( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Serba-serbi Pembudidayaan Durian Merah bagi Pemula

Wednesday, July 4th 2018.

 

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Merah Murah online di kota kabupaten 1

Apakah Anda seorang penggemar durian? Pernahkah Anda mencoba varian durian yang satu ini, durian merah? Ada banyak jenis durian yang dikembangkan di Indonesia.

Durian merah (durio graveolens) adalah varian asli Indonesia yang dikembangkan pertama kali pada tahun 2007 di Banyuwangi. Sampai sekarang pun varian durian ini, bersama durian pelangi dan durian grafika, menjadi ikon khas Banyuwangi.

Dari manakah asal mula durian merah? Diyakini bahwa awalnya durian merah merupakan hasil perkawinan silang dari berbagai jenis durian. Tumbuh kembangnya di wilayah tertentu, yaitu di Banyuwangi, dengan karakteristik alam tertentu menghasilkan varian baru buah durian ini.

Berbeda dengan durian merah Kalimantan (Durio ketejensis) yang memiliki rasa cenderung pahit, durian merah Banyuwangi memiliki cita rasa manis, legit, asin, gurih, dan meninggalkan jejak rasa yang khas.

Di Banyuwangi sendiri durian merah berkembang menjadi 65 jenis, tergantung kondisi lahan tempatnya tumbuh dan teknik perawatan, namun hanya 25 jenis yang layak konsumsi.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Merah Murah online di kota kabupaten 2

Syarat tumbuh durian merah

Banyuwangi menjadi sentra produksi durian merah karena sifat pohon ini sangat cocok dengan karakteristik alam dan iklim di daerah tersebut. Daerah ini merupakan daerah dataran rendah, dekat dengan laut, namun dekat pula dengan gunung berapi, yaitu gunung Ijen dan gunung Raung.

Seperti umum diketahui bahwa abu dan kandungan sulfur pada air tanah di daerah gunung berapi dapat menambah kesuburan tanah. Tidak hanya itu, hembusan angin dari laut membawa kandungan garam air laut yang juga menutrisi tanah. Sinar matahari pun melimpah. Ini semua sangat disukai oleh tanaman durian merah dan membuatnya tumbuh optimal dengan kualitas terbaik.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Merah Murah online di kota kabupaten 4

Berdasarkan fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa karakteristik lingkungan alam yang mendukung pertumbuhan tanaman durian merah secara optimal adalah dataran rendah dengan ketinggian ideal 100 – 800 mdpl, meskipun dapat tumbuh baik pula di ketinggian 500 – 1000 mdpl, beriklim panas dengan suhu berkisar 30 – 35 derajat celcius.

Jenis tanah yang disukai adalah latosol, andosol, dan podsolik merah kuning dengan tingkat keasaman 6 – 7. Curah hujan antara 1500 – 2000 mm per tahun.

Mempersiapkan lahan tanam

Anda tidak harus menyiapkan lahan yang sangat luas untuk membudidayakan durian merah. Untuk tujuan komersial, lahan setengah hektar sudah cukup menguntungkan. Adapun untuk konsumsi sendiri tentunya lahan yang ada di pekarangan rumah Anda sudah cukup.

Hanya saja untuk memastikan keberhasilan Anda membudidayakan tanaman ini, terutama untuk tujuan komersial, sebaiknya lakukan cek tanah lahan di laboratorium. Maksudnya untuk memastikan adanya kandungan 26 mineral penting dalam tanah yang dibutuhkan tanaman durian merah, seperti makro alumunium, baron, silica, lartium, dan lain-lain.

Untuk mempersiapkan lahan agar siap ditanami, pertama-tama bersihkan lahan dari gulma dan tanaman liar lainnya. Gemburkan tanah dengan cangkul, lalu diamkan selama 3 hari. Agar unsur hara dalam tanah meningkat, beri pupuk kandang dan diamkan selama 1 minggu hingga pupuk terserap sempurna.

Buat lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm dengan jarak antarlubang 8 x 8 m jika Anda hendak menanam beberapa bibit sekaligus. Diamkan lubang tanam selama 1 minggu hingga gas-gas beracun dalam tanah hilang.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Merah Murah online di kota kabupaten 10

Memilih bibit yang berkualitas

Durian merah dapat dikembangbiakkan dengan cara generatif (biji) dan vegetatif (cangkok, okulasi, sambung). Akan tetapi, pengembangbiakkan dengan biji berisiko penurunan kualitas karena perbedaan sifat dengan pohon indukan dan baru akan berbuah setelah berusia 7 – 12 tahun. Sementara dari hasil okulasi, tanaman akan berbuah setelah berusia 5 – 6 tahun.

Pilihan terbaik jika Anda menginginkan tanaman durian merah Anda cepat menghasilkan buah adalah bibit top working, yaitu hasil sambung sisip dari pohon induk durian besar di bagian bawah sebagai batang pokok yang disisipi bibit durian merah di bagian atas. Bibit semacam ini dapat menghasilkan buah pada usia maksimal 3 tahun.

Ciri-ciri fisik bibit yang berkualitas adalah daunnya banyak, segar, bebas hama dan penyakit, banyak tunas baru pada batang, serta batang kokoh dengan 2 – 4 arah percabangan.

 

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Merah Murah online di kota kabupaten 3

Penanaman dan pemeliharaan

Setelah bibit dan lahan tanam siap, proses penanaman dapat dimulai. Masukkan bibit tanaman durian merah yang sudah dilepas dari polybagnya ke dalam lubang tanam. Pastikan posisinya tepat di tengah dan dapat berdiri tegak. Timbun kembali tanah ke dalam lubang hingga batas pangkal batang, lalu padatkan. Sirami 2 kali sehari pagi dan sore hinga umur 1 bulan.

Di atas umur 1 bulan, penyiraman dilakukan dengan memerhatikan cuaca. Beri pupuk susulan berupa pupuk kandang matang yang ditebar di sekitar pohon setiap satu tahun sekali. Untuk mempercepat pembuahan, hasil buah lebih manis, dan karakter buah tidak keras, boleh juga ditambah dengan pupuk NPK.

 

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Merah Murah online di kota kabupaten 11

Untuk menghindari hama dan penyakit, penyiangan gulma dan tanaman liar lainnya perlu rutin dilakukan. Penyiangan sebaiknya dilakukan secara manual dengan tangan. Menyiangi dengan bantuan cangkul atau sabit berisiko mengenai akar mayang tanaman sehingga justru berakibat tanaman mati.

 

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Durian Merah Murah online di kota kabupaten 5

Pemanenan

Durian merah berbuah satu tahun sekali antara bulan Maret – Mei dengan puncak panen pada bulan April. Setelah dipanen, buah dapat ber