( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Tips Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Jambu Kristal

Wednesday, December 19th 2018.

 

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.8

Ketika memutuskan untuk membudidayakan tanaman jambu kristal, tentunya Anda berharap supaya mendapatkan hasil yang menguntungkan. Akan tetapi, ada kalanya harapan itu pupus karena terjadi gagal panen atau justru tanaman yang gagal tumbuh akibat serangan hama dan penyakit. Untuk mengantisipasi kegagalan semacam ini, perlulah kiranya Anda mempelajari berbagai macam hama dan penyakit yang mengancam tanaman jambu kristal agar kelak dapat mencegah kemungkinan terjadinya kegagalan dalam budi daya tanaman jambu kristal.

Ataupun apabila serangan hama dan penyakit itu benar-benar sudah tidak dapat dihindari, setidaknya Anda sudah mengetahui cara-cara untuk mengendalikannya. Sehingga, tidak mendapatkan kerugian yang terlalu besar. Berikut macam-macam hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman jambu kristal.

Hama

Ulat Keket atau Ulat Jedung (Attacus atlas)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.H1

Ulat keket juga disebut ulat jedung merupakan fase larva dari kupu-kupu gajah, ciri-ciri fisik ulat ini adalah berwarna hijau, terdapat semacam tepung putih pada tubuhnya dan memiliki tonjolan seperti tanduk di sepanjang tubuhnya karena tonjolan ini hewan ini juga disebut ulat tanduk, terdapat pula jenis lain dengan corak garis kuning hitam di sepanjang tubuhnya, berukuran sekitar ibu jari orang dewasa. Ulat ini menyerang dengan memakan daun tanaman, ulat ini dapat memakan seluruh daun tanaman tetapi biasanya lebih menyukai daun muda atau pucuk tanaman.

Ulat ini dapat memakan habis daun-daun yang ada pada pohon jambu, pohon yang terkena serangan berat dapat mengalami kerontokan daun. Kupu Gajah biasanya meletakan telurnya dipermukaan daun bagian bawah saat malam hari. Ulat  keket termasuk polifag atau memiliki kisaran inang yang luas, hama ini menyerang berbagai jenis tanaman berbeda mulai dari yang berkayu seperti jambu dan mangga hingga tanaman semusim seperti kedelai.

Pengendalian ulat ini secara terpadu adalah dengan menjada kebersihan lahan dari gulma atau rumput-rumput liar yang dapat menjaddi inang sementara. Pengendalian biologis menggunakan beberapa organisme seperti parasit telur Telenomus sp., dan jamur entomopatogen Beauveria sp., Bacillus Thuringiensis, Metarhizium sp. Pengendalian mekanis dengan cara pengutipan langsung jika hama ini terlihat, jika serangan terlalu besar dapat menggunakan insektisida sesuai dosis anjuran.

Ulat Api (Setora nitens)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.H2

Ulat api merujuk pada ulat yang pada tubuhnya memiliki semacam duri (bukan bulu/rambut) yang jika tersentuh kulit akan menyuntikan racun yang bersifat lokal tetapi terasa sangat panas seperti terbakar api. Ulat api S. Nitens memiliki tubuh berwarna hijau muda dengan garis membujur diatas tubuh berwarna biru-coklat. Hama ini menyerang ketika stadium larva, gejala serangannya berupa lubang-lubang pada daun yang lama kelamaan hanya menyisakan tulang daunnya saja. Imago ulat ini berupa ngengat berwarna coklat yang aktif saat malam hari.

Pengendalian ulat api dapat menggunakan entomopathogen Bacillus thuringiensis, selain itu dengan menanam bunga pukul 8 (Turnera subulata) disekitar pertanaman jambu kristal. Bunga pukul 8 merupakan inang bagi musuh-musuh alami ulat api. Penggunaan insektisida secara semprot ataupun fogging menjadi alternatif terakhir jika serangan sudah tidak dapat dikendalikan.

Ulat bulu (Trabala sp)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.H3

Ulat bulu ini memiliki warna yang bermacam-macam seperti kuning dan coklat, tetapi ciri khas ulat ini adalah adanya bulu yang melengkung dibagian depan tubuhnya yang mirip seperti tanduk, ulat ini juga memiliki garis melintang berwarna putih diatas tubuhnya dengan titik – titik hitam dikanan kirinya. Seperti ulat lainya, hama ini juga menyerang dengan memakan daun jambu kristal.

Pengendalianya menggunakan musuh alami berupa entomopathogen, parasitoid dan juga predator hama.

Ulat Kantong (Lepidoptera: Family Psychidae)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.H4

Hama ini dinamakan ulat kantong karena hewan ini membuat rumah yang berbentuk seperti kantong untuk bersembunyi dan makan. Ulat ini membuat kantong/rumah dari material yang ada disekitarnya seperti seresah kering dan tangkai kering. Bentuk kantong dari setiap spesies berbeda sehingga kita dapat mengenali jenis dari hama tersebut dari kantongnya. Gejala kerusakan yang dibuat oleh hama ini adalah lubang-lubang pada daun dan adanya semacam kantong yang menggantung di daun tanaman.

Pengendalian hama ini lebih efektif menggunakan insektisida yang disuntikan langsung kedalam tanaman karena penyemprotan tidak efektif mengingat hama ini terlindung didalam kantongnya.

Ulat Pucuk (Pyralidae)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.H5

Hama ini menyerang pucuk muda tanaman baik daun maupun buah sehingga tanaman tidak bisa tumbuh lagi karena titik tumbuhnya mati. Ulat ini akan masuk kedalam celah-celah diantara pucuk muda atau menggulung daun muda dan memakanya dari dalam. Ulat ini juga memakan bakal buah yang baru muncul sehingga ketika besar buahnya menjadi tidak sempurna. Pengendalian hama ini cukup sulit karena kemampuanya untuk menggulung daun dan bersembunyi didalamnya. Disarankan menggunakan entomopathogen atau metode trunk injection

Baca juga :

Ulat Jengkal / Ulat Kilan (Geometridae)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.H6

Ulat jengkal adalah ulat yang sangat mudah dikenali dari cara bergeraknya seperti tangan yang ingin mengukur sesuatu dengan jengkal. Ulat ini cukup sulit dicari dan ditemukan karena kemampuan kamuflasenya, warna tubuhnya hampir sama seperti warna kulit pohon. Gejala serangan ulat ini seperti ulat lain terdapat pada daunya yang habis. Pengendalian yang disarankan untuk ulat kilan adalah mengutip langsung ulat yang ditemukan, penggunaan parasitoid Apanteles sp, penyemprotan pestisida nabati berbahan ekstrak daun mimba.

Jika serangan sudah parah dapat menggunakan insektisida kimia Atabron 50EC, Corsair 100 EC, Matador 25 EC dan Sherpa 50 EC, dll.

Kutu Perisai

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.H7

Kutu perisai menyerang daun secara bergerombol, gejala seranganya berupa klorosis pada daun bagian atas dan jika dibalik akan ditemukan banyak sekali koloni hama ini. Hama ini menghisap cairan daun sehingga daun akan terlihat memucat. Pada serangan akut daun akan rontok. Pemangkasan, penyemprotan air bertekanan tinggi, penggunaan cairan detergen diketahui mampu menurunkan serangan hama ini

Kutu Daun (Aphys Gossypii)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.H8

Kutudaun mudah ditemukan dibawah permukaan daun, karena hama ini tidak menyukai terik matahari sehingga mereka bersembunyi dibawah daun. Kutu daun menyerang bagian daun muda atau pucuk daun sehingga daun menjadi keriting dan terlipat. Kutu daun ini menghisap cairan dalam daun menggunakan mulutnya yang seperti jarum. Selain merugikan tanaman secara langsung, kutu daun juga menjadi vektor pembawa berbagai penyakit yang menyerang jambu kristal.

Pengendalianya dengan mengurangi pemberian pupuk N pada tanaman. Dengan insektisida kimia yang berbahan aktif antara lain monokrotophos, profenofos, methidathion, malathion, phosphamidon dll secara spot spray pada tunas-tunas yang terserang. Pengendalian menggunakan pestisida nabati daun tembakau dilaporkan efektif untuk pengendalian hama ini.

Kutu Putih (Paracoccus marginatus)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.H9

Kutu ini memiliki ciri tubuh berwarna putih dan biasanya terdapat tepung-tepung putih disekitar area hidupnya. Hama ini dapat ditemukan diseluruh bagian tanaman seperti daun baik muda maupun tua, buah, bunga, hingga cabang-cabang muda. Gejala serangan hama ini adaah klorosis, daun menjadi layu mengeriting, buah burik. Hama ini juga menjadi vektor berbagai penyakit. Pengendalian hama ini cukup sulit karena penyemprotan pestisida tidak efektif akibat adanya lapisan lilin yang menyelimuti tubuh hewan ini.

Untuk menghilangkan lapisan lilin ini, anda harus menyemprotnya dengan larutan deterjen baru setelah itu penyemprotan pestisida kontak dapat dilakukan

Belalang

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.H10

Gejala serangan hama belalang adalah bekas gigitan pada daun yang dimulai dari pinggir daun. Belalang merupakan hama yang sangat aktif dan dapat berpindah tempat secara cepat. Pengendalian nya meiputi pembersihan gulma diareal pertanaman. Penggunaan ekstrak daun mimba sebagai pestisida nabati juga baik untuk menekan serangan belalang. Penggunaan pestisida kimia dilakukan saat serangan hama ini sudah tinggi

Lalat Buah (Bactrocera carambolae)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.H11

Lalat buah menyebabkan buah jambu kristal yang muncul menjadi busuk. Lalat buah menempatkan telurnya didalam buah jambu dengan cara menusukan ovipositornya kedalam buah. Selanjutnya telur akan menetas menjadi larva-larva kecil yang akan memakan daging buah dari dalam, hal inilah yang menyebabkan buah menjadi busuk. Gejala serangan yang dapat diamati adalah titik hitam bekas tusukan pada buah, pengendalianya adalah membuang buah yang sudah terserang karena tidak bisa terselamatkan lagi, pembungkusan buah dan pemasangan feromon trap.

Carpophilus

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.H12

Hama ini adalah penggerek buah, kerusakan yang ditimbulkan adalah lubang kecil berwarna coklat pada buah. Untuk serangan berat, lubang tersebut akan semakin membesar dan lama kelamaan akan menjadi busuk. Pengendalianya dengan penyemprotan buah dengan insektisida sebelum dilakukan pembungkusan buah.

Baca juga :

Penyakit

Karat Merah (Cephaleuros)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.HP1

Penyakit karat merah merupakan penyakit yang disebabkan oleh alga Cephaleuros sp. Alga menyebabkan bercak pada daun, bunga, dan buah. Penyakit ini sering disebut dengan karat merah karena pada permukaan atas daun ditumbuhi talus yang tegak, dengan filamen berwarna kuning hingga merah dengan badan buah. Penyebaran penyakit ini dapat melalui angin yang membawa hifa pathogen maupun melalui kontak langsung dengan bagian tanaman yang terinfeksi.

Kanker Buah Pestalotia

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.HP2

Penyakit ini meyebabkan buah busuk secara melingkar dan berwarna coklat. Pengendalianya dengan cara mengambil dan membakar buah yang terinfeksi, dan penyemprotan fungisida dimulai sejak buah masih kecil.

Antraknosa (Collethotricum)

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.HP3

Penyakit antraknosa dapat menyebabkan buah membusuk dan kematian pada pucuk tanaman. Gejala yang muncul pada buah adalah buah membusuk dengan daerah pembusukan terdapat spora jamur yang berwarna hitam. Jika penyakit ini menyerang pucuk daun muda, maka akan menyebabkan daun layu dan kemudian mati. Penggunaan fungisida dianjurkan untuk pengendalian penyakit ini

Embun Jelaga

Pusat-Distributor-Grosir-Eceran-Jual-Bibit-Tanaman-Buah-Jambu-Kristal-Murah-online-di-kota-kabupaten.HP4

Jika daun jambu kristal terdapat semacam lapisan berwarna hitam seperti arang, hal itu merupakan gejala serangan embun jelaga. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Triposporium sp. Jamur ini memiliki sifat non-parasit artinya tidak menginfeksi tanaman secara langsung, jamur ini muncul karena embun madu yang dihasilkan oleh hama kutu yang menyerang terlebih dahulu. Embun madu menjadi makanan bagi pathogen embun jelaga. Embun jelaga yang menutupi daun akan mengganggu proses fotosintesis yang secara tidak langsung akan menurunkan hasil panen.

Demikian Tips Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Jambu Kristal. Semoga bermanfaat bagi Anda para pembudi daya dan pehobi tanaman jambu kristal. Untuk mendapatkan bahan-bahan pengendali serangan hama dan penyakit, Anda dapat menghubungi kami di www.samudrabibit.com atau mengunjungi kami langsung di kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati, Gaum, Tasikmadu, Karanganyar.

Kami juga menyediakan pupuk olahan yang sudah mengandung bahan-bahan pencegah serangan hama dan penyakit untuk berbagai jenis tanaman buah, selain bibit dan benih tanaman yang berkualitas baik.

Incoming search terms:

  • cara menghilangkan hama ulet buah jambu biji
  • pengendalian hama penyakit tanaman jambu
  • ulat pohon jambu darsono

Produk terbaru

Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Jeruk Monde
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 100.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Cokelat / Kakao
Harga Rp 100.000 150.000
Anda HematRp 50.000 (33.33%)
Lihat Detail
Rp 150.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Alpukat TB
Harga Rp 150.000 250.000
Anda HematRp 100.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 80.000 125.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Ciplukan
Harga Rp 80.000 125.000
Anda HematRp 45.000 (36.00%)
Lihat Detail
Rp 200.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Kiwi
Harga Rp 200.000 250.000
Anda HematRp 50.000 (20.00%)
Lihat Detail
Rp 50.000 100.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Bunga Lavender
Harga Rp 50.000 100.000
Anda HematRp 50.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 150.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Hias Aglaonema
Harga Rp 150.000 200.000
Anda HematRp 50.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000 175.000
Order Sekarang » SMS : 0823-1087-4445
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTanaman Buah Belimbing Dewi
Harga Rp 100.000 175.000
Anda HematRp 75.000 (42.86%)
Lihat Detail

Rekening Bank

3270296652 a.n. Dwi Setiawan
138-00-1490645-2 a.n. Dwi Setiawan
0395463300 a.n. Dwi Setiawan
0149-01-044031-50-2 a.n. Dwi Setiawan

Pengiriman