( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

RAMBUTAN RAPIAH

Friday, September 15th 2017.

 

Tentang Rambutan Rapiah

Rambutan rapiah atau dengan nama latin Nephelium lappaceum adalah buah yang berasal dari Indonesia. Buah rambutan ini terbungkus oleh kulit yang memiliki “rambut” di bagian luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak/ranum.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah rambutan rapiah Langka Murah online di kota kabupaten

Kulit bagian dalam (endokarp) berwarna putih, menutupi “daging”. Bagian buah yang dimakan, “daging buah”, sebenarnya adalah salut biji atau aril, yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas. Buah ini berbentuk bulat kecil. Berdaging tebal, putih, dan tidak terlalu banyak memiliki air. Memiliki rasa yang manis, kenyal dan tidak begitu beraroma harum. Buah ini dalam 1 tahunnya hanya mampu berbuah sekitar 20-30kg dan buahnya hanya mampu bertahan hingga 1 minggu setelah dipetik.

Tumbuhan ini menghasilkan bunga setelah 2 sampai 3 tahun jika ditanam dari bibit tanaman, namun pada usia 1 tahun sudah dapat berbunga jika diperbanyak secara vegetatif. Rambutan berumah dua, tetapi bersifat androdioecious, ada tumbuhan penghasil bunga jantan saja dan tumbuhan penghasil bunga banci. Tumbuhan jantan tidak pernah menghasilkan buah.Pembungaan rambutan dipengaruhi oleh musim atau ketersediaan air. Masa kering tiga bulan menghentikan pertumbuhan vegetatif dan menambah rangsanan pembentukan bunga baru.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman Buah rambutan rapiah murah Langka Murah online di kota kabupaten

Pertumbuhan Pohon

Rambutan rapiah ini dapat tumbuh didataran rendah hingga didataran tinggi sekitar 500 mdpl yg memiliki iklim tropis. Tanah yang gembur dan subur lebih disenangi tanaman ini. Dan relatif tahan pada lahan gambut yang masam dan tanah latosol cokelat dengan pH tanah 4 sampai 6,5. Yang memiliki suhu udara 24 sampai 35° C. Tipe tanah latosol kuning sangat disenangi. Hembusan angin yang kering, biasanya di pantai, dapat menyebabkan tepi-tepi daun berwarna kecokelatan seperti terbakar.

Tanaman ini untuk merangsang bunganya diperlukan waktu 3-4 bulan dimusim kemarau. Dan saat berbunga terlalu sering terkena hujan bunga ini cepat rontok dan menimbulkan bibit buah terserang penyakit mildu tepung (Oidium sp). Namun jika terlalu lama dimusim kemarau juga akan menimbulkan buah berdaging tipis atau buahnya kerempeng.

Cara Pemeliharaan

Tanaman ini yang harus diperhatihan ialah membersihan pohon dari gulma dan membersihkan tanaman-tanaman liar yang ada disekitarnya.Pemberian Pupuk dilakukan kira – kira 1 bulan sekali menggunakan Pupuk NPK daun atau pupuk sejenisnya. Cara pemupukan ditabur dan dibenamkan disekeliling kanopi tanaman. Dan ketersediaan air harus memenuhi dan rutin menyiram tanaman minimal dalam sehari 2x. 

Baca Juga :

– Mengenal Jambu Sukun Merah Tanpa Biji

– Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Buah Durian Musang King Kaki 3 Agar Cepat Berbuah

Manfaat Tanaman

Kayu rambutan bagus sekali untuk kayu bakar. Dan akarnya dapat dibuat untuk obat demam, kulit kayunya sebagai obat radang mulut, dan daunnya untuk obat sakit kepala sebagai tapal (popok). Buahnya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, karbohidrat, protein, serat, kalsium, magnesium, zat besi, niacin, potassium,dan zink.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Tanaman bibit rambutan rapiah Langka Murah online di kota kabupaten

Khasiat Buah

  • Dapat menyehatkan penglihatan mata karena memiliki kandungan vitamin A didalamnya.
  • Mencegah timbulnya sariawan karena rambutan rapiah ini memiliki kandungan vitamin c.
  • Meredakan peradangan
  • Sebagai obat diare
  • Menambah daya tahan tubuh
  • Mencegah anemia
  • Mengatasi hipertensi
  • Membasmi kolestrol jahat
  • Tidak menyebabkan kanker
  • Baik untuk diet
  • Mengatasi pusing kepala
  • Baik dikonsumsi untuk ibu hamil
  • Menyehatkan ginjal
  • Memperlancar pencernaan
  • Anti radikal bebas

Pemanenan

Buah rambutan dapat dipanen setelah buahnya berumur 4 bulan setelah bunga mekar (anthesis). Cara memanennya dengan memotong tangkai buahnya dan jangan dipetik buahnya langsung dari tangkainya. Masa panen rambutan biasanya terjadi dalam 4 bulan yaitu, bulan Desember, Januari, Februari, Maret.

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman