( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Tips Dan Cara Budidaya Belimbing Bangkok Merah

Friday, February 22nd 2019.

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.2

Belimbing atau starfruit adalah salah satu jenis buah-buahan tropis yang memiliki ciri khas bentuknya yang unik. Rasanya asam manis segar, banyak mengandung air, enak dikonsumsi langsung di hawa yang panas atau dijadikan rujak. Jus belimbing juga menjadi salah satu alternatif minuman sehat yang berkhasiat, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi. Banyak sekali jenis belimbing, salah satunya yang banyak dibudidayakan adalah belimbing bangkok.

Seperti halnya varian-varian buah lainnya yang dikembangkan di Bangkok, Thailand, belimbing bangkok memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan varian belimbing lainnya. Sekarang belimbing bangkok dikembangkan lagi menjadi varietas baru dengan warna buah lebih menarik, yaitu belimbing bangkok merah. Merupakan hasil persilangan antara belimbing bangkok yang dibudidayakan di Blitar dengan belimbing malaya, belimbing bangkok merah memiliki segala keunggulan dari kedua varietas tersebut.

Bermaksud membudidayakan tanaman ini atau sekadar memeliharanya di rumah sebagai tanaman koleksi? Berikut langkah-langkah perawatan dan pemeliharaan belimbing bangkok merah.

1. Sejarah singkat

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.1a

Asal muasal belimbing adalah endemik Semenanjung Malaya di Malaysia. Dari sana kemudian menyebar ke berbagai negara di Asia Tenggara, bahkan ditemukan pula di India, Srilanka, Republik Dominika, Brazil, Peru, Guana, Guyana, Tonga, Polinesia, dan Amerika Serikat (Florida dan Hawaii). Sampai saat ini Malaysia masih menjadi negara sentrabudi daya belimbing secara intensif dan komersial. Thailand menjadi negara yang paling aktif untuk pengembangan varietas-varietas baru.

Di Indonesia, belimbing juga banyak dibudidayakan dalam berbagai jenis. Selain itu, muncul pula varietas-varietas baru hasil pengembangan pembudidaya lokal untuk mendapatkan jenis-jenis belimbing unggulan. Macam-macam varietas belimbing yang dibudidayakan di Indonesia, antara lain, belimbing dewi, belimbing demak, belimbing malaya, belimbing madu, belimbing bangkok, dan belimbing sembiring. Belimbing bangkok merah merupakan persilangan antara belimbing bangkok yang dibudidayakan di Blitar dan belimbing malaya.

Belimbing bangkok yang merupakan varietas asli Thailand memiliki warna buah kuning kemerahan, bentuk buahnya agak melebar dan pipih, bagian pinggirnya tetap hijau meskipun buah sudah tua. Rasanya manis, kandungan airnya banyak. Belimbing malaya pertama kali didatangkan ke Indonesia dalam bentuk okulasi dan ditanam di Bogor. Warnanya kuning keemasan, tekstur buahnya lunak. Dapat dipetik dalam 65 – 70 hari setelah terbentuknya buah, rasa manisnya maksimal ketika dipetik pada umur 75 hari.

Perpaduan kedua jenis ini menghasilkan belimbing bangkok merah yang berukuran besar, rasanya sangat manis, teksturnya renyah, dan kulitnya berwarna jingga atau kuning kemerahan.

2. Karakteristik dan morfologi

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.3

Pohon belimbing secara umum termasuk dalam kategori tanaman berkayu keras, tumbuh tegak lurus. Batangnya berbentuk gilig, berwarna coklat tua. Permukaan batang pohon retak-retak dengan celah dangkal. Terjadi karena penebalan sekunder yang disebabkan oleh perkembangan kambium ke arah dalam menjadi xilem sekunder dan keluar menjadi floem sekunder yang merusak lapisan epidermis batang sehingga permukaan kulitnya tampak kasar. Tinggi pohon jika diliarkan dapat mencapai 10 – 15 m, tetapi dipembudidayaan dipertahankan sekitar 4 – 5 m saja.

Secara alami, tajuk belimbing berbentuk piramida ketika tanaman masih muda, setelah dewasa tajuk membundar. Belimbing yang dibudidayakan tajuknya menyebar dan tidak teratur akibat pemangkasan rutin. Cabang memiliki permukaan yang dipenuhi lentisel, fungsinya sebagai tempat pertukaran gas O2 dan CO2 serta memaksimalkan penyerapan CO2 dari lingkungan. Cahaya matahari yang melimpah ditunjang kenaikan CO2 di udara dapat meningkatkan laju fotosintesis.

Daun bertekstur majemuk, tulangnya menyirip gasal, jumlah anak daun bervariasi. Anak daun tersusun berhadapan atau berseling pada sumbu utama daun. Daun berbentuk bulat telur dengan ujung meruncing. Tekstur helaian mesophytic, tidak terlalu tebal atau tipis. Jumlah anak daun 9 helai. Tangkai anak daun 0,5 cm. Panjang sumbu utama mencapai 20 cm. Daun muda berwarna merah hati hingga coklat kehijauan. Setelah dewasa berwarna hijau. Bunga memiliki susunan bisexual yang memiliki benang sari dan putik dalam satu bunga.

Merupakan bunga lengkap dengan bagian-bagian kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Tipe bunga seperti malai dan merupakan bunga terbatas. Bentuknya simetri radial (aktinomorf). Bagian-bagian bunga tidak saling berlekatan. Daun kelopak 5 helai dan mahkota juga 5 helai. Kelopak berwarna merah dengan berbagai gradasi, mahkotanya berwarna ungu pucat hingga ungu cerah. Ada dua bentuk tangkai putik, panjang (pin) dan pendek (thrum). Satu pohon hanya memiliki satu bentuk.

Pembuahan tidak dapat terjadi pada polen yang menyerbuki putik pada bunga yang sama. Diperlukan polen dari bunga lain yang memiliki bentuk putik berbeda untuk penyerbukan. Bentuk kepala putik berlekuk (lobed). Bunga terletak di ujung cabang (terminal), ketiak daun (axilary), dan batang paling tua (cauliflorous). Panjang tangkai bunga 0,2 – 3,7 cm dengan diameter 0,6 – 1,5 cm. Buah termasuk tipe berry atau buni, yaitu buah yang dagingnya dapat dimakan. Merupakan buah sejati yang berkembang dari bakal buah.

Bentuknya oval dengan 5 juring menonjol vertikal, jika dipotong melintang menampakkan bentuk bintang. Panjang tangkai 1,1 – 12,8 cm. Kulit buah tipis, permukaannya licin dan mempunyai lilin. Warna tepian bervariasi, warna kematangan buah tidak seragam. Berat buah belimbing bangkok merah ±300 gr/buah, panjangnya sekitar 20 cm, diameter 10 cm. Dagingnya berwarna jingga atau kuning kemerahan, bertekstur renyah, kadar air 70 – 80%, dan derajat kemanisan ketika matang sempurna di atas 10o brix.

Belimbing bangkok merah mencapai puncak produktivitasnya pada usia 8 – 20 tahun. Di atas 20 tahun, pohon ini sudah tidak produktif lagi, sebaiknya diganti dengan pohon yang baru. Puncak produktivitas tertinggi terjadi di usia 10 tahun di mana 1 pohon dapat menghasilkan sekitar 200 kg buah. Tanaman hasil okulasi yang berumur 1 tahun atau tinggi sekitar 80 cm sudah dapat berbuah, tetapi belum maksimal karena akarnya belum kuat. Panen yang ideal sebaiknya menunggu tanaman berusia minimal 3 tahun ketika akar sudah kuat dan buah yang dihasilkan lebat.

Baca juga :

3. Syarat tumbuh

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.5

Belimbing bangkok merah tumbuh optimal di dataran rendah antara 0 – 500 mdpl. Iklim termasuk dalam tipe A (amat basah), B (agak basah), dan C (basah) dengan 6 – 11 bulan basah dan 0 – 6 bulan kering, paling baik dengan 7,5 bulan basah dan 4,5 bulan kering. Suhu antara 33 – 38oC, kelembapan udara antara 50 – 70%. Curah hujan sedang (1500 – 2500 mm/tahun) dan angin tidak terlalu kencang. Curah hujan tinggi menyebabkan bunga dan buah gugur sehingga produksi rendah.

Angin kencang juga dapat merontokkan bunga. Semua jenis tanah cocok untuk tanaman belimbing asalkan subur, gembur, banyak mengandung bahan organik, serta memiliki aerasi dan drainase yang baik. Hanya tidak toleran terhadap tanah yang memiliki kadar garam tinggi. Derajat keasaman tanah (pH) 5,5 – 7,5. Kedalaman air tanah 50 – 200 cm di bawah permukaan tanah. Membutuhkan sinar matahari penuh sepanjang hari. Tanaman belimbing membutuhkan air sepanjang hidup, tetapi kurang menyukai air yang tergenang. Maka diperlukan drainase yang baik.

4. Pembibitan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.6

Bibit terbaik dihasilkan dari teknik okulasi. Tetapi dalam pembudidayaan, Anda tetap membutuhkan bibit dari biji untuk persediaan batang bawah. Cara menyiapkan bibit batang bawah adalah ambil biji dari buah yang matang pohon dan sehat. Tampung dalam sebuah wadah, cuci bersih dengan air hingga lendirnya hilang.  Angin-anginkan hingga kering di tempat yang teduh dan kering sampai kadar airnya tinggal 12 – 14%. Simpan dalam wadah bertutup rapat dan berwarna.

Tentukan areal persemaian yang strategis dan subur. Olah hingga cukup dalam (30 – 40 cm) sampai gembur. Angin-anginkan selama lebih kurang 15 hari. Campurkan tanah bagian atas dengan 2 kg/m2 pupuk kandang matang dan halus secara merata. Buat bedengan selebar 100 – 120 cm, tinggi 30 cm, panjang tergantung ukuran lahan. Arahnya membujur dari utara ke selatan. Rapikan dengan alat berupa papan kayu/bambu/cangkul. Tancapkan tiang-tiang bambu di sisi timur bedengan setinggi 100 – 150 cm dan di sisi barat 75 – 100 cm.

Pasang palang-palang dari bilah bambu yang diikat di atas tiang-tiang tersebut. Susun dedaunan atau jerami atau lembaran plastik transparan di atas palang bambu. Ini akan menjadi naungan bagi bibit belimbing bangkok merah selama dalam persemaian. Rendam biji dalam air dingin atau hangat kuku (55 – 60oC) selama 30 menit atau lebih. Simpan dalam gulungan kain basah di tempat lembap hingga berkecambah. Tanam biji yang sudah berkecambah sepanjang alur dangkal yang dibuat di atas bedengan, jarak antaralur 10 – 15 cm.

Tutup lagi dengan tanah tipis-tipis saja. Biarkan kecambah tumbuh menjadi bibit muda. Sirami secara rutin 1 – 2 kali sehari tergantung keadaan cuaca. Untuk memacu perkembangan bibit, beri pupuk nitrogen (urea/ZA) atau NPK yang dilarutkan dalam air dengan dosis 10 gr/10 liter air, siramkan tiga bulan sekali. Kendalikan hama dan penyakit dengan memotong bagian yang terkena serangan parah, perbaikan drainase, serta penyemprotan obat-obatan pembasmi hama dan penyakit dengan konsentrasi rendah, sekitar 30 – 50% dari anjuran.

Deder bibit yang sudah berusia 6 – 8 bulan ke dalam polybag atau keranjang atau langsung tanam di lahan dengan media tanam campuran tanah dan pupuk kandang. Sebagai batang atas, pilihlah dari pohon belimbing bangkok merah indukan yang unggul dan sehat. Cara sambung pucuk lebih mudah daripada menempel mata tunas. Potong salah satu tunas sepanjang ±10 cm, bagian pangkalnya dibuat meruncing agar dapat disisipkan pada batang bawah. Batang bawah yang disiapkan dipotong pucuknya, kemudian dibelah pada bagian tengah batang pokok.

Sisipkan batang atas pada belahan tersebut, bungkus dengan plastik transparan, lalu ikat kuat dengan tali rafia. Buka bungkusan setelah sambungan tampak menyatu. Memperbanyak bibit dengan cangkok juga dapat menjadi pilihan. Pilih cabang yang tumbuh tegak ke atas sebagai bahan cangkokan. Jika tidak ada, potong salah satu cabang yang mendatar agar kelak tumbuh cabang yang tegak.

Sayat kulit cabang sepanjang 5 – 10 cm. Tempelkan tanah atau sabut kelapa kering di seputar cabang yang sudah disayat, lalu bungkus dengan plastik transparan dan ikat di bagian atas, tengah, dan bawah bungkusan. Tunggu hingga tampak akar muncul dari sayatan, lalu potong cabang di bawah bungkusan. Buka bungkusnya dan tanam cangkokan ke lahan persemaian atau polybag. Namun, cara cangkok tidak direkomendasikan karena memiliki kekurangan pada perakaran yang kurang kuat.

Apapun cara pembibitan yang Anda pilih, pastikan bahwa indukan berasal dari tanaman yang memiliki sifat unggul. Ciri-cirinya, buah bermutu tinggi, rasa manis, bebas dari hama dan penyakit. Dengan perawatan yang baik, bibit yang dihasilkan akan menjadi tanaman yang mudah beradaptasi dengan lokasi baru, tahan stress, dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

5. Persiapan lahan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.7

Luas ideal untuk pembudidayaan belimbing bangkok merah adalah 2000 m2 di mana dapat menampung 5000 – 10.000 bibit untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Tetapi Anda tidak perlu berkecil hati jika tidak memiliki lahan seluas itu. Pemanfaatan lahan pekarangan yang hanya seluas beberapa ratus meter juga sudah cukup selama Anda pandai mengatur jarak tanam antarbelimbing dan antara belimbing dengan tanaman lain yang mungkin ada supaya aerasi terjaga baik dan sinar matahari dapat mencapai seluruh bagian tanaman.

Olah tanah dengan cara dicangkul atau dibajak sedalam 30 – 40 cm hingga gembur. Buat lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm atau 60 x 60 x 50 cm dengan jarak tanam 5 x 5 m sampai 6 x 6 m. Pisahkan tanah galian lapisan atas setebal 25 – 30 cm dari tanah galian lapisan bawah. Diamkan lubang selama 2 – 4 minggu. Satu minggu sebelum penanaman, siapkan pupuk dasar.

Anda dapat menggunakan pupuk kompos matang sebanyak 40 kg yang dicampur dengan tanah galian lapisan bawah atau mencampur tanah galian bagian atas dengan pupuk kandang ayam matang (1 : 1). Taburkan NPK 20 : 10 : 10 langsung ke dalam lubang tanam, satu genggam untuk satu lubang. Diamkan hingga tiba waktu penanaman. Sementara itu, buat saluran-saluran pembuangan air di sekitar lahan untuk menghindari terjadinya genangan.

6. Penanaman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.8a

Belimbing bangkok merah paling baik ditanam pada permulaan musim hujan. Pilih bibit yang sudah setinggi 50 – 100 cm untuk ditanam di lahan terbuka. Pada saat ini akarnya sudah cukup kuat dan mampu beradaptasi terhadap lingkungan baru dengan lebih mudah. Masukkan tanah galian bagian bawah terlebih dahulu. Selanjutnya, posisikan bibit yang sudah dilepaskan dari polybag atau keranjang secara tegak, tepat di tengah lubang tanam.

Timbun dengan tanah galian bagian atas sambil ditekan-tekan ke bawah, miring ke arah akar sampai posisi tanaman tidak akan goyah jika ditiup angin. Batas sambungan bibit okulasi harus berada 5 – 10 cm di atas tanah, jangan sampai tertimbun. Sirami setelah penanaman secukupnya.

7. Penyiraman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.9

Tanaman muda memerlukan banyak air untuk pertumbuhannya, tetapi tidak berlebihan. Frekuensi penyiraman disesuaikan dengan musim dan curah hujan. Jika curah hujan cukup tinggi, penyiraman belum diperlukan. Tetapi di musim kemarau, penyiraman rutin wajib dilakukan. Setidaknya 1 – 2 kali sehari pagi dan atau sore hari dengan melihat pula kondisi kelembapan tanah. Hati-hati untuk tidak menimbulkan genangan. Genangan air membuat tanaman rentan serangan hama dan penyakit, juga menyebabkan buah rontok.

8. Penyiangan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.10

Gulma, rumput liar, dan tanaman pengganggu lainnya dapat sangat merugikan tanaman. Tidak hanya karena menimbulkan persaingan dalam penyerapan nutrisi dan cadangan air tanah, tetapi juga menjadi inang dari berbagai jenis hama dan penyakit. Oleh karena itu, penyiangan perlu dilakukan untuk membersihkan lahan dari tanaman-tanaman pengganggu ini. Penyiangan dimulai sejak tahap pengolahan lahan lalu rutin setiap beberapa bulan sekali atau menjelang pemupukan.

Baca juga :

9. Penyulaman

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.11

Bibit yang tidak dapat tumbuh dengan normal, kerdil, atau gagal tumbuh dan mati sebaiknya dibuang dan diganti dengan bibit yang baru. Penggantian menggunakan bibit yang seumur dengan bibit yang diganti agar pertumbuhan tanaman tetap seragam. Penyulaman juga dilakukan pada bibit atau tanaman yang terserang hama atau penyakit dalam kondisi parah agar tidak menular ke bibit atau tanaman yang lain.

10. Penggemburan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.12

Secara periodik, cek kondisi tanah. Tanah yang sudah terlalu sering disirami kemungkinan sudah tidak gembur lagi dan sudah kehilangan sebagian unsur haranya. Apabila tanah sudah terlihat terlalu padat, gemburkan kembali sambil melakukan penyiangan. Gunakan cangkul atau penggaruk tanah karena penggemburan tidak perlu terlalu dalam. Penggemburan yang terlalu dalam dapat mengganggu perakaran.

11. Pemupukan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.13

Pupuk tambahan dapat diberikan setelah tanaman mencapai usia 3 bulan setelah penanaman di lahan. Ada tiga kombinasi pemupukan yang dapat Anda coba sesuai dengan kebutuhan lahan dan tanaman.

  1. Menggunakan pupuk organik dari kotoran sapi atau kambing dengan interval 3 bulan sekali.
  2. Memberikan NPK 3 bulan sekali dengan dosis sesuai anjuran untuk tanaman di bawah satu tahun. Dilanjutkan kombinasi 100 gr urea, 100 gr SP-36, dan 100 gr KCl setelah tanaman berumur satu tahun; 150 gr urea, 100 gr SP-36, dan 200 gr KCl setelah tanaman berumur dua tahun; 200 gr urea, 400 gr SP-36, dan 300 gr KCl setelah tanaman berumur 4 tahun. Di atas 4 tahun, dosis pupuk kombinasi meliputi 75 gr urea dan 150 gr SP-36.
  3. Menggunakan kombinasi organik dan kimia, meliputi 25 kg pupuk kandang ayam ditambah 50 gr NPK untuk tanaman di bawah satu tahun. Setelah berumur satu tahun, 50 kg pupuk kandang ayam ditambah 500 gr NPK. Lebih dari tiga tahun, berikan 75 kg pupuk kandang ayam dan 1 kg NPK.

Perlu dicatat bahwa dosis di atas adalah untuk satu pohon yang diberikan setiap tiga bulan sekali dalam satu tahun. Artinya, pupuk tidak diberikan sekaligus dengan dosis tersebut, melainkan dibagi empat bagian. Pemberian pupuk yang terlalu banyak justru akan merugikan tanaman karena panasnya pupuk dapat membakar perakaran. Selain kombinasi di atas, Anda juga dapat menggunakan pupuk organik yang sudah diformulasi khusus untuk tanaman buah atau tanaman belimbing yang dijual di toko-toko tanaman.

Pupuk dapat diberikan setelah penyiangan dan penggemburan. Catatan lainnya adalah untuk menyirami tanaman segera setelah dipupuk agar pupuk dapat meresap dengan baik.

12. Pemangkasan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.14

Pemangkasan tanaman dalam sebuah perkebunan sangat penting agar tajuk tidak saling berhimpitan. Tajuk yang berhimpitan menyebabkan sinar matahari sulit masuk ke bagian bawah tanaman. Akibatnya, proses fotosintesis pada tanaman bagian bawah kurang sempurna dan kelembapan sangat tinggi sehingga rawan hama dan penyakit. Pemangkasan cabang juga berguna untuk membentuk tanaman agar bercabang banyak dan tumbuh tidak terlalu tinggi.

Percabangan yang banyak memungkinkan munculnya bunga dan buah yang lebih banyak. Pemangkasan setelah panen bertujuan mempercepat pembentukan bunga baru agar tanaman siap berbuah lagi. Tanaman yang tidak terlalu tinggi mempermudah perawatan dan pemanenan. Lakukan pula peremajaan tanaman dengan membuang tunas yang muncul terlalu rapat, ranting yang sakit, dan tunas yang lemah.

13. Perawatan bunga

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.15

Bunga belimbing bangkok merah, seperti halnya bunga belimbing pada umumnya, sangat mudah rontok. Hujan deras dan angin kencang dapat merontokkan bunga. Begitu pula kekeringan, keracunan pupuk atau pestisida, pemberian urea yang berlebihan, serta tidak adanya penyerbukan oleh lalat, kupu-kupu, atau lebah. Agar bunga lebih tahan terhadap kerontokan, tanaman yang sudah berbunga disemprot dengan hormon NAA 10 – 25 mg/liter air atau larutan herbisida 2 – 10 mg/liter air. Penyemprotan langsung pada bunga sebelum mekar.

14. Penjarangan

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.16a

Setelah buah mulai terbentuk, lakukan penjarangan. Penjarangan berfungsi mengurangi kompetisi distribusi karbohidrat sehingga dapat menghasilkan buah yang berkualitas serta ukurannya meningkat dan sama rata. Ukuran buah yang meningkat dapat dilihat dari peningkatan jumlah sel, ukuran sel, dan ruang antarsel buah. Seleksi buah muda, buang buah yang kerdil, bengkok, atau cacat. Sisakan hanya 2 – 3 buah dalam satu tangkai. Kira-kira dalam satu pohon dapat menghasilkan sekitar 100 buah.

15. Pemberantasan hama dan penyakit

Belimbing bangkok merah sama seperti jenis-jenis belimbing yang lain, harus menghadapi masalah hama dan penyakit karena karakternya yang cepat rimbun, bunga dan buahnya pun banyak disukai serangga. Berikut macam-macam hama dan penyakit yang sering dijumpai pada tanaman belimbing.

Hama

a. Lalat buah (Dacus pedestris/Dacus dorsalis/Bactrocera dorsalis/Bactrocera carambolae)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.17

Lalat buah adalah hama yang paling dominan menyerang tanaman belimbing. Dari luar, kulit buah tampak berbercak kecil-kecil menyerupai titik kehitaman yang merupakan tempat lalat buah menyuntikkan telurnya ke dalam daging buah. Larvanya setelah menetas akan menggerogoti daging buah dari dalam. Buah menjadi busuk, berwarna kecoklatan, lembek, dan rontok. Cara paling efektif untuk mengatasi serangan lalat buah adalah dengan pembungkusan buah.

Bungkus buah sejak masih muda setelah dilakukan penjarangan. Pembungkusan menggunakan daun jati, pelepah pisang yang sudah kering, plastik transparan, atau kertas. Selain terhindar dari lalat buah, warna buah ketika dipanen juga cenderung seragam. Cara lain membasmi lalat buah adalah dengan memasang perangkap feromon sex Methyl eugenol. Kumpulkan dan bakar buah yang busuk untuk membasmi larva.

b. Kutu daun (Aphids, Thrips, Toxoptera aurantii)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.18

Kutu daun adalah jenis serangga kecil pemakan getah atau cairan tanaman. Hidup secara berkoloni dan menyerang tunas serta daun muda, juga bunga yang masih muda. Hasil sekresinya mengandung cairan manis seperti madu yang menarik perhatian semut. Populasi tertinggi terjadi ketika cuaca panas. Selain sebagai hama yang merusak, kutu daun juga menjadi perantara penyebaran jamur. Penanganannya dengan membiarkan musuh alaminya, seperti laba-laba dan lalat predator, hidup di sekitar kebun.

Jaga sanitasi lingkungan dengan rutin melakukan penyiangan tanaman pengganggu yang dapat menjadi inang. Hindari kelembapan yang berlebihan dengan pemangkasan teratur. Jika populasi mulai mengganggu, semprotkan larutan 30 ml sabun cair yang dicampur dengan 950 ml air. Sebaiknya hindari penggunaan pestisida kimia karena selain dapat mengontaminasi buah, juga menyebabkan hama akhirnya kebal.

c. Kutu putih (Maconellicoccus hirsutus)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.19

Hama ini menyerang bunga dan pangkal buah. Serangan pada bunga menyebabkan bunga rontok dan gagal menjadi buah. Serangan pada tangkai berakibat buah rontok sebelum waktunya. Serangan pada pangkal buah membuat buah mengalami malformasi. Selain itu, hama ini mengeluarkan liur beracun yang mengakibatkan jaringan tanaman rusak dan mati. Cara penanggulangan kutu putih sama dengan kutu daun. Pestisida kimia sebaiknya digunakan hanya ketika serangan tidak terkendali.

Contoh pestisida kimia yang efektif untuk membasmi kutu putih adalah yang berbahan aktif profenofos.

d. Semut rangrang (Oecophylla smaragdina)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.20

Di samping kebiasaannya bersarang di dalam daun yang ‘dijahitnya’ hingga membentuk gulungan atau dalam batang yang dilubanginya, sebenarnya semut rangrang justru bermanfaat membasmi beberapa jenis kutu yang menjadi makanannya. Tetapi, selain mengundang burung datang ke kebun, serangga ini juga suka memelihara beberapa jenis kutu yang menghasilkan cairan manis, seperti kutu daun. Kutu yang dipeliharanya inilah yang merusak tanaman. Untuk mengusir semut, hama yang dipeliharanya harus diberantas.

Baca juga :

e. Kelelawar

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.21

Kelelawar biasa menyerang buah yang sudah matang dan belum sempat dipanen. Setelah memakan bagian buah yang paling manis, sisa buah kemudian dibiarkan jatuh dan mengotori kebun. Serangan terjadi di malam hari ketika hewan yang mirip tikus bersayap ini aktif. Cara yang efektif untuk mengatasi serangan kelelawar adalah pembungkusan buah sedini mungkin dan membungkus pohon dengan jaring.

f. Ulat kantung (Pteroma plagiophelps)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.22

Hama ini memakan daun yang masih muda, terutama pada bagian bawahnya. Akibat serangannya, daun berlubang dan kering, serangan parah hanya menyisakan tulang daun. Ulat kantung hidup di dalam kantung berbentuk kerucut berwarna coklat sepanjang 16 mm. Kantung ini terbuat dari potongan-potongan daun yang sangat kecil dan ditempelkan dengan sangat rapi menggunakan sutra yang dihasilkan oleh larva. Pupa ulat kantung berada di dalam kantung dalam posisi terbalik, kepala di bagian bawah.

Pada fase ini, kantung berubah bentuk menjadi elips dan menggantung pada benang sutra yang menempel ke dahan atau daun.

g. Penggerek bunga (Diacrotricha fasciola)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.23

Hama yang ketika dewasa merupakan sejenis ngengat ini memiliki dampak yang sangat besar bagi tanaman belimbing. Imagonya mengisap nektar, kemudian meletakkan telurnya pada bunga. Setelah menetas, larvanya yang berwarna hijau pucat sampai coklat memakan bunga, baik yang kuncup maupun yang sudah mekar. Bunga yang diserang menjadi kehitaman dan gugur. Akibat serangan hama ini, tanaman gagal berbuah.

Cara menanganinya adalah dengan memperbaiki sanitasi kebun, memanfaatkan musuh alami (lalat predator, laba-laba, dan parasitoid), dan pemupukan berimbang sehingga tanaman memiliki daya tahan alami.

h. Ngengat penghancur buah (Othreis spp.)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.24

Hama ini merupakan spesies asli Australia yang kemudian menyebar sampai ke Asia. Baik larva maupun imagonya menyerang buah dengan mengisap dan merusak buah. Penanganan hama ini, antara lain, dengan membuang dan membakar buah yang terlanjur diserang, memperbaiki sanitasi lingkungan, dan pembungkusan buah. Serangan yang parah dapat diatasi dengan penyemprotan insektisida berbahan aktif sipermetrin.

i. Penggerek batang (Zeuzera coffeae)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.25

Tanaman yang diserang hama ini menunjukkan gejala berupa bekas gerekan bercampur kotoran yang tampak di permukaan lubang gerekan. Larva menggerek ke dalam cabang dan memakan bagian empulur. Tanaman yang diserang mengalami nekrosis, kering, merana, dan mati. Larva penggerek batang berwarna merah kecoklatan cerah, panjangnya 3 – 5 cm. Pupanya berada dalam liang gerekan. Sayap depan imagonya berbintik hitam pada dasar putih transparan.

Pemberantasan penggerek batang adalah dengan membuang bagian tanaman yang sudah diserang dan membakarnya, kemudian mengoleskan bubur bourdeaux ke seluruh permukaan batang dan cabang yang sehat.

j. Kepik pengisap buah (Helopeltis bradyi)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.26

Hama ini memasukkan stilet ke dalam jaringan buah dan mengisap cairan di dalamnya sambil mengeluarkan cairan liur yang mematikan jaringan tanaman. Buah mengalami bercak nekrotik coklat kehitaman. Buah yang masih muda kering dan rontok, buah matang mengalami cacat fisik. Cara penanganan hama ini sama dengan lalat buah.

k. Penggerek buah (Cryptophlebia leucotreta)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.27

Gejala serangan hama ini adalah adanya serpihan gerekan dan eksudat pada permukaan lubang gerekan. Buah yang diserang mendapat cacat fisik berupa pembusukan di sekitar lubang gerekan. Larvanya berwarna merah muda – merah, memudar di bagian samping, kepalanya merah terang. Cara penanganan yang sama dengan lalat buah dan pengisap buah dapat diterapkan pada hama ini. Jika serangan terlalu parah untuk ditangani secara nonkimiawi, gunakan insektisida berbahan aktif sipermetrin, emamectin, atau chlorpyrifos.

Penyakit

a. Bercak daun

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.28

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Cercospora averrhoae Fres. Gejala serangan berupa bercak klorotik bulat kecil-kecil pada anak daun. Daun yang diserang jadi kuning dan rontok. Bahkan jika tanaman muda atau bibit yang diserang, dapat menjadi gundul. Penanganannya dengan memotong bagian yang sakit dan menyemprotkan fungisida berbahan aktif kaptafol.

b. Kapang jelaga

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.29

Kapang jelaga merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur Capnodium sp. Jamur ini hidup sebagai saprofit dalam madu yang dihasilkan oleh kutu daun. Permukaan daun dari tanaman yang diserang tampak tertutup warna hitam. Akibatnya, proses fotosintesis terganggu. Pemberantasannya pertama-tama adalah dengan memberantas kutu daun terlebih dahulu, lalu membuang dan membakar bagian-bagian tanaman yang terkena serangan. Semprotkan fungisida berbahan aktif mankozeb jika serangan terlalu berat untuk diatasi secara manual.

c. Lapuk akar

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.30

Penyebab penyakit ini adalah cendawan Cortisium salmonicolor. Cendawan ini menginfeksi perakaran melalui luka dan membuat akar lapuk. Dengan lapuknya perakaran, mula-mula daun paling ujung menguning, pertumbuhan tunas tidak sehat, cabang-cabang mengering, dan tidak terjadi pertumbuhan baru. Jika akarnya sudah terserang parah, tanaman menjadi layu, kering, daun-daunnya rontok, dan akhirnya tanaman mati. Untuk mengendalikannya, buka semua akar yang dekat permukaan tanah dan kulit batang yang dekat tanah.

Setelah itu akar yang sakit dipotong dan bekas potongannya diolesi obat penutup luka, misalnya, dengan parafin atau ter. Tanaman yang sudah sakit parah dibongkar, akar-akarnya digali dan diambil sampai bersih, dikumpulkan, lalu dibakar. Tanah diseterilisasi dengan fungisida berbahan aktif mankozeb atau propineb yang dilarutkan dalam air, kemudian disiram di sekitar batang.

d. Busuk batang

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.31

Penyebab penyakit ini adalah jamur Ceratrocystis sp. Gejalanya daun menguning dan layu, bagian batang yang diserang busuk dengan warna coklat kebasahan, berair, dan berbau asam. Infeksi terjadi pada bagian tanaman yang terluka akibat gerekan hama penggerek batang. Cara mengatasinya adalah dengan mencegah terjadinya luka pada batang, menjaga sanitasi lingkungan, dan mengurangi kelembapan. Buang bagian batang yang sakit dan bakar, kemudian tutup bagian yang luka dengan bubur bourdeaux, parafin, atau ter.

Baca juga :

e. Antraknosa

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.32

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Colletotrichum spp. (Colletotrichum gloeosporioides, Colletotrichum acatatum, Colletotrichum capsici). Menginfeksi sejak buah masih muda. Gejala pada buah adalah adanya noda kecil berwarna coklat tua-hitam di permukaan buah yang kemudian menyebar ke dalam daging sampai biji. Ketika buah masih muda, jamur ini tinggal secara dormant di dalam buah. Aktif kembali ketika buah matang menjelang panen. Noda-noda yang semula kecil berkumpul menjadi noda yang lebih besar.

Buah menjadi busuk dan basah. Vektor penyebaran cendawan ini adalah sisa-sisa tanaman yang sakit dan percikan air hujan. Oleh karena itu, perbaikan sanitasi dan drainase sangat penting. Buang dan bakar buah yang menampakkan gejala penyakit. Kondisi yang sangat parah dapat diatasi dengan fungisida berbahan dasar mankozeb.

f. Gumosis (getah kuning)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.33

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Dothiorella viticola. Cendawan ini menyebabkan kanker pada batang, keluarnya getah lengket berwarna kekuningan, ranting mati, dan bercak kecoklatan pada kulit batang. Produktivitas menurun dan tanaman lama kelamaan mati. Cara penanganannya adalah dengan mengisolasi tanaman, membuang bagian-bagian yang sakit dan membakarnya, sterilisasi alat-alat pertanian yang digunakan, dan mengoleskan bubur california atau fungisida berbahan Cu pada bagian-bagian tanaman yang luka atau bekas pemangkasan.

g. Kanker dan busuk buah Phomopsis

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.34

Penyakit yang disebabkan kapang Phomopsis ini menunjukkan gejala awal berupa bercak ungu di ujung buah dan mengerasnya pangkal buah. Bagian pangkal buah berubah warna menjadi kuning hingga kecoklatan. Infeksi terjadi ketika buah masih menggantung di pohon atau melalui tangkai buah yang baru dipetik. Untuk mengatasinya, perbaiki sanitasi kebun, sterilisasi alat-alat pertanian, serta penyemprotan bubur bourdeaux atau fungisida benomyl.

h. Busuk alternaria

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.35

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Alternaria alternata. Menginfeksi buah muda atau yang masih hijau, lalu dormant hingga buah matang. Gejalanya terdapat bercak kecil kehitaman berbentuk bulat dengan diameter ±0,5 – 1 mm di permukaan buah. Lama kelamaan bercak ini membesar dan menutupi sebagian buah. Daging buah menjadi berwarna gelap dan lunak. Menjaga sanitasi lingkungan dan penggunaan biodekomposer hayati sejak pemindahtanaman dapat mencegah timbulnya penyakit ini.

Buang dan bakar buah yang sudah terlanjur mengalami serangan. Gunakan fungisida berbahan aktif mankozeb jika serangan tidak dapat dikendalikan secara alami.

i. Kapang hitam

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.36

Penyebab penyakit ini adalah cendawan Leptothyrium. Permukaan buah berubah warna menjadi kehitaman. Jamur ini tidak menembus permukaan kulit buah, tumbuh hanya di bagian luar kulit buah tanpa merusak daging. Namun, penampilan buah jadi tidak menarik. Perbaikan drainase adalah cara untuk menghindari serangan penyakit ini. Infeksi ringan dapat dihilangkan dengan menggosok permukaan buah secara perlahan sampai hilang.

j. Jamur upas

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.37

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Upasia salmonicolor, Corticium salmonicolor, atau Pelicularia salmonicolor. Ada pula yang menyebutnya sebagai penyakit batang berkerak merah. Penyakit ini sering menyerang batang atau cabang yang kulitnya bewarna cokelat dan belum membentuk lapisan gabus tebal. Gejala awal serangan jamur upas adalah adanya benang-benang mengilap menyerupai sarang laba-laba pada kulit batang, dahan, dan ranting. Selanjutnya, terbentuk bercak-bercak putih pada permukaan kulit yang akhirnya akan menjalar ke dalam.

Pada stadium lanjut timbul kerak berwarna merah jambu (salmon). Serangan yang berat mengakibatkan batang mengering dan lapuk. Batang, dahan, atau ranting membusuk dan cendawan membentuk bercak-bercak merah bata. Apabila penyakit sudah melingkari batang, maka tanaman akan mati. Upaya untuk mengendalikannya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Segala rerumputan dan semak belukar yang ada di sekitar tanaman dibersihkan.

Dahan dan ranting yang terserang dipotong dan dikumpulkan lalu dimusnahkan/dibakar. Selain itu, usahakan tajuk pohon tidak terlalu rindang dengan pemangkasan untuk mengurangi kelembapan. Jika akan menggunakan fungisida, cabang atau bagian tanaman yang sakit disemprot dan diolesi dengan bubur bordeaux 1%.

16. Pembudidayaan belimbing bangkok merah dalam pot

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.38

Bagi Anda yang ingin membudidayakan belimbing bangkok merah, tetapi tidak memiliki lahan yang cukup luas atau sekadar ingin memeliharanya sebagai koleksi di rumah, Anda dapat menanamnya di dalam pot. Pilih pot yang ukurannya cukup besar, minimal berdiameter 50 cm. Pastikan pot memiliki lubang drainase yang baik. Media tanamnya cukup menggunakan tanah humus yang dicampur kompos. Pilih bibit hasil okulasi atau sambung yang sudah berumur lebih dari 6 bulan.

Cara penanaman sangat mudah. Pertama-tama taburkan pecahan batu bata atau genting atau kerikil di dasar pot. Timbun dengan media tanam hingga setengah bagian pot. Ambil bibit, lepaskan polybagnya dengan hati-hati, letakkan di dalam pot tepat di bagian tengah dalam posisi tegak berikut media semainya. Timbun kembali dengan media tanam hingga tingginya 2 cm di bawah bibir pot. Sirami sampai air keluar dari lubang drainase. Penyiraman cukup satu kali sehari.

Ganti pot tiap 6 – 12 bulan sekali atau ketika akar tanaman telah muncul ke permukaan media tanam. Atau jika pertumbuhannya terhambat, kerdil, dan bunga tidak muncul-muncul. Jika ini terjadi, mungkin media tanamnya juga perlu diganti. Pemangkasan diperlukan untuk pembentukan cabang dan memacu pembungaan. Pertahankan 1 cabang utama, 3 cabang primer, dan 9 cabang sekunder. Cabang utama dipelihara hingga sepanjang 75 – 100 m, cabang primer 30 – 50 cm, dan cabang sekunder 30 – 50 cm.

Pangkas tanaman hingga bentuk ideal tersebut tercapai. Pemangkasan pada cabang sekunder akan menghasilkan tunas-tunas baru sebagai cabang tersier bersamaan dengan bunga-bunga majemuk berwarna merah. Setelah panen buah, pangkas ranting secara rutin 1 – 2 bulan sekali. Satu bulan setelah penanaman, beri pupuk dasar berupa campuran urea, TSP atau SP, dan KCl (2 : 1 : 1) sebanyak 20 gr atau 2 sendok makan per pot. Cara pemberiannya dengan dibenamkan ke dalam media tanam di sekitar batang pokok.

Lanjutkan dengan pemberian pupuk nitrogen ZA sebulan sekali, dosisnya 10 gr dilarutkan dalam 10 liter air. Cara pemberian dengan disiramkan hingga media tanam cukup basah. Untuk mempercepat pembungaan dan pembuahan, berikan pupuk tulang yang memiliki kandungan fosfor tinggi dicampur kompos dan pupuk kandang tiap dua bulan sekali hingga bunga muncul.

Alternatif lain untuk memicu munculnya bunga, meningkatkan jumlah bunga, mencegah kerontokan, membentuk bunga menjadi buah, dan meningkatkan ukuran dan bobot buah adalah dengan menambahkan ZPT berupa GA3. Larutkan 1 – 2 ml GAke dalam 1 liter air. Semprotkan ke tanaman sebelum berbunga dan setelah buah berukuran 2 cm. Agar buah manis dan tidak mudah rontok, berikan NPK sebanyak 25 – 50 gr per pohon per tahun. Pemupukan dilakukan 3 kali setahun, masing-masing 1/3 dosis, sebelum tanaman berbunga, setelah berbuah, dan selesai panen.

Alternatif lain untuk membuat buah terasa lebih manis adalah menambahkan TSP dan KCl yang dicampur dengan pupuk organik, seperti kompos dan pupuk kandang. Jika usaha pemangkasan dan pemberian pupuk masih belum menghasilkan bunga, lakukan stress air. Stress air selama 5 – 7 hari akan memacu munculnya bunga sebagai organ reproduksi. Namun jangan sampai kekeringan terlalu parah sehingga tanaman justru mati. Sirami jika daun sudah tampak layu. Setelah 3 – 4 minggu dan sebelum tanaman berbunga, beri pupuk.

Apabila buah telah muncul, lakukan penjarnagan agar buah tidak terlalu lebat. Penjarnagan dilakukan pada buah yang berumur satu bulan setelah bunga mekar atau berukuran 2,5 – 5 cm. Pertahankan 1 – 2 buah saja pada ranting yang diameternya 6 – 8 mm dan 2 – 3 buah pada ranting yang berdiameter 10 mm. Lanjutkan dengan pembungkusan buah menggunakan kertas, plastik, atau pelepah pisang kering agar terhindari dari hama dan penyakit.

Baca juga :

17. Panen dan pascapanen

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.39

Belimbing bangkok merah hasil pembibitan dengan cara cangkok dan okulasi sudah dapat berbuah pada umur 1 – 2 tahun setelah penanaman. Akan tetapi, buah pada saat ini belum berkualitas baik dan jika dipaksakan tetap berbuah akan merugikan pertumbuhan tanaman yang akarnya belum kuat. Idealnya panen belimbing bangkok merah baru dilakukan setelah umurnya 3 – 4 tahun. Ketika ini akar dan cabang sudah kuat untuk menahan bobot buah yang berat. Proses pembungaan dan pembuahan dapat berlangsung terus-menerus sepanjang tahun.

Panen dapat dilakukan 3 – 4 kali dalam setahun. Potensi panen belimbing bangkok merah sekitar 100 – 300 buah per pohon per tahun. Dinding sel buah belimbing tersusun atas selulosa, hemiselulosa, dan pektin. Selama proses pematangan terjadi pembongkaran komponen penyusun dinding sel yang menjadikan buah lunak. Perbedaan kadar komponen penyusun dinding sel menjadikan laju pembongkaran ini berbeda pada masing-masing buah. Maka terjadilah perbedaan umur kematangan buah dan waktu panen.

Perbedaan waktu panen juga disebabkan oleh perbedaan umur putik. Umur putik dipengaruhi oleh letak geografis (lingkungan dan iklim). Di dataran rendah yang beriklim basah, buah dapat dipetik pada umur 35 – 60 hari setelah pembungkusan atau 65 – 90 hari setelah bunga mekar. Ciri-ciri buah yang siap dipanen adalah ukurannya sudah maksimal, lebih lunak ketika dipegang, warna berubah dari hijau menjadi jingga atau kuning kemerahan. Jangan petik semua buah sekaligus, pilih yang benar-benar matang atau 80 – 90% matang.

Belimbing bangkok merah termasuk buah yang melanjutkan pematangannya setelah dipetik. Potong tangkainya dengan gunting tanaman yang tajam, lalu letakkan dengan hati-hati pada wadah agar tidak memar dan rusak. Waktu panen yang terbaik adalah pagi hari ketika buah masih segar dan cuaca belum panas. Pascapanen kumpulkan buah di dalam ruangan yang teduh. Sortir berdasarkan tingkat kematangan dan ukuran yang seragam. Buang buah yang rusak, cacat, atau diserang hama/penyakit.

Standar kualitas belimbing bangkok merah yang layak dipasarkan adalah memiliki bentuk sempurna, tidak ada memar, tidak keriput, bebas kotoran dan sisa bagian tanaman yang lain, bebas bau dan rasa yang asing, serta tingkat kematangannya layak. Bersihkan dari kotoran dengan lap atau sikat yang lembut. Belimbing bangkok merah tahan penyimpanan selama 7 – 10 hari di dalam suhu ruangan. Agar umur penyimpanan dapat lebih lama, simpan di tempat dingin atau kotak karton dalam ruangan bersuhu 5 – 20oC.

Jangan simpan dalam suhu di bawah 5oC karena buah akan rusak. Untuk pengemasannya, bungkus tiap buah dengan plastik regang (plastic wrap), kertas tisu, atau polyesterene net. Masukkan ke dalam kontainer berupa kotak karton atau peti dari kayu yang lunak. Bagian dasar dan dinding kontainer diberi lapisan busa atau bantalan kertas. Tiap kontainer maksimal diisi tiga lapis buah dengan posisi bagian pangkal berada di bawah. Bobot maksimal tiap kontainer adaah 30 kg.

Manfaat mengonsumsi belimbing bangkok merah

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Belimbing-Bangkok-Merah-Murah-online-di-kota-kabupaten.40

Belimbing bangkok merah merupakan sumber karbohidrat, vitamin, dan mineral alami. Vitamin A-nya menyehatkan mata dan mencegah rabun. Vitamin C-nya memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengatasi sariawan, menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan, menyehatkan dan menghaluskan kulit, mencerahkan warna kulit, menyamarkan garis-garis halus, serta antijerawat alami. Karbohidratnya menambah energi dan mendukung program diet.

Selain vitamin dan mineral, belimbing bangkok merah juga mengandung serat. Kandungan serat dalam belimbing bangkok merah mencegah sembelit, melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi gangguan pencernaan, meringankan masalah perut (contohnya, penyakit maag), dan meningkatkan nafsu makan. Belimbing bangkok merah juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi. Antioksidan dalam belimbing bangkok merah menangkal efek buruk dari radikal bebas dan mencegah kerusakan sel kulit penyebab kanker, menjaga dari risiko terkena kanker, serta membantu menghilangkan racun dari tubuh (detoksifikasi).

Zat antiinflamasi yang terkandung dalam belimbing bangkok merah dapat meredakan ketegangan, menyembuhkan sakit kepala, menyembuhkan nyeri persendian, dan menurunkan demam. Khasiat lainnya dari belimbing bangkok merah, antara lain, mengatasi kolesterol dengan menurunkan kadarnya, mencegah tekanan darah tinggi, menjadi alternatif pengobatan hipoglikemik dan hipokolesterolemia, menjaga kesehatan jantung, mengendalikan kadar glukosa dalam darah, dan mengatasi masalah kencing manis.

Mengonsumsi belimbing bangkok merah juga dapat menambah fungsi enzim dan mendukung pertumbuhan anak. Bagi pria dan wanita dewasa, konsumsi belimbing bangkok merah dapat meningkatkan vitalitas. Kandungan air yang tinggi dalam belimbing bangkok merah juga baik untuk menjaga kesehatan ginjal, namun harus berhati-hati bagi seseorang yang sudah mengalami gangguan pada ginjal. Jus belimbing memiliki kadar neurotoksin yang sulit dinetralisasi oleh ginjal.

Selain itu, belimbing mengandung asam oxalat yang bisa disaring oleh ginjal yang sehat dan dibuang keluar tubuh. Tetapi, ginjal yang sudah menurun fungsinya tidak dapat membuang racun ini dan justru memperburuk keadaan ginjal dan dapat menyebabkan gagal ginjal.

Berikut komposisi kandungan nutrisi pada 100 gr belimbing bangkok merah.

Kalori           : 36 kal

Protein          : 0,4 gr

Lemak          : 0,4 gr

Karbohidrat  : 8,8 gr

Kalsium        : 4 mg

Fosfor           : 12 mg

Besi              : 1,1 mg

Vitamin A     : 170 S.I

Vitamin B1    : 0,03 mg

Vitamin C     : 35 mg

Air                : 90 gr

Demikian Tips Dan Cara Budidaya Belimbing Bangkok Merah. Anda dapat memperoleh bibit belimbing bangkok merah yang berkualitas di kebun pembibitan kami dengan cara menghubungi kami di situs www.samudrabibit.com. Selain bibit yang berkualitas dengan harga murah, kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman unggulan secara grosir dan melayani pembelian secara online. Kami juga menyediakan pupuk khusus tanaman buah serta aneka produk nutrisi sebagai penunjang keberhasilan Anda dalam membudidayakan tanaman.

Silakan mengunjungi kebun kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan belimbing bangkok merah kami.

Incoming search terms:

  • tanaman belimbing thailand

Produk terbaru

Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangObat Anti Stress Tanaman SamudraFit 100 ML
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 70.000 100.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPotato Planter Bag
Harga Rp 70.000 100.000
Anda HematRp 30.000 (30.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 140.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Jeruk Nipis
Harga Rp 100.000 140.000
Anda HematRp 40.000 (28.57%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Srikaya Nanas (Biriba)
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Nanas Madu
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 700.000 800.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Pisang Variegata
Harga Rp 700.000 800.000
Anda HematRp 100.000 (12.50%)
Lihat Detail
Rp 600.000 700.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Manggis Putih
Harga Rp 600.000 700.000
Anda HematRp 100.000 (14.29%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Kelengkeng Aroma Durian
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman