( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Tips Pembudidayaan Semangka Tanpa Biji

Wednesday, November 7th 2018.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Benih Semangka Tanpa Biji Langka online murah di kota kabupaten

Siang hari yang panas, apalagi di musim kemarau, menikmati buah semangka pasti segar rasanya. Kandungan air dan gula yang tinggi dari semangka akan merehidrasi dan mengembalikan energi dengan cepat. Hampir semua orang menyukainya. Tetapi, biji-biji semangka seringkali merepotkan.

Bagi Anda yang ingin menikmati semangka tanpa direpotkan biji-bijinya, Anda dapat memilih semangka tanpa biji. Ingin memiliki atau membudidayakannya sendiri di lahan pribadi Anda? Begini caranya.

 

Karakteristik semangka tanpa biji

Semangka (Citrullus vulgaris) berasal dari Gurun Pasir Kalahari di Afrika, kemudian menyebar ke India, China, dan Amerika. Di China, buah yang menjadi favorit kalangan kerajaan ini mendapatkan perhatian dan perlakuan khusus. Kecintaan pada semangka lalu menyebar ke berbagai wilayah bekas kekuasaan Kekaisaran China, seperti Korea dan Jepang.

Perkembangan teknologi pertanian yang sangat pesat di Jepang tidak hanya mengembangkan budi daya semangka yang lebih baik, tetapi juga menciptakan jenis-jenis semangka baru, salah satunya semangka tanpa biji.

Semangka tanpa biji merupakan hasil dari rekayasa genetika berupa persilangan antara indukan betina jenis tetraploid dengan indukan jantan jenis diploid. Persilangan ini menghasilkan benih berjenis hibrida tetraploid.

Prof. Dr. Hitoshi Kihara mengembangkan kembali teknik pembenihan ini hingga menghasilkan semangka triploid (seedless/tanpa biji) dengan daya vitalitas rendah. Perkecambahan dari benih jenis ini memerlukan suhu yang cukup tinggi, lebih dari 29 derajat Celsius.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Benih Semangka Tanpa Biji Langka online murah di kota kabupaten 1

Bentuk kotiledonnya lebih kecil daripada semangka jenis diploid dengan bunga jantan dan betina lengkap, tetapi bakal biji dan benang sarinya mandul. Itulah sebabnya mengapa semangka ini menjadi tidak berbiji atau berbiji putih dan lunak yang merupakan biji kosong sehingga dapat dimakan. Terkadang beberapa biji berwarna coklat dan keras masih dapat dijumpai apabila tanaman kelebihan dosis pemupukan dengan unsur hara phospor.

Sebagaimana jenis semangka pada umumnya yang merupakan tanaman dari daerah kering dan panas, semangka tanpa biji tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan suhu 25 – 35 derajat Celsius, namun tersedia cukup air untuk pengairan seperlunya.

Iklim basah akan menghambat pertumbuhan tanaman ini, membuatnya mudah terserang penyakit, serta produksi dan kualitas buahnya menurun. Kebutuhan akan sinar matahari sedang. Menyukai tanah yang gembur dan kaya akan mineral.

 

Pembibitan

Oleh karena buahnya tidak memiliki biji yang dapat langsung ditanam dan semangka bukanlah tanaman kayu keras yang dapat diokulasi atau dicangkok, cara memperoleh bibit semangka tanpa biji adalah dengan membeli bibit berupa benih.

Benih semangka nonbiji memiliki kulit biji yang tebal dan keras, endosperm atau cadangan makanan dalam bijinya kecil, dan kotiledon atau calon akarnya sangat kecil. Sebaiknya jangan menyimpan benih semangka nonbiji terlalu lama karena daya tumbuhnya cepat sekali menurun.

Lakukan pengecambahan sebelum menyemai bibit. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko kematian benih, mempertinggi persentase daya tumbuh, mempercepat proses  penyemaian, menyeragamkan pertumbuhan tanaman, menghemat pemakaian benih, menghindari kekurangan benih, meminimalkan serangan hama dan penyakit, serta memudahkan perawatan.

Benih semangka tanpa biji akan berkecambah pada suhu antara 25 – 30 derajat Celsius, makin tinggi suhunya makin baik. Selama proses pengecambahan tidak diperlukan paparan sinar matahari langsung. Oleh karena kulit bijinya cukup tebal dan keras, proses pengecambahan ini perlu dibantu dengan memecahkan kulit biji bagian atas agar calon akar mudah tumbuh. Berikut langkah-langkah pengecambahan benih semangka nonbiji.

Pertama-tama, siapkan benih sesuai kebutuhan. Keluarkan dari wadahnya. Pecahkan ujung benih dengan gunting kuku, jepit pada bagian tengah gunting kuku. Cara ini akan memudahkan biji mengisap air dari luar. Hati-hati, jangan sampai bagian kotiledonnya ikut pecah karena akan berakibat pecahnya bagian pangkal batang setelah ditanam nantinya.Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Benih Semangka Tanpa Biji Langka online murah di kota kabupaten 11

Rendam benih yang sudah dipecahkan ke dalam larutan zat pengatur tumbuh dan fungisida selama kurang lebih 1 – 2 menit. Benih yang sudah direndam lalu diletakkan dan ditata di atas 6 lembar kertas merang yang telah dibasahi dengan larutan fungisida dan zat pengatur tumbuh.

Tutup kembali 6 lembar kertas merang yang telah dibasahi dengan larutan fungisida dan zat pengatur tumbuh di atas benih yang sudah ditata tadi. Taruh kembali sisa benih yang sudah direndam di atasnya, tutup lagi dengan 6 lembar kertas merang yang sudah dibasahi dengan fungisida dan zat pengatur tumbuh. Terus diulang berlapis-lapis sampai benih yang sudah direndam habis.

Terakhir tutup dengan 6 lembar kertas merang yang sudah dibasahi dengan fungisida dan zat pengatur tumbuh. Beri lapisan kardus di bawah dan di atas lapisan paling bawah dan paling atas agar kelak kecambah atau calon akar tumbuh lurus. Setelah itu, beri lapisan kain tebal seukuran kertas merang di atas lapisan kardus bagian atas dan di bawah lapisan kardus bagian bawah. Tekan dengan cara yang tepat lalu ikat dengan kuat.

Sesudah ditekan dan diikat, masukkan ke dalam kotak kardus yang agak longgar. Tutup rapat kotak kardus agar suhu udara di dalamnya tetap hangat antara 20 – 30 derajat Celsius. Beri plester atau lakban plastik di setiap sisinya, kemudian simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Peram selama 40 – 42 jam, lalu buka. Biasanya benih sudah akan berkecambah dengan ukuran calon akar lebih kuran 1 cm. Tanam kecambah dalam polybag atau pot kecil berdiameter 30 cm yang sudah disiapkan dengan media tanam berupa campuran tanah, humus, dan pupuk kandang. Bagian calon akar menghadap ke bawah. Apabila ada benih yang perkecambahannya belum normal, peram lagi beberapa jam sampai perkecambahannya normal, barulah ditanam.

Baca juga :

Penanaman di lahan

Setelah bibit cukup kuat untuk dipindahkan, saatnya menanam bibit di lahan. Siapkan lahan tanam yang sudah dibersihkan dari tanaman pengganggu. Gemburkan dengan cara dibajak atau dicangkul. Buat bedengan sepanjang 10 – 15 m dengan lebar 2 – 4 m. Buat lubang tanam berukuran 40 x 40 x 30 cm. Atur jarak tanam dalam baris 1,2 – 1,5 m. Siram secukupnya saja, jangan sampai tergenang.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Benih Semangka Tanpa Biji Langka online murah di kota kabupaten 12

Bedengan Untuk Semangka

Pemeliharaan

Penyiraman rutin untuk tanaman semangka tanpa biji cukup 1 – 2 kali sehari tergantung kondisi lahan dan cuaca. Sirami secukupnya saja, jangan berlebihan. Penyiraman dapat dilakukan dengan membuat saluran pengairan antara bedengan atau secara manual menggunakan gembor. Di musim hujan penyiraman cukup dilakukan 4 – 6 hari sekali atau tidak sama sekali tergantung seberapa besar curah hujan yang terjadi.

Siangi lahan sekitar tanaman secara teratur untuk membasmi gulma dan tanaman pengganggu lainnya sehingga tanaman dapat terhindar dari hama dan penyakit. Pemupukan tambahan diberikan mulai 10 hari setelah penanaman di lahan. Gunakan NPK dengan dosis 5 gram/300 ml air/tanaman dengan cara dikocor. Pemupukan lanjutan dilakukan setiap 4 – 5 hari sekali dengan penambahan dosis secara teratur.

Setiap pohon cukup mempunyai 2 buah saja dengan pengaturan cabang primer yang cenderung banyak. Pelihara 2 – 3 cabang tanpa memotong ranting sekunder. Siangi ranting yang tidak berguna. Pangkas ujung cabang sekunder, sisakan 2 helai daun.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Benih Semangka Tanpa Biji Langka online murah di kota kabupaten 4

Cabang sekunder yang tumbuh pada ruas yang ada buahnya dipotong agar tidak mengganggu pertumbuhan buah. Lakukan penempelan tunas-tunas muda yang tidak berguna karena dapat memengaruhi pertumbuhan pohon dan juga buah yang sedang berkembang.

Setelah tanaman mulai berbuah, lakukan penjarangan dengan memilih buah yang cukup besar, terletak antara 1 – 1,5 m dari akar, bentuknya baik, tidak cacat. Sisakan 1 – 2 buah saja tiap pohon, pangkas yang lainnya. Apabila bobot calon buah sudah mencapai sekitar 2 kg, seringlah membolak-baliknya. Tujuannya untuk menghindari warna yang kurang baik akibat paparan sinar matahari yang tidak merata. Usahakan untuk membasmi hama dan penyakit dengan cara yang alami.

Baca juga :

Pemanenan

Semangka tanpa biji akan berbuah sekitar 2 – 3 bulan atau 70 – 100 hari pascapenanaman di lahan. Ciri buah yang sudah matang adalah terjadi perubahan warna dan batang buah mengecil. Warna kulit dan corak buah semangka tanpa biji lebih gelap dibandingkan dengan semangka biasa.

Petik ketika cuaca cerah di siang hari sehingga permukaan kulitnya tetap kering. Dengan demikian, buah yang sudah dipanen akan tahan lama dalam penyimpanan hingga sampai di tangan pengecer. Potong bersama tangkainya.

Pusat Distributor Grosir Eceran Jual Benih Semangka Tanpa Biji Langka online murah di kota kabupaten 2

Demikian tips pembudidayaan semangka tanpa biji agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Benih semangka tanpa biji yang baik dapat Anda peroleh di www.samudrabibit.com dengan cara pembelian online atau langsung mendatangi kebun kami di Perum Bumi Saraswati, Gaum, Tasikmadu, Karanganyar.

Tidak hanya menyediakan benih tanaman semangka tanpa biji, kami juga menyediakan pupuk organik khusus tanaman buah yang dapat membantu pertumbuhan dan pembuahan semangka tanpa biji. Tidak hanya itu, pupuk organik kami juga memiliki kandungan yang dapat mencegah serangan hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman ini.

Produk terbaru

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman