( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Tips Pemberantasan Hama dan Penyakit pada Tanaman Semangka  

Thursday, December 6th 2018.

 

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 11

Ketika kita memutuskan untuk membudidayakan suatu jenis tanaman, terutama tanaman produktif, seperti buah-buahan, pastinya kita mengharapkan hasil yang terbaik. Panen yang berlimpah, buah yang berkualitas, dan masa produktif tanaman yang panjang. Akan tetapi, ada kalanya usaha kita mendapat tantangan, dalam hal ini berupa hama dan penyakit tanaman. Begitu pula dalam pembudidayaan semangka. Semangka mudah tumbuh, tetapi juga rentan terhadap hama dan penyakit.

Sangat penting bagi seorang petani atau pehobi tanaman semangka untuk mengetahui berbagai jenis hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman semangka dan cara-cara menanggulanginya. Berikut ulasannya.

  • Hama
  1. Gangsir (Brachytripes portentosus licht)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 1

Binatang ini memiliki bentuk fisik yang serupa dengan jangkrik, tetapi ukurannya lebih besar. Aktif makan di malam hari. Menyerang pangkal batang, terutama pada tumbuhan muda, hingga terpotong. Penanggulangannya secara alami adalah dengan menjaga sanitasi atau kebersihan kebun, menutup lubang-lubang mulsa di sekitar tanaman dengan tanah atau potongan bambu, dan melindungi tanaman yang masih kecil menggunakan gelas plastik berlubang.

Penanggulangan secara kimiawi adalah dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif asefat, dectametrin, fipronil, amitraz, atau chlorantranilipol.

  1. Kutu daun Aphids dan Thrips

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 2

Termasuk jenis kutu-kutuan, memiliki bentuk fisik kecil ramping, berwarna kuning pucat kehitaman, memiliki sungut, dan tubuhnya beruas-ruas. Mengembara di malam hari, lalu menetap dan berkembang biak. Menyerang daun tanaman muda dengan cara mengisap cairan daun sehingga daun berubah warna seperti perunggu, terutama pada permukaan daun bagian bawah. Lambat laun daun mengkerut, keriting, kering, lalu mati. Selain itu, hama ini juga menjadi vektor penyebaran virus.

Penanggulangannya secara alami adalah dengan cara menjaga sanitasi kebun, membersihkan tanaman pengganggu, menggilir tanaman pendamping dengan tanaman selain famili Cucurbitaceae (terong, gambas, timun, melon, dan sebagainya), mengatur waktu penanaman serentak, dan memanfaatkan musuh alami. Adapun penanganan secara kimiawi adalah dengan penyemprotan insektisida berbahan aktif chlorpyrifos, sipermetrin, profenofos, metomil, abamectin, piridaben, diafenturon, dimetoat, diazinon, imidakloropid, karbosulfan, emamectin, dan triacotanol.

  1. Kumbang daun atau oteng-oteng (Aulacophora femoralis motschulsky)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 3

Binatang ini aktif di malam hari dan berpindah dari satu tanaman ke tanaman lain dengan cepat. Menyerang daun dan bunga hingga bolong-bolong. Penanggulangannya secara alami adalah dengan menangkap hama tersebut, melakukan pergiliran tanaman, mengolah tanah dengan sempurna, melakukan sterilisasi tanah, dan menggunakan musuh alami. Penanggulangan secara kimiawi adalah dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif profenofos, diafenturon, metidation, tiodikarb, klorfenapir, asefat, diazinon, dectametrin, fipronil, dan betasilfutrin.

  1. Lalat buah (Dacus spp.)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 4

Serangga ini termasuk hama pemangsa segala. Memiliki sayap transparan, berwarna kuning berbercak, dan memiliki belalai. Menyerang buah yang masih kecil dengan cara memasukkan telur ke dalam buah. Gejalanya tampak pada permukaan kulit buah di mana terdapat bekas luka seperti tusukan belalai. Setelah telurnya menetas, larvanya memakan daging buah dari dalam. Buah menjadi terlihat memar, kuning membusuk, beraroma sedikit masam, kemudian rontok.

Penanggulangannya secara alami adalah dengan memasang perangkap lalat yang mengandung metil eugenol, membersihkan lingkungan, membalik tanah dengan bajak atau cangkul, membuang buah yang rusak, dan menggunakan musuh alami. Penanggulangan secara kimiawi adalah dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif profenofos, deltametrin, metidation, protiofos, dan diafenturon. Terutama insektisida yang berbau tajam.

  1. Kutu kebul (Bermisia tabaci)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 5

Hewan ini menyerang daun tanaman pada masa imago dan nimfa dengan cara mengisap daun sehingga sel-sel dan jaringan daun rusak ditandai dengan munculnya bercak nekrotik pada daun. Setelah dewasa, hewan ini menjadi vektor utama penyebaran virus gemini penyebab penyakit bulai. Penanganan secara alami adalah dengan membuang tanaman yang terinfeksi, sanitasi lingkungan, pengaturan jarak tanam yang tidak terlalu rapat, rotasi tanaman, pemasangan perangkap, dan menggunakan musuh alami.

Adapun penanganan secara kimiawi adalah dengan penyemprotan insektisida atau akarisida berbahan aktif imidakloprid, karbosulfan, protiofos, diafenturon, triametoksam, dan abamectin.

  1. Ulat grayak (Sodoptera litura)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 6

Hama ini berwarna coklat, aktif makan di malam hari. Memakan daun, terutama daun muda, hingga tampak bolong-bolong dan rusak. Apabila daun habis kemudian juga menyerang batang muda dan melubangi buah. Penanganannya secara alami adalah dengan melakukan rotasi tanaman, menggunakan zat feromon Ugratas merah, dan menggunakan musuh alami. Dapat juga memanfaatkan Bacillus turingiensis.

Penanganan secara kimiawi adalah dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, klorfluazoron, betasilfutrin, profenofos, lamda sihalotrin, betasipermetrin, asefat, emamectin benzoat dan inferunon, diafenturon, lipromil, dan spinetorum.

  1. Penggerek buah (Helicoverpa armigera)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 7

Merupakan jenis ngengat yang larva atau ulatnya menyerang buah hingga busuk. Cara menanggulanginya secara alami adalah dengan membuang buah yang terinfeksi dan memanfaatkan musuh alami. Dapat juga memanfaatkan Bacillus turingiensis. Adapun cara penanggulangan secara kimiawi dapat menggunakan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, klorfuaruzon betasilfutrin, profenofos, lamda sihalotrin, emamectin benzoat dan inferunon, chlorpyrifos, dan spinetorum.

  1. Penggorok daun (Liriomyza sp.)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 9

Tanaman yang diserang hama ini memiliki gejala adanya jalur korokan berupa guratan berwarna perak. Serangan dikategorikan berat apabila bekas guratan hampir merata di seluruh permukaan daun. Akibatnya tanaman sulit tumbuh karena proses fotosintesisnya terganggu. Penanggulangannya secara alami dengan cara memangkas seluruh bagian tanaman yang terinfeksi dan menimbunnya, memangkas daun yang terserang dan membakarnya, menjaga sanitasi lingkungan, memasang perangkap (yellow sticky trap), dan memanfaatkan musuh alami.

Baca juga :

Dapat pula memanfaatkan Bacillus coagulans. Penanggulangan secara kimia adalah dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif abamectin, bensultap, siromazin, piretroid, dan lain-lain yang termasuk dalam kelompok organofosfat.

  1. Kepik (Henosepilachna spp.)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 10

Larva dan imago dari hewan ini hidup di permukaan daun dan memakan jaringan daun. Akibatnya, daun berlubang-lubang hingga tinggal tulang daunnya yang tersisa. Penanganan secara alami adalah dengan melakukan pergiliran tanaman, tanam semangka di lokasi yang jauh dari jenis-jenis tanaman Cucurbitaceae lainnya (terong, gambas, timun, melon, dan sebagainya), dan memanfaatkan musuh alami kepik. Adapun penanggulangan secara kimia adalah dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif profenofos, diafenturon, metidation, tiodikarb.

  1. Ulat perusak daun

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 16

Ulat ini berwarna hijau bergaris hitam atau hijau bergaris kuning. Ulat ini memakan daun hingga tinggal lapisan lilinnya sehingga dari jauh terlihat seperti berlubang. Penanganan secara alami, antara lain, membunuh ulat satu per satu, menjaga sanitasi kebun, hingga penggunaan musuh alami. Adapun penanganan secara kimiawi adalah dengan penyemprotan insektisida berbahan aktif asefat, chlorpyrifos, diazinon, dectametrin, betasilfutrin, klorfenapir, klorantranilipol, fipronil, dan sihalotrin.

  1. Tungau (Tetranychus cinnabarinus)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 12

Hama berjenis kutu ini memiliki bentuk fisik kecil, berwarna merah agak kekuningan atau kehijauan, membuat sarang berupa jaring di bawah permukaan daun. Tungau mengisap cairan tanaman hingga tampak warna daun memucat. Penanggulangan secara alami yang utama adalah menjaga sanitasi, membasmi tanaman liar di areal kebun, dan memanfaatkan musuh alami tungau. Adapun penanganan secara kimiawi dapat menggunakan penyemprotan sihalotrin, lamda sihalotrin, campuran dari emamectin benzoat, flufenoksuran, dan triacotanol, serta abamectin.

  1. Ulat tanah (Agrotis ipsilon)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 13

Disebut ulat tanah karena ulat ini bersembunyi di dalam tanah dan baru aktif di malam hari. Baguan tanaman yang diserang adalah pangkal batang hingga daun. Cara penanggulangan secara alami adalah dengan menjaga sanitasi kebun, rajin menyiangi tanaman liar di sekitar tanaman, dan rutin membalik tanah di sekitar tanaman. Adapun penanggulangan secara kimiawi menggunakan penyemprotan amitraz, cartap hidroklorida, dan phoxim.

  1. Ulat penggerek daun (Phthorimala operculella)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 14

Hama ini menyerang daun hingga batang tanaman muda. Daun menjadi berlubang dan menyisakan hanya tulang daun. Cara mengatasi hama ini secara alami adalah dengan penanaman semangka di areal yang jauh dari jenis tanaman Cucurbitaceae lainnya (terong, gambas, timun, melon, dan sebagainya). Adapun cara penanganan secara kimia adalah dengan penyemprotan metidation, profenofos, emamektin benzoat, klorpirifos sipermetrin, cartap hidroklorida, lipromil dan metomil, serta karbofuran.

 

  • Penyakit
  1. Layu fusarium

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 18

Penyakit ini disebabkan oleh lingkungan terlalu lembap sehingga menyebabkan tumbuhnya cendawan/jamur Fusarium oxysporum. Gejala tanaman yang terserang penyakit ini adalah pada pagi dan sore hari tampak segar, tetapi di siang hari layu seperti kekurangan air. Apabila tidak segera ditanggulangi, dalam 2 – 3 hari tanaman membusuk, mati kering, berwarna coklat, dan batangnya mengerut.

Untuk mencegah munculnya penyakit ini secara alami adalah dengan melakukan penggiliran masa tanam, menggunakan benih yang tahan dari serangan jamur, menjaga kondisi tanah agar tidak terlalu lembap dengan menggunakan mulsa plastik, membuat drainase yang baik, dan membuang tanaman yang terlanjur diserang. Pemanfaatan lahan yang terlalu mekanis juga harus dihindari. Adapun untuk mencegah penyakit ini secara kimiawi, rendam benih dalam karbenazim 60% sebelum disemaikan dan aplikasikan trichoderma dengan cara dikocor.

  1. Antraknosa

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 19

Penyakit ini disebabkan oleh jamur atau cendawan Colletotrichum lagenarium yang tumbuh akibat lahan tanam terlalu lembap. Gejala tanaman yang diserang tampak pada daun dan buah. Permukaan daun berbercak kecoklatan, kemudian berubah menjadi kemerahan, lalu mati. Gejala pada buah adalah terdapat bulatan berwarna merah jambu yang lama kelamaan meluas. Cara pengendaliannya adalah dengan membuang buah yang terinfeksi jauh-jauh, melakukan rotasi dan pergiliran tanaman, dan memperbaiki drainase.

Dapat dicegah dengan merendam benih dalam campuran karbenazim 60% dan mankozeb 80%. Pada tanaman aplikasikan fungisida antracol atau dithane dengan cara disemprot.

  1. Layu bakteri

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 24

 

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Erwinia tracheiphila. Gejalanya adalah tanaman layu permanen dan jika tanaman dipotong melintang, akan tampak pembuluh xylemnya menghitam. Pengendaliannya dengan mencabut, membakar, dan membuang tanaman yang terinfeksi. Semprotkan bakterisida agrimicin dan fungisida berbahan aktif Cu (tembaga).

  1. Embun tepung (powdery mildew)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 20

Penyebab penyakit ini adalah jamur Spaerotheca fuliginea schech. Gejalanya, daun dan batang tanaman semangka dilapisi semacam tepung putih. Bila seluruh daun dan batang sudah diserang akan menjadi coklat dan mengerut, tanaman menjadi lemah dan kerdil. Atasi dengan memusnahkan tanaman yang terserang, semprotkan fungisida benomyl, pradimefon, oksition quinoks, dan tembaga hidroksida. Cegah datangnya penyakit dengan menanam jauh dari tanaman yang mungkin terserang penyakit ini, lakukan rotasi tanaman, dan kurangi kelembapan tanah.

  1. Watermelon virus (WMV)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 21

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh Aphids dan Thrips. Gejala penyakit ini adalah daun melepuh, belang-belang, berubah bentuk, dan mengerut. Tanaman menjadi kerdil karena pertumbuhannya terganggu dan terdapat rekahan membujur pada batang. Pengendaliannya adalah dengan memusnahkan tanaman yang terinfeksi dengan cara dicabut dan dibakar, merotasi tanaman, menjaga sanitasi kebun, menerapkan penggunaan mulsa plastik hitam perak (MPHP), dan mengendalikan hama Aphids dan Thrips.

Baca juga :

  1. Bercak daun

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 22

Penyakit ini disebabkan oleh spora cendawan patogen yang berasal dari bibit penyakit tanaman lain yang terbawa angin. Gejalanya, pada permukaan daun terdapat bercak-bercak bulat berwarna kuning yang selanjutnya berubah menjadi coklat kehitaman dan menyebar. Daun lalu menjadi kering dan mati. Gejala lain adalah terdapat rumbai-rumbai halus berwarna ungu atau abu-abu pada tanaman. Cara pengendaliannya adalah dengan menjaga sanitasi kebun, pergiliran tanaman, dan menghindari kelembapan yang terlalu tinggi.

Semprotkan fungisida berbahan aktif karbenazim, propamocarb, benomyl, dimetomorf, clorotalonil, atau ziram.

  1. Rebah batang/rebah semai/busuk semai/busuk akar/dumping off

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Pythium ultimum, menyerang bibit yang sedang disemaikan. Gejalanya, batang bibit berwarna coklat yang kemudian merambat. Bibit lalu rebah dan mati. Pencegahannya adalah dengan merendam benih dalam karbenazim atau campuran propamocarb dan HCl 72%, serta memastikan media tanam menggunakan pupuk kandang yang benar-benar matang. Adapun pengendalian pada bibit yang sedang disemaikan adalah dengan menyemprotkan fungisida antracol dan menghindari kelembapan yang tinggi.

  1. Busuk buah/bisul buah (bacterial fruit blotch)

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 26

Penyakit ini disebabkan oleh jamur atau bakteri patogen yang menginfeksi buah menjelang matang, aktif setelah buah mulai dipetik. Pencegahannya adalah dengan menghindari terjadinya kerusakan kulit buah baik selama proses pengangkutan sampai penyimpanan. Petiklah buah di siang hari ketika cuaca cerah tidak berawan dan tidak hujan.

  1. Karat daun

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 23

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dibawa oleh hama yang berkembang di daun. Gejalanya, daun melepuh, belang-belang, dan cenderung berubah bentuk. Tanaman menjadi kerdil dan timbul rekahan membujur pada batang. Cara pengendaliannya adalah dengan memusnahkan tanaman yang terinfeksi dengan cara dicabut dan dibakar, merotasi tanaman, menjaga sanitasi kebun, menerapkan penggunaan mulsa plastik hitam perak (MPHP), dan mengendalikan hama yang menjadi vektor.

  1. Penyakit fisiologis

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 25

Penyakit ini seringkali timbul akibat kekurangan unsur Boron. Gejalanya, tanaman tumbuh kerdil, ruas batang memendek. Ujung-ujung percabangan tidak tumbuh menjalar, cenderung berdiri ke atas. Batang tanaman mudah patah dan terdapat beberapa luka atau retakan yang mengeluarkan lendir coklat kekuningan. Lendir ini sangat disukai hama Thrips sehingga sering dijumpai tanaman yang menderita penyakit ini daunnya mengeriting. Tanaman sulit menghasilkan buah. Pengendaliannya adalah dengan memberi pupuk yang mengandung unsur mikro.

Semprotkan pupuk daun mikro dengan konsentrasi 1 – 2 ml/liter air pada umur 10 hari setelah tanam, ulangi lagi pada minggu berikutnya. Apabila penyakit yang diderita cukup parah, terutama terjadi di daerah yang berpasir, semprotkan Borax dengan konsentrasi 0,2 – 0,5% atau 2 – 5 gr/liter air.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 17

Catatan: dalam pengendalian secara kimia, agar penyemprotan insektisida/fungisida merata dan tidak mudah hilang terguyur air hujan, tambahkan perekat perata, seperti Aero 810, dengan dosis sesuai luas lahan dan saran penggunaan.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Bibit tanaman Semangka Langka Murah online di kota kabupaten 15

Demikian tips pengendalian hama dan penyakit pada tanaman semangka. Semoga bermanfaat bagi Anda para pembudi daya dan pehobi tanaman semangka.

Untuk mendapatkan bahan-bahan pengendali serangan hama dan penyakit, Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com atau mengunjungi kami langsung di kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati, Gaum, Tasikmadu, Karanganyar.

Kami juga menyediakan pupuk olahan yang sudah mengadung bahan-bahan pencegah serangan hama dan penyakit untuk berbagai jenis tanaman, selain bibit dan benih tanaman yang berkualitas baik.

Incoming search terms:

  • daun semangka
  • gambar bentuk daun semangka
  • guratan semangka
  • insektisida bahan aktif siromazin

Produk terbaru

Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Alpukat Kendil
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Mahkota Dewa
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Markisa
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Alpukat Mentega
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Delima Kuning
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Leci
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Naga Kuning
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSamudra Planter Bag Diameter 50 cm / Volume 100 liter
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman