( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Serba-Serbi Budi Daya Mangga Lalijiwo

Monday, December 31st 2018.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.1

Pernahkah Anda mendengar mangga lalijiwo? Namanya unik, bukan? Lalijiwo adalah kata dalam bahasa Jawa yang artinya lupa jiwa. Nama ini menggambarkan bahwa jenis mangga yang satu ini memiliki cita rasa yang luar biasa sehingga sulit untuk dilupakan. Termasuk jenis mangga madu dengan rasa sangat manis, gurih, legit, dan tidak berserat. Pusat pembudidayaan mangga lalijiwo adalah di Situbondo dan Probolinggo.

Namun, ternyata tanaman endemik Jawa bernama latin Mangifera lalijiwa ini sudah tergolong langka di habitat alaminya dan masuk dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN). Jenis mangga lokal ini memang kalah pamor dibandingkan mangga arummanis dan jenis-jenis mangga lainnya yang sedang menjadi tren. Pohon mangga lalijiwo lebih banyak dikembangkan sebagai calon batang bawah bagi perbanyakan bibit mangga dengan teknik sambung dan okulasi.

Klasifikasi tanaman mangga lalijiwo

Kerajaan             :   Plantae

Filum                  :   Tracheophyta

Kelas                   :   Magnoliopsida

Ordo                   :   Sapindales

Famili                  :   Anacardiaceae

Genus                  :   Mangifera

Spesies                :   Mangifera lalijiwa (Kosterm)

Ingin menjadi salah satu penyelamat keberadaan tanaman ini? Anda tidak perlu memiliki lahan berhektar-hektar untuk membuat perkebunan mangga lalijiwo demi membudidayakan dan mengangkat kembali pamor buah lokal ini. Dengan sedikit lahan di pekarangan atau menanam di dalam pot, Anda sudah dapat turut andil membudidayakan tanaman ini. Berikut langkah-langkah pembudidayaan mangga lalijiwo di berbagai media.

Karakteristik tanaman mangga lalijiwo

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.2a

Mangga lalijiwo termasuk tanaman berkayu agak keras. Tingginya mencapai 8 m dengan diameter tajuk mencapai 9 m. Batangnya keabu-abuan dengan kulit berbelah-belah tidak rata, getahnya putih bening. Daunnya berwarna hijau tua, berbentuk lonjong dengan bagian ujung dan pangkal meruncing. Panjang daun sekitar 20 cm. Bunganya berbentuk malai sepanjang 24 cm, berwarna kekuningan. Buahnya bulat panjang (lonjong) dengan bagian ujung sedikit berparuh dan berlekuk (bengkok).

Kulit buah berwarna hijau tua dengan bintik kelenjar berwarna putih kehijauan yang ditutupi lapisan lilin. Ketika sudah matang, warnanya menjadi agak kelabu. Daging buah tebal, padat, berwarna kuning tua, kandungan airnya sedikit. Rasanya manis, ketika masih muda atau mentah pun tidak begitu asam. Aromanya harum, tetapi kurang tajam. Panjang buah sekitar 7 cm dengan berat rata-rata 200 gr/buah.

Syarat tumbuh

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.3

Mangga lalijiwo merupakan tanaman dataran rendah yang tumbuh dan berkembang dengan baik di ketinggian antara 0 – 300 mdpl. Meskipun masih dapat tumbuh hingga ketinggian 1300 mdpl, namun kualitasnya kurang baik dan proses pembungaannya lambat. Memerlukan curah hujan 750 – 2250 mm/tahun dengan temperatur 24 – 27oC, iklim memiliki masa kering 3 – 4 bulan. Membutuhkan tanah yang gembur, remah, agak sarang, mulai dari jenis tanah ringan seperti lempung berpasir, hingga tanah berat seperti lempung atau tanah liat. Syarat lain adalah drainase baik, pH 5,5 hingga 6, kedalaman air tanah 50 – 150 cm, dan sinar matahari langsung.

Baca juga :

Pembibitan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.5

Mangga lalijiwo dapat diperbanyak dengan cara generatif ataupun vegetatif. Tiap-tiap cara memiliki keuntungan dan risiko yang berbeda. Cara generatif adalah perbanyakan melalui biji. Adapun cara vegetatif ada tiga, yaitu cangkok, okulasi, dan sambung.

Perbanyakan dengan biji

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.6a

Perbanyakan dengan biji memiliki keuntungan dari satu biji akan didapat lebih dari dua semaian atau benih untuk tanaman baru, memanfaatkan sifat polyembrional biji mangga. Tanaman yang diperbanyak dari biji juga memiliki perakaran yang dalam dan kuat sehingga lebih kokoh. Risikonya, membutuhkan waktu lama sebelum menghasilkan buah, yaitu sekitar 7 – 10 tahun. Selain itu, sifat tanaman juga sering menyimpang dari induknya. Perbanyakan generatif ini tetap perlu dilakukan untuk tujuan pengadaan batang bawah bagi keperluan okulasi dan sambung.

Biji dapat ditanam langsung di lahan atau disemaikan dahulu dalam polybag. Penyemaian dapat dilakukan dengan dua metode. Pertama adalah metode pengeringan. Caranya, keringkan biji dengan tisu, letakkan di tempat yang cerah dan kering selama kurang lebih 3 minggu. Kemudian, cobalah membuka bagian tengah benih dengan hati-hati agar tidak sampai terbelah menjadi dua. Setelah berhasil, diamkan selama 1 minggu. Siapkan polybag, isi dengan tanah yang subur, buat lubang kecil di tengahnya kira-kira sebesar biji yang akan ditanam.

Tanamkan biji dengan bagian tengahnya menghadap ke bawah, dorong hingga benih terpendam. Sirami setiap hari atau ketika media semai terlihat kering. Benih akan tumbuh setinggi 10 – 20 cm dalam 4 – 6 minggu. Metode yang kedua adalah perendaman. Caranya, pecahkan sedikit kulit luar biji dengan amplas atau buat potongan kecil pada biji. Masukkan ke dalam botol berisi air, simpan di tempat yang hangat selama 24 jam. Setelah disimpan satu hari satu malam, keluarkan dari botol dan bungkus dengan handuk kertas yang basah.

Masukkan ke dalam kantung plastik, potong salah satu sudut kantung. Sirami secara teratur. Tunas baru akan muncul setelah 1 – 2 minggu. Simpan di tempat yang hangat dan lembap.

Perbanyakan dengan cangkok

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.7

Perbanyakan dengan cangkok memiliki kelebihan menghasilkan tanaman yang identik dengan tanaman induk, lebih cepat berbuah (3 – 4 tahun), dan tumbuh pendek. Kelemahannya, pohon induk menjadi rusak karena terlalu sering diambil cabangnya sebagai bibit, tidak dapat memperoleh bibit dalam jumlah besar sekaligus, akan terjadi kegagalan apabila pengerjaannya kurang teliti, perakaran dangkal, penyakit terus terbawa, serta memerlukan tenaga dan waktu yang banyak. Caranya, pilih cabang yang sehat untuk dicangkok.

Buat sayatan pada kulit selebar 7 – 10 cm hingga tampak bagian kayu/kambiumnya. Kerok lapisan kambiumnya, lalu biarkan luka sayatan mengering dalam 2 – 4 hari. Setelah itu, tempelkan campuran tanah dan pupuk di sekeliling luka sayatan, bungkus dengan plastik yang telah dilubangi atau menggunakan pembungkus lainnya. Pencangkokan sebaiknya dilakukan di musim hujan agar cangkokan tidak perlu sering-sering disirami. Akan tetapi, jika memang terpaksa melakukannya di musim kemarau, sirami secara teratur.

Bibit cangkokan sudah akan berakar dalam 2 – 3 bulan setelah pencangkokan. Ini tandanya bibit cangkokan sudah siap untuk dipotong dari pohon induk dan dapat langsung ditanam di lahan apabila lubang tanam sudah siap atau dipelihara dahulu di dalam polybag.

Perbanyakan dengan okulasi

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.8

Teknik perbanyakan bibit dengan cara okulasi sedikit lebih rumit, tetapi menghasilkan tanaman yang lebih kokoh. Kelemahannya adalah agak lebih lambat berbuah. Jika perbanyakan dengan cangkok sudah dapat menghasilkan buah pada usia 3 – 4 tahun, bibit hasil perbanyakan okulasi baru akan benar-benar menghasilkan buah di usia 4 – 5 tahun.

Dapat menghasilkan buah di usia 3 – 4 tahun jika diberi perangsang yang tepat. Cara melakukan perbanyakan okulasi, pertama adalah mengambil mata tunas/mata tempel berikut kayunya dari pohon indukan yang terbukti benar-benar unggul. Kupas pohon pangkal (batang bawah/understamp) setinggi 10 – 15 cm di atas tanah. Kulit yang dikupas dipotong dua per tiga bagiannya. Selipkan mata tunas pada pohon pangkal, ikat erat dengan tali plastik/rafia dengan teliti.

Tunasnya jangan sampai ikut diikat. Setelah tiga minggu, lepaskan ikatan. Jika mata tunas tetap hijau, berarti pengokulasian berhasil. Namun, jika layu atau kering, berarti pengokulasian gagal, harus diulangi lagi di sebelahnya. Apabila berhasil, pohon pangkal dirundukkan, artinya dipatahkan dengan gunting, ±10 cm di atas mata tunas. Teknik ini bertujuan mendesak mata tunas tumbuh. Daun dibiarkan karena masih berfungsi untuk menghasilkan makanan. Setelah mata tunas tumbuh, pohon pangkal yang dirundukkan dipotong sama sekali.

Baca juga :

Perbanyakan dengan teknik sambung

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.9

Bibit yang dihasilkan dari teknik sambung menghasilkan pohon dengan perakaran kuat dan sifat yang identik dengan induknya. Ada 2 macam teknik sambung, yaitu sambungan biasa (menggunakan batang bawah yang berumur 9 – 12 bulan) dan sambungan dini atau mini grafting yang menggunakan batang bawah berumur 2 – 3 bulan. Cara yang kedua mempunyai lebih banyak keunggulan, yaitu tumbuh lebih cepat, adaptasi lebih baik, batang kokoh, dan lebih cepat berbuah (dalam 3 – 4 tahun).

Teknik penyambungan memiliki persentase keberhasilan lebih tinggi dibandingkan teknik-teknik yang lain. Caranya, ambil entres (batang atas) dari pohon indukan yang sudah menghasilkan dengan kualitas baik. Siapkan batang bawah dari bibit hasil perbanyakan dengan biji. Potong batang bawah mendatar, sisakan beberapa lembar daun saja untuk membantu fotosintesis. Belah batang bawah di bagian tengah bekas potongannya. Sayat miring pangkal entres pada kedua sisi hingga berbentuk runcing.

Sisipkan pada belahan batang bawah. Ikat sambungan dengan tali rafia, tutup dengan plastik. Amati selama 10 – 15 hari. Sambungan yang sudah jadi dibiarkan tumbuh hingga sekitar 2 cm, kemudian plastik pembungkus dilepas. Biarkan ikatan tetap pada sambungan hingga tunas baru berumur 3 bulan. Bibit hasil sambungan ini siap dipindahtanamkan pada usia 7 bulan.

Membeli bibit

Ada cara yang lebih praktis, terutama untuk Anda yang ingin menanam mangga lalijiwa di rumah saja atau dalam pot untuk koleksi pribadi, bukan untuk tujuan komersil, yaitu membeli bibit. Pastikan Anda membeli bibit di tempat-tempat penjualan bibit yang dapat dipercaya. Pilih bibit yang memiliki ciri subur, sehat, pertumbuhannya baik, sudah bercabang minimal dua, dan tingginya sekitar 50 – 70 cm dari media semainya.

Persiapan lahan/media tanam

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.10

Penanaman mangga lalijiwo yang bertujuan memanfaatkan lahan pekarangan rumah sekalipun memerlukan luasan lahan minimal 4 x 4 m sampai 5 x 5 m. Penanaman di kebun dengan jumlah bibit sesuai luasan lahan memerlukan jarak tanam 10 x 10 m atau 12 x 12 m. Bersihkan lahan dari tanaman liar, sampah, dan sisa-sisa tanaman terdahulu. Gemburkan tanah, beri tanda pada bagian-bagian yang akan dijadikan tempat penanaman. Buat lubang tanam pada bagian-bagian tersebut dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm atau 1 x 1 x 1 m.

Pisahkan tanah galian bagian atas (0 – 30 cm) dari tanah galian bagian bawah (>30 cm). Lakukan persiapan lahan tanam ini kira-kira satu bulan sebelum musim hujan datang. Biarkan lubang tanam terbuka selama 30 hari agar keasaman tanah yang terlalu tinggi berkurang serta cukup mendapat udara segar dan sinar matahari sehingga kelak tanaman terbebas dari gangguan senyawa kimia dan jasad renik yang merugikan. Satu minggu sebelum penanaman, tanah galian bagian atas diberi campuran pupuk kandang sebanyak 2 – 3 kaleng minyak tanah ukuran 20 liter.

Aduk hingga homogen. Jika sifat tanah kurang subur, dapat ditambahkan 250 gr NPK dengan perbandingan 15 : 15 : 15 untuk meningkatkan kesuburan tanah. Dosis tersebut digunakan untuk penanaman mangga lalijiwo di perkebunan. Adapun untuk penanaman di lahan pekarangan yang tidak luas, dosis disesuaikan atau dibagi empat dan diulang setiap tiga bulan. Masukkan kembali tanah galian ke dalam lubang tanam dengan urutan galian bagian bawah terlebih dahulu, dilanjutkan tanah galian bagian atas yang telah diberi campuran pupuk.

Diamkan selama satu minggu hingga pupuk meresap. Untuk penambahan NPK dapat juga dilakukan pada saat penanaman dengan cara dibenamkan di sekitar batang pokok. Untuk penanaman di dalam pot, media tanam yang disiapkan meliputi campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang/kompos atau campuran tanah, arang sekam, dan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Tanah dapat menggunakan tanah kebun yang subur atau tanah yang sudah diformulasi khusus untuk pot.

Pilih pot yang diameternya 60 – 70 cm dan berbahan kuat karena kelak tanaman ini akan tumbuh besar. Pastikan pot yang Anda pilih memiliki lubang drainase yang baik di dasarnya.

Penanaman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.11

Proses penanaman mangga lalijiwo sebaiknya dilakukan pagi hari pada musim hujan agar bibit tidak stress terkena panas matahari. Apabila penanaman terpaksa dilakukan di musim kemarau, lakukan pada sore hari dan dilanjutkan dengan penyiraman rutin. Langkah-langkah penanaman sebagai berikut. Lubang tanam yang semula sudah ditutup dengan tanah galian dibuka kembali bagian tengahnya seukuran polybag persemaian bibit dengan kedalaman kira-kira mencapai leher akar.

Ambil bibit, buang polybagnya dengan cara digunting, lakukan hati-hati agar tidak sampai merusak akar dan media semai. Kemudian, masukkan bibit beserta media semainya ke dalam lubang tanam dalam posisi tegak. Timbun kembali di sekitar batang pokok dan padatkan dengan kaki. Pasang ajir sebagai penguat agar bibit tidak mudah goyah, ikatkan bibit pada ajir dengan tali rafia. Sirami secukupnya. Untuk penanaman dalam pot, taburkan kerikil atau pecahan batu bata/genting di dasar pot sebelum mengisinya dengan media tanam.

Isikan media tanam ke dalam pot hingga 1/3 bagian. Lepaskan polybag dengan hati-hati, lalu letakkan bibit tepat di tengah dalam posisi tegak lurus. Masukkan sisa media tanam hingga kira-kira 2 cm di bawah bibit pot. Padatkan, pasang ajir sebagai penguat dan ikatkan pada batang pokok. Sirami hingga air keluar dari bagian bawah pot. Jika bibit merupakan hasil okulasi, pada saat penanaman sebaiknya mata okulasi dihadapkan ke timur agar mendapat sinar matahari langsung dan dapat berfotosintesis dengan baik.

Begitu pula pada bibit yang ditanam di pot, pot diputar hingga mata okulasi menghadap ke timur. Bibit okulasi ini memerlukan naungan selama umurnya masih muda karena mata okulasi sangat peka terhadap terik matahari di siang hari. Untuk penanaman di kebun atau pekarangan, naungan dapat dibuat dari daun kelapa kering atau jerami yang diatur di atas para-para atau menggunakan paranet. Setelah tanaman kuat, naungan ini dapat dibongkar kembali.

Untuk penanaman di pot cukup dengan meletakkan pot di tempat yang teduh selama bibit masih muda, kemudian setelah tanaman kuat pot dipindahkan ke tempat yang mendapat sinar matahari penuh sepanjang hari.

Perawatan dan pemeliharaan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.12

Setelah penanaman, agar tanaman tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas tentunya diperlukan perawatan dan pemeliharaan yang baik. Perawatan dan pemeliharaan mangga lalijiwo meliputi langkah-langkah penyiraman, penyiangan, pemupukan, pemangkasan, penyulaman, pemberantasan hama dan penyakit, serta penjarangan.

Penyiraman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.14

Ketika bibit masih muda atau baru saja ditanam hingga beberapa waktu dalam periode vegetatifnya, diperlukan penyiraman yang sempurna. Setidaknya tanaman memerlukan penyiraman 1 – 2 kali sehari dalam masa awal pertumbuhannya, tergantung pada cuaca dan musim penanaman. Jika hujan, penyiraman dapat dikurangi. Setelah tanaman besar (di atas 1 tahun setelah penanaman) penyiraman cukup memerhatikan musim dan kondisi tanah. Di musim kemarau, penyiraman cukup satu kali sehari atau minimal 3 hari sekali.

Penyiraman juga perlu dilakukan setiap kali setelah dilakukan pemupukan. Penyiraman bertujuan untuk menjaga kelembapan tanah. Untuk membantu menjaga kelembapan tanah pada musim kemarau yang panjang, beri mulsa atau penutup tanah di bawah tajuk. Mulsa dapat berupa jerami kering atau kompos. Jika menggunakan kompos, tanah seluas tajuk dicangkul dahulu, lalu ditaburi kompos hingga merata. Setelah kompos rata menutup tanah, timbun kembali dengan tanah cangkulan.

Mulsa tidak perlu diberikan apabila di sekitar tajuk tanaman sudah ada rumput yang memang dipelihara (bukan rumput liar). Rumput yang terpelihara dengan baik berfungsi membantu mengurangi penguapan air. Hal lain yang perlu diperhatikan seputar penyiraman tanaman mangga lalijiwo adalah membuat sistem drainase yang baik. Ini sangat penting karena akar mangga lalijiwo tidak boleh tergenang air, apalagi dalam waktu yang lama. Air yang menggenang dapat membuat akar busuk dan rentan penyakit.

Penyiraman untuk mangga lalijiwo tabulampot cukup satu kali sehari atau memerhatikan kondisi tanah. Jika tanah terlalu kering, frekuensi penyiraman dapat ditambah. Di musim hujan, apabila pot diletakkan di tempat terbuka, penyiraman tidak diperlukan.

Penyiangan dan penggemburan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.13

Tanaman yang tumbuh sehat akan menghasilkan buah yang berkualitas dan produktivitasnya tetap terjaga. Agar tanaman dapat tumbuh dengan sehat, sanitasi kebun harus diperhatikan. Salah satu cara menjaga sanitasi kebun adalah dengan rutin melakukan penyiangan. Buang gulma dan rumput liar atau tanaman pengganggu lainnya. Tanaman-tanaman liar pengganggu ini dapat menjadi tempat tumbuhnya hama dan penyakit apabila dibiarkan.

Ketika tanaman masih muda, sebaiknya penyiangan dilakukan secara manual (dicabut dan dibuang satu per satu). Jika akar sudah lebih kuat, penyiangan dapat dilakukan bersamaan dengan tindakan penggemburan untuk mengembalikan kesuburan tanah. Penggemburan dengan cangkul sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak akar. Penggemburan juga berkaitan dengan proses pemberian pupuk lanjutan. Penyiangan untuk mangga lalijiwo dalam pot dilakukan hanya ketika tampak ada tanaman pengganggu di bawah tajuk.

Tindakan penggemburan tidak dilakukan, melainkan penggantian media tanam berbarengan dengan pemindahan tanaman ke pot baru yang lebih besar. Ini perlu dilakukan ketika tanaman sudah tumbuh besar dan akar memerlukan ruang yang lebih luas untuk tumbuh, selain kondisi pot mungkin sudah tidak kuat lagi menahan bobot tanaman. Hanya sebagian media tanam yang diganti, sebagian media tanam lama dipertahankan dan dicampur dengan media tanam yang baru untuk memudahkan tanaman beradaptasi dengan media barunya.

Pemupukan lanjutan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.23a

 

Pemupukan awal seperti telah dijelaskan pada proses penanaman meliputi 2 – 3 kaleng minyak tanah (blek) ukuran 20 liter yang dicampurkan ke dalam tanah galian lubang tanam, ditambah NPK (15 : 15 : 15) 250 gr yang dibenamkan di sekitar batang tanaman. Dosis ini untuk satu lubang tanam, diberikan satu kali untuk satu tahun (usia tanaman 0 – 1 tahun). Untuk mangga lalijiwo yang ditanam di pekarangan, dosis ini disesuaikan atau diberikan dalam empat kali pemupukan selama satu tahun dengan interval 3 bulan.

Pemberian NPK bertujuan menjaga keseimbangan unsur hara karena mangga lalijiwo baru akan berbunga apabila unsur fosfor (P) dan kalium (K) cukup. Jika unsur P kurang, pembungaan terhambat dan mudah rontok. Sementara, jika unsur K kurang, tangkai bunga/buah lemah dan bunga/buah gampang rontok. Dosis NPK untuk satu tahun ketika tanaman berumur 1 – 5 tahun adalah 300 – 500 gr per lubang tanam. Cara pemberiannya dengan dibenamkan ke dalam empat buah lubang sedalam 25 – 30 cm yang dibuat di sekitar batang pokok di bawah tajuk tanaman.

Tambahkan pupuk kandang 2 – 3 kaleng/blek untuk menutup lubang pemberian pupuk atau taburkan dalam parit yang dibuat melingkar di sekeliling batang pokok dengan diameter seluas lingkar tajuk tanaman. Pembuatan parit berbarengan dengan proses penggemburan tanah. Kedalaman parit sama dengan kedalaman lubang untuk NPK. Setelah pupuk ditaburkan, tutup kembali dengan tanah dan sirami secukupnya agar meresap.

Dosis ini diberikan dua kali dalam setahun, pada awal musim hujan dan awal musim kemarau. Untuk penanaman di pekarangan, dosis ini dibagi menjadi empat kali dalam setahun dengan interval tiga bulan. Setelah tanaman berusia lebih dari lima tahun, NPK tidak lagi diperlukan. Pemupukan cukup dengan pupuk kandang sebanyak 1,5 – 2,5 kaleng/blek. Pemberiannya dua kali dalam setahun, pemberian pertama pada awal musim hujan dan pemberian berikutnya pada awal musim kemarau.

Cara yang sama dilakukan pada tanaman mangga lalijiwo yang ditanam di pekarangan. Adapun untuk mangga lalijiwo tabulampot, pupuk lanjutan yang diperlukan berupa pupuk daun (NPK daun atau Gandasil) dan ZPT (zat perangsang pertumbuhan) dengan dosis mengikuti petunjuk pemakaian. Dapat juga menggunakan pupuk organik yang sudah diformulasikan khusus untuk tanaman buah. Jika tanaman telah berumur 4 tahun namun belum berbuah, berikan ZPT untuk merangsang pembungaan.

Batas pemberian ZPT adalah dua kali selama satu periode berbunga. Pemberian pertama ketika pupus atau pucuk tunas daun berhenti tumbuh. Pemberian kedua setelah 2 – 3 minggu dari pemberian pertama. Dengan pemberian ZPT ini, tanaman akan segera berbunga, bahkan bisa berbunga dua kali dalam setahun. Perhatikan untuk selalu menyirami tanaman setelah pemberian pupuk. Dengan penyiraman, pupuk akan lebih mudah diserap oleh tanah.

Baca juga :

Pemangkasan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.15

Pemangkasan meliputi pemangkasan bentuk, pemangkasan pemeliharaan, dan pemangkasan peremajaan. Pemangkasan bentuk dimulai ketika tanaman sudah berusia 1 tahun atau telah mencapai ketinggian 50 – 60 cm di atas tanah. Pangkas pada perbatasan bidang pertumbuhan. Pelihara 3 cabang yang sehat, subur, tidak saling berdekatan, tumbuh teratur dan mengarah ke atas, serta tersebar ke sekeliling batang pokok. Lakukan pemangkasan di awal musim hujan. Pemangkasan awal ini akan membentuk cabang primer.

Pemangkasan bentuk yang kedua dilakukan ketika tanaman berumur dua tahun di saat awal musim hujan berikutnya. Potong cabang primer pada jarak 30 – 35 cm dari bekas pemangkasan pertama. Pemangkasan kedua ini akan membentuk cabang sekunder. Di tahun ketiga, lakukan pemangkasan ketiga dengan jarak 30 – 35 cm dari bekas pemangkasan kedua. Pemangkasan ketiga ini akan membentuk cabang tersier. Dari ketiga tahap pemangkasan bentuk ini terbentuk pola cabang 1 – 3 – 9.

Selesai tahap-tahap pemangkasan bentuk, lanjutkan dengan pemangkasan pemeliharaan, dimulai sejak tahun keempat setiap tahun sekali ketika hujan mulai turun. Pemangkasan pemeliharaan ini bermanfaat untuk mengatur pertumbuhan cabang, mengurangi kerimbunan sehingga setiap bagian tanaman mendapat sinar matahari yang cukup, menghindari kelembapan dan serangan cendawan, serta merangsang pembuahan.

Bagian-bagian yang dipangkas adalah cabang/dahan/ranting yang sakit, kering, mati, patah, terbelah, tumbuh tumpang tindih, tidak teratur, merupakan tunas air yang tumbuh di pangkal batang, dan tunas-tunas liar lainnya. Pemangkasan pemeliharaan juga bertujuan untuk menumbuhkan tunas baru menggantikan cabang/ranting yang tua atau sakit dan mengganti bagian tanaman yang tidak sehat lainnya sehingga produktivitasnya tetap terjaga.

Lakukan pemangkasan setelah pemberian pupuk. Tindakan pemangkasan yang terakhir adalah pemangkasan peremajaan. Tindakan ini merupakan pemangkasan yang berat karena hampir seluruh bagian tanaman dipotong habis. Dilakukan ketika tanaman sudah cukup tua dan produktivitasnya menurun. Untuk mangga lalijiwo tabulampot, pemangkasan harus lebih rutin dilakukan untuk menjaga bentuk tanaman agar tidak terlalu besar dan tinggi.

Penyulaman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.17

Selama tanaman masih berupa bibit atau masih berusia sangat muda, harus sering diperiksa apakah ada penyakit dan apakah pertumbuhannya normal atau tidak. Bibit yang mati atau kurang sehat dan bibit yang tidak normal pertumbuhannya harus segera dibuang dan diganti dengan bibit yang baru. Maksudnya agar penyakit atau ketidaknormalan tersebut tidak menyebar ke bibit lainnya yang sehat. Lakukan sesegera mungkin dan jangan ditunda-tunda.

Pemberantasan hama dan penyakit

Masih dalam tahap perawatan dan pemeliharaan tanaman mangga lalijiwo, tetapi memerlukan perhatian yang lebih khusus, adalah pemberantasan atau penanganan hama dan penyakit. Meskipun langkah-langkah perawatan dan pemeliharaan tanaman sejatinya adalah usaha untuk mencegah serangan hama dan penyakit, tetapi adakalanya serangan terjadi dan tidak terelakkan. Secara umum, serangan hama dan penyakit dapat dicegah dan dikendalikan dengan langkah pengendalian terpadu.

Intinya langkah ini merupakan perbaikan teknik budi daya yang meliputi pengaturan jarak tanam serta perbaikan sistem pengairan, drainase, dan sanitasi. Langkah penanggulangan atau pengendalian meliputi pembasmian dengan membuang dan membakar bagian tanaman yang terserang, membuat perangkap hama, pemanfaatan musuh alami, dan pengunaan pestisida/insektisida serta fungisida yang terkontrol. Berikut beberapa hama dan penyakit penting yang sering dijumpai menyerang mangga lalijiwo serta cara penanganannya secara spesifik.

Hama

Kumbang penggerek batang/cabang (Rhytidodera simulans)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.H1

Larva dari hama ini merusak cabang disertai gejala membengkaknya cabang dan tampak berlubang-lubang. Jika cabang yang diserang dibelah akan tampak lorong-lorong tempat bersembunyinya larva. Serangan berat menyebabkan tanaman layu, daunnya rontok, dan kemudian mati. Biasanya menyerang di musim hujan. Penanggulangannya terdiri atas pengendalian mekanis, biologis, dan kimiawi. Pengendalian mekanis berupa langkah memangkas dan memusnahkan cabang yang terserang.

Pengendalian biologis memanfaatkan musuh alami berupa parasit telur, seperti Promuscidaea, Anagyrus, dan Eupelmus. Biakkan dahulu parasit telur, kemudian sebarkan di seputar kebun. Pengendalian kimiawi menggunakan pestisida arsenat timbal 1% atau insektisida berbahan aktif karbofuran, betasiflutrin, atau mancozeb dengan dosis 2 ml/liter air.

Kumbang penggerek buah

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.H2

Gejala serangan hama ini adalah kulit buah tampak berbintik-bintik. Kumbang betina meletakkan telurnya di permukaan kulit buah dilindungi jaring-jaring mirip rumah laba-laba. Larva yang menetas langsung menggerek dan melubangi dinding buah, kemudian masuk ke dalam buah dan tinggal di dalamnya hingga dewasa. Jika buah dibelah, tampak adanya larva, imago, dan pupa dari hama ini di dalam buah. Buah yang diserang kadang jatuh sebelum tua.

Pengendaliannya secara kimiawi adalah dengan insektisida berbahan aktif sipermetrin, profenofos, dan chlorpyrifos yang disemprotkan sesuai petunjuk pemakaian. Pengendalian dengan cara yang lebih alami, antara lain, membungkus buah untuk menghindari serangan dan pemanfaatan musuh alami.

Kutu putih (Pseudococcidae)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.H3a

Hama ini mengisap cairan daun, buah, dan bagian tanaman yang lain di mana kutu ini berada. Bagian yang diserang tampak dipenuhi massa putih seperti lilin yang bertepung. Tampak seperti lapisan kapuk di bagian bawah permukaan daun. Kotorannya menghasilkan embun madu yang disukai semut. Jika berlebihan, tumpukan embun madu ini menyebabkan timbulnya jamur embun jelaga pada daun, tangkai, atau buah sehingga pertumbuhannya tidak normal.

Cara pengendaliannya adalah dengan perbaikan sanitasi lahan dari gulma, pemanfaatan musuh alami (misalnya, semut hitam dan semut rangrang), dan penggunaan insektisida sistemik jika populasinya tinggi.

Wereng pucuk (Sanurus indecora)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.H4a

Bagian tanaman yang diserang adalah pucuk daun dan tangkai muda. Dengan siklus hidup 3 – 4 minggu, kerugian yang dapat diakibatkan oleh hama ini mencapai 50%. Seekor imago meletakkan telur sebanyak 80 butir yang akan menetas dalam 5 – 9 hari. Nimfanya melalui 6 fase instar yang berlangsung selama 42 – 49 hari. Imagonya sendiri hidup selama 5 – 6 hari. Untuk mengatasi hama ini dapat menggunakan musuh alami berupa parasitoid telur Aphanomerus sp., jamur entonopatogen Synnematium sp., dan atau Hirsulellea citriformis.

Dapat juga memanfaatkan serangga predator, seperti laba-laba, kumbang Coccinellidae, dan belalang sembah.

Lalat buah (Bactocera dorsalis)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.H5

Serangan hama ini tampak pada gejala berupa noda bekas tusukan alat peletak telur lalat betina di permukaan kulit buah. Larvanya menetas di dalam buah dan memakan daging buah. Noda pada kulit buah kemudian berkembang menjadi bercak coklat di sekitar titik noda. Serangan larva pada daging buah menyebabkan buah busuk, jatuh, dan menurunkan produktivitas.

Untuk mengendalikan hama ini, musnahkan buah yang rusak, beri umpan berupa larutan sabun atau metil eugenol dalam wadah untuk memerangkap serangga ini, penyemprotan insektisida apabila populasinya tak terkendali, dan pembungkusan buah sejak masih muda agar tidak dihinggapi lalat betina.

Penyakit

Gloeosporium

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.P1

Penyebab penyakit ini adalah cendawan Gloeosporium sp. Bagian tanaman yang diserang adalah daun yang rimbun, batang, cabang, ranting, bunga, dan buah muda. Serangan cendawan ini terutama rawan terjadi saat curah hujan tinggi. Penyebarannya melalui bekas-bekas luka pada tanaman. Cendawan-cendawan parasit ini akan tumbuh subur apabila tanaman dan kebun kurang terpelihara atau terawat dan tingkat kelembapannya tinggi. Cara menangani penyakit ini adalah pemangkasan pada cabang-cabang yang berada di bawah tempat yang terinfeksi.

Sisa-sisa pemangkasannya dibakar. Pangkas pula cabang dan ranting yang telah tumbuh penuh agar tidak lembap. Atur kerapatan tanam yang sesuai. Perawatan dan pemupukan yang baik akan mempercepat tumbuhnya tunas baru dan pemulihan tanaman. Gunakan fungisida apabila serangan cukup parah.

Baca Juga :

Diplodia

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.P2

Penyakit ini biasa muncul saat udara kering. Penyebabnya adalah jamur Diplodia sp. Serangan masuk melalui luka pada bagian batang. Gejala timbul pada pangkal batang dan cabang-cabang tanaman yang tampak terus-menerus mengeluarkan getah. Kulit batang dan cabang menjadi berwarna gelap, kemudian mengering, pecah-pecah, dan mengelupas berkeping-keping. Pengendaliannya menggunakan fungisida bubur bordeaux. Luka ditutup dengan olesan parafin-carbolineum.

Bisul daun

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.P3

Penyakit ini disebabkan oleh serangan hama Procontarinia matteiana. Gejala penyakit ini adalah daun berbisul dan berwarna coklat atau hijau kemerahan. Pengendaliannya adalah dengan penyemprotan insektisida tiga kali seminggu, pembakaran daun yang diserang, penggemburan tanah untuk mengeluarkan kepompong, serta perbaikan aerasi.

Embun jelaga

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.P4

Penyebab penyakit ini ada dua macam, yaitu virus Meliola mangifera atau jamur Capmodium mangiferum. Bagian-bagian yang diserang berwarna hitam seperti beledu, disebabkan oleh jamur yang hidup di cairan manis yang dihasilkan oleh kutu putih. Pengendaliannya dapat menggunakan fungisida atau tepung belerang.

Antraknosa

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.P5

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Colletotrichum gloeosporiodes. Menyerang daun, ranting, bunga, dan tunas hingga terbentuk bercak berwarna hitam. Sangat memengaruhi proses pembuahan. Dapat dikendalikan dengan pemangkasan dahan, cabang, dan ranting, serta penyemprotan fungisida bubur bordeaux atau sulfat tembaga.

Kudis buah

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.P6

Penyebab penyakit ini adalah cendawan Elsinol mangiferae yang menyerang tangkai bunga, bunga, ranting, dan daun. Gejalanya berupa bercak kuning yang kemudian berubah menjadi abu-abu. Pada tanaman yang terserang penyakit ini, pembuahan tidak terjadi dan bunga berjatuhan. Pengendaliannya dengan penyemprotan fungisida tiga kali seminggu dan pemangkasan tangkai bunga yang diserang.

Benalu

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.P7

Benalu adalah tumbuhan parasit yang mengambil nutrisi dari tumbuhan inangnya sebagai makanannya sendiri. Kerusakan yang terjadi akibat serangan benalu terjadi dalam waktu singkat karena makanan tidak terserap sempurna oleh tanaman inang. Akibatnya tanaman inang menjadi merana, pertumbuhannya terganggu, bahkan mati. Potong cabang yang terserang ketika benalu masih sedikit. Tebang tanaman yang mendapat serangan berat.

Penjarangan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.18

Serangan bakteri, cendawan, atau hama dapat membuat buah rusak, tidak mulus, berbercak, pecah-pecah, ataupun busuk. Cacat buah seperti ini tentu mengurangi kualitas buah sehingga tidak layak dikonsumsi, apalagi diperjualbelikan. Buah yang terlanjur cacat tidak dapat diperbaiki. Tindakan yang dapat dilakukan hanyalah pencegahan. Penanganan hama dan penyakit harus dilakukan sesegera mungkin, sejak buah masih kecil hingga satu bulan sebelum pemetikan. Pembungkusan buah menjadi cara yang efektif untuk mengurangi terjadinya cacat buah.

Cara lain yang tidak kalah penting adalah melakukan penjarangan. Buah yang terlalu banyak tumbuh pada satu tangkai berisiko kerdil karena pertumbuhannya terganggu dan lebih rentan penyakit. Kemungkinan juga rontok sebelum waktunya dipanen karena tangkai tidak kuat menahan bobot buah. Sisakan dua atau tiga buah saja dalam satu tangkai agar lebih leluasa tumbuh dan dapat mencapai ukuran maksimalnya.

Penanganan rontoknya bunga

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.19

Di samping masalah kesuburan tanah dan serangan hama/penyakit, mangga lalijiwo masih dapat menemui masalah lain yang menyebabkan tanaman ini sulit berbuah. Kadang terjadi, bunga berlimpah, tetapi mudah rontok sehingga terus-menerus gagal berbuah. Apabila pemupukan sudah baik, maka masalah ini disebabkan oleh terlalu banyaknya air yang menggenang, misalnya di musim hujan. Perbaiki drainase agar air tidak tergenang di sekitar pohon. Kemungkinan lain adalah serangan cendawan pengganggu yang dapat diatasi dengan pemberian fungisida.

Kerontokan juga mungkin terjadi akibat kekeringan, terutama ketika cuaca panas sangat terik. Untuk mengatasinya diperlukan penyiraman.

Panen buah mangga lalijiwo

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.20

Buah yang siap petik tangkainya terlihat mengering, lentiselnya pecah dan berubah menjadi bintik-bintik jarang berwarna hijau keputihan dengan titik-titik coklat di tengahnya. Kulit buah halus, tidak keriput. Bila dipukul dengan jari suaranya terdengar nyaring. Ciri-ciri buah matang ini akan mulai tampak kira-kira 3 – 4 bulan setelah pembungaan. Petik mangga dengan hati-hati dan usahakan satu per satu. Tujuannya untuk menghindari kerusakan sehingga kualitas buah tetap terjaga.

Jika tanaman cukup rendah dan posisi buah dapat terjangkau tangan, gunakan gunting atau pisau yang tajam untuk memotong tangkai di dekat pangkal buah. Jika tanaman tumbuh tinggi, gunakan galah/sengget yang diberi wadah berupa kantung atau keranjang di ujungnya. Pilih buah yang sudah benar-benar tua, hindari penumpukan yang terlalu banyak di dalam galah karena berisiko buah memar. Sertakan sedikit tangkainya pada pangkal buah agar buah tidak terkena getahnya.

Tangkai buah sisa panen dibersihkan agar tidak mengganggu pertumbuhan. Setelah selesai pemetikan, segera cuci bersih dan rendam dalam air panas (50oC) selama 5 – 10 menit. Keringkan, simpan di ruangan dingin (7 – 10oC) untuk mencegah pembusukan di tempat penyimpanan.

Perlakuan pascapanen

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.21a

Penanaman mangga lalijiwo untuk tujuan komersil memerlukan penanganan lanjutan usai panen. Tahap pertama adalah pengumpulan. Buah yang sudah dipanen dikumpulkan dalam gudang yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan bersih. Susun buah dalam keranjang khusus, kemudian tumpuk dengan memberi pembatas antarkeranjang agar buah tidak saling bersentuhan secara langsung. Maksimal tumpukan adalah delapan tumpuk. Tahap kedua adalah sortasi. Pisahkan antara buah yang baik dan yang jelek.

Buang tangkai buah yang masih melekat. Buah yang penampilannya terlihat baik dimasukkan ke dalam bak air untuk dicuci sambil menentukan mana yang sudah benar-benar matang dan yang belum. Buah yang sudah 90 – 100% matang akan tenggelam. Sementara buah yang masih melayang di dalam air berarti tingkat kematangannya baru mencapai 80 – 85%. Pisahkan kedua kelompok buah, letakkan di keranjang beralas koran dengan posisi pangkal buah menghadap ke bawah.

Tumpukan keranjang maksimal delapan tumpuk. Tahap ketiga adalah menentukan standar kualitas buah atau grading. Kriterianya berdasarkan bentuk, tingkat kematangan, dan keseragaman. Setelah itu, buah ditimbang dan ditentukan lagi standar kualitasnya berdasarkan bobot buah. Tahap keempat adalah pengemasan. Selesai dipilah berdasarkan standar kualitasnya, buah ditempatkan dalam wadah terpisah sesuai kelas atau kualifikasinya masing-masing. Buah dikemas dengan posisi punggung buah menghadap ke bawah.

Pengemasan dimulai secara individu dengan jaring buah, dilanjutkan partisi atau pembatas dari kertas untuk melindungi buah dari benturan dengan benda keras lain ataupun dengan benturan antarbuah itu sendiri. Terakhir, penyimpanan. Buah yang sudah dikemas dalam kardus disimpan dalam ruangan atau gudang yang sirkulasi udaranya baik dan bersih. Maksimal tumpukan empat buah dan maksimal penyimpanan selama dua hari sebelum dipasarkan.

Baca juga : 

Manfaat buah mangga lalijiwo untuk kesehatan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Mangga-Lalijiwo-Murah-online-di-kota-kabupaten.22a

Buah mangga, termasuk juga mangga lalijiwo, bukan saja enak dimakan, tetapi juga merupakan sumber energi yang menyehatkan. Mangga lalijiwo mengandung serat, gula, lemak, karbohidrat, kalsium, protein, vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Oleh karena kandungan-kandungan tersebut, mangga lalijiwo menyimpan manfaat bagi kesehatan sebagai berikut.

  1. Mencegah penyakit mata.
  2. Mencegah kerapuhan tulang atau osteoporosis.
  3. Membantu menyehatkan organ dan sistem pencernaan.
  4. Mengandung antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker.
  5. Mencegah anemia.
  6. Menjaga kesehatan jantung.
  7. Menguatkan gigi.
  8. Mencegah penumpukan kolesterol.
  9. Mencegah diabetes dan aman dikonsumsi penderita kencing manis karena tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah.
  10. Antiradikal bebas yang efektif.
  11. Menjaga kesehatan rambut.
  12. Antipenuaan dini.
  13. Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit.
  14. Mencegah munculnya jerawat.
  15. Mengobati panas dalam.
  16. Mencegah dan mengobati sariawan.

Demikian serba-serbi pembudidayaan mangga lalijiwo. Semoga dapat memperkaya pengetahuan Anda dan membantu kesuksesan dalam pembudidayaan tanaman buah lokal ini. Untuk mendapatkan bibit mangga lalijiwo yang baik, Anda dapat mengunjungi laman kami di www.samudabibit.com atau langsung berkunjung ke kebun bibit kami di Perum Bumi Saraswati Desa Gaum Kecamatan Karanganyar Jawa Tengah. Kami menyediakan bibit mangga lalijiwo baik untuk penjualan satuan maupun secara grosir dengan harga yang bersahabat.

Kami juga melayani pembelian secara online berikut pengiriman langsung ke alamat tujuan. Di samping bibit tanaman buah seperti mangga lalijiwo, kami juga menyediakan berbagai bibit tanaman hias ataupun tanaman obat dengan kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan dan berbagai keperluan penunjang keberhasilan Anda dalam bercocok tanam, seperti pupuk dan obat-obatan, juga alat-alat perkebunan.

Incoming search terms:

  • POHON PETE SUDAH DIBERI K C L TAPI MASIH TETAP BUNGANYA RONTOK

Produk terbaru

Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSamudra Planter Bag Diameter 50 cm / Volume 100 liter
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Berry Hitam (Blackberry)
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 500.000 600.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Kelapa Pandan Wangi
Harga Rp 500.000 600.000
Anda HematRp 100.000 (16.67%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPestisida Organik Ramah Lingkungan GigaGreen
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangNutrisi Tanaman Masa Pembuahan GigaGrow Plus
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangObat Anti Stress Tanaman SamudraFit 100 ML
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Alpukat Kendil
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 300.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Durian Lai
Harga Rp 150.000 300.000
Anda HematRp 150.000 (50.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman