( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Tips Pemberantasan Hama dan Penyakit pada Tanaman Nanas

Saturday, November 24th 2018.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 9

Ketika memutuskan untuk membudidayakan tanaman nanas, terutama nanas madu, tentunya Anda berharap untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan. Akan tetapi, ada kalanya harapan itu pupus karena panen yang gagal atau justru tanaman gagal tumbuh akibat serangan hama dan penyakit. Untuk mengantisipasi kegagalan semacam ini, perlulah kiranya Anda mempelajari berbagai macam hama dan penyakit yang mengancam tanaman nanas agar kelak dapat mencegah kemungkinan terjadinya kegagalan dalam budi daya tanaman nanas.

Ataupun apabila serangan hama dan penyakit itu benar-benar tidak terhindarkan, Anda sudah mengetahui cara-cara mengendalikannya sehingga kerugian tidak terlalu besar. Berikut macam-macam hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman nanas madu.

 

Hama

  1. Penggerek buah (Thecla basilides geyer)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 10

Hama ini berupa kupu-kupu berwarna coklat. Betinanya bertelur di permukaan buah, kemudian telur menetas menjadi larva. Ciri fisik larva penggerek buah adalah tubuh bagian atasnya cembung, bagian bawah datar. Seluruh bagian tubuh tertutup bulu-bulu halus pendek. Larva ini menyerang buah dengan cara melubangi daging buah. Buah jadi berlubang, mengeluarkan getah, lalu membusuk. Biasanya diikuti serangan cendawan atau bakteri.

Cara pencegahan dan pengendaliannya secara nonkimiawi adalah menjaga sanitasi kebun dan membuang bagian tanaman yang terserang. Adapun pengendalian secara kimiawi adalah dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif diazinon dan endosulfan dengan konsentrasi sesuai anjuran.

  1. Kumbang Carpophilus hemipterus L.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 11

Hama ini bertubuh kecil, warnanya coklat atau hitam. Larvanya berwarna putih kekuningan, berambut tipis, langsing, dan berkaki enam. Hama ini menyerang tanaman nanas yang luka sehingga mengeluarkan getah dan membusuk akibat mikroorganisme yang lain (cendawan dan bakteri). Cara pengendaliannya adalah dengan menjaga sanitasi kebun dan pemberian insektisida berbahan aktif karbofuran pada tanah sebelum dan pada saat penanaman bibit, dilanjutkan dengan penyemprotan insektisida berbahan aktif endosulfan.

  1. Lalat buah (Atherigona sp.)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 12

Hama ini berukuran kecil, bertelur pada bekas luka di buah. Telurnya kemudian menjadi larva berwarna putih. Larva ini merusak dan memakan daging buah hingga busuk dan lunak. Cara pengendaliannya adalah dengan menjaga sanitasi kebun dan membuang buah yang diserang. Semprotkan insektisida berbahan aktif endosulfan dan diazinon sesuai takaran yang dianjurkan.

  1. Thrips (Holopathrips ananasi da Costalima)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 13

Hama ini bertubuh kecil, panjangnya hanya sekitar 1,5 mm, berwarna coklat, dan memiliki mata yang besar. Thrips mengisap cairan sel daun nanas sehingga menimbulkan bintik-bintik berwarna perak. Serangan yang berat dapat menghambat pertumbuhan tanaman muda akibat terganggunya proses fotosintesis. Pengendaliannya secara mekanis adalah dengan menjaga sanitasi kebun dan mengurangi ragam tanaman inang melalui tindakan penyiangan yang rutin.

Adapun cara pengendalian secara kimiawi adalah dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif amitraz, abamectin, metomil, diafenturon, khlorpirifos, piridaben, atau profenofos sesuai takaran yang dianjurkan.

  1. Sisik (Diaspis bromeliae kerne)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 14

Kutu sisik adalah serangga kecil bertubuh bulat dengan diameter 2,5 mm, datar, berwarna putih kekuningan atau keabu-abuan. Hidup bergerombol menutupi buah dan daun. Serangan hama ini menyebabkan pertumbuhan tanaman nanas terhambat dan ukuran buah yang dihasilkan kecil. Cara pengendaliannya adalah dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif deltametrin atau profenofos dengan takaran sesuai anjuran.

  1. Ulat buah (Tmolus echinon L.)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 15

Hama ini berupa larva berambut halus, kepalanya kecil. Setelah dewasa menjadi kupu-kupu berwarna coklat. Hama ini menggerek dan membuat lubang pada buah. Buah menjadi berlubang dan mengeluarkan getah. Cara pengendaliannya secara mekanis adalah dengan memotong bagian tanaman yang diserang, kemudian mengumpulkan dan membunuh ulat satu per satu. Sementara cara pengendalian secara kimiawi adalah dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif endosulfan atau betasiflutrin.

Baca juga :

  1. Rayap

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 16

Hama ini biasanya menyerang perakaran dari tanaman. Cara pencegahan serangan rayap terhadap tanaman nanas diawali dari pengolahan lahan yang cermat untuk menghancurkan sarang rayap. Bersihkan lahan dari sisa-sisa tanaman sebelumnya dan sisa-sisa akar kayu.

Lakukan rotasi tanaman. Untuk pengendalian hama secara mekanis, pasang jebakan dengan umpan berupa kertas tisu yang dibasahi larutan hexalflumoran. Pengendalian secara alami dapat menggunakan pestisida alami yang dibuat dari ekstrak daun pepaya dan daun nimba atau parutan bawang putih yang dicampur air dan sabun cuci piring herbal. Semprotkan pada tanaman nanas secara merata.

Cara alami yang lain adalah dengan memanfaatkan cendawan entomopatogen yang disemprotkan pada tanaman. Adapun cara kimiawi menggunakan insektisida berbahan aktif karbofuran, fipronil, atau imidakloprid.

Cara pemberiannya dapat ditaburkan pada lahan atau pangkal batang tanaman, digunakan untuk merendam bibit sebelum ditanam, disemprotkan, atau dikocorkan pada pangkal batang.

  1. Tikus (Ratus argentiventer)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 1

Hewan ini adalah pemakan segala, hampir dapat ditemukan menjadi hama di berbagai macam tanaman budi daya. Akibat serangan tikus, buah tidak hanya rusak dan habis dimakan, tetapi juga membusuk karena organisme lain hidup pada luka-luka bekas gigitan. Pemberantasannya secara mekanis adalah dengan memburu dan membunuhnya atau memasang perangkap. Ada berbagai macam teknik memerangkap tikus. Dapat juga menggunakan cara alami, yaitu dengan menyemprotkan larutan bawang merah di seputar tanaman.

Bau dari bawang merah tidak disukai tikus sehingga hewan ini akan cenderung menghindarinya. Untuk cara kimiawi, sebarkan rodentisida berbahan aktif kosfida, brodifakum, atau kumatrelali pak.

  1. Nematoda

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 16

Nematoda adalah sejenis cacing parasit yang biasa menyerang berbagai tanaman pangan. Bagian tanaman yang diserang adalah perakaran. Hewan parasit ini bertelur di akar, kemudian telur menetas menjadi larva. Larva nematoda lalu menusuk dinding sel akar dan batang. Gejala serangan hama ini tampak pada munculnya puru akar (gall), terjadi luka pada akar, ujung akar rusak, dan kemudian membusuk. Ciri lain dari tanaman nanas yang diserang hama ini adalah pertumbuhannya tidak normal. Untuk mengatasi hama ini diperlukan teknik pengendalian hama terpadu.

Dimulai dengan menggunakan varietas tanaman yang tahan atau toleran, pemupukan, penggunaan bahan organik, penggiliran tanaman, penggunaan penutup tanah, penggunaan pestisida nabati, agen hayati, pembasmian dengan nematisida kimia, dan karantina (pencegahan penyebaran dari daerah terinfeksi). Pestisida nabati dapat memanfaatkan bahan-bahan, meliputi tepung biji mimba, bungkil jarak, ekstrak kenikir, atau senyawa eugenol cengkih. Agen hayati meliputi jamur Arthrobotrys dan bakteri Pasteuria penetrans.

Adapun penggunaan nematisida meliputi berbagai nematisida berbahan aktif etoprofos, metam sodium, dan dimethylformocarbothialdine yang merupakan campuran dari senyawa dimethyl, thadiazine thione, dan tetrahydro.

  1. Kutu tepung jeruk/kutu dompolan putih

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 17

Hama ini memiliki bentuk tubuh oval memanjang, panjangnya 3 mm dengan lebar 1,5 mm, berwarna merah muda hingga coklat kemerahan, memiliki garis sepanjang punggung mulai dari kepala sampai ekor, dan tidak bersayap. Tubuhnya terselubung tepung putih tetapi tidak tertutup sepenuhnya. Permukaan tanaman jadi seperti tertutup lapisan lilin.

Baca juga :

Serangga kecil ini menghasilkan cairan manis yang memicu pertumbuhan jamur jelaga. Untuk mengatasinya, diperlukan pengendalian hama terpadu diawali dengan memperbaiki sanitasi kebun, konservasi musuh alami dari hama ini, penggunaan agen hayati, dan pemberian insektisida. Pemberian insektisida menggunakan zat-zat berbahan aktif amitraz, profenofos, chlornicotinyl, metidation, imidakloprid, dan deltametrin.

  1. Tungau merah (Stigmaeus floridanus banks)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 17

Tubuh tungau sangat kecil, mirip laba-laba. Hama ini menyerang tanaman nanas yang masih muda dengan cara mengisap cairan sel daun sehingga pertumbuhan tanaman terhambat dan akhirnya mati. Bekas serangan tampak berbintik-bintik coklat atau hitam. Hama ini dapat dikendalikan dengan penyemprotan insektisida jenis akarisida yang berbahan dasar sipermetrin atau propargit.

  1. Lipan kebun (Scutigerella immaculata newport)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 18

Sebagaimana lipan pada umumnya, hewan ini berkaki banyak, tetapi warnanya keputih-putihan. Hidup di dalam tanah yang basah dan lembap. Lipan kebun menyerang tanaman dengan memakan dan merusak ujung-ujung rambut akar. Akibatnya, tanaman menjadi kerdil, daun berwarna pucat, dan akhirnya mati. Hama ini dapat diberantas dengan cara membersihkan dan memusnahkan sisa-sisa tanaman di sekitar kebun serta melakukan fumigasi dengan karbon bisulfda.

  1. Penggerek batang (Castnia licus drury)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 19

Hama ini merupakan sejenis ngengat yang bertelur pada batang nanas. Setelah menetas, larvanya menyerang batang nanas yang sedang berbuah hingga bagian pucuknya membusuk dan akhirnya mati. Serangan ringan tampak berupa lubang-lubang kecil pada batang nanas. Adapun serangan parah dapat mengakibatkan batang busuk dan roboh. Jika batang tersebut dibelah, akan tampak larva-larva yang masih muda.

Untuk mengendalikan hama ini secara mekanis adalah dengan membelah batang yang terinfeksi, membunuh larva yang ada di dalamnya, kemudian membakar batang yang telah terinfeksi tersebut. Adapun pengendalian secara kimiawi adalah dengan menaburkan atau menyemprotkan insektisida berbahan aktif karbofuran, dimehipo, lipromil, metomil, atau cartap hidroklorida.

  1. Kutu putih (Dysmicoccus brevipes)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 20

Hama ini mirip dengan kutu tepung jeruk, hanya saja seluruh tubuhnya tertutupi lapisan lilin berwarna putih. Suka bersarang di bagian bawah daun dan kuncup daun muda, lalu mengisap cairan daun sampai keriput dan mati. Seperti kutu jeruk, hama ini juga mengeluarkan embun madu yang sangat disukai semut. Oleh karena itu, semut menjadi vektor pembawa hama ini. Cara pengendaliannya secara alami adalah dengan memelihara musuh alaminya, seperti serangga bersayap jala (Chrysoperla rufilabris) dan kumbang bajak laut (Anthocoridae).

Pemberantasan secara mekanis adalah dengan membasmi semut, membuat perangkap kutu putih, dan mencabuti daun yang ditempeli banyak telur. Adapun cara pengendalian secara kimiawi adalah dengan menerapkan insektisida berbahan aktif profenofos.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 2

Penyakit

  1. Busuk hati (hearth rot) dan busuk akar (root rot)

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Phytophthora parasitica dan Phytophthora cinnamomi rands. Penyebarannya dibantu oleh macam-macam tanaman inang, alat-alat pertanian, curah hujan yang tinggi, penggunaan bahan-bahan organik, dan kelembapan tanah yang tinggi. Gejala tanaman yang terserang penyakit ini adalah daunnya berubah warna menjadi hijau berbelang-belang kuning. Terdapat nekrotis pada bagian ujung. Daun muda mudah sekali dicabut, bagian pangkalnya membusuk, berbau, dan berwarna coklat. Akar busuk dan pada akhirnya tanaman mati. Cara pengendalian nonkimiawi adalah dengan memperbaiki drainase, mengurangi kelembapan tanah, serta memotong atau mencabut tanaman yang sakit. Adapun pengendalian secara kimiawi adalah dengan mencelupkan bibit tanaman nanas ke dalam fungisida berbahan aktif mankozeb atau benzimidazol.

  1. Busuk pangkal (base rot)

Penyebab penyakit ini adalah cendawan Thielaviopsis paradox hohn/Ceratocystis paradoxa C. Mureu. Penyebarannya dibantu oleh tanaman inang, luka-luka mekanis pada tanaman, angin, hujan, dan tanah. Gejala penyakit ini adalah pangkal batang, daun, buah, dan bibit menampakkan gejala busuk lunak berwarna coklat atau hitam dengan bau khas. Adapula yang berbercak putih kekuningan. Cara pengendaliannya adalah dengan menyimpan bibit sementara agar lukanya cepat sembuh sebelum ditanam, menanam bibit pada musim kering, dan menghindari terjadinya luka mekanis pada bibit. Adapun pengendalian secara kimiawi adalah dengan merendam bibit dalam larutan fungisida berbahan aktif benzimidazole.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 4

  1. Busuk bercak gabus, busuk bibit, dan bercak kuning

Penyakit busuk bercak gabus disebabkan oleh cendawan Pinicillium funiculusum thom. Busuk bibit disebabkan oleh cendawan Pythium sp.. Sementara penyakit bercak kuning disebabkan oleh virus. Ketiga penyakit ini dapat dikendalikan dengan metode pengendalian terpadu, meliputi penggunaan bibit yang sehat, perbaikan kultur teknik budi daya secara intensif, serta pemotongan/pencabutan dan pemusnahan tanaman yang terinfeksi.

  1. Gulma

Gulma sebenarnya bukanlah penyakit yang spesifik. Akan tetapi, gulma menjadi inang dari berbagai hama dan penyakit yang mungkin menginfeksi nanas. Serangan gulma muncul akibat dari pemberian mulsa yang kurang baik sehingga rumput liar dan gulma tumbuh subur. Penanggulangannya tentu saja dengan lebih memerhatikan sanitasi kebun dan rajin melakukan penyiangan. Dapat juga menggunakan cara pengendalian kimiawi dengan penyemprotan berbagai macam herbisida pembasmi gulma dan rumput liar.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 8

  1. Layu nanas

Penyakit ini disebabkan oleh virus bernama Pineapple Mealybug Wilt-associated Virus (PMWAV). Disebarkan oleh kutu putih dan semut api. Virus ini menyebabkan melemahnya sistem perakaran sehingga mengganggu transportasi air dan nutrisi. Akibatnya, tanaman layu dan mati atau tumbuh kerdil dan tidak mampu berbuah, atau berbuah tetapi kecil-kecil. Pola penyebarannya di perkebunan dimulai pada tanaman yang terletak di bagian pinggir lalu menyebar ke tengah. Apabila menyerang daun menyebabkan mati pucuk daun, tepi daun menggulung ke bawah, berwarna kuning lalu berubah menjadi kemerahan, akhirnya layu, roboh, dan mati. Apabila menyerang akar maka akar berubah warna menjadi coklat atau hitam, membusuk, dan pertumbuhan terhenti. Selain itu, dapat ditemukan koloni kutu putih di sekitar akar dan pangkal batang. Cara menanggulanginya adalah dengan menerapkan pengendalian hama terpadu, meliputi tindakan-tindakan berikut.

  • Tanam bibit nanas di lahan yang steril dari hama ataupun virus.
  • Hindari penanaman di lahan bekas tanaman nanas yang terinfeksi atau berdekatan dengan tanaman yang terinfeksi.
  • Gunakan bibit yang steril dan bebas penyakit.
  • Gunakan bibit yang berasal dari tanaman yang sehat dan bebas penyakit.
  • Rendam bibit di dalam air panas (58oC) selama lebih kurang 40 menit sebelum ditanam.
  • Rendam bibit dengan larutan insektisida organofosfat selama 30 menit sebelum ditanam untuk membunuh kutu putih dan telurnya yang mungkin terbawa oleh bibit.
  • Perlakuan media pembibitan dengan insektisida organofosfat.
  • Pengolahan lahan yang baik.
  • Sanitasi lahan.
  • Pembersihan gulma agar tidak menjadi inang dari kutu putih.
  • Cabut dan bakar tanaman yang terinfeksi.
  • Rotasi tanaman dengan jenis lain.
  • Monitoring tanaman secara berkala.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 7

  1. Bercak kelabu (gray leaf spot)

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Pestalotia sp., menyerang tanaman yang sudah tua. Cendawan ini merupakan patogen sekunder yang hidup di jaringan mati dan menginfeksi luka. Penularannya dibantu oleh air. Gejala tanaman yang diserang penyakit ini adalah terdapat bercak putih kecoklatan atau kelabu dengan bentuk yang tidak teratur pada daun. Cara pengendaliannya adalah dengan penyemprotan fungisida berbahan aktif benzimidazol dan bupimirate.

  1. Hawar daun (leaf blight)

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Clasdosporium sp.. Gejala tanaman yang diserang adalah terdapat bercak-bercak bulat berwarna kuning pada daun. Bercak ini akan meluas dan berubah warna menjadi kecoklatan. Pengendaliannya adalah dengan memastikan benih atau bibit yang ditanam sehat, menjaga sanitasi lingkungan, menghindari pemberian pupuk nitrogen yang berlebihan karena berakibat tanaman rentan penyakit, dan sebaliknya menggunakan pupuk kalium yang dapat memperbesar daya tahan tanaman terhadap penyakit ini.

  1. Alga hijau (Cephaleuros mycoidea karst)

Merupakan salah satu jenis dari Chorophyta. Penyebab munculnya penyakit ini adalah tingkat kelembapan tanah yang terlalu tinggi. Tanaman yang terinfeksi alga ini bagian atas permukaan daunnya tampak berbercak hijau bulat. Bersifat parasit dan dapat menimbulkan penyakit bercak karat merah. Untuk menanggulanginya, semprotkan fungisida berbahan aktif tembaga hidroksida.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit Nanas Langka online murah di kota kabupaten 6

Demikian tips pengendalian hama dan penyakit pada tanaman nanas. Semoga bermanfaat bagi Anda para pembudi daya dan pehobi tanaman nanas. Untuk mendapatkan bahan-bahan pengendali serangan hama dan penyakit, Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com atau mengunjungi kami langsung di kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati, Gaum, Tasikmadu, Karanganyar. Kami juga menyediakan pupuk olahan yang sudah mengadung bahan-bahan pencegah serangan hama dan penyakit untuk berbagai jenis tanaman buah, selain bibit dan benih tanaman yang berkualitas baik.

Incoming search terms:

  • cara mencegah virus pada tanaman nanas
  • Pupus daun nanas

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman