( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Kelengkeng

Friday, December 21st 2018.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelengkeng-Murah-online-di-kota-kabupaten.1

Kelengkeng adalah tanaman buah perdu yang dapat tumbuh didataran rendah antara 200-600 mdpl dengan iklim basah. Pada umumnya, tanaman kelengkeng memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan hama dan penyakit. Meskipun demikian, masih ada juga hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman kelengkeng. Nah berikut ini jenis hama dan penyakit pada tanaman kelengkeng dan cara pengendaliannya :

Hama Pada Tanaman Kelengkeng :

Kelelawar

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelengkeng-Murah-online-di-kota-kabupaten.H1

Kelelawar adalah salah satu hama penting pada pertanaman kelengkeng. Kelelawar menyerang dan memakan buah kelengkeng baik yang sudah masak maupun yang masih muda.  Kelelawar aktif saat malam hari, hal ini membuat pengendalianya cukup sulit. Setelah dimakan kelekawar, buah kelengkeng sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Kelelawar biasanya akan mengambil buah kelengkeng dan dibawa pergi ke tempat lain untuk di makan.

Kelelawar hanya akan mengunyah buah untuk diambil airnya, sedangkan serat-serat dan bijinya akan dibuang begitu saja setelah sari buahnya diambil. Pengendalian hama yang efektif untuk hama ini adalah melalui pencegahan yaitu dengan pembungkusan buah saat buah masih kecil.

Dengan cara ini kelelawar tidak akan bisa mengambil buah kelengkeng yang ada di pohon. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan pengalihan aroma, kelengkeng memiliki aroma buah yang tajam dan khas yang dapat di cium oleh kelelawar. Pengalihan aroma ini menggunakan bahan yang berbau lebih tajam agar kelelawar tidak mencium bau dari buah kelengkeng budidaya. Bahan yang biasa digunakan adalah terasi atau ikan asin. Bahan tersebut ditempatkan dibeberapa titik di sekitar pertanaman kelengkeng.

Penggerek Batang (Zeuzera coffeae Neitner)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelengkeng-Murah-online-di-kota-kabupaten.H2

Penggerek batang adalah sebutan bagi hama yang menyerang masuk kedalah batang tanaman. Hama ini berbentuk larva, serangan hama ini dimulai ketika ngenggat dewasa bertelur di kulit batang tanaman kelengkeng, setelah menetas larva akan mengebor batang tanaman kemudian masuk kedalam dan hidup disana. Karena terdapat banyak lubang didalam pohon menyebabkan transportasi unsur hara dan air dari akar ke bagian atas terganggu. Akibat serangan hama ini batang diatas gerekan akan kering dan kemudian mati.

Pada serangan yang berat, batang dan cabang yang terserang akan mudah mati dan patah jika tertiup angin. Ciri serangan hama ini adalah terdapat kotoran dan cairan kemerahan disekitar lubang gerekan. Pengendalianya menggunakan insektisida sistemik dengan bahan aktif karbofuran atau fipronil.

Penghisap Buah (Tessaratoma javanica)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelengkeng-Murah-online-di-kota-kabupaten.H3

Serangga ini dikenal dengan nama lain stink bug karena hewan ini dapat mengeluarkan bau busuk saat terancam. Hama ini merusak tanaman pada saat fase pembungaan dengan cara merusak bunga-bunga yang muncul. Kumbang dewasa biasanya berada disekitaran bunga, buah muda dan terakhir hama ini akan berkembang dibagian batang atas kelengkeng. Metode pengendalianya adalah dengan membuang telur dari serangga ini, pestisida yang dilaporkan mampu mengendalikan serangan hama ini adalah pestisida dengan bahan aktif azodrine. Pengendalian hayati dengan musuh lamai yang berupa Anastatus sp., Micropanurus sp., dan Eupelmid sp.

Aphids

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelengkeng-Murah-online-di-kota-kabupaten.H4

Kutu daun mudah ditemukan dibawah permukaan daun, karena hama ini tidak menyukai terik matahari sehingga mereka bersembunyi dibawah daun. Kutu daun menyerang bagian daun muda atau pucuk daun sehingga daun menjadi keriting dan terlipat. Kutu daun ini menghisap cairan dalam daun menggunakan mulutnya yang seperti jarum. Selain merugikan tanaman secara langsung, kutu daun juga menjadi vektor pembawa berbagai penyakit yang menyerang Kelengkeng.

Pengendalianya dengan mengurangi pemberian pupuk N pada tanaman. Dengan insektisida kimia yang berbahan aktif antara lain monokrotophos, profenofos, methidathion,malathion,phosphamidon dll secara spot spray pada tunas-tunas yang terserang. Pengendalian menggunakan pestisida nabati daun tembakau dilaporkan efektif untuk pengendalian hama ini

Baca Juga :

Lalat buah

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelengkeng-Murah-online-di-kota-kabupaten.H5

Lalat buah menyebabkan buah kelengkeng menjadi busuk. Lalat buah menempatkan telurnya didalam buah kelengkeng dengan cara menusukan ovopositornya kedalam buah. Selanjutnya telur akan menetas menjadi larva-larva kecil yang akan memakan daging buah dari dalam, hal inilah yang menyebabkan buah busuk. Gejala serangan yang dapat diamati adalah titik hitam bekas tusukan pada buah, pengendalianya adalah membuang buah yang sudah terserang karena sudah tidak bisa terselamatkan lagi, pembungkusan buah dan pemasangan feromon trap.

Kutu putih

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelengkeng-Murah-online-di-kota-kabupaten.H6

Kutu ini memiliki ciri tubuh berwarna putih dan biasanya terdapat tepung-tepung putih disekitar area hidupnya. Hama ini dapat ditemukan diseluruh bagian tanaman seperti daun baik muda maupun tua, buah, bunga, hingga cabang-cabang muda. Gejala serangan hama ini adaah klorosis, daun menjadi layu mengeriting, buah burik. Hama ini juga menjadi vektor berbagai penyakit. Pengendalian hama ini cukup sulit karena penyemprotan pestisida tidak efektif akibat adanya lapisan lilin yang menyelimuti tubuh hewan ini.

Untuk menghilangkan lapisan lilin ini, anda harus menyemprotnya dengan larutan deterjen baru setelah itu penyemprotan pestisida kontak dapat dilakukan

Penyakit Pada Tanaman Kelengkeng :

Jamur Upas (Corticium salmonicolor)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelengkeng-Murah-online-di-kota-kabupaten.P1

Penyakit ini adalah salah satu penyakit berbahaya bagi tanaman dan sangat ditakuti oleh petani berbagai tanaman seperti Karet, coklat, kopi, teh, dan cengkeh. Selain tanaman tersebut pathogen ini juga menyerang berbagai tanaman buah yang lain termasuk kelengkeng.  Penyakit ini dapat menyebabkan kematian tanaman dan sangat mudah menular ketanaman lain disekitarnya.

Gejala infeksi pathogen ini dimulai dengan adanya semacam benang putih seperti jaring laba-laba pada batang yang terserang, setelah itu jaring putih tersebut akan berubah menjadi kerak berwarna merah jambu yang akan membusukan jaringan batang dibawahnya, cabang atau batang yang membusuk akan mudah patah yang selanjutnya infeksi dapat menyebar keseluruh bagian tanaman. Spora yang terbentuk dapat menyebar ke tanaman lain melalui angin, serangga maupun percikan air.

Pengendalian serangan pathogen ini adalah pengamatan intensif pada tanaman yang terserang, pemangkasan batang yang terserang kemudian membakarnya. Fungisida yang dianjurkan adalah yang memiliki kandungan bahan aktif copper.

Akar Putih (Rigidoporus lignosus)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelengkeng-Murah-online-di-kota-kabupaten.P6

Selain penyakit jamur upas, penyakit berbahaya lain yang dapar menyerang tanaman kelengkeng adalah penyakit akar putih. Penyakit ini disebabkan oleh pathogen Rigidoporus lignosus, jamur ini menyerang akar tanaman dan menghambat transportasi unsur hara. Gejala serangan pathogen ini dapat dilihat dari perubahan daun yang ada, daun-daun akan berubah berwarna kusam, dan terlihat lebih tebal. Selanjutnya daun akan menguning dan rontok kemudian diikuti oleh kematian ranting-ranting pohon.

Baca Juga :

Pohon lama kelamaan akan roboh karena akarnya membusuk sehingga tanaman tidak memiliki cengkeraman. Ciri khas dari jamur ini adalah ketika akar dibuka akan terlihar benang-benang putih seperti jala yang menempel pada akar. Serangan lanjut menyebabkan jamur membentuk badan buah yang seperti lempengan berwarna coklat menempel pada batang bagian bawah. Badah buah ini membawa spora yang dapat menyebar jika terkena angin maupun air.

Pohon yang ditanam disekitar daerah tersebut masih dapat terserang walaupun tanaman terserang sudah tercabut. Hifa dan spora dapat bertahan bertahun-tahun ditanah. Pengendalian yang dapat dilakukan adalah membuat parit galian disekeliling tanaman terserang untuk memotong persebaran jamur didalam tanah agar tidak menyebar ke tanaman lain. Jika serangan berat sebaiknya tanaman di cabut dan tanah disekitar pertanaman dibuang kemudian taburkan antagonis Trichoderma harzianum kedalam lubang.

Akar Hitam (Rosellina bunodes)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelengkeng-Murah-online-di-kota-kabupaten.P3

Jamur ini juga menyerang akar tanaman, gejalanya adalah daun yang kusam berwarna hijau kekuningan, dan menggantung. Tahap selanjutnya seluruh daun akan layu secara serempak dan akhirnya mengering. Identifikasi jamur ini dengan melihat akar tanaman apakan terlihat adanya ttitik-titik hitam dan juga kerak yang terbuat dari tanah yang melekat. Kayu akar juga akan mengalami busuk kering dan lunak.

Pengendaliannya sama dengan jamur akar hitam yaitu mengambil tanaman yang terserang beserta tanahnya untuk dibuang atau dibakar. Kemudian lubang ditabur dengan T. Harzianum dosis 200gr/lubang

Bercak Daun (Pestalotia sp)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Kelengkeng-Murah-online-di-kota-kabupaten.P4

jamur pestalotia menyebabkan bercak daun dengan bentuk tidak beraturan, bercak ini dimulai dari tepi daun menjalar menuju tulang daun. Bercak berwarna coklat tua dengan tepi coklat kehitaman dan halo berwarna kuning. Daun yang terserang akan terasa rapuh saat di remas. Pengendalian teknis dengan cara membersihkan area pertanaman dari gulma dan kotoran, pengurangan kelembapan di area pertanaman dengan pemangkasan pohon utama dan tanaman peneduh jika ada. Pengendalian kimia dengan fungisida berbahan aktif klorotalonil.

Demikian artikel tentang Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Kelengkeng. Semoga bermanfaat bagi Anda para pembudi daya dan penghobi tanaman kelengkeng. Untuk mendapatkan bahan-bahan pengendali serangan hama dan penyakit, Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com atau mengunjungi kami langsung di kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati, Gaum, Tasikmadu, Karanganyar.

Kami juga menyediakan pupuk olahan yang sudah mengandung bahan-bahan pencegah serangan hama dan penyakit untuk berbagai jenis tanaman buah, selain bibit dan benih tanaman yang berkualitas baik.

Incoming search terms:

  • hama cabuk hitam pada klengkeng
  • obat hama kleng

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman