucuk pembungaan agar produksi dapat berlangsung sepanjang tahun. Pohon muda yang subur memiliki cabang-cabang utama yang dapat dibengkokkan ke bawah dan dipangkas untuk merangsang pertumbuhan tunas lateral.

Tahap kedua, pangkas beberapa cabang yang subur pada awal musim berbuah untuk merangsang terbentuknya struktur pohon terbuka. Jika pohon berbuah dengan baik, cabang-cabangnya cepat menjadi dewasa. Ketiga, pemangkasan penggantian pada cabang-cabang yang menggantung hingga tinggal menyisakan ranting-ranting muda.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Biji-Merah-Australia-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-7

Pembungaan dan pembuahan

Jambu biji merah Australia hasil pembibitan melalui okulasi sudah akan belajar berbuah pada usia 6 bulan sesudah penanaman dan memasuki usia produktif pada usia 1 – 2 tahun. Pembungaan terjadi pada pucuk ranting yang baru muncul, pola pembuahan sesuai dengan pola pertumbuhan serentak daun-daunnya. Umumnya, pucuk lateral menghasilkan 2 – 6 kuntum bunga. Agar hasil buahnya maksimal, lakukan penjarangan dengan mempertahankan hanya 1 – 2 buah pada tiap pucuk.

Bungkus buah yang masih muda untuk menghindari serangan lalat buah menggunakan kantung kertas. Dari pembungaan sampai dengan panen memakan waktu sekitar 14 – 20 minggu. Panen ketika buah masih hijau untuk mencegah pembusukan.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Biji-Merah-Australia-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-4

Pemeliharaan pascapanen

Setelah panen, diperlukan tindakan penatalaksanaan. Tujuannya, selain untuk memaksimalkan panen, juga memapankan pembuahan kurang dari 1 tahun. Caranya dengan memangkas dan merompes tanaman setelah panen untuk merangsang munculnya daun secara serentak yang akan menghasilkan buah pada musim berikutnya. Daur pertumbuhan yang ideal adalah 7 – 9 bulan. Pengairan selama musim kering dan pemangkasan ringan yang berulang akan memicu keluarnya pucuk pembungaan hingga produksi dapat berlangsung sepanjang tahun.

Baca juga :

Apabila panen diatur berdasarkan suatu daur tertentu, dosis pemupukan diberikan sebagian besar sebagai pupuk dasar yang disebarkan pada akhir masa panen. Jika perlu, tambahkan NPK daun. Tetapi, jika pemanenan dilakukan terus-menerus sepanjang tahun, dosis pupuk dibagi menjadi beberapa dosis kecil. Apabila tanaman tidak berbuah atau mogok berbuah akibat tanah yang kurang subur atau kekurangan zat-zat makro, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, berikan pupuk berkadar PK tinggi.

Larutkan dalam air, lalu siramkan langsung pada tanaman. Jika diperlukan, tambahkan hormon perangsang bunga. Tindakan alternatif lain adalah melakukan stress air. Kekurangan air dapat memicu pembungaan. Tunggu sampai tanaman jambu biji merah Australia Anda tidak memiliki pupus daun muda, hentikan penyiraman selama 2 – 3 hari. Setelah tanaman terlihat layu, sirami sebanyak-banyaknya. Ulangi lagi langkah ini apabila bunga belum juga muncul.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Biji-Merah-Australia-Langka-Murah-online-di-kota-kabupaten-3

Demikian langkah-langkah menanam dan merawat jambu biji merah Australia di kebun atau dalam pot. Semoga dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memperoleh tanaman jambu biji merah Australia yang hasilnya memuaskan.

Bibit jambu biji merah Australia yang berkualitas dapat Anda peroleh di kebun pembibitan kami. Silakan hubungi kami di situs www.samudrabibit.com. Kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman jambu lainnya, seperti jambu merah tanpa biji, jambu biji variegata, jambu air nasi, jambu air bojong leang, jambu air bol jamaika, jambu air susu, jambu air citra, jambu kristal, dan jambu air madu deli hijau.

Anda dapat membeli bibit secara satuan atau grosir. Kami juga melayani pembelian secara online. Anda juga dapat mengunjungi kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman jambu kami.

Incoming search terms:

  • cara merawat jambu biji merah
  • pohon kecil berbiji bunga merah

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman